150 Kata Kata Kemerdekaan yang Menginspirasi

Setiap manusia yang hidup di bumi ini pasti mengerti apa arti kemerdekaan. Indonesia akan selalu menjadi negara kemerdekaan, karena kita yang akan menciptakan itu. Demi melanjutkan segala perjuangan pahlawan yang telah gugur mendahului kita untuk memperjuangkan martabat nusa dan bangsa.

Kemerdekaan bangsa berarti bebas dan berdaulat berdiri tegak tanpa ada tekanan dan gusuran dari bangsa lain. Indonesia tetap mampu berjaya walaupun masih dalam tahap berkembang daripada bangsa lainnya. Karena beberapa tahun kedepan kita generasi penerus akan mengubah Indonesia dengan segenap kemajuan yang mampu bersaing dengan negara-negara Adidaya, seperti Amerika, China, dan  lainnya.

Kembali lagi dengan makna kemerdekaan, pasti bangsa Indonesia mengetahui hari lahir kemerdekaan Indonesia jatuh tanggal 17 Agustus 1945. Dengan mendengarkan seruan yang tersohor dari Bapak Soekarno (Presiden Indonesia ke – 1 ), yang waktu itu mengumandangkan kemerdekaan Indonesia dari hati yang penuh semangat nasionalisme untuk bangsa Indonesia tercinta.

Dibalik semua itu tentu banyak pertumpahan darah yang mengalir di negeri ini atas pengorbanan pahlawanpahlawan melawan penjajah. Segala bentuk perjuangan mereka wajib kita kenang dan hormati serta patut kita contoh dalam membela tanah air Indonesia.

Oleh karena itu, untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dan patriot-patriot yang telah menegakkan negara Indonesia atas tercapainya Kemerdekaan Indonesia, manusia di bumi Indonesia akan selalu menyelenggarakan Hari Kemerdekaan untuk Republik Indonesia pada tanggal ’17 Agustus’ dengan melaksanakan Upacara Bendera Kemerdekaan Indonesia.

Quotes Merdeka Pahlawan Indonesia

Tak dirasa kita semua akan segera menghampiri bulan kemerdekaan ini, akan sangat terhormat dan berjiwa patriotik, jika mampu mewujudkan tanah air yang berkemajuan dan semakin merdeka dengan campur tangan gigih kita. Seluruh generasi bangsa ini pasti sanggup terjun dalam pembangunan negeri ini, bantulah pemerintah bangsa agar semakin maksimal dalam menegakkan negeri Indonesia.

Karena kita generasi penerus bangsa, tetaplah jaga dan tingkatkan nama harum bangsa Indonesia. Kembangkan bakat, prestasi, kontribusi bernegara, saling menjaga kerjasama, menciptakan kreativitas untuk negeri, dan menjadikan rakyat kita ini makmur dan sentosa, maju diantara bangsa-bangsa yang lainnya.

Selalu kobarkan semangatmu dalam menyambut kemerdekaan. Kemerdekaan tidak datang sekali namun harus berkelanjutan agar bangsa ini selalu maju dan makmur. Di hari ketepatan kemerdekaan 17 Agustus, wajib bagi kita mengobarkan semangat patriotik dan nasionalis untuk menjaga semangat dalam membela dan membangun kemajuan bangsa Indonesia.

Berikut ini telah dipilihkan kata kata terbaik Hari Kemerdekaan Indonesia, yang wajib kita ungkapkan dan terapkan untuk segala pemikiran. Agar pemikiran dan semangat jiwa semakin berapi api dalam mengejar mimpi demi bangsa Indonesia.

Lihat Juga : 53 Kata Kata Tentang Kebebasan Penuh Makna

Kumpulan Kata Kata Kemerdekaan

Simak kata kata kemerdekaan yang sangat menginspirasi bagi kita semua berikut ini!

Kata  kata kemerdekaan dari tokoh nasional

Kata Kata Kemerdekaan Pahlawan

“Negara ini, Republik Indonesia, bukan milik kelompok manapun, juga agama, atau kelompok etnis manapun, atau kelompok dengan adat dan tradisi apa pun, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”

– Ir. Soekarno

“Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara.”

– Ir. Soekarno

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

– Ir. Soekarno

“Bangunlah suatu dunia dimana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.”

– Ir. Soekarno

“Orang tidak bisa me-ngabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia.. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin.”

– Ir. Soekarno

“Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.”

– Ir. Soekarno

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

– Ir. Soekarno

“Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!”

– Ir. Soekarno

“Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”

– Ir. Soekarno

“Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”

– Ir. Soekarno

“Barang siapa yang menghendaki kemerdekaan buat umum, maka ia harus sedia dan ikhlas untuk menderita kehilangan kemerdekaan diri-(nya) sendiri.”

– Tan Malaka

“Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.”

– Mohammad Hatta

“Kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.”

– Sutan Syahrir

“Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.”

– Jenderal Sudirman

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.”

– Ir. Soekarno

“Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati’!”

– Ir. Soekarno

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

– R.A. Kartini

“Revolusi Indonesia mau tak mau terpaksa mengambil tindakan ekonomi dan sosial serentak dengan tindakan merebut dan membela kemerdekaan 100%. Revolusi kemerdekaan Indonesia tidak bisa diselesaikan dengan dibungkus dengan Revolusi Nasional saja. Perang kemerdekaan Indonesia harus diisi dengan jaminan sosial dan ekonomi sekaligus.”

– Tan Malaka

“Jangan mudah tergelincir dalam saat-saat seperti ini, segala tipu muslihat dan provokasi-provokasi yang tampak atau tersembunyi dapat dilalui dengan selamat, kalau kita waspada dan bertindak sebagai patriot.”

– Jenderal Sudirman

“Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang.”

“Akuilah dengan yang putih bersih, bahwa kamu sanggup dan mesti belajar dari orang Barat. Tapi kamu jangan jadi peniru orang Barat, melainkan seorang murid dari Timur yang cerdas, suka memenuhi kemauan alam dan seterusnya dapat melebihi kepintaran guru-gurunya di Barat.”

– Tan Malaka

Lihat Juga : 190 Kata Kata Inspiratif Pentingnya Pendidikan

“Jagalah namamu, jangan sampai disebut pengkhianat bangsa.”

“Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.”

– Mohammad Yamin

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator.”

– H.O.S. Tjokroaminoto

“Untuk mencapai sesuatu harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak.”

– Mohammad Natsir

“Pada pukulan terakhir yang menentukan, kita hanya bisa mendapat kemenangan, jika kita juga mengambil inisiatif bertahan. Agar supaya pukulan terakhir yang menentukan itu dapat mewujudkan tujuan kita.”

– Tan Malaka

“Dalam soal revolusi nasional, apakah bangsa yang terjajah yang berjuang untuk membela kemerdekaannya itu sesungguhnya menjadi bangsa yang merdeka dalam segala lapangan hidupnya terhadap bangsa lain, atau kembali dijajah dengan cara lama atau cara baru.”

– Tan Malaka

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang.”

– Abdul Muis

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.”

– Tan Malaka

“Berpikir besar kemudian bertindak.”

– Tan Malaka

“Satu dua diantara berbagai ukuran yang biasanya kita pakai terhadap seseorang yang terjun kedepan masyarakat sebagai pemimipin ialah, apakah pertama sekali ia dapat melihat kedepan, dan kedua apakah di cukup mempunyai watak konsekuen untuk memegang pandangannya kedepan itu.”

– Tan Malaka

“Lawan sastra ngesti mulya ( Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan ).”

– Ki Hajar Dewantoro

“Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga.”

– Jenderal Soedirman

“Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan dsebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan.”

– Soe Hoek Gie

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.”

– Ir. Soekarno

“Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Dirgahayu RI”

– Ir. Soekarno

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.”

– Ir. Soekarno

“Apakah kita mau Indonesia merdeka, yang kaum Kapitalnya merajalela ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang dan pangan?”

– Ir. Soekarno

“Jangan kita serang musuh sebelum mereka menyerang kita. jika musuh menyerang lebih dahulu, maka akan kita balas dengan penuh perjuangan.”

– Bung Tomo

Lihat Juga : 90 Kata Kata Islami Menyentuh Hati

“MERDEKA atau MATI.”

– Bung Tomo

“Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka … Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka.”

– Bung Tomo

“Dimana ada kemerdekaan disitulah harus ada disiplin yang kuat. Sungguhpun disiplin itu bersifat selfdisiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada didalam suasana yang merdeka.”

– Ki Hadjar Dewantara

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.”

– Mohammad Hatta

“Apakah saudara-saudara siap membela kemerdekaan Indonesia? Dan siap membela tanah air Indonesia dengan jiwa dan raga, bahkan sampai titik darah penghabisan?”

– Sutan Syahrir

“Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga.”

– Jenderal Soedirman

“Kemerdekaan sauatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”

– Buya Hamka

“Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang.”

– Cut Nyak Dien

“Untuk mencapai sesuatu harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak.”

– Mohammad Natsir

“Jagalah namamu, jangan sampai disebut pengkhianat bangsa.”

– Jenderal Gatot Subroto

“Aku lebih suka lukisan samudera yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tenteram.”

– Ir. Soekarno

“Kebebasan berarti bebas melakukan semua kebaikan, bukan bebas lepas melakukan semua kejahatan tanpa boleh diadili.”

– Jenderal Soedirman

“Bahwa satu-satunya hak milik nasional/republik yang masih utuh tidak berubah-ubah, meskipun harus mengalami segala macam soal dan perubahan, hanyalah angkatan perang Republik Indonesia.”

– Jenderal Soedirman

“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong.”

– Ir. Soekarno

“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”

– Ir. Soekarno

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator.”

– H.O.S Tjokroaminoto

“Hidup dan mati ada dalam genggaman Ilahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalau pun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan.”

– Pangeran Diponegoro

“Suara-suara itu tak bisa dipenjarakan, disana bersemayam kemerdekaan, apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan!”

– Wiji Thukul

“Jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan.”

– Bung Tomo

“Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit.”

– Pangeran Pattimura

“Apapun yang diperbuat oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”

– Ki Hadjar Dewantara

Lihat Juga : 37 Kata Kata Inspiratif Para Pahlawan Indonesia

“Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.”

– Sutan Syahrir

“Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.”

– Mohammad Yamin

“Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih dan terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya.”

– Ir. Soekarno

“Itulah konsep nasionalisme yang didirikan Indonesia. Bukan orang Jawa, bukan orang Sumatera, bukan orang Kalimantan, Sulawesi, Bali atau lainnya, tapi orang Indonesia, yang bersama-sama menjadi fondasi satu kesatuan nasional.”

– Ir. Soekarno

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

– Ir. Soekarno

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

– Ir. Soekarno

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak.”

– Ir. Soekarno

“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”

– Ir. Soekarno

“Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.”

– Ir. Soekarno

“Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan, ataupun gaji yang tinggi.”

– Supriadi

“Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini. Tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.”

– Jenderal Sudirman

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

– R.A. Kartini

“Jangan bimbang dalam menghadapi macam-macam penderitaan karena makin dekat cita-cita kita tercapai makin berat penderitaan yang harus kita alami.”

– Jenderal Sudirman

“Malahan kita berada pada permulaan perjuangan yang jauh lebih berat dan lebih mulia, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan daripada segala macam penindasan.”

– Mohammad Hatta

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.”

– Ir. Soekarno

Lihat Juga : 100 Quotes & Pesan Positif Untuk Generasi Mendatang

Kata kata kemerdekaan berbahasa Inggris

Kata Kata Merdeka HUT RI

“Our struggle today is none other than the struggle for freedom of our nation’s soul. Maturity of our nation is only a way to reach the position as an adult human being for us.”

– Sutan Syahrir

Artinya,

Perjuangan kita sekarang ini tak lain dari perjuangan untuk mendapat kebebasan jiwa bangsa kita. Kedewasaan bangsa kita hanya jalan untuk mencapai kedudukan sebagai manusia dewasa bagi diri kita.

“Life that is not at stake will never be won.”

– Sutan Syahrir

Artinya,

Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.

“And only the spirit of nationalism, shouldered by feelings of justice and humanity. Which can take us forward in world history.”

– Sutan Syahrir

Artinya,

Dan hanya semangat kebangsaan, yang dipikul oleh perasaan keadilan dan kemanusiaan. Yang dapat mengantar kita maju dalam sejarah dunia.

“Nietzsche is culture, Nietzsche is art, Nietzsche is genius.”

– Sutan Syahrir

Artinya,

Nietzsche itu kebudayaan, Nietzsche itu seni, Nietzsche itu genius.

“In my speech, “Once Merdeka remains Merdeka”! Kucetus motto: “We love peace, but we love INDEPENDENCE.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Dalam pidatoku, “Sekali Merdeka tetap Merdeka”! Kucetus semboyan: “Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta KEMERDEKAAN”.

“You may say that Muslims are fanatics, but you must also be aware that you are a big capital for Indonesian independence. For you to know, it is not running, it is passion.”

– Buya Hamka

Artinya,

Tuan boleh kata muslim itu fanatik, tapi tuan juga harus denga kata hati tuan bahwa itu adalah modal besar bagi kemerdekaan Indonesia. Untuk tuan tahu, itu bukanlah ranatik, itu adalah gairah.

“Without love, independence is only a hollow sea, A sky that has no horizons!”

– Agus Noor

Artinya,

Tanpa cinta, kemerdekaan hanya laut hampa, Langit yang tak punya cakrawala!

“Overcoming poverty is not a charity attitude. That is an act of justice. It is a protection of fundamental human rights, the right to dignity and a decent life. As poverty continues, there is no true independence.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Mengatasi kemiskinan bukan sebuah sikap amal. Itu merupakan tindakan keadilan. Itu merupakan perlindungan terhadap hak asasi manusia yang fundamental, hak atas martabat dan kehidupan yang layak. Selagi kemiskinan berlanjut, tidak ada kemerdekaan sejati.

Lihat Juga : 59 Quotes Benjamin Franklin, Pemimpin Revolusi Amerika

“Independence is a dream come true, but it is also an empty building. It is the duty of its supporters to fill independence.”

– Soe Hok Gie

Artinya,

Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan dsebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan.

“Because independence that is not fought for will never be won.”

– Najwa Shihab

Artinya,

Sebab kemerdekaan yang tak diperjuangkan, tidak akan pernah dimenangkan.

“Independence is a golden bridge, it is this bridge that is free to compose a brave, strong, healthy, eternal and eternal, independent Indonesian society.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Kemerdekaan adalah jembatan emas, jembatan inilah yang leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, kuat, sehat, kekal, dan abadi.

“Essential independence is when we are not enslaved to the desire to be praised, respected, respected, reciprocated by others. Independence belongs to a sincere person.”

– Abdullah Gymastiar

Artinya,

Kemerdekaan hakiki adalah bila kita tidak diperbudak keinginan dipuji, dihargai, dihormati, dibalas budi oleh orang lain. Kemerdekaan adalah milik orang yang ikhlas.

“Able to maintain the sovereignty and independence of the Republic of Indonesia, which was proclaimed on August 17, 1945, until the last drop of blood.”

– Jenderal Soedirman

Artinya,

Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan.

“Do not be shaken, believe that war friends are against themselves, welcome independence if we are able to hold back.”

– Iwan Fals

Artinya,

Jangan goyah percayalah teman perang itu melawan diri sendiri, selamat datang kemerdekaan kalau kita mampu menahan diri.

“Because independence that fails to be filled will only be a preamble narrative.”

– Najwa Shihab

Artinya,

Karena kemerdekaan yang gagal diisi hanya akan menjadi narasi yang penuh basa-basi.

“Violence in terms of achieving racial justice is useless and immoral. I know that often violence produces temporary results. Nations have often won their independence through war. But it is only a temporary victory, violence never gives eternal peace.”

– Martin Luther King

Artinya,

Kekerasan dalam hal mencapai keadilan ras merupakan hal yang tidak berguna dan tidak bermoral. Aku tahu bahwa seringkali kekerasan memberikan hasil sementara. Bangsa-bangsa sudah sering kali memenangkan kemerdekaan mereka melalui perang. Tetapi itu hanyalah kemenangan yang sementara, kekerasan tidak pernah memberikan perdamaian abadi.

Lihat Juga : 44 Quotes John F. Kennedy, Presiden Amerika Ke-35

“Our struggle for independence and justice is a collective effort. It is in your hands to create a better world for everyone who lives in it.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif. Ada di tangan kalian untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup di dalamnya.

“Without an independent economy, there is no way we can achieve independence, we cannot stay alive.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Tanpa ekonomi yang merdeka, tak mungkin kita mencapai kemerdekaan, tak mungkin kita tetap hidup.

“If money is your hope for independence, you will never have it. The real security that someone will have in this world is a backup of knowledge, experience, and abilities.”

– Henry Ford

Artinya,

Jika uang adalah harapan Anda untuk kemerdekaan, Anda tidak akan pernah memilikinya. Keamanan yang nyata bahwa seseorang akan memiliki di dunia ini adalah cadangan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan.

“There is no easy way to achieve independence anywhere. Many of us have to pass through the valley many times with the shadow of death before reaching the peak of our ideals.”

– Wiji Thukul

Artinya,

Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu.

“The voices cannot be imprisoned, there dwells in independence, if you force silence, I prepare for you a rebellion!”

– Wiji Thukul

Artinya,

Suara-suara itu tak bisa dipenjarakan, disana bersemayam kemerdekaan, apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan!

“If I see the faces of children

in villages with sparkling eyes

“Pak Merdeka; Pak Merdeka; Pak Merdeka! “

I no longer see human eyes

I see Indonesia”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Jikalau aku melihat wajah anak-anak
di desa-desa dengan mata yang bersinar-sinar
“Pak Merdeka; Pak Merdeka; Pak Merdeka!”
Aku bukan lagi melihat mata manusia
Aku melihat Indonesia

“Previously independent from invaders, now from bad habits that do not want to change.”

– Najwa Shihab

Artinya,

Dahulu merdeka dari penjajah, kini dari kebiasaan buruk yang tak mau berubah.

Lihat Juga : 39 Quotes Nelson Mandela, Pejuang Kemanusiaan Afrika Selatan

“When a nation is able to defend its country with its own blood, with its own flesh, at that time the nation is ripe for independence.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Manakala suatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan.

“This is a creative company, how can it be possible to work if personal independence goes along with the restraints?”

– Jessica Huwae

Artinya,

Ini kan perusahaan kreatif, bagaimana mungkin bisa berkarya kalau kemerdekaan pribadi pun ikut-ikutan dikekang?

“Independence will not function before there is economic power.”

– Margaret Thatcher

Artinya,

Kemerdekaan tak akan berfungsi sebelum adanya kekuatan ekonomi.

“Being a Passionpreneur is about developing, creating, and living in a profession that is in accordance with passion, where someone is free to be himself, and live more fully.”

– Dedy Dahlan

Artinya,

Menjadi Passionpreneur adalah tentang mengembangkan, menciptakan, dan hidup di dalam profesi yang sesuai dengan passion, di mana seseorang merdeka untuk jadi diri sendiri, dan hidup lebih penuh.

“Activate the mind independently, so creativity grows freely.”

– Najwa Shihab

Artinya,

Mengaktifkan pikiran secara merdeka, agar kreatifitas tumbuh dengan leluasa.

“The soul must be free and the free soul is a free soul, free to do everything, but still in creed.”

– Achmad Zaky

Artinya,

Jiwa itu harus merdeka dan yang merdeka itu adalah jiwa yang bebas, bebas melakukan segala hal, tapi tetap dalam akidah.

“Freedom is when your conscience no longer hides.”

– Helvy Tiana Rosa

Artinya,

Merdeka adalah ketika suara nuranimu tak lagi sembunyi.

“Don’t you get it, kid? It’s not only your life that is in danger! But the fate of the whole world! The independent kingdoms were overwhelmed against the librarians. With the help of Pasir Rashid, the victory was arguably already in the hands of the Librarians. If we do not reclaim the sand before it is melted down – which only takes a few hours – the Free Empires can collapse! We are the only hope of civilization.”

– Brandon Sanderson

Artinya,

Apa kau tidak paham, Nak? Bukan cuma nyawamu yang dalam bahaya! Melainkan nasib seluruh dunia! Kerajaan-kerajaan Merdeka sudah kewalahan melawan para pustakawan. Dengan bantuan Pasir Rashid, kemenangan bisa dibilang sudah ditangan para Pustakawan. Jika kita tidak merebut kembali pasir itu sebelum dilebur –yang cuma perlu waktu beberapa jam- Kerajaan-kerajaan Merdeka bisa runtuh! Kita satu-satunya harapan peradaban.

Lihat Juga : 64 Quotes Kahlil Gibran, Penyair Asal Lebanon

“As a soldier’s wife who is responsible for the safety of the nation, I will always be behind you, supporting you until the independence of this country.”

– Irma Devita

Artinya,

Sebagai istri prajurit yang bertangung jawab atas keselamatan bangsa, aku akan selalu di belakangmu, mendukungmu sampai merdeka negeri ini.

“I believe that it is better to tell the truth than a lie. I believe it is better to be free than to be a slave. And I believe it is better to know than to be ignorant.”

– Henry Louis Mencken

Artinya,

Saya percaya bahwa lebih baik mengatakan yang sebenarnya dari pada kebohongan. Saya percaya lebih baik merdeka dari pada menjadi budak. Dan saya percaya lebih baik mengetahui dari pada tidak tahu.

“To build a democratic country, an independent economy must be built.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Untuk membangun negara yang demokratis, maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun.

“Independent Indonesia is only a bridge, even though the golden bridge across the bridge breaks two roads: one to the world equally equally, one to the world equally wailing and crying.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Indonesia merdeka hanyalah suatu jembatan walaupun jembatan emas di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis.

“Independence is a golden bridge, it is this bridge that is free to compose a brave, strong, healthy, eternal and eternal, independent Indonesian society.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Kemerdekaan adalah jembatan emas, jembatan inilah yang leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, kuat, sehat, kekal, dan abadi.

“Independent Indonesia is not our final destination. Independent Indonesia is only a condition for achieving happiness and prosperity of the people.”

– Mohammad Hatta

Artinya,

Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.

“With the existence of character, each human being stands as a free human (personal), who can rule or control himself. This is civilized man and that is the purpose and aim of education in broad outline.”

– Ki Hadjar Dewantara

Artinya,

Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya.

“Some breathe but are not grateful; independent but chose jailed; smile but not happy; animate but not really alive.”

– Fiersa Besari

Artinya,

Ada yang bernapas tapi tidak bersyukur; merdeka tapi memilih dipenjara; tersenyum tapi tidak bahagia; bernyawa tapi tidak benar-benar hidup.

Lihat Juga : 64 Quotes Barack Obama, Presiden Amerika ke-44

“In the matter of the national revolution, whether the colonized nation which struggled to defend its independence actually became an independent nation in all fields of its life against other nations, or re-colonized in the old way or the new way.”

– Tan Malaka

Artinya,

Dalam soal revolusi nasional, apakah bangsa yang terjajah yang berjuang untuk membela kemerdekaannya itu sesungguhnya menjadi bangsa yang merdeka dalam segala lapangan hidupnya terhadap bangsa lain, atau kembali dijajah dengan cara lama atau cara baru.

“Better to die fighting for freedom then be a prisoner all the days of your life.”

– Bob Marley

Artinya,

Lebih baik mati berjuang demi kebebasan maka jadilah tahanan seumur hidup Anda.

“I would rather die than not fulfill a promise that has been said. I will fight with the brothers until Indonesian independence is truly achieved.”

– I Gusti Ngurah Pindha

Artinya,

“Saya lebih baik mati daripada tidak memenuhi janji yang sudah diucapkan. Saya akan turut berjuang bersama saudara-saudara hingga kemerdekaan Indonesia benar-benar tercapai.”

“If I were only a child when the words “Emancipation” had not sounded, it did not mean anything to my hearing, essays and books about the revival of the princesses were far from my imagination, but at that time it had lived in my sanubarai heart one desire that is increasingly strong, is the desire to be free, independent, independent.”

– RA. Kartini

Artinya,

Jika saja masih anak-anak ketika kata-kata “Emansipasi” belum ada bunyinya, belum berarti lagi bagi pendengaran saya, karangan dan kitab-kitab tentang kebangunan kaum putri masih jauh dari angan-angan saja, tetapi dikala itu telah hidup didalam hati sanubarai saya satu keinginan yang kian lama kian kuat, ialah keinginan akan bebas, merdeka, berdiri sendiri.

“If money is your hope for independence you will never have it. The only real security that a man will have in this world is a reserve of knowledge, experience, and ability.”

– Henry Ford

Artinya,

Jika uang adalah harapan Anda untuk kemerdekaan, Anda tidak akan pernah memilikinya. Satu-satunya keamanan sejati yang akan dimiliki seseorang di dunia ini adalah cadangan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan.

“We are free, spacious and happy, if we are not afraid of people knowing who they are.”

– Abdullah Gymnastiar

Artinya,

Diri kita merdeka, lapang dan bahagia, bila tak takut orang mengetahui diri ini apa adanya.

“Nature has never read the Declaration of Independence. This continues to make us unequal.”

– Will Durant

Artinya,

Alam tidak pernah membaca Deklarasi Kemerdekaan. Ini terus membuat kita tidak setara.

Lihat Juga : 100 Quotes Albert Einstein, Ilmuwan Fisika Teoretis

“Those who are free must have the power to control themselves, and also their actions.”

Artinya,

Mereka yang merdeka harus memiliki kekuasaan untuk menguasai diri sendiri, dan juga perbuatannya.

“Be an independent person whose rights are fulfilled, not colonize anyone’s freedom.”

Artinya,

Jadilah orang yang merdeka yang hak-haknya terpenuhi, tak menjajah kebebasan siapa pun.

“Freedom is nothing but a chance to be better.”

– Albert Camus

Artinya,

Kebebasan tidak lain adalah kesempatan untuk menjadi lebih baik.

“Freedom cannot be bestowed.”

– Elbert Hubbard

Artinya,

Kebebasan tidak bisa dianugerahkan.

“The great revolution in the history of man, past, present and future, is the revolution of those determined to be free.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Revolusi besar dalam sejarah manusia, masa lalu, sekarang dan masa depan, adalah revolusi dari mereka yang bertekad untuk bebas.

“Between stimulus and response, there is a space. In that space is our power to choose our response. In our response lies our growth and our freedom.”

– Viktor Emil Frank

Artinya,

Antara stimulus dan respons, ada ruang. Dalam ruang itu adalah kekuatan kita untuk memilih respons kita. Dalam respons kita terletak pertumbuhan dan kebebasan kita.

“I am no bird; and no net ensnares me: I am a free human being with an independent will.”

– Charlotte Bronte, Jane Eyre

Artinya,

Saya bukan burung; dan tidak ada jaring yang menjerat saya: saya adalah manusia bebas dengan kehendak bebas.

“My definition of a free society is a society where it is safe to be unpopular.”

– Adlai Stevenson

Artinya,

Definisi saya tentang masyarakat bebas adalah masyarakat di mana aman untuk tidak populer.

“There is still a lot of work and challenges ahead of us. Let’s build together a better day.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

Artinya,

Masih banyak pekerjaan dan tantangan di depan kita. Mari kita bersama membangun hari yang lebih baik.

“Our happiness is not due to coalition with strength, but happiness will come compilation we can cry and laugh together.”

– Megawati Soekarno Putri

Artinya,

Kebahagiaan kita bukan karena berkoalisi dengan kekuasaan, tetapi kebahagiaan itu akan datang ketika kita bisa menangis dan tertawa bersama.

Lihat Juga : 306 Quotes Boy Candra, Penulis Populer Indonesia

“In international relations independence is also a bridge, a bridge for the struggle of nations for equality for the formation of nations and states so that they can stand at the foot of beograd (alone), Poliyis, economically.”

– Ir. Soekarno

Artinya,

Dalam hubungan Internasional pun kemerdekaan merupakan suatu jembatan, suatu jembatan untuk perjuangan bangsa-bangsa bagi persamaan derajat untuk pembentukan bangsa-bangsa dan negara-negara sehinggga sanggup berdiri di atas kaki beograd (sendiri), Poliyis, ekonomis.

“Young people should not just criticize, there must be a solution so there will be reciprocity, that is the essence of independence because the foundation is in young people who are creative and innovative.”

– Basuki Tjahaja Purnama

Artinya,

Anak muda itu jangan bisanya cuma mengkritik, harus ada solusi jadi akan ada timbal balik, itulah hakikat kemerdekaan karena tumpuannya ada di anak muda yang kreatif dan inovatif.

“Freedom is never more than one generation away from extinction. We didn’t pass it to our children in the bloodstream. It must be fought for, protected, and handed on for them to do the same.”

– Ronald Reagan

Artinya,

Kemerdekaan tidak pernah lebih dari satu generasi hingga menuju kepuhan. Kita tidak memberikannya kepada anak-anak kita semata melalui darah yang mengalir. Kemerdekaan harus diperjuangkan, dilindungi, dan diserahkan kepada mereka agar melakukan perjuangan yang sama.

“Freedom is maintained by responsible freedom.”

– Roger W. Hancock

Artinya,

Kebebasan dipertahankan oleh kemerdekaan yang bertanggung jawab.

“Liberty means responsibility. That is why most men dread it.”

– George Bernard Shaw

Artinya,

Kemerdekaan adalah tanggung jawab. Itulah sebabnya banyak orang yang takut untuk memperjuangkannya.

“Freedom is never dear at any price. It is the breath of life. What would a man not pay for living?”

– Mahatma Gandhi

Artinya,

Kemerdekaan tidak bisa ternilai harganya. Kemerdekaan adalah napas kehidupan. Apa yang tak akan dibayarkan seseorang untuk kehidupan?

“What is smart about the United States government system is the separation of powers. Not only executive, legislative, judicial bodies, but also military freedom from civil society, media and press freedom, a free and free Central Bank.”

– Feisal Abdul Rauf

Artinya,

Yang cerdas mengenai sistem pemerintahan Amerika Serikat adalah pemisahan kekuasaan. Tidak hanya badan executive, legislatif, Yudisial, tapi juga kebebasan militer dari masyaralat sipil, kebebasan media dan pers, Bank Pusat yang merdeka dan bebas.

“Proclamation should not stop with just a declaration, because independence should not be a propaganda tool.”

– Najwa Shihab

Artinya,

Proklamasi harusnya tak berhenti sekadar deklarasi, sebab merdeka mestinya bukan alat propaganda.

Lihat Juga : 100 Quotes Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke-6

“Those who deny freedom to others deserve it not for themselves.”

– Abraham Lincoln

Artinya,

Mereka yang mengingkari kemerdekaan orang lain tidak berhak mendapat kemerdekaan untuk diri mereka sendiri.

“The point is that Indonesia has never really been independent? Never until now. Now Globalism is in power. All become merchandise, even politics, parties and people. All are seen as merchandise.”

– Pramoedya Ananta Toer

Artinya,

Maksudnya adalah bahwa Indonesia tidak pernah betul-betul merdeka? Tidak pernah sampai sekarang. Sekarang Globalisme berkuasa. Semua dijadikan barang dagangan, bahkan juga politik, partai, dan manusia. Semua dipandang sebagai barang dagangan.

“They shake hands, like mountains shake the ocean. They are only two small lumps of flesh, but their souls are bigger than a mountain, broader than the sea, because they are responsible for giving birth to something that their ancestors and other nations did or did not give birth to: independence.”

– Pramoedya Ananta Toer

Artinya,

Mereka berjabat tangan, seperti gunung berjabatan dengan samudera. Mereka hanya dua gumpal daging kecil, tetapi jiwanya lebih besar dari gunung, lebih luas dari laut, karena kereka ikut melahirkan sesuatu yang nenek-moyangnya dan bangsa-bangsa lain tidak atau belum melahirkannya: kemerdekaan.

 “Let us remember that we can do these things not just because of wealth or power, but because of who we are: one nation, under God, indivisible, with liberty and justice for all.”

– Barack Obama

Artinya,

Mari kita ingat bahwa kita bisa melakukan hal ini bukan semata karena kekayaan dan kekuatan, tetapi juga karena diri sendiri, yaitu satu negara di bawah lindungan Tuhan, dengan kemerdekaan dan keadilan untuk semua.

“But our love is nothing compared to love for the independence of our nation. our holy love is nothing compared to our love for our homeland. I, you, will sacrifice anything for that sake.”

– Tere Liye

Artinya,

Tapi tjinta kita boekanlah apa-apa dibanding tjinta atas kemerdekaan bangsa kita. Tjinta soetji kita boekanlah apa-apa dibanding tjinta kita atas tanah air kita ini. Akoe, kamoe, akan mengorbankan apa poen demi itoe.

“Independence is only obtained and owned by a nation whose soul is blazing with the determination to be free, independent or dead!” – Ir. Soekarno

– Tere Liye

Artinya,

Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar dengan tekad merdeka, merdeka atau mati!

“For everything that is really great and inspiring is created by the individual who can labour in freedom.”

– Albert Einstein

Artinya,

Untuk semua yang benar-benar hebat dan menginspirasi diciptakan oleh individu yang dapat bekerja dalam kebebasan.

“Liberty has restraints but no frontiers.”

– David Lloyd George

Artinya,

Kemerdekaan memiliki pembatasan tetapi tidak ada batas.

Lihat Juga : 125 Quotes Najwa Shihab, Presenter Hebat Indonesia

“Teenagers now, if you shoot the crush via text. Many men also apply for their future wife via text or telephone. The world has changed. Don’t use the methods of the times before independence.”

– Netty Virgiantini

Artinya,

Anak-anak remaja sekarang, kalau nembak gebetannya lewat sms. Banyak juga laki-laki yang melamar calon istrinya lewat sms atau telepon. Dunia sudah berubah. Jangan pakai cara-cara zaman sebelum kemerdekaan.

“What’s important is a conversation with freedom. Also freedom to find for yourself what is right and what is fair.”

– Goenawan Mohamad

Artinya,

Yang penting adalah percakapan dengan kebebasan. Juga kemerdekaan untuk mencari sendiri apa yang benar dan yang adil.

“I wear hijab not for the benefit of men. I veiled for my interests. For my independence.”

– Helvy Tiana Rosa

Artinya,

Saya pakai jilbab bukan untuk kepentingan para lelaki. Saya berjilbab untuk kepentingan saya. Untuk kemerdekaan saya.

“Freedom is never voluntarily given by the oppressor; it must be demanded by the oppressed.

– Martin Luther King

Artinya,

Kemerdekaan tidak diberikan begitu saja oleh pihak penindas, karena itu sang tertindaslah yang harus memperjuangkannya.

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.