39 Quotes Nelson Mandela, Pejuang Kemanusiaan Afrika Selatan

Nelson Mandala adalah pejuang kemanusiaan Afrika Selatan yang merupakan politisi dan revolusioner antiapartheid yang berjuang membebaskan rakyatnya dari pengaruh politik apartheid dan perbedaan gender.

Pada masa pemerintahannya ia sangat berfokus pada pemberantasan rasisme, kemiskinan, dan kesenjangan. Nama Nelson Mandela cukup dikenal masyarakat dunia internasional.

Rolihlahla Mandela, nama aslinya adalah keturunan keluarga kerajaan Thembu dan bersuku Xhosa. Thembu adalah wilayah kekuasaan kakek buyutnya yang saat ini telah menjadi wilayah Eastern Cape di Afrika Selatan.

Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di Afrika Selatan. Saat itu keluarga Mandela pindah ke wilayah Qunu sebuah pedesaan kecil yang berada di perbukitan rendah. Mandela di baptis di Gereja Metodis, dan mendapat sekolahan dari pendidikan Inggris di Afrika Selatan.

Nama asli yang ia dapat ternyata tidak di setujui untuk masuk pada sistem pendidikan Inggris, akhirnya gurunya meminta Mandela agar mengubah nama Rolihlahla menjadi ‘Nelson’.

Nelson ditinggal meninggal ayahnya sejak 9 tahun karena penyakit paru-paru. Setelahnya kehidupan Nelson menjadi drastis, namun karena jasa-jasa ayah Nelson seorang bupati Thembu, Chief Jongintaba Dalindyebo mengadopsinya.

Mereka tinggal di Mqhekezweni ibukota provinsi Thembuland. Jongintaba juga memiliki dua orang anak bernama Justice dan Numafu yang akhirnya mereka bersaudara dengan Nelson. Nelson juga menikmati masa belajarnya dalam bahasa Inggris, Xhosa, Sejarah, dan Geografi.

Berjanji untuk memperjuangkan kemerdekaan

Disana Nelson juga mendapat pengetahuan bahwa ada pertentangan antara kaum kulit putih dan kulit hitam. Masa itu Afrika Selatan damai, namun setelah kedatangan kaum kulit putih keadaan berubah. Kaum kulit putih mengambil segala kekuasaan yang ada dari kulit hitam.

Di usianya ke 16 tahun, Nelson berjanji kepada pemimpin Chief Meligqili untuk memperjuangkan kemerdekaan Afrika Selatan. Saat dewasa Nelson mendapat jabatan untuk menjadi penasihat ketua di kantor pejabat, ia juga mendapat panduan dari ayah angkatnya Jongintaba.

Motto Nelson Mandela
image source : goodnewsfromindonesia.id

Nelson adalah lulusan the Clarkebury Boarding Institute dan Wesleyan College di tempat tinggalnya dulu, ia selalu menjadi anak berprestasi.

Tahun 1939, Mandela melanjutkan pendidikannya di University College of Fort Hare. Di Universitas tersebut pihak kampus dapat menerima kaum berkulit hitam dan merupakan untiversitas ternama di Afrika.

Tahun pertama Mandela mengambil jurusan hukum Romawi Belanda, dan pada tahun kedua ia menjadi dewan perwakilan mahasiswa atau Student Representatif Council (SRC). Namun Mandela sempat diberikan skors untuk mematuhi kebijakan SRC, ketika ia mengundurkan diri dan melihat ketidakpuasan mahasiswa akan kebijakan SRC.

Mandela saat di skors dari kampus pulang kerumah dan herannya ayah angkatnya Jongintaba telah menyiapkan pengumuman pernikahannya agar hidupnya tertata dengan baik.

Namun karena menolak dan belum siap Mandela pindah dan melarikan diri ke Johannesburg. Ia juga bekerja untuk kebutuhan hidupnya menjadi seorang pegawai toko dan seorang penjaga.

Lihat Juga : 50 Quotes Martin Luther King Jr, Tokoh Persamaan Hak Sipil

Belajar Hukum di University Witwatersrand Johannesburg

Mandela juga tidak melupakan pendidikannya, ia mengikuti kursus dan berlanjut belajar hukum di University Witwatersrand Johannesburg. Ia selalu mengingat bahwa tanah airnya Afrika Selatan tidak punya hak atas tanahnya sendiri karena kedatangan kaum kulit putih yang mengambil segalanya.

Mandela mulai bergabung dalam Kongres Nasional Afrika tahun 1942. Ia memiliki tekad kuat dan menjadi sosok aktif. Dengan bertujuan untuk melawan rezim para pekerja yang merasa tertekan dari keadaan saat itu, Mandela juga ikut ANC African National Congres Youth League.

Dari kelompok itu, ia dan pergerakan itu melakukan metode dengan cara boycott, pemogokan, ketidaktaatan sipil dan tidak bekerja sama dalam kepentingan yang tidak sesuai. Mereka menentang segala kerugian dari retribusi tanah yang tinggi, kemudian hak perdagangan, kebebasan dalam pendidikan anak-anak Afrika.

Dari semua perjuangannnya, Mandela tidak memprovokasi aksi kekerasan atas pemerintahan Afrika Selatan yang rasisme. Ia dan kelompok pergerakannya selalu berpegang teguh dengan prinsipnya yang saat itu terjadi pada masa Kampanye pertentangan tahun 1952 dan tahun 1955 saat Kongres Rakyat.

Keluar masuk penjara karena dianggap ancaman

Dalam aksinya yang menjadi ancaman bagi pemerintahan Afrika Selatan, saat itu ia dan teman-temannya sempat keluar masuk penjara. Namun kegigihannya dan anggota ANC dalam memperjuangkan martabat cukup tinggi, membuat Mandela tetap percaya diri.

Mandela terbebas dari tahanan saat pemerintahan presiden Botha berhenti dan digantikan Presiden Frederik Willem de Klerk.

Presiden De Klerk masa itu membuat kebijakan baru yang berbeda dengan pemerintahan yang sebelumnya. Bahkan De Klerk tidak melarang pergerakan Mandela dan ANC, ia menghapus pembatasan terhadap kelompok-kelompok politik dan melakukan pembebasan.

Kata Kata Nelson Mandela tentang Politik
image source : brightspotcdn.com

Nelson Mandela bebas pada tanggal 11 Februari setelah 27 tahun dipenjara. Ia juga menyatakan untuk berjuang secara damai dalam mendeklarasikan kekuatan ANC yang tetap bertahan.

Mandela terpilih menjadi presiden ANC pada tahun 1991, dan bernegosiasi dengan De Klerk, Mandela meminta agar pemerintahan Afrika Selatan menjalankan pemilihan umum dengan peserta dari berbagai ras.

Karena pemindahan kekuasaan antar ras yang tidak penuh membuat kekacauan pada masa itu, bahkan ada kabar gerakan kekerasan dan pembunuhan seorang pemimpin dari ANC bernama Chris Hani.

Mandela melakukan penyeimbangan politik dan selalu bernegosiasi dengan pemerintah juga dengan para demonstran.

Upaya penuh yang dilakukan Mandela dan pemerintahan de Klerk, tahun 1993 membuat kedua tokoh tersebut menerima nobel perdamaian karena telah menghapuskan apartheid di Afrika Selatan selama ini.

Menjadi presiden pertama berkulit hitam

Tidak disangka pada tahun 1994, 27 April sang tokoh kulit hitam Nelson Mandela resmi terpilih menjadi Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan dari pemilihan demokrasi. Ia berusia 77 tahun saat itu dan De Klerk menjadi wakilnya.

Tahun 1994 Mandela mempublikasikan autobiografinya yang ia tulis selama di penjara berjudul ‘Long Walk to Freedom’ yaitu ‘Jalan Panjang Menuju Kemerdekaan’.

Mandela juga menerima penghargaan ‘Order of Merit’ atas bintang tanda jasanya. Jabatan yang ia pimpin sebagai presiden kulit hitam pertama pada tahun 1994 sampai Juni 1999.

Pemerintahan yang Mandela pimpin berjalan baik dan menjadi pemerintahan pusat yang kuat tanpa ada apartheid. Ia selalu mengedepankan prinsip perdamaian di bawah pemerintahannya dengan menyetarakan hak-hak kaum minoritas dan mayoritas dan penuh kebebasan.

Setelah masa jabatannya usai mandela memutuskan untuk pensiun dari dunia politik dan memilih membangun bisnis. Ia membangun beberapa sekolah dan klinik di Afrika Selatan, khususnya daerah pedesaan dan pedalaman.

Untuk nasib kekeluargaan Mandela, ia menikah dengan Graca Machel yang merupakan istri terakhirnya setelah mengalami dua kali perceraian dengan istri sebelumnya. Ia menikahi Graca pada tahun 1998.

Di Diagnosa memiliki penyakit kanker

Ia mencintai negaranya, walaupun pensiun ia tetap membuat hidupnya bermanfaat untuk semua warganya. Di masa tuanya Mandela memutuskan untuk kembali ke pedesaan kecilnya yaitu di Qunu.

Saat itu tahun 2001 ia didiagnosa memiliki penyakit kanker prostat. Namun ia tetap berkumpul dengan beberapa orang yang selalu menjaga perdamaian dunia.

Masa itu di tahun 2007 Mandela dan sekumpulan kelompok bernama ‘The Elders’. Mandela bersama sekumpulan pemimpin dunia membawa pengaruh positif dari Asia, Timur Tengah, dan Afrika dalam melakukan perdamaian anti kekerasan, kesetaraan ras dan gender, demokrasi dan mengatasi krisis kemanusiaan.

Karena rasa sakit yang ia derita ia menjalani operasi pada awal tahun 2012, hingga tahun 2013 masa penyakitnya semakin parah, dan masyarakat Afrika Selatan penuh melakukan doa kesembuahan Mandela. Namun akhirnya harus menghemuskan nafas terakhirnya pada 5 Desember 2013 di usianya yang ke 95 tahun di Johannesburg.

Sungguh perjuangan yang hebat telah membawa kehidupan Nelson Mandela dihargai seluruh warga Afrika Selatan, ia telah menjadi tokoh inspiratif untuk misi perdamaian dunia ini.

Lihat Juga : 30 Quotes Galileo Galilei, Ilmuan, Filusuf, & Fisikawan

Kata Kata Nelson Mandela

‘It is in your hands’, itulah kutipan singkat Mandela. Penting bagi kita untuk mengenang dan mendapat  ilmu pengetahuan dari tokoh Nelson Mandela penggerak perdamaian dunia.

Untuk melihat kutipan bijak Nelson Mandela, simak quotes hebatnya berikut ini…

“I hate race discrimination most intensely and in all its manifestations. I have fought it all during my life, I fight it now, and will do so until the end of my days.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Saya benci diskriminasi dan segala manifestonya. Saya bertarung sepanjang hidup saya, saya bertarung sekarang dan sampai akhir hayat saya.

“We must use time wisely and forever realize that time is always ready to do the right thing.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Kita harus menggunakan waktu dengan bijaksana dan selamanya menyadari bahwa waktu selalu siap untuk berbuat benar.

“It always seems impossible until it’s done.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti.

“Refusing to fulfill human rights means challenging humanity itself. Putting a person into suffering with hunger and a life full of poverty (poverty) means not humanizing them. However, these things are bad luck that befell all black people in our country under the apartheid system.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan itu sendiri. Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka. Namun, hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita di bawah sistem apartheid.

“Lead from the back and let others believe they are in front.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya mereka ada di depan.

“I like friends who have independent minds because they tend to make you see problems from all angles.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka karana mereka akan melayanimu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang.

“I learned that courage was not the absence of fear, but the triumph over it. The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Saya belajar bahwa keberanian tidak akan pernah absen dari ketakutan. Tetapi mereka berhasil menang atas itu. Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tapi mereka yang bisa menaklukkan rasa takut itu.

“Education is the most powerful weapon we can use to change the world.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.

Lihat Juga : 36 Quotes Dahlan Iskan, Mantan Menteri BUMN

“Resentment is like drinking poison and then hoping it will kill your enemies.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Kebencian adalah seperti meminum racun dan berharap musuhmu yang terbunuh.

“To be free is not merely to cast off one’s chains, but to live in a way that respects and enhances the freedom of others.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain.

“Real leaders must be ready to sacrifice all for the freedom of their people.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Para pemimpin sejati harus siap untuk mengorbankan semua demi kebebasan rakyat mereka.

“If I had my time over I would do the same again. So would any man who dares call himself a man.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Bila saya mempunyai waktu tambahan, saya akan melakukan hal yang sama. Jadi, apakah semua laki-laki berani menyebut dirinya laki-laki.

“Overcoming poverty is not charity. That’s an act of justice. This is the protection of fundamental human rights, the right to dignity and a decent life. When poverty continues, there is no real independence.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Mengatasi kemiskinan bukan sebuah sikap amal. Itu merupakan tindakan keadilan. Itu merupakan perlindungan terhadap hak asasi manusia yang fundamental, hak atas martabat dan kehidupan yang layak. Selagi kemiskinan berlanjut, tidak ada kemerdekaan sejati.

“From the experience of an extraordinary humanitarian disaster that lasted so long, a society must be born that makes all humanity proud.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Dari pengalaman tentang sebuah bencana kemanusiaan luar biasa yang berlangsung begitu lama, harus lahir sebuah masyarakat yang membuat semua umat manusia bangga.

“Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Jangan menilai saya dari kesuksesan, tetapi nilai saya dari seberapa sering saya jatuh dan berhasil bangkit kembali.

“No one is born to hate others because of their skin color, background, or religion. People must learn to hate. If they can learn to hate, then they can be taught to love because love is more natural to the human heart than vice versa.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Tak ada orang yang terlahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, latar belakangnya, atau agamanya. Orang harus belajar untuk membenci. Jika bisa belajar untuk membenci, maka mereka bisa diajar untuk mengasihi karena kasih lebih alamiah bagi hati manusia ketimbang sebaliknya.

“The key to being happy is to live life as if no one is watching, and express yourself as if everyone is listening.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Kunci untuk bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang mengawasi, dan mengekspresikan diri seolah-olah semua orang mendengarkan.

Lihat Juga : 33 Quotes Felix Siauw, Ustadz Beretnis Tionghoa

“There is no easy way to achieve independence anywhere. Many of us have to pass through the valley many times with the shadow of death before reaching the peak of our ideals.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu.

“A good head and a good heart are always a formidable combination.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Sebuah hati yang baik dan sebuah kepala yang baik akan selalu menjadi sebuah kombinasi yang dahsyat.

“I came to accept that I have no right whatsoever to judge others in terms of my own customs, however much I may be proud of such customs.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Saya mengakui bahwa saya punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri, betapa pun saya boleh bangga dengan kebiasaan saya itu.

“It’s better to lead from behind and put others ahead, especially when you celebrate victory when good things happen. You take the front line when there is danger. Then people will appreciate your leadership.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Lebih baik untuk memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain di depan, terutama ketika Anda merayakan kemenangan ketika hal-hal baik terjadi. Anda mengambil garis depan ketika ada bahaya. Kemudian orang-orang akan menghargai kepemimpinan Anda.

“Until I was imprisoned, I had never fully appreciated the capacity of memory, an endless string of information that could be kept in my head.”

– Nelson Mandela

Artinya,                           

Sampai saya dipenjara, saya tidak pernah sepenuhnya menghargai kapasitas ingatan, sebuah dawai tak berujung dari informasi yang bisa disimpan kepala.

“Everyone can stand on the situation and get success if they are dedicated and passionate about what they do.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Semua orang bisa berdiri di atas situasinya dan mendapatkan kesuksesan bila mereka mendedikasikan dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan.

“A fundamental concern for others in our individual and community lives would go a long way in making the world the better place we so passionately dreamt of.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Sebuah perhatian dasar dari berbagai komunitas atau individual yang ingin melakukan perjalanan jauh untuk membuat dunia lebih baik adalah dengan bersemangat akan mimpinya.

“Only politicians who don’t go to the field are “immune” from making mistakes. Mistakes are inherent in political action.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Hanya politisi yang tidak turun ke lapangan yang “imun” dari melakukan kesalahan. Kesalahan merupakan hal inheren dalam tindakan politik.

Lihat Juga : 60 Quotes Gus Dur, Tokoh Muslim Presiden RI ke-4

“People must learn to hate and if they can learn to hate, they can be taught to love.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Orang harus belajar untuk membenci dan jika mereka dapat belajar untuk membenci, mereka dapat diajarkan untuk mencintai.

“Let there be work, bread, water and salt for all.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Sediakanlah pekerjaan, roti, air dan garam untuk semua.

“After climbing a great hill, one only finds that there are many more hills to climb.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Setelah mendaki sebuah bukit yang besar, orang hanya akan menemukan bahwa ada banyak bukit lagi untuk didaki.

“While poverty persists, there is no true freedom.”

– Nelson Mandela

Artinya,                                                            

Sementara kemiskinan masih terus berlanjut, tidak ada kebebasan sejati.

“What counts in life is not the mere fact that we have lived. It is what difference we have made to the lives of others that will determine the significance of the life we lead.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Apa yang diperhitungkan dalam hidup bukanlah fakta bahwa kita telah hidup. Itulah perbedaan yang kita buat terhadap kehidupan orang lain yang akan menentukan signifikansi kehidupan yang kita jalani.

“Our struggle for independence and justice is a collective effort. It is in your hands to create a better world for everyone who lives in it.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif. Ada di tangan kalian untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup di dalamnya.

“The purpose of studying history is not to deride human action, nor to weep over it or to hate it, but to understand it. And hopefully then to learn from it as we contemplate our future.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Tujuan mempelajari sejarah bukanlah untuk mencemooh tindakan manusia, atau untuk menangisi atau membencinya, tetapi untuk memahaminya. Dan semoga kemudian belajar darinya saat kita merenungkan masa depan kita.

“Let there be work, bread, water and salt for all.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Biarlah ada pekerjaan, roti, air dan garam untuk semua.

“The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Orang yang berani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tetapi orang yang mengalahkan rasa takut itu.

“It is wise to persuade people to do things and make them think it was their own idea.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Adalah bijaksana untuk membujuk orang untuk melakukan berbagai hal dan membuat mereka berpikir itu adalah ide mereka sendiri.

Lihat Juga : 80 Quotes Pramoedya Ananta Toer, Sastrawan Indonesia

“Any language can be the vehicle of racist insults and repression, but it can also be the carrier of the message of hope and liberation.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Bahasa apapun bisa menjadi kendaraan penghinaan dan penindasan rasis, tetapi juga bisa menjadi pembawa pesan dari harapan dan pembebasan.

“There is no passion to be found in playing small – in settling for a life that is less than the one you are capable of living.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Tak ada gairah yang ditemukan dalam permainan kecil – dalam menyelesaikan kehidupan yang kurang dari yang Anda mampu.

“Death is something inevitable. When a man has done what he considers to be his duty to his people and his country, he can rest in peace. I believe I have made that effort and that is, therefore, why I will sleep for the eternity.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Kematian adalah sesuatu yang tak terelakkan. Ketika seorang pria telah melakukan apa yang dia anggap sebagai kewajibannya kepada rakyat dan negaranya, dia dapat beristirahat dengan tenang. Saya percaya saya telah melakukan upaya itu dan itulah sebabnya mengapa saya akan tidur untuk selama-lamanya.

“In a way that I had never understood before, I realized the role I played in the court and the possibility before me as the defendant. I was a symbol of justice in the court of the oppressors, a representative of the great ideas of freedom, justice, democracy in a society that looked down on values that value. I then realized and that’s where I could continue the struggle even in the enemy’s stronghold.”

– Nelson Mandela

Artinya,

Dengan cara yang belum pernah kupahami sebelumnya, aku menyadari peran yang kumainkan di pengadilan dan kemungkinan di hadapanku selaku terdakwa. Aku adalah simbol keadilan di pengadilan para penindas, perwakilan ide-ide agung kebebasan, keadilan, demokrasi di dalam masyarakat yang memandang rendah nilai-nilai tersebut. Aku kemudian sadar dan di sanalah aku dapat melanjutkan perjuangan meski berada di benteng musuh.

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.