90 Quotes Islami Menyentuh Hati

Selalu berpegang teguhlah hanya kepada Allah Yang Maha Menciptakan. Sebagai makhluk Allah kita senantiasa diberikan nikmat kehidupan dan nikmat beribadah. Manusia memang lemah dan mudah berputus asa dengan segala masalah. Namun jika sedikit saja kita bergerak dan mau menggapai nikmat Allah, maka kita akan ditunjukkan jalan untuk mencapainya.

Manusia selalu melewati berbagai cobaan hidup silih berganti, semua itu tergantung kekuatan dan keyakinan yang ada dalam diri manusia. Allah tidak pernah memberatkan dan meminta apapun kepada hamba-Nya, melainkan hanya menyuruh kita semua untuk teguh, berusaha dan berdoa kepada-Nya.

Kita harus selalu mengingat, untuk beribadah dan berdo’a kepada Allah untuk selalu menyukuri semua nikmat yang kita terima. Maka dari itu Allah akan mempermudah usaha dan ikhtiar kita semua.

Sebagai manusia juga harus meresapi kehidupan yang dijalani, dibalik kegagalan, cobaan, rintangan, dan ujian, ambilah hikmah dan tetap bersabar. Kesabaran atas segala kekurangan itu akan dibalas dengan nikmat besar oleh Allah. Selalu percaya dan bersabarlah dalam berusaha dan menjalankan sesuatu.

Dunia merupakan tempat kehidupan penuh cobaan. Allah percaya manusia yang bersabar bisa menghadapi banyak musibah selama didunia, dan Allah SWT juga akan memberikan karunia dan anugerah terbaik kepada hamba-Nya.

Kata Kata Bijak Islami

Seperti tertulis dalam QS : Al-Baqarah (156-157), “(Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata: Sesungguhnya kita ini dari Allah, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kita semua akan kembali. Mereka itu akan dikaruniakan atas mereka anugerah-anugerah dari Tuhan mereka dan rahmat, dan mereka itulah orang-orang yang akan mendapat petunjuk sehingga bisa menghadapi musibah dalam Islam.”

Lihat Juga : 100 Quotes Islami Menyambut Bulan Ramadhan

Kata Kata Islami Tentang Kehidupan

Untuk menambah semangat dan motivasi hidup yang kita jalani, berikut ini dirangkum beberapa kata-kata bijak Islami, penuh makna dan motivasi kehidupan.

“Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti.”

“Hidup ini tidak akan terasa membosankan jika kita mau menjalin kontak dengan Allah, sang pemberi kebahagiaan.”

“Memangnya kenapa jika kehidupan di dunia ini tidak sempurna? Kehidupan ini bukanlah surga.”

– Nouman Ali Khan

“Hidup adalah sebuah ujian, jika Allah menjawab doa-doamu, berarti Allah ingin meningkatkan keimananmu. Jika Allah menunda menjawab doamu, berarti Allah ingin meningkatkan kesabaranmu. Jika Allah tidak menjawab doamu, maka yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu.”

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan hanyalah main-main dan senda gurau belaka.”

– (Q.S al-An’am: 32)

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui.”

– (Q.S al-Ankabut 64)

“Kamu akan mati sebagaimana kamu menjalani hidup.”

– Hadits

Ketika kita lahir, dikumandangkan adzan. Ketika mati, kita dishalatkan. Begitulah.. betapa sesungguhnya hidup ini sangatlah singkat, hanya berjarak antara adzan dan shalat.

“Tetapi kalian (orang-orang kafir) lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat itu jauh lebih baik dan lebih kekal.”

– (Q.S Al-A’laa:16-17)

“Ketika hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa.”

“Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan dengan kehidupan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya ketika ia angkat kembali dari laut?.”

– Hadits

“Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu.”

– (Q.S Fatir: 5)

“Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam.”

– Ali bin Abi Thalib RA

“Ciptakan sebuah kehidupan yang terasa baik di dalam, bukan hanya yang terlihat bagus dari luar.”

“Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan.”

– `Amr ibn Abdullah

“Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara.”

– (HR. Bukhari)

“Khawatirlah dengan kehidupan kamu yang selanjutnya (akhirat), bukan kehidupan yang sekarang ini.”

“Hidup ini adalah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah.”

– Dr. Mustafa Mahmud

“Hidup tanpa ALLAH ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik.”

Lihat Juga : 53 Quotes Tentang Kebebasan Penuh Makna

Kata Kata Islami Tentang Kesuksesan

“Semakin tinggi harapanmu kepada Allah, semakin tinggi tingkat kesuksesan yang Allah berikan kepadamu.”

“Islam akan tetap sukses dengan atau tanpa dirimu. Sementara di sisi lain, kamu tidak akan pernah benar-benar sukses tanpa Islam.”

– Abdulbary Yahya

“Kesuksesanku hanya karena pertolongan Allah.”

– (Q.S Huud :88)

“Pada saat kamu sukses, kamu mendapatkan sesuatu. Pada saat kamu gagal, kamu belajar tentang sesuatu. Kamu membutuhkan keduanya.”

– Dr. Bilal Philips

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang bisa mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah di jalan-Nya, supaya kamu mendapat kesuksesan atau keberuntungan.”

– (Q.S Al-Maidah: 35)

“Kami tidak percaya bahwa kesuksesan berasal dari usaha manusia. Kami percaya bahwa usaha adalah bahan yang diperlukan untuk memenuhi syarat mendapatkan pertolongan Tuhan (Allah).”

“Resep untuk Sukses” :

Bahan :

– 5 cangkir Shalat sehari-hari
– Teratur membaca al-Quran
– 1 porsi besar kesabaran
– Doa yang banyak
– 1 sendok makan kesenangan
– Tambahkan beberapa sedekah
– Sejumput besar Tawakkal

Petunjuk :

Campurkan semua bahan dengan baik dan tunggu hasilnya. Jika kamu tidak menerima hasilnya dalam kehidupan ini, Insya Allah, kamu akan menerima hasilnya di kehidupan berikutnya.

“Kesuksesan yang kamu cari sepanjang hidup, memanggilmu ‘Lima Kali’ dalam sehari.”

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman supaya kamu sukses atau beruntung.”

– (Q.S An-Nur: 31)

“Jika kamu mendambakan kesuksesan yang menjamin, jadikanlah setiap usaha yang kamu lakukan untuk membuat Allah senang.”

“Kesuksesan finansial, jabatan, pendidikan, keluarga, dan kesuksesan apapun, jika belum sesuai dengan ketentuan Islam, maka Belum Disebut Sukses.”

“Tiga kunci Kesuksesan: Man Jadda Wa Jadda (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil), Man Shobaro Zafiro (Siapa yag bersabar akan beruntung), Man Saro Darbi Ala Washola (Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai).”

“Bila Allah dekat, kesuksesanmu sudah jelas.”

“Sukses adalah kombinasi dari dua hal: usaha dan pertolongan dari Allah.”

– Nouman Ali Khan

“Kesombongan adalah kegagalan, bahkan jika hal itu terjadi karena kesuksesan.”

– Saad Tasleem

Lihat Juga : 94 Quotes Tentang Indahnya Senja

Kata Kata Islami Tentang Bisnis atau Usaha

“Pedagang muslim yang cerdas adalah mereka yang bisa membagi sebagian dari keuntungan untuk disimpan dan mengembangkan kegiatan perdagangan serta menghadapi kemungkinan apa pun yang di luar dugaan, kemudian sebagian lagi dimanfaatkan untuk modal usaha dan bisnis saat ini.”

“Sangat disayangkan sekali masih banyak orang yang hanya mengejar kesuksesan dunia sehingga melupakan urusan akhirat. Jadilah pengusaha yang membangun bisnisnya di dunia, dan juga di akhirat.”

“Tanpa usaha dan doa, perjuanganmu akan sia-sia.”

“Orang pintar adalah mereka yang memanfaatkannya hartanya untuk kepentingan akhiratnya. Orang beruntung adalah mereka yang kaya di dunia, kaya pula di akhirat. Jadilah jenis manusia seperti ini.”

“Islam menganjurkan umatnya untuk berdagang dalam menjemput rezeki, jadilah seorang pedagang yang hebat, jujur dan adil ketika bertransaksi dengan pembeli mu. Hilangkan segala bentuk praktek kecurangan yang akan menghilangkan keberhakan dalam penghasilanmu.”

“Riba adalah musuh utama pebisnis islam. Jangan sampai engkau tertarik kedalamnya dan tidak bisa lagi keluar karena sudah terlilit dengan yang namanya dosa Riba.”

“Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari pengusaha muslim.”

“Seorang pengusaha muslim adalah sosok yang pintar dalam menjalani kehidupan bisnisnya, dia akan terus belajar dari setiap kesalahannya. Dan senantiasa menjadi sosok yang lebih baik dari hari kemarin.”

“Seorang Enterprenur sejati akan menghasilkan uang dari modal lain yang halal dan anti Riba, sedangkan Enterprenur biasa mendapatkan uang dari modal sendiri dan bahkan meminjam dengan cara riba.”

“Jangan takut untuk menghadapi kegagalan ketika engkau sudah memulai suatu bisnis, karena kegagalan yang engkau alami adalah bahan pembelajaran untuk memperbaiki usaha mu di kemudian hari. Allah menyukai hamba-hamba-Nya yang berusaha maksima.”

“Engkau harus berani mencoba jualan online ini sekarang juga, karena jika engkau tidak mencobanya, maka itu berarti engkau telah gagal total karena tidak berikhtiar mencari rezeki Allah.”

“Ingatlah wahai para pengusaha dan pebisnis ulung, di sebagian harta yang engkau cari ada hak orang lain yang membutuhkannya. Oleh karena itu jangan sungkan untuk mengeluarkan sebagian dari penghasilanmu lewat Infaq, Zakat dan Sodaqah.”

“Bekerjalah, karena kesuksesan dirimu bukan untuk di tunggu, namun di jemput.”

“Jika diri kamu tidak mampu untuk bangkit, maka carilah motivasi yang mampu membangkitkan gairah semangatmu.”

“Menjadi pebisnis bukan menjadi budak Dunia, atau gila harta. akan tetapi bagaimana mencari rezeki Allah dengan cara yang halal, kemudian memanfaatkannya untuk kepentingan amal dan akhirat.”

“Tidak ada kesuksesan yang mudah di raih, maka teruslah berusaha.”

“Berbisnislah kamu dengan jujur dan adil sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW.”

“Apapun itu hasilnya, syukurilah. Karena di luar sana masih banyak orang yang menginginkan hasil sekecil apapun.”

Tak ada orang yang sukses hanya dengan berdiam diri, maka bangkitlah dan berusahalah.”

“Jika kamu hanya memikirkan uang ketika berusaha, maka usaha kamu tidak akan bertahan lama.”

“Hanya memiliki kepintaran dalam berdagang tidak akan menjamin engkau hasil yang maksimal, karena berdagang harus didukung dengan sikap yang adil, jujur, berani, tahan banting, semangat, ikhtiar dan tawakal yang berjuang untuk mendapatkan ridha dari Allah.”

“Seorang pedagang tidak lantas menjadikan uang dan keuntungan sebagai tujuan utama dalam bisnisnya. Harusnya dia berdagang untuk mencari rezeki Allah, sehingga setiap langkah dan transaksi ekonomi didalamnya mengandung pahala Ibadah.”

Lihat Juga : 116 Quotes untuk Orang Tua Tersayang

Kata Mutiara Islami Tentang Rasa Syukur

“Hidup ini penuh dengan pasang surut. Jadi, tetaplah bersyukur saat berada di puncak dan penuh harapan saat berada di posisi terendah.”

“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.”

– HR. Ahmad

“Ada masa ketika kamu tidak mengetahui akan sesuatu, janganlah berkecil hati, syukurilah hal itu. Sebab, itu adalah kesempatan yang diberikan kepadamu untuk belajar.”

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

-QS. Al Insyirah 5

“Manusia dengan karakter tenang dan memiliki jiwa yang halus adalah ciri dari orang yang selalu bersyukur. Kami senang dan selalu ingin berada diantara orang-orang yang pandai bersyukur.”

“Waktu untuk bersedih tidak pernah ada dalam jadwal orang yang selalu mensyukuri apa yang telah ia dapatkan. Karena ia terlalu sibuk untuk menikmati segala pemberian Tuhan dengan baik.”

“Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.”

– Ali. bin Abi Thalib

“Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.”

– Ali bin Husein

“Bersyukur bisa membawamu ke dalam kedamaian hati, sebab bisa membebaskan diri dan hati dari belenggu rasa cemas dan kesalahan.”

“Mimpi bisa memberikan sebuah harapan, membuat hidup menjadi lebih kaya warna, dan satu lagi yaitu membuat kita bersyukur atas apa yang telah dilimpahkan oleh Tuhan.”

“Segalanya di dunia ini tidak ada yang abadi, baik itu penderitaan maupun kebahagiaan, semuanya berputar bersama roda kehidupan. Hanya saja tinggal bagaimana kita melihat suatu kebahagiaan, ketika kita selalu bersyukur, maka hidup akan selalu bahagia.”

“Kegagalan memang banyak menghancurkan, tetapi janganlah berhenti untuk berupaya. Syukuri saja terjadinya kegagalan, sebab itu adalah pelajaran dari Tuhan tentang kesungguhan.”

“Dalam hidup, selalu berhati-hatilah, jangan lupa untuk selalu bersyukur, dan buatlah jalan pikiran Anda selalu positif. Selain itu, selalu junjung tinggi kejujuran, serta utamakan untuk bersikap baik.”

“Janganlah mengeluh tentang rasa dari makananmu, sebelum terucap keluhan coba pikirkan banyak orang yang membutuhkan makanan tetapi tidak punya satupun yang bisa dimakan.”

“Wajah pasti mencerminkan sifat, seperti orang yang pandai bersyukur, pasti senyuman tidak akan hilang dari wajahnya.”

“Kebahagiaan akan datang ketika kamu berhenti mengeluh atas semua masalah yang menimpamu, dan mulai bersyukur atas semua masalah yang tidak menimpamu.”

– Dr. Bilal Philips

“Ketika negara punya mata uang, Anda pun juga punya untuk diri sendiri. Mata uang milik Anda yang tidak akan pernah habis dan bangkrut adalah rasa syukur.”

Lihat Juga : 85 Quotes Bisnis Sukses dari Tokoh Ternama

Kata Kata Islami Bahagia dan Tersenyum

“Berbahagialah, jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah atas segala sesuatu yang menimpamu.”

“Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam mengajarimu untuk tersenyum, bukan untuk marah.”

“Hidup dipenuhi dengan senyuman, air mata, kebahagiaan, dan rasa sakit. Kamu tahu bagian mana yang terbaik? Allah selalu bersamamu di setiap langkah.”

“Saat tersenyum saja dianggap sebagai sebuah sedekah, tentu membuat orang lain tersenyum merupakan suatu amalan yang pahalanya lebih besar lagi.”

– Mufti Ismail Menk

“Jika kamu melihat seseorang tanpa senyuman, berikan padanya salah satu senyum milikmu. Tersenyumlah! karena senyum itu sunnah.”

“Senyum adalah hal termanis yang bisa kamu ucapkan tanpa perlu membuka mulut. Tersenyumlah! karena senyum itu sunnah.”

“Senyum bukan hanya simbol kebahagiaan. Itu juga merupakan simbol kekuatan.”

– Sabrina Islam Yasmin

“Baik atau buruk, tersenyum dan ucapan saja Alhamdulillah. Masih ada banyak hal yang perlu kamu syukuri.”

“Rahasia kebahagiaan itu terletak dalam 3 hal: Sabar, Syukur, dan Ikhlas.”

“Janganlah meremehkan kebaikan sekecil apapun, meski hanya menyapa saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya.”

– (HR. Abu Daud)

“Bahagia adalah jiwa yang telah menemukan Allah sebelum menemukan dunia.”

“Tersenyumlah, sekalipun hatimu meneteskan darah.”

– Ali bin Abi Thalib

“Senyum itu menular. Ia juga sunnah.”

“Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam mengalami lebih banyak rasa sakit, penderitaan, ujian, cobaan, dan kesulitan yang bahkan sebagian besar dari kita tidak mampu membayangkan, namun dia masih saja menemukan waktu untuk tersenyum.”

“Dari Abdullah bin Al-Harits, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat seorang pun yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.” -(HR. Tirmidzi)

“Allah mampu mengubah kesedihan menjadi kebahagiaan dalam sekejap.”

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.