44 Quotes John F. Kennedy, Presiden Amerika Ke-35

John F. Kennedy adalah seorang presiden ke-35 Amerika Serikat. Pada saat itu ia adalah penganut Katolik Roma Pertama sekaligus oran termuda yang terpilih menjadi presiden di negeri AS.

Sepanjang sejarah ia selalu dikenang sebagai figur presiden yang sangat dicintai masyarakat. Ia sudah meninggal sejak tanggal 22 November 1963, karena tertembak.

Kennedy lahir dari pasangan Joseph dan Rose Kennedy yang merupakan keluarga kaya dan terpandang di Boston. Ia dilahirkan pada 29 Mei 1917 di Brookline, Massachusetts, nama aslinya John Fitzgerald Kennedy anak kedua dari sembilan bersaudara.

John F. Kennedy memiliki nama panggilan Jack, sewaktu kecil ia sering sakit-sakitan dan meluangkan waktunya untuk menulis dan membaca. Bahkan gurunya juga mengatakan teman-temannya disekolah menyukai kepribadian Kennedy dari pada prestasinya. Riwayat pendidikannnya berawal dari sekolah paroki Canterbury tahun 1930 sampai 1931 dan Sekolah Choate pada tahun 1931-1935.

Kuliah di Harvard University jurusan Hubungan Internasional

Di tahun 1935 ia terdaftar di Princeton University, namun sempat mundur karena sakit yang diderita. Akhirnya setelah pulih, ia kembali menempuh pendidikannya ke Harvard University untuk mengambil jurusan hubungan pemerintah dan internasional.

Kennedy pernah melakukan perjalanan ke Eropa utuk mengamati peristiwa yang mengarah ke Perang Dunia II semasa awal tahun di Harvard. Kemudian untuk tugas senior papernya ia menggunakan hasil pengamatannya. Buku hasil pengamatan Kennedy berhasil dikenal banyak orang dan laris berjudul ‘Why England Slept’ (1940).

Kennedy lulus dari Harvard pada tahun 1940 dan mendapat segenap penghargaan. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Stanford University. Ia juga mendaftarkan diri pada ke Angakatan Darat AS pada tahun 1941.

Kata Bijak John F. Kennedy
image source : kompas.com

Akhirnya ia menjadi seorang perwira intelijen di kta Washington, D. C. Ia juga ikut terjun dalam Perng Dunia II, dia berperan dalam kelautan pada tahun 1942. Ia berperang melawan Jepang di Pasifik Selatan dengan segenap anak buahnya.

Kennedy juga dipersenjatai dan diberi komando kapal torpedo pada Maret 1943. Di bulan Agustus Jepang merusak kapal PT nya menjadi dua hingga dua anak buahnya tewas. Dengan keberanian, kepemimpinan, dan daya tahan yang kuat Kennedy dan anak buahnya berhasil selamat, walaupun dengan keadaan terluka.

Kennedy menjadi calon U. S. House of Representatives pada tahun 1946 dari sebuah distrik Massachusetts ke sebelas. Kennedy sempat membangun organisasi personal yang besar untuk mendukung kampanyenya.

Keneddy juga didukung segenap keluarganya untuk kegiatan sosial dan menggalang dana untuk menjalankan kampanye. John Kennedy memenangkan pemilihan untuk House of Representatives tahun 1948 dan tahun 1950. Ia menjalankan program-program sosial masyarakat demi kesejahteraan sosial.

Mendukung para buruh untuk mendapatkan hak-haknya

Selain itu Kennedy juga mendukung para buruh untuk meningkatkan upah para buruh dan kondisi pekerjaan yang lebih baik. Seorang Kennedy dibilang sukses dalam mengikuti dunia politik.

Kennedy sendiri menikah pada thun 1953 bersama kekasihnya Jacqueline Lee Bouvier yang merupakan putri pemodal dari kota New York, Rhode Island. Mereka memiliki tiga anak, mereka adalah Caroline Bouvier, John Fitzgerald, dan anaknya yang sudah meninggal Patrick Bouvier.

Kennedy melanjutkan untuk bertugas menjadi Senat tahun 1953, ia tetap mendukung perekonomian, para buruh serta hubungan luar negeri. Beberapa jabatannya diantaranya, Komite Kesejahteraan Buruh dan Masyarakat, Komite Operasi Pemerintah, Komite Hubungan Buruh-Manajemen, Komite Hubungan Luar Negeri dan Komite Ekonomi Bersama.

Selain itu, ia juga meningkatkan perekonomian New England dan membantu industri perikanan dan tekstil di Massachusetts.

Quotes John F. Kennedy dan Artinya
image source : misterisejarahind.blogspot.com

Kegiatannya untuk negara sangat banyak dan bermanfaat untuk rakyat, hingga semakin lama cedera yang pernah dialami Kennedy kambuh hingga membuatnya harus memakai kruk semasa tahun 1954. Ia juga menjalani operasi 1954 dan 1955. Di masa sakitnya ia menulis biografi orang-orang Amerika dalam menunjukkan keberanian moral pada masa kesulitan, buku biografi ini berjudul, ‘Profiles in Courage’ (1956).

Sungguh menderita karena cedera yang dialaminya tidak sembuh seratus persen. Ia juga kembali ke kursi Senat pada Mei 1955 untuk meneruskan dukungannya pada hak-hak spil dan perundang-undangan kesejahteraan sosial. Ia memberikan bantuan dana untuk pendidikan dan hukum imigrasi bagi Amerika Serikat.

Terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat

Masa ia terpilih menjadi Presiden AS pada tahun 1960, saat itu ialah presiden termuda dan wakilnya Lyndon B. Johnson yang berhasil mengalahkan Partai Republik, Richard Nixon.

Dalam masa pemerintahannya yang cukup singkat ia juga mengalami keadaan sulit, seperti kegagalan invasi AS ke kota Kuba (Bay of Pigs), krisis misil Kuba, perlindunggannya dalam hak-hak sipil, hingga terjadi perang Vietnam. Dari itu semua tak membuat ia gentar, ia menghadapi masalah dengan baik dan membuat disegani rekannya hingga musuh.

Berita duka bagi seluruh negara adalah disaat Kennedy meninggal. Pada tanggal 22 November 1963 merupakan hari naas untuk Kennedy. Kennedy tewas ditembak dalam keadaan mobil teruka di daerah Dallas, Texas. Beberapa pelaku di katakan lebih dari satu orang, namun ada argumen lain bahwa Lee Harvey Oswald adalah penembaknya.

Kennedy telah hidup diantara dua perang dunia, tahun 1929-1939 Great Depression banyak pekerja industri kehilangan pekerjaannya, dan di era nuklir. Kennedy adalah seorang presiden AS yang pernah dekat dengan Presiden Soekarno. Pada saat meninggal Indonesia menyampaikan duka mendalam. Soekarno telah kehilangan sahabat dan sekutu terdekatnya.

Pada saat itu Soekarno sempat akan menjalin pertemuan dengan Kennedy pada tahun 1964, setelah Soekarno pernah menemuinya di Gedung Putih tahun 1961. Presiden Soekarno juga membangun Wisma Negara untuk tempat tinggal Kennedy di Jakarta, sebagai bentuk hormat.

Tahun 1962 gedung Wima Negara ini mulai dibangun. Namun takdir berkata lain, pada 22 November 1963, Presiden Kennedy telah meninggal ditembak di Dallas, AS. Presiden Soekarno juga pupus dan sedih karena harapannya. Namun Gedung Wisma Negara ini tetap diselesaikan pada 1964, yang akhirnya Kepala Kamboja Pangeran Norodom Sihanouk yang sempat menempatinya.

Lihat Juga : 39 Quotes Nelson Mandela, Pejuang Kemanusiaan Afrika Selatan

Kata Kata Bijak John F. Kennedy

Itulah sekilas riwayat hidup John F. Kennedy yang mengharukan bagi negara dan bangsanya. Berikut kumpulan kata kata bijak John F. Kennedy yang pernah ia katakan…

“There will be no progress unless people want to believe in tomorrow.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Tidak akan ada kemajuan kecuali orang – orang mau percaya adanya esok hari.

“History is a master who has no mercy. He doesn’t have anything today, only the past moves quickly toward the future. Whoever tries to hold on tight to that will be eliminated.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Sejarah merupakan seorang tuan yang tidak memiliki belas kasihan. Ia tidak memiliki apapun di hari ini, hanya masa lalu yang bergerak cepat menuju masa depan. Siapa yang mencoba berpegangan erat pada hal itu akan tersingkir.

“The aim of education is the advancement of science and the abundance of truth.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Tujuan pendidikan adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan banyaknya kebenaran.

“Burden, face difficulties, support friendships, fight all enemies for the survival and success of freedom.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Beban, menghadapi kesulitan, mendukung pertemanan, melawan semua musuh demi kelangsungan hidup dan kesuksesan kebebasan.

“Effort and courage are not enough without the purpose and direction of planning.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan.

“When written in Chinese, the word crisis consists of 2 things. One interpreted danger and the other said opportunity.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Ketika ditulis dalam bahasa cina, kata krisis terdiri dari 2 hal. Satu mengartikan bahaya dan yang lainnya mengatakan kesempatan.

“Mankind must stop the war before the war eliminates mankind.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Umat manusia harus menghentikan peperangan sebelum peperangan menghapuskan umat manusia.

“If a free society cannot help the many who are poor, it cannot save the few who are rich.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Jika masyarakat yang bebas tidak dapat membantu banyak orang miskin, itu tidak dapat menyelamatkan segelintir orang yang kaya.

Lihat Juga : 64 Quotes Barack Obama, Presiden Amerika ke-44

“We must use time as a tool, not as a couch.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kita harus menggunakan waktu sebagai alat, bukan sebagai kursi malas.

“Children are the world’s most valuable resource and its best hope for the future.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Anak adalah sumber daya paling bernilai di dunia dan dia adalah harapan terbaik untuk masa depan.

“I’m an idealist without illusions.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Saya seorang idealis tanpa ilusi.

“In a time of domestic crisis men of good will and generosity should be able to unite regardless of party or politics.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Dalam masa krisis domestik, orang-orang yang memiliki niat baik dan kemurahan hati harus mampu bersatu terlepas dari partai atau politik.

“Those who make peaceful revolution impossible will make violent revolution inevitable.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Mereka yang menghalangi revolusi damai berarti membuka peluang pecahnya revolusi dengan kekerasan.

“Change is the law of life. And those who only search for the past or present will surely lose the future.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Perubahan adalah hukum kehidupan. Dan mereka yang hanya mencari masa lalu atau masa kini tentunya akan kehilangan masa depan.

“All of us do not have equal talent, but all of us should have an equal opportunity to develop those talents.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Manusia tidak memiliki talenta yang sama, tapi kita memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan talenta kita.

“Every mother wants her child to grow to be a president, but they don’t want them to be politicians in the process.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Setiap ibu ingin anaknya bertumbuh menjadi seorang presiden, tapi mereka tidak menginginkan mereka untuk menjadi politisi pada prosesnya.

“We shall pay any price, bear any burden, meet any hardship, support any friend, oppose any foe, in order to assure the survival and the succes of liberty”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kami akan membayar harga apapun, menanggung beban apapun, memenuhi kesulitan apapun, mendukung teman manapun, menentang musuh apapun, untuk memastikan kelangsungan hidup dan keberhasilan kebebasan.

Lihat Juga : 50 Quotes Abraham Lincoln, Presiden Amerika ke-16

“Physical fitness is not only one of the most important keys to a healthy body; it is the basis of dynamic and creative intellectual activity.

– John F. Kennedy

Artinya,

Kebugaran fisik bukanlah satu-satunya kunci terpenting untuk mendapatkan tubuh yang sehat; itu adalah dasar dari aktivitas intelektual yang dinamis dan kreatif.

“And so, my fellow Americans: ask not what your country can do for you – ask what you can do for your country. My fellow citizens of the world: ask not what America will do for you, but what together we can do for the freedom of man.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Maka, rekan-rekan Amerika saya: jangan tanyakan apa yang dapat negara Anda lakukan untuk Anda – tapi tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara Anda. Rekan-rekan warga dunia saya:jangan tanyakan apa yang Amerika akan lakukan untuk Anda, tetapi apa yang bisa kita lakukan bersama untuk kebebasan manusia.”

“We are not afraid to entrust the American people with unpleasant facts, foreign ideas, alien philosophies, and competitive values. For a nation that is afraid to let its people judge the truth and falsehood in an open market is a nation that is afraid of its people.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kami tidak takut mempercayakan rakyat Amerika dengan fakta-fakta yang tidak menyenangkan, ide-ide asing, filosofi asing, dan nilai-nilai kompetitif. Bagi negara yang takut membiarkan rakyatnya menilai kebenaran dan kepalsuan di pasar terbuka adalah bangsa yang takut pada rakyatnya.

“Man is still the most extraordinary computer of all.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Manusia masih merupakan komputer yang paling luar biasa.

“Peace is a process that happens every day, every week, a process of continuous change of opinion, which slowly erodes differences, and slowly builds new structures”

– John F. Kennedy

Artinya,

Perdamaian merupakan proses yang terjadi setiap hari, setiap minggu, proses perubahan pendapat terus menerus, yang perlahan-lahan mengikis perbedaan, dan perlahan membangun struktur baru.

“The cost of freedom is always high, but Americans have always paid it. And one path we shall never choose, and that is the path of surrender, or submission.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Biaya kebebasan selalu tinggi, tetapi orang Amerika selalu membayarnya. Dan satu jalan yang tidak akan pernah kita pilih, dan itu adalah jalan penyerahan diri, atau menyerah.

“It takes two to make peace.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Dibutuhkan dua orang untuk membuat kedamaian.

“Someone will die, nations will rise and fall, but the idea will stay alive.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Seseorang akan mati, bangsa-bangsa akan bangkit dan runtuh tapi ide tetap hidup.

Lihat Juga : 64 Quotes Kahlil Gibran, Penyair Asal Lebanon

“The world is very different now. Because humans hold themselves to eradicate all forms of poverty and all forms of human life.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Dunia sangat berbeda saat ini. Karena manusia menahan dirinya untuk mengentaskan semua bentuk kemiskinan dan semua bentuk kehidupan manusia.

“Communism has never come to power in a country that was not disrupted by war or corruption, or both.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Komunisme tidak pernah berkuasa di negara yang tidak terganggu oleh perang atau korupsi, atau keduanya.

“The ignorance of one voter in a democracy impairs the security of all.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Ketidaktahuan satu pemilih dalam demokrasi merusak semua keamanan.

“When power leads man to pride, poetry reminds him of his limitations. When power narrows the area of ​​human thought, poetry reminds him of the richness and diversity of existence. When power is corrupt, poetry clears it.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Ketika kekuasaan mengantar manusia pada kesombongan, puisi mengingatkannya akan keterbatasannya. Ketika kekuasaan mempersempit area pemikiran manusia, puisi mengingatkannya akan kekayaan dan keragaman eksistensi. Ketika kekuasaan itu korup, puisi membersihkannya.

“Our progress as a nation can be no swifter than our progress in education. The human mind is our fundamental resource.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita.

“Let us never negotiate out of fear. But let us never fear to negotiate.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Jangan pernah bernegosiasi karena takut. Tetapi marilah kita tidak pernah takut untuk bernegosiasi.

“Leadership and learning are indispensable to each other.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kepemimpinan dan pembelajaran sangat diperlukan satu sama lain.

“The best road to progress is freedom’s road.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Jalan terbaik menuju kemajuan adalah jalan kebebasan.

“The human mind is our fundamental resource.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Pikiran manusia adalah sumber daya dasar kita.

“Change is the law of life. And those who look only to the past or present are certain to miss the future.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Perubahan adalah hukum kehidupan. Dan mereka yang hanya melihat ke masa lalu atau masa sekarang pasti akan melewatkan masa depan.

Lihat Juga : 100 Quotes Thomas Alva Edison, Penemu & Pengusaha

“Effort and courage are not enough without purpose and direction.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah.

“The time to repair the roof is when the sun is shining.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Waktu untuk memperbaiki atap adalah ketika matahari bersinar.

“Victory has a hundred fathers, but defeat is an orphan.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kemenangan memiliki seratus ayah, tetapi kekalahan adalah anak yatim.

“If art aims to preserve the roots of our culture, society must let artists freely follow their respective visions wherever it takes them.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Jika seni bertujuan untuk memelihara akar dari budaya kita, masyarakat harus membiarkan seniman bebas mengikuti visi mereka masing-masing kemanapun hal itu membawa mereka.

“Tolerance does not mean a person’s lack of commitment to their beliefs. Rather it condemns oppression and persecution of others.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Toleransi tidak mengartikan kurangnya komitmen seseorang pada kepercayaannya. Melainkan hal itu mengutuk penindasan dan penganiayaan terhadap orang lain.

“Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Jangan tanya apa yang dilakukan oleh negara untukmu, tapi tanyalah apa yang kamu bisa lakukan untuk negara.

“Conformity is the jailer of freedom and the enemy of growth.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Kenyamanan adalah penjara untuk kebebasan dan musuh bagi pertumbuhan.

“Children are the world’s most valuable resource and its best hope for the future.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Anak-anak adalah sumber daya dunia yang paling bernilai, dan mereka harapan terbaik untuk masa depan.

“The best road to progress is freedom’s road.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Jalan terbaik untuk kemajuan adalah jalan kebebasan.

“Forgive your enemies, but never forget their names.”

– John F. Kennedy

Artinya,

Maafkanlah musuh-musuh Anda, tapi jangan pernah lupakan nama-namanya.

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.