64 Quotes Kahlil Gibran, Penyair Asal Lebanon

Kahlil Gibran adalah seorang sastrawan sekaligus seniman asal Lebanon Amerika. Kahlil memulai belajar karya sastra dan seni saat pindah ke Amerika Serikat. Jika anda mengetahui riwayat sang penyair Kahlil Gibran pasti anda tahu karya terkenalnya yaitu buku berjudul The Prophet.

Penulis Gibran ini lahir pada 6 Januari 1883 yang lahir dalam keluarga Kristen asal Lebanon. Gibran meginjakkan kaki di Boston-Amerika di usia 10 tahun bersama dengan ekdua adiknya, namun sempat kembali ke tempat asal di usia 13 tahun.

Kemudian di usia 18 tahun ia pindah ke Paris dan menulis karya pertamanya yaitu ‘Spirits Rebellious’ yang ia tulis di Boston dan telah diterbitkan di New York City. Ciri tulisannya ini berisi sebuah sindiran keras terhadap orang yang korup berupa cerita kontempore namun mengais pro dan kontra.

Tahun 1909 hingga 1910, ia belajar di School of Beaux Arts dan Julian Academy saat singgah di paris 1908. Setelahnya ia kembali ke Boston untuk mendirikan studio di West Cedar Street bagian kota Beacon Hill. Ia juga mengambil alih untuk membiayai kehidupan keluarga.

Di tahun 1911 inilah Kahlil bekerja di New York sebuah apartemen studio di 51 West Tenth Street, ia mendirikan tempat itu untuk gaya ia menulis dan melukis.

Mendirikan Asosiasi Penulis Arab tahun 1920-an

Gibran mendirikan sebuah asosiasi penulis Arab pada tahun 1920 an yang dinamakan Arrabithah Al Alamia sejenis Ikatan Penulis yang saat itu bertujuan untuk merombak kesusastraan Arab yang masih stagnan. Seiring berjalan banyak sekali pengagum Gibram karena reputasinya semakin dikenal.

Quotes Kahlil Gibran dan Artinya
image source : iphincow.com

Salah satu pengagumnya adalah Barbara Young, ia mengenalnya saat membaca karya ‘Sang Nabi’. Yang akhirnya Barbara Young sebagai pemilik toko buku ini ikut aktif di dalam studio Kahlil Gibran.

Gibran terus menciptakan karya tulisnya. Kahlil Gibran banyak menulis karya dalam bahasa Arab, namun seiring tahun 1918 akhirnya karyanya terbit dalam bahasa Inggris. Karya tulisan puisi, novel maupun naskah drama ia condong ke dala gaya romantisme Timur Tengah. Inilah beberapa karya-karya Kahlil Gibran yang terkenal :

  • The Madman (1918)
  • Twenty Drawings (1919)
  • The Forerunner (1920)
  • The Prophet, (1923)
  • Sand and Foam (1926)
  • Kingdom of the Imagination (1927)
  • Jesus, The Son of Man (1928)
  • The Earth Gods (1931)
  • Prose Poems (1934)
  • Secrets of the Heart (1947)
  • A Treasury of Kahlil Gibran (1951)
  • A Self-Portrait (1959)
  • Thoughts and Meditations (1960)
  • A Second Treasury of Kahlil Gibran (1962)
  • Spiritual Sayings (1962)
  • Voice of the Master (1963)
  • Mirrors of the Soul (1965)
  • Between Night & Morn (1972)
  • A Third Treasury of Kahlil Gibran (1975)
  • The Storm (1994)
  • The Beloved (1994)
  • The Vision (1994)
  • Eye of the Prophet (1995)
  • The Treasured Writings of Kahlil Gibran (1995)

Kahlil Gibran meninggal di tahun 1931 karena kondisi sakitnya. Ia mengalami TBC dan Sirosis Hati yang telah lama ia derita. Akhir sepeninggal Gibran, Barbara Young yang memiliki riwayat seluk-beluk dari studio dan warisan milik Gibran.

Dalam secarik kertas sebelum meninggal Gibran juga meninggalkan sebuah tulisan ‘Didalam hatiku maih ada sedikit keinginan untuk membantu dunia Timur, karea ia telah banyak sekali membantuku.

Lihat Juga : 39 Quotes Nelson Mandela, Pejuang Kemanusiaan Afrika Selatan

Kata Bijak Kahlil Gibran

Dari beberapa sastra yang ia tulis semoga bisa menambah wawasan tentang sastra fenomenal dari seorang Kahlil Gibran. Berikut ini merupakan kutipan bijak dari karya Kahlil Gibran yang mengandung sastra indah cinta, dan kehidupan.

“Cinta itu burung yang indah, yang mengemis untuk ditangkap tapi menolak tuk dilukai.”

– Kahlil Gibran

“Anak kalian bukanlah anak kalian. Mereka putra-putri kehidupan yang merindu pada dirinya sendiri. Berikan kepada mereka cinta kalian, tapi jangan gagasan kalian, karena mereka memiliki gagasan sendiri. Kalian boleh membuatkan rumah untuk raga mereka, sebab jiwa mereka adalah penghuni rumah masa depan, yang tidak bisa kalian kunjungi, sekalipun dalam mimpi.”

– Kahlil Gibran

“Kata yang paling indah di bibir umat manusia adalah kata ‘Ibu’, dan panggilan yang paling indah adalah ‘Ibuku’. Ini adalah kata yang penuh harapan dan cinta, kata manis dan baik yang keluar dari kedalaman hati”

– Kahlil Gibran

“Cinta memiliki jemari yang sehalus sutera, tapi kuku-kukunya yang runcing meremas jantung dan membuat manusia menderita karena duka. Dan cinta adalah sekumpulan duka yang terangkum dalam pujian doa, yang membumbung ke angkasa bersama aroma dupa.”

– Kahlil Gibran

 “Hidup tanpa kebebasan seperti tubuh tanpa roh.”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia, karena cinta membangkitkan semangat yang hukum-hukum kemanusiaan dan gejala-gejala alami pun tak bisa mengubah perjalanannya.”

– Kahlil Gibran

“Hidup tanpa cinta laksana sebuah pohon tanpa bunga dan buah. Cinta tanpa keindahan laksana bunga tanpa keharuman dan laksana buah tanpa biji. Hidup, cinta dan keindahan adalah tiga perkara dalam satu inti, yang berdiri sendiri, mutlak dan tidak bisa dipindahkan atau diubah.”

– Kahlil Gibran

“Keindahan adalah cahaya yang memancar dari kesunyian jiwa dan menyinari tubuh, seperti kehidupan yang datang dari kasih bumi yang memberikan warna bunga keindahan dan mencipta dalam kalbu apa yang disebut cinta, yang tercipta antara laki-laki dan perempuan.”

– Kahlil Gibran

“Pengetahuan tentang diri adalah ibu dari semua pengetahuan.”

– Kahlil Gibran

“Iman adalah sebuah mata air di dalam hati yang tidak akan pernah dicapai oleh kumpulan pemikiran apapun.”

– Kahlil Gibran

“Anda hanya memberi sedikit ketika anda memberikan harta bendamu. Itulah yang terjadi ketika anda tau bahwa anda benar-benar memberi.”

– Kahlil Gibran

“Cinta tumbuh bukan karena menemukan orang yang sempurna, melainkan kemampuan menerima kelemahan-kelemahan orang itu secara sempurna.”

– Kahlil Gibran

“Hidup tanpa cinta bagaikan sebatang pohon yang kokoh berdiri, namun kering tanpa dihiasi buah ataupun bunga.”

– Kahlil Gibran

“Janganlah menangis, Kekasihku. Cinta tercipta untuk membuat mata-mata kita dan menjadikan kita pelayannya, agar kita mendapat anugerah kekuatan dan ketabahan. Hentikan airmatamu, karena kita telah mengangkat sumpah.”

– Kahlil Gibran

“Orang yang kamu pikir bodoh dan tidak penting adalah seseorang yang datang dari Tuhan, yang mungkin mempelajari kebahagiaan dari kesedihan dan pengetahuan dari kegelapan.”

– Kahlil Gibran

Lihat Juga : 94 Quotes Tentang Indahnya Senja

“Cinta telah menjadi sebuah lingkaran cahaya yang awalnya adalah akhir, dan akhirnya adalah awal. Lingkaran cahaya itu mengelilingi setiap makhluk dan meluas dengan perlahan memeluk semua yang hidup.”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah suatu cahaya magis yang bersinar dari kedalaman perasaan manusia dan menyinari sekelilingnya. Engkau lihat dunia sebagai perjalanan menuju taman hijau, hidup seperti mimpi yang menyenangkan, ditegakkan di antara kesadaran.”

– Kahlil Gibran

“Cinta tidak akan pernah diketahui kedalamannya sampai merasakan jam-jam perpisahan.”

– Kahlil Gibran

“Cinta pertama adalah pengalaman paling indah bagi semua manusia. Cinta pertama penuh keindahan, dunia baru yang memenuhi seluruh sisi-sisi kalbu, memenuhi dunia dengan pelangi warna-warni, sehingga ia akan melupakan segala derita rahasia kehidupan ini.”

– Kahlil Gibran

“Cinta bukanlah kelemahlembutan atau kemurahan hati, atau apa saja dari kebaikan-kebaikan yang diberikan atau tidak diberikan dengan panjang lebar. Cinta adalah membagi, memahami, memberikan kebebasan, menjawab panggilan dan Cinta adalah kehidupan.”

– Kahlil Gibran

“Karena cintalah dunia dipelihara, karena cinta setiap makhluk terus mempertahankan diri sendiri-sendiri, dan karena cinta mata yang utuh menjadi bagian-bagiannya. Dia yang menyebut cinta demi masyarakat manusia tidak salah, karena efek aneh dan kesan ajaib yang ia hasilkan di kalangan manusia.”

– Kahlil Gibran

“Orang yang paling pantas dikasihani adalah dia yang mengubah mimpi-mimpinya menjadi emas dan perak.”

– Kahlil Gibran

“Untuk memahami hati dan pikiran seseorang, jangan lihat apa yang sudah dia capai, tapi lihat pada apa yang dia cita-citakan.”

– Kahlil Gibran

“Kehidupan sehari-hari anda adalah tempat ibadah dan agamamu. Ketika kamu memasukinya, masuklah dengan seluruh hati dan jiwamu.”

– Kahlil Gibran

Sepanjang masa mudaku, cinta menjadi guru. Saat umurku separuh baya, cinta menjadi penolongku. Dan, ketika tua nanti, cinta akan menjadi kesenanganku.

– Kahlil Gibran

“Bunga-bunga padang adalah anak-anak kasih semesta alam, dan anak-anak manusia adalah bunga-bunga cinta dan kasih sayang.”

– Kahlil Gibran

“Jika Anda membeberkan rahasia Anda kepada angin, Anda tidak boleh menyalahkannya jika angin membuka rahasia itu kepada pohon-pohon.”

– Kahlil Gibran

“Orang-orang adil dekat di hati rakyat, tapi orang orang penyayang dekat dengan hati Tuhan.”

– Kahlil Gibran

Manusia mencengkeram harta kekayaan yang memberkukan bagai salju, namun obor cinta kasih senantiasa kucari, agar nyala apinya menyucikan hatiku dan menghanguskan benih penyakit kedurhakaan. Karena himpitan kebendaan membunuh manusia, pelan tanpa derita, cinta kasih membuatnya terjaga, dan perih menghidupkan kepekaan jiwa.

– Kahlil Gibran

“Bangunlah pada pagi hari dengan sayap hati mengepak, dan bersyukurlah atas datangnya satu lembar hari yang penuh kasih.”

– Kahlil Gibran

“Kau dapat melupakan orang yang tertawa bersamamu, tapi jangan pernah melupakan orang yang telah menangis bersamamu.”

– Kahlil Gibran

“Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda-tanda kelemahan dan putus asa, tetapi adalah penjelmaan sebuah kekuatan.”

– Kahlil Gibran

“Sedikit pengetahuan yang dirubah dalam tindakan jauh lebih bernilai daripada banyak pengetahuan tapi hanya diam.”

– Kahlil Gibran

“Cinta ibarat mata air abadi, yang selalu mengalirkan kesegaran bagi jiwa-jiwa dahaga. Bagaikan anggur nikmat, yang manis di bibir menghangatkan badan, tetapi tidak jarang juga memabukkan.”

– Kahlil Gibran

“Ketika kita pergi ke orang lain untuk berkonsultasi, kita mengurangi jumlah musuh kita.”

– Kahlil Gibran

Lihat Juga : 118 Quotes Cinta Romantis & Menyentuh Hati

“Hakikat cinta adalah rintihan panjang yang dikeluhkan oleh lautan perasaan kasih sayang. Ia adalah cucuran air mata kesedihan langit pikiran. Ia adalah senyuman ceria kebun-kebun bunga cinta.”

– Kahlil Gibran

“Setelah kami dewasa, cinta tumbuh di antara kami sampai menjadi pemilik mutlak, yang kami layani dengan kasih sayang dari kedua hati kami. Cinta menghela kami kepadanya, dan kami memuliakan jiwa kami yang paling dalam, dan cinta merangkul kami.”

– Kahlil Gibran

“Jika kamu tidak bekerja dengan cinta, tetapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaanmu”

“Arti penting manusia bukan terletak pada apa yang dia peroleh, melainkan apa yang sangat ia rindukan untuk diraih.”

– Kahlil Gibran

“Aku mencintai kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau. Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah suatu cahaya magis yang bersinar dari kedalaman perasaan manusia dan menyinari sekelilingnya. Engkau lihat dunia sebagai perjalanan menuju taman hijau, hidup seperti mimpi yang menyenangkan, ditegakkan di antara kesadaran.”

– Kahlil Gibran

“Arus air berlari dan bergelombang di antara batu karang, dan menyanyikan lagu cinta.”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah cahaya gaib yang dipancarkan dari inti yang membakar jiwa dan menyinari sekeliling bumi. Sehingga memungkinkan kami merasa hidup laksana mimpi indah di antara keterjagaan yang satu dengan yang lain.”

– Kahlil Gibran

“Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.”

– Kahlil Gibran

“Kalian berdiam disaat kesulitan dan membutuhkan, alangkah baiknya kalianpun berdoa dipuncak kegirangan.”

– Kahlil Gibran

“Para guru yang bijaksana tidak menawari Anda untuk masuk ke dalam rumah kebijaksanaan, melainkan membawakannya ke ambang pikiran Anda.”

– Kahlil Gibran

“Kemurahan hati berarti memberikan sesuatu lebih dari yang kamu bisa, dan kebanggaan adalah mengambil lebih sedikit dari yang kamu perlukan.”

– Kahlil Gibran

“Jika hatimu adalah sebuah gunung berapi, bagaimana bisa kamu mengharapkan bunga untuk mekar?”

– Kahlil Gibran

“Cinta kasih di dalam hati itu terbagi-bagi bagaikan dahan-dahan pohon cedar. Jika pohon itu kehilangan satu dahan yang kuat, ia akan menderita namun tidak mati. Pohon itu akan menumpahkan seluruh daya hidupnya ke dalam dahan berikutnya, sehingga ia akan tumbuh dan mengisi tempat yang kosong.”

– Kahlil Gibran

“Cinta dan keraguan tidak pernah saling berbicara.”

– Kahlil Gibran

“Cinta membuat jalan keras menjadi lunak dan membalikkan kegelapan menjadi cahaya, serta kehormatan yang berada di hadapan jiwa menggalakkannya dari gairah dan keinginannya. Cinta diberikan Tuhan dalam hati. Kehormatan dicurahkan oleh hukum-hukum manusia menuju pikiran.”

– Kahlil Gibran

“Kebingungan adalah awal pengetahuan.”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah seorang tuan rumah yang penuh kasih sayang kepada para tamunya, walaupun bagi rumahnya yang tak diharapkan merupakan sebuah khayalan dan penghinaan.”

– Kahlil Gibran

“Dengan cinta, laksana butir-butir gandum engkau diraihnya, ditumbuknya engkau sampai polos telanjang, diketamnya engkau, agar bebas dari kulitmu, digosoknya hingga menjadi putih bersih, diremas-remasnya hingga menjadi bahan yang lemas dibentuk. Akhirnya diantarkan kepada api suci, laksana roti suci yang dipersembahkan pada pesta kudus Tuhan. Demikianlah pekerti Cinta atas diri manusia, agar engkau pahami rahasia hati dan kesadaran itu menjadikanmu segumpal hati Kehidupan.”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah sebuah racun yang mematikan yang dipatukan ular hitam berbisa, dengan gerak pelan sekali dari gua-gua neraka. Racun tampak segar laksana embun. Jiwa-jiwa kehausan melahapnya dengan tidak sabar, namun setelah itu jiwa-jiwa itu akan keracunan, sakit dan mati. Kematian yang perlahan-lahan.”

– Kahlil Gibran

Lihat Juga : 150 Quotes Raditya Dika, Penulis & Komedian Indonesia

“Mata manusia seperti mikroskop, yang membuat dunia terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.”

– Kahlil Gibran

“Ketika Anda mencapai jantung kehidupan, Anda akan menemukan kecantikan dalam segala hal, bahkan pada mata yang buta akan keindahan.”

– Kahlil Gibran

“Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena ia begitu tinggi mengangkat jiwa, dimana hukum-hukum kemanusiaan dan kenyataan alam tidak mampu menemukan jejaknya.”

– Kahlil Gibran

“Keraguan adalah rasa sakit yang terlalu sepi untuk mengetahui bahwa keyakinan adalah saudara kembarnya.”

– Kahlil Gibran

“Cinta hanya mengajarkan untuk melindungimu bahkan dari dirimu sendiri. Adalah cinta, yang bebas dari api, yang menahanku dari mengikutimu pergi ke tempat yang jauh. Cinta membunuh hasratku sehingga engkau bisa hidup bebas dan benar. Cinta yang terbatas mencari kepemilikan dari orang yang dicintai, namun cinta yang tak terbatas hanya mencari dirinya.”

– Kahlil Gibran

“Cinta kasih di dalam hati itu terbagi-bagi bagaikan dahan-dahan pohon cedar. Jika pohon itu kehilangan satu dahan yang kuat, ia akan menderita namun tidak mati. Pohon itu akan menumpahkan seluruh daya hidupnya ke dalam dahan berikutnya, sehingga ia akan tumbuh dan mengisi tempat yang kosong.”

– Kahlil Gibran

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.