100 Quotes Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke-6

Bapak Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A., lebih banyak di sapa masyarakat dengan nama Pak SBY. SBY adalah seorang Presiden ke enam Republik Indonesia. Ia menjabat sebagai presiden sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014.

Pada saat itu SBY terpilih menjadi Presiden bersama wakilnya Muhammad Jusuf Kalla, melalui jalur pemilihan umum yang pertama kali di jalankan di Indonesia. Ia menjadi Presiden selama dua periode berturut-turut dan melanjuntukan pemerintahannya hingga tahun 2014.

Perjuangan Presiden SBY dalam memimpin negeri ini cukup bijaksana, arif, dan juga tegas, ia cukup di segani dan dihormati masyarakatnya.

Masa Muda yang terjun dalam dunia militer

Susilo Bambang Yudhoyono telah lahir di Kabupaten Pacitan pada 9 September 1949 dari pasangan Raden Soekotjo, seorang yang berkecimpung di dunia kemiliteran dan seorang Ibu Siti Habibah.

SBY memiliki silsilah keluarga dari hubungan darah Hamengkubuowono II, yang merupakan gelar raja atau Sultan di Yogyakarta. Ayahnya masuk anggota TNI dan berkecimpung di dunia militer sejak SBY kecil. Pada akhirnya setelah lulus SMA, SBY memilih ikut perjuangan ayahnya untuk menjadi salah satu anggota TNI, dan berhasil menjadi Jendral TNI AD.

Sejak kecil, ia memang sudah tertanam untuk mengikuti jejak ayahnya, SBY diperkenalkan dengan Akademi Militer Nasional pada saat di Magelang, Jawa Tengah yang kemudian Akademi tersebut berubah nama menjadi Akbari.

Sebelum masuk ke Akbari ternyata SBY, juga masuk ke Perguruan Guru Sekolah Lanjutan atau PGSPL di kota Malang, Jawa Timur. Kemudian di tahun 1970 ia kembali ke Magelang, Jawa Tengah untuk masuk ke Akbari.

Di Akademi tersebut SBY bertemu dengan Kristiani Herrawati, yang pada akhirnya menjadi istri tercintanya menjadi Ibu Ani Yudhoyono. Ibu Ani adalah seorang anak dari ‘Sarwo Edhie Wibowo’, Gubernur Akbari tempat SBY Mengenyam pendidikan militernya.

Pada saat itu, SBY membulatkan tekad untuk menikahi Ibu Ani dengan kesungguhan niat, akhirnya mereka melangsungkan pernikahannya. SBY tetap melanjuntukan pendidikannya bahkan setelah menikah.

Lihat Juga : 36 Quotes Dahlan Iskan, Mantan Menteri BUMN

Lulusan terbaik pada tahun 1973

SBY menjadi lulusan terbaik dari Akbari di tahun 1973, ia dikenal dengan sosok yang menonjol nan tinggi dan tegap. Ia juga menerima lencana Adhi Makasaya. Setelah lulus, SBY memilih terbang lebih jauh dan menempuh pendidikannya ke Airborne and Reger Training Bridengande (ARTB) pada tahun 1976 di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat.

Kutipan Bijak SBY
image source : pulsk.com

Selanjutnya tahun 1982 hingga 1983, SBY mengejar pendidikannya ke Infantry Officer Advanced Course di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat dengan meraih honor graduate, Jungle Warfare Training di Panama. Masih banyak lagi riwayat pendidikan SBY dalam mengenyam pendidikan.

Sepulang dari pendidikannya, SBY menjalani operasi pleton di Timor Timor dengan menjadi pemimpin, ia langsung menjabat sebagai Komandan Pleton II Kompi A batalyon linud 305.

Riwayat militer berakhir tahun 1999

SBY masih melanjuntukan lagi pendidikannya ke Jerman pada tahun 1983. Menurut biografinya, SBY menempuh pendidikan karir militer yang cukup panjang.

Menurut riwayat militernya berkahir pada tahun 1999, yang sebelumnya ia menjabat sebagai pangdam II / Sriwijaya, juga Bakorstanasda hingga menjadi ketua ABRI MPR dan kemudian menjabat juga sebagai kepala Staf Teritorial ABRI yang ia akhiri pada tahun 1999.

Susilo Bambang Yudhoyono telah berkiprah di bidang militer diberbagai pendidikan yang dijalaninya, dunia kemiliteran telah membesarkan sosok nama SBY.

Di tahun 2000 SBY mengakhiri kiprahnya dibidang militer, dan terjun ke dunia Politik. Ia dipercaya untuk menjadi Menteri Pertambangan dan Energi di masa pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menjadi Menko pada masa Pemerintahan Megawati

Hingga sampai pada masa pemerintahan Megawati di tahun 2001, SBY dipercayakan untuk menjabat sebagai Menko Polhukam di Kabinet Gotong Royong, walaupun tidak berlangsung lama.

Ia mengundurkan diri dari jabatan awalnya, dan berkiprah leluasa di dunia politik dengan mendirikan partai Demokrat. Ia mulai berkiprah dan membesarkan nama partai Demokrat.

Awal mula SBY masuk ke pemilihan Presiden yaitu setelah masa pemerintahan Presiden Megawati berakhir. Tahun 2004 diadakan pemilihan Presiden baru dengan jalur Pemilu (Pemilihan Umum) yang pertama kali, SBY ikut mencalonkan diri sebagai calon Presiden.

Yang saat itu ia memilih pasangan wakil calon bersama Jusuf Kalla. Mereka menang dan terpilih dengan perolehan suara diatas 60 persen. Setelah menjadi Presiden ke – enam Indonesia, SBY dan Jusuf Kalla menjalankan pemerintahannya dengan membuka nama kabinet, Kabinet Indonesia Bersatu dengan jumlah 36 menteri.

Lihat Juga : 30 Quotes BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia

Terpilih kembali untuk kedua kalinya

Di periode kedua, SBY terpilih untuk melanjutkan kepemimpinannya pada tahun 2009 dengan berganti pasangan wakil yaitu Bapak Boediono sebagai wakilnya.

Masa pemerintahannya membentuk Kabinet Indonesia Bersatu II. Dengan menjalankan berbagai program-program baru dengan memunculkan inovasi baru sebagai Presiden keenam Republik Indonesia.

Kumpulan Kata Bijak Presiden SBY
image source : ayosemarang.com

SBY beserta wakilnya memulai program dalam bidang besar yaitu pendidikan dan kesehatan. Di tahun depannya, SBY juga memulai program bantuan siswa sekolah yaitu, Program Bantuan Operasional Sekolah yang lebih dikenal dengan Dana BOS.

Tujuan program tersebut adalah untuk membantu kegiatan finansial masyarakat khususnya anak anak sekolah, untuk mengurangi tingkat buta huruf di Indonesia.

Dalam bidang kesehatan SBY meluncurkan Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin atau Askeskin (Jamkesmas), untuk membantu keringanan masyarakat yang ekonominya kurang mampu, dalam melakukan pengobatan dan mendapat layanan kesehatan yang cukup dan layak.

Begitulah beberapa ringkasan mengenai riwayat perjuangan karir yang melekat dalam diri SBY, tentunya banyak pasang surut yang SBY lalui dalam mengelola pemerintahan Indonesia. Namun berkat program pemerintahannya masyarakat Indonesia tetap terjamin kemakmurannya.

Sisi lain dari SBY

Disisi lain, SBY juga merintis karyakaryanya. Diantaranya di bidang musik, ia merilis lagu seperti Rinduku Padamu, Ku Yakin Sampai di Sana, Seruling di Lembah Sunyi, Evolusi dan masih banyak karya lain.

Dalam bidang karya sastra, SBY menerbitkan buku seperti Taman Kehidupan : Kumpulan Puisi, juga tulisan berjudul Mengatasi Krisis, yang ia tunjukkan untuk masyarakat negerinya, dan Menyelamatkan Reformasi, Revitalizing Indonesian Economy: Business, Politics, and Good Governance dan lainnya.

Kini Bapak Susilo Bambang Yudhoyono telah mengakhiri jabatannnya sebagai presiden sejak tahun 2014 . Dan menikmati masa pensiunannya dan kembali membantu partai Demokratnya.

Kata Inspiratif Susilo Bambang Yudhoyono
image source : liputan6.com

Saat ini, SBY juga ditinggal berpulang sang istri Ani Yudhoyono terlebih dahulu, karena sakit yang diderita Ibu Ani. Indonesia sangat bangga memiliki putera negeri seperti Susilo Bambang Yudhoyono.

Banyak kisah yang lebih lengkap mengenai sosok kehidupan dan biografi SBY. Beliau lah sosok presiden yang kalem juga dikenal tegas, dan penuh dengan kewibawaan dalam memimpin bangsanya.

SBY akan membangun Museum dan Geleri Seni

Menurut Informasi terbaru, SBY merealisasikan impiannya bersama mendiang istri Ibu Ani, untuk membangun sebuah Museum Seni tentang perjalanan hidupnya dan sang istri.

Presiden RI keenam ini akan mendirikan Museum dan Galeri Seni di tempat kelahirannya di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bapak presiden keenam ini juga sangat berjasa dalam bidang Pemajuan Permuseuman Indonesia dalam masa pemerintahannya dari tahun 2004 sampai 2014 seperti pendapat Ketua Umum (AMI) Putu Supadma Rudana .  

Museum dan Galeri seni SBY ini dibangun atas inspirasinya dalam mengunjugi sebuah Museum Kepresidenan Amerika Serikat seperti Truman, Elisenhower, Bush, dan Clinton yang merupakan museum mantan presiden Amerika yang didirikan ditanah kelahiran mereka.

Rencana bangunan Museum dan Galeri Seni di tanah kelahiran SBY ini, akan disuguhkan beberapa lukisan masa kecil SBY, sampai perjuangannya dalam militer, dan lengkap gambaran perjuangan masa hidup SBY, sampai Galeri Seni Ani Yudhoyono mendiang istrinya.

Lihat Juga : 70 Quotes Joko Widodo, Presiden RI Ke-7

Kata Bijak Susilo Bambang Yudhoyono

Banyak cerita perjuangan hidup Bapak Susilo Bambang Yudhoyono untuk bangsa Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia penting bagi kita untuk menghargai jasa pemimpin negeri ini.

Berikutquotes bijak bapak SBY presiden ke-6 Indonesia, yang wajib kita ambil pelajarannya…

“Persoalan datang dan pergi, seperti hadirnya bulan dan matahari. Yang penting jalani hidup dengan ikhtiar dan solusi” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Manusia arif sering bermawas diri. Jangan kita suka melihat kekurangan orang lain & lupa kekurangan sendiri.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

 “Orang pesimis mengeluh … mengapa banyak sekali masalah; orang optimis bilang … setiap masalah selalu ada solusinya.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Keberagaman merupakan kekuatan dan fondasi dari kehidupan berbangsa.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Ujian dan cobaan harus diatasi dengan cekatan dan responsif. Hal ini sarana kita naik kelas. Hadapi saja.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kemerdekaan pers sangat penting dalam demokrasi. Ini perjuangan kita dalam reformasi. Mari kita jaga jangan sampai disalahgunakan.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tidak pernah ada jalan yang mudah dan lunak untuk mencapai cita-cita yang besar. Mari terus berjuang dan bekerja keras”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Apa yang dilakukan sekarang, jadi bekal masa depan. Saya sekarang kutu buku, tapi aktif organisasi, olahraga, kesenian,  tanpa tinggalkan belajar.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Teruskan niat baik yang sudah dimulai. Bersyukurlah meski gagal, karena Allah SWT telah tunjukkan yang terbaik. Pantang menyerah.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Politik tidak didasarkan pada untung rugi. Harus mengutamakan kepentingan rakyat & masa depan bangsa.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Sekalipun ada ujian & cobaan, kita harus tetap berkonsolidasi, berbenah diri, dan berkontribusi.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Negara akan terus menjalankan tugas konstitusi untuk melindungi hak warga negara dalam menjalankan ibadah, sesuai dengan wewenangnya.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Apabila menginginkan negara maju & rakyat sejahtera, kita harus mampu menegakkan demokrasi & harmoni.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Insan Indonesia yang cerdas & kompetitif adalah aset bangsa untuk menghadapi tantangan global.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Pembangunan karakter & bangsa, khususnya generasi muda, harus terus dilakukan. Karena mereka yang akan melanjuntukan kepemimpinan.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Sebagai pemimpin itu, kita harus sanggup berkorban dan berani mengambil risiko.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Reformasi hakikatnya adalah perubahan & kesinambungan, yang baik wajib dilanjuntukan, yang tidak baik mesti dikoreksi & perbaiki.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Indonesia adalah peace loving nation, bangsa cinta damai. Fokus penyelesaian masalah kita adalah solusi damai, sekarang yang lain.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Pengalaman memandu kita belajar dari kesalahan masa lalu.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kalau kita keras terhadap diri kita, dunia akan lunak kpd kita, tapi bila kita lemah terhadap diri kita, dunia akan keras kepada kita.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Keharuman nama baik kita, ada pada tekad dan semangat baja kita untuk menjadi yang terbaik.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

Tidak pernah ada jalan mulus dalam kehidupan, selalu tersenyum dan berpikir positif.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Melakukan sesuatu dengan tujuan baik, itikad baik dan hati yang bersih. Itulah politik yang berakhlak!” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

Lihat Juga : 35 Quotes Mohammad Hatta, Wakil Presiden RI ke-1

“Alam akan baik pada kita jika kita pelihara kebersihan dan keindahan. Sayangi tanaman, pepohonan, alam dan makhluk hidup.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Mari kita sadari pentingnya kesetiakawanan sosial, agar lingkungan kita tetap rukun dan saling peduli.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Karakter bangsa yang harus kita bangun sekarang hanya yang cerdas, tapi yang luhur budi pekertinya serta kompak.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

 “Kemerdekaan adalah warisan pejuang. Kita memikulnya dengan tanggung jawab sejahterakan masa depan anak cucu.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Manusia cenderung menolak ide, pikiran & langkah baru. Apalagi kalau merasa sudah mapan. Inilah resistensi terhadap perubahan.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tidak pernah ada kebijakan yang bisa memuaskan semua pihak. Tetapi, kita harus memilihnya. Kita pilih yang paling tepat.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Speech is silver. Silence is golden.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Jika terlalu melihat kekurangan orang lain, jangan-jangan kita tidak melihat kekurangan sendiri. Mungkin lebih banyak.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Presiden SBY: Kritik itu laksana obat. Ketika obat itu benar, sesuai jenis penyakit, dan dosisnya tepat, itu membuat sehat.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Saya sungguh yakin di tangan para generasi muda pada saatnya nanti Indonesia makin jaya dan maju.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Mari kita semakin bersatu, melangkah bersama & bekerja keras untuk bangun negeri ini ke arah yang lebih baik berdasarkan Pancasila.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Wajah berseri & senyum tulus akan meringankan beban otot wajah. Lakukanlah, maka kita akan mendapatkan senyum yang lebih banyak.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Sukses dalam tiap penugasan itu penting. Menyebarkan semangat persahabatan lebih penting lagi.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kesempurnaan keputusan ada pada ketenangan pikiran dengan sikap yang bijak dan tegas, serta ikhlas.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tidak perlu gentar hadapi masa depan jika kita tetap menjaga idealisme, berbuat yang terbaik dan selalu dekat dengan Tuhan.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Mari endapkan yang sudah kita kerjakan seminggu kemarin. Ramu dengan kebahagiaan kumpul keluarga. Semoga kita jadi umat-Nya yang lebih baik.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kesempatan emas dalam hidup datang dr optimisme & usaha yang kuat, didorong dengan doa yang sungguh – sungguh. Ia tidak datang tiba – tiba.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Hati yang bersih akan melahirkan niat yang tulus dan perasaan yang ikhlas dalam melakukan segala sesuatu.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Pancasila harus terus menjadi sumber inspirasi dan sumber solusi dari proses nation building Indonesia ke depan.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kita harus terus majukan dan matangkan demokrasi serta keterbukaan dalam kehidupan berbangsa.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Semua harus dimulai dari tekad kita, semangat bersama-sama untuk menuju kemajuan Indonesia.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tidak ada yang lebih membahagiakan selain bangsa ini rukun dan bersatu.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Hidup mesti memiliki prinsip. Setiap prinsip dan pilihan haruslah mengandung kebajikan.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Indonesia adalah bangsa majemuk yang berciri perbedaan. Utamakan dialog & saling menahan diri, agar benturan & kekerasan bisa diselesaikan.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Hakekat pembangunan bangsa adalah proses panjang yang berlanjut dari satu generasi ke generasi berikutnya.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Orang cerdas selalu berpikir cara mengubah krisis jadi peluang. Jangan cepat menyerah ketika ada masalah.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

Lihat Juga : 45 Quotes Ir. Soekarno, Pejuang Kemerdekaan RI

“Semua pembangunan infastruktur datangkan kebaikan. Namun, harus dipilih prioritas sesuai kemampuan & urgency.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Akulturasi budaya yang harmonis adalah modal sosial yang harus dijaga dan dikelola dengan baik.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kita bisa mengubah masalah menjadi peluang, dengan mengubah cara pandang kita.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Hanya dengan berpikir besar dan berkarya besar, sungguh Indonesia suatu saat menjadi bangsa yang unggul dalam peradaban dunia.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Abad 21 adalah era dimana perubahan disebabkan oleh ide-ide kecil.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kebudayaan itu memancarkan keindahan. Dengan menjaga kebudayaan, Indonesia akan lebih harmonis & seimbang.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Setiap menghadapi masalah, jadilah troubleshooter, sekarang trouble maker. Jadilah solusi, sekarang masalah.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Emosi adalah bagian dari kehidupan manusia. Tetapi menjadi terlalu emosional dan tidak rasional itu keliru.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tuhan hanya akan mudahkan jalan keberhasilan pada orang yang berusaha & bertekad kuat.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Jagalah teman lama kita agar tetap bahagia, maka kita akan dapatkan teman baru.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Reformasi di negeri kita masih muda. Jangan goyah atau berbalik arah. Jika ada kekurangan, koreksi dan perbaiki bersama.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Rendah hati baik. Tapi jangan rendah diri. Kita harus tampil dan melakukan sesuatu yang nyata.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Negara kita luas, karenanya kita perlu memiliki kekuatan militer yang handal, siap & terlatih untuk mempertahankannya.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Ciri penting demokrasi yang baik adalah adanya kebebasan (freedom) & kepatuhan pada hukum (rule of law).” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Pemimpin itu harus pragmatis. Benar. “Pragmatisme dengan visi”. Bisa menunjukkan arah dan bisa mengerjakannya” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Hidup ini saling berbagi & saling memberi. Tak perlu saling menyakiti. Menjadi mulia, jika saling bertenggang rasa.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Mendengar itu menyempurnakan kepribadian.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

 “Bangsa yang maju adalah bangsa yang hormati kearifan lokal.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Membangun bangsa ini sangat penting dan harus berhasil. Kita perlu ketangguhan, kesabaran, kebersamaan dan kerja keras.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Menjalin persahabatan dengan bangsa lain adalah modal berharga bangsa, pecahkan masalah global di masa depan.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Awal kemajuan bangsa ditandai salah satunya oleh rakyat kita, yang cinta dan gemar olahraga.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kita bangun manusia yang miliki karakter, sekarang sekedar kuasai ilmu pengetahuan, tapi jg tangguh kepribadiannya & berbudi luhur.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tiga syarat hadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, miliki peradaban bangsa yang mulia.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Tantangan akan jadi ketentraman, bila kita hadapi dengan iman dan taqwa.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kita harus yakin pada diri sendiri untuk bangun peradaban bangsa yang lebih unggul & mulia bagi kemajuan dunia.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Lestarikan lingkungan hidup dengan tulus & bertanggung jawab, untuk kepentingan kita sendiri. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Nikmati masa muda dengan baca buku, olahraga & berteman. Masa muda sangat menyenangkan sekaligus tidak bisa diulang.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

Lihat Juga : 50 Quotes Abraham Lincoln, Presiden Amerika ke-16

“Tantangan Indonesia sekarang dan ke depan adalah bagaimana bangsa kita dapat beradaptasi dengan perubahan jaman.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Indonesia sekarang hanya alami reformasi, tapi lakukan transformasi seperti negara yang sudah lebih maju.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Apa yang kita lakukan sekarang, itu sebuah proses jangka panjang. Tujuan yang tidak berujung, wujudkan masyarakat makmur.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Berkata tidak mungkin, itu biasa. Membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, itu baru luar biasa.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kebangkitan nasional era kini adalah kebangkitan kaum muda songsong abad 21.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Memfitnah & buruk sangka hanya bikin hati panas & terbakar, bersabar & baik sangka bikin hati teduh & bahagia.”    

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Indonesia harus bangun culture of excellence. Sekarang sekedar asal jalan & asal maju, melainkan selalu berikan yang terbaik.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Orang mengatakan enough is not good enough, blm cukup, masih harus lebih giat lagi, must do more, berbuat lebih banyak lagi.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Mengasah diri itu kadang membosankan, tapi itu diperlukan agar kita jadi lebih produktif & lebih berguna untuk banyak orang.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

 “Saya mengajak masyarakat Indonesia, perkuat gerakan koperasi di seluruh tanah air sebagai sarana wujudkan kesejahteraan.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kepada para sarjana, marilah berani bangun desa kita. Kalau desa sejahtera, maju seluruh negeri kita.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kompetisi global tidak bisa dihindari. Untuk menghadapinya, perlu cara berpikir yang cerdas agar siap berkompetisi.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Keadilan itu sederhana, nyatakan yang salah itu salah & benar itu benar. Jangan dibalik-balik.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Hal penting untuk jadikan bangsa unggul dan maju: wujudkan kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan bersama.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Kesuksesan dalam mencapai satu tujuan adalah titik awal menuju tujuan selanjutnya.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Dalam mengekspresikan kebebasan, sandingkanlah dengan kepatuhan pada aturan hukum dan toleransi.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

 “Dapat mengalahkan rasa takut jika kita percaya.”

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Karakter bangsa Indonesia adalah bangsa yang ramah tamah, bergotong royong, tangguh dan santun.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Masih banyak pekerjaan dan tantangan di depan kita. Mari kita bersama membangun hari depan yang lebih baik.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Perdamaian & kesejahteraan tidaklah datang dengann sendirinya, tetapi kita perjuangkan secara gigih.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Sebagai bangsa yang besar kita harus optimis menatap masa depan!” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Mari kita ekspresikan kebebasan disertai akhlak yang bertanggung jawab.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

“Milikilah mental wirausaha. Mental yang siap gagal, siap bangkit dan mencoba lagi.” 

– Susilo Bambang Yudhoyono

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.