190 Quotes Inspiratif Pentingnya Pendidikan

Tuntutlah ilmu setinggi langit itulah pepatah yang selalu terdengar di telinga para pelajar. Sebagai pelajar jangan pernah berputus asa dalam mencari ilmu pendidikan, percayalah akan ada jalan cerah yang menyambutmu dengan cahaya terang di depan sana.

Jika anda sedang menjalani studi atau telah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, lakukanlah dengan maksimal. Karena sejak dini anda sudah terdidik dari sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi, di sanalah anda mendapat banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Pendidikan tidak hanya di sekolah dan perguruan tinggi. Di dalam kehidupan juga ada proses belajar dan mendapat pendidikan hidup yang baik, walaupun terkadang dalam proses perjalanan tak selalu mudah.

Pendidikan memang penting di dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, dan pembelajaran. Anda akan mengalami jatuh bangun, kegagalan, kebahagiaan, motivasi kehidupan, dan pelajaran hidup dalam kerja keras hingga suatu saat anda mampu mencapai impian itu.

Ilmu bisa kamu dapatkan dari masa saja

Di zaman sekarang, banyak sekali jalan untuk menggapai ilmu pendidikan. Seiring perkembangan zaman, media, platform, dan edukasi lainnya mulai berkembang dan jauh lebih mudah didapatkan dan diakses. Sekolah adalah poin utama untuk mendapatkan pendidikan, kemudian ada media modern seperti internet yang bisa kamu akses untuk mencari ilmu-ilmu pendidikan yang bermanfaat.

Kata Kata tentang Pendidikan
image source : infoperbankan.com

Jika anda adalah orang yang berilmu dan memiliki itikat pendidikan yang baik makan martabat anda akan tinggi. Seperti yang sudah di jelaskan di dalam Al-Qur’an Surat Al Mujadilah ayat 11 bunyinya, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Itulah keutamaan orang-orang yang beriman dan berilmu. Jadi sangat penting bagi anda terus mencari dan mendapatkan pendidikan yang baik untuk kehidupan.

Lihat Juga : 21 Quotes Ki Hadjar Dewantara, Pelopor Pendidikan Nasional

Kata Kata Inspiratif Pentingnya Ilmu Pendidikan

Itulah sekilas uraian mengenai pentingnya pendidikan untuk kehidupan. Di artikel ini juga akan diberikan beberapa quotes pendidikan yang akan sangat menginspirasi belajar anda.

Anda juga bisa membagikan quotes-quotes ini ke teman-teman anda, juga melalui beberapa media chat, post, caption, dan lain-lain. Yuk simak quotesnya berikut ini!

“Konektivitas memungkinkan transparansi pemerintahan yang lebih baik, pendidikan, dan kesehatan.”

– Bill Gates

“Ibu adalah sekolah. Ibu adalah lembaga pendidikan pertama. Ibulah yang membekali anak sikap, watak, kepribadian, akhlak, iman, dan pemahaman bahwa dunia ini berkerikil, dan kerikilnya dapat sering membuat si anak terjatuh. Ibu yang baik akan mempersiapkan anaknya menghadapi kerikil-kerikil itu agar ketajamannya tak membuat cedera hidup di dunia, apalagi cedera di akhirat kelak.”

– Hasyim El-Hanan

“Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir.”

– Ki Hajar Dewantara

“Pendidikan adalah hal yang mengagumkan, tapi patut diingat bahwa dari waktu ke waktu tak ada sesuatu yang layak diketahui yang bisa diajarkan.”

– Oscar Wilde

“Pendidikan tanpa nilai, seberapa bergunanya itu, tampaknya hanya akan mencipatakan seorang iblis yang lebih pintar.”

– C. S. Lewis

“Sebagai provokasi buku ini, ada pernyataan bahwa hampir setengah dari rakyat Amerika Serikat tidak percaya akan evolusi. Bukan hanya sembarang orang, namun orang-orang kuat, orang-orang yang sebaiknya tahu lebih baik, orang dengan pengaruh yang terlalu banyak tentang kebijakan pendidikan. Kita tidak berbicara tentang teori Darwin tertentu dari seleksi alam. Masih mungkin bagi ahli biologi untuk meragukan pentingnya teori itu, dan beberapa telah mengklaimnya.”

– Richard Dawkins

“Alam sebagai sarana pendidikan dan bukan cuma petualangan.”

– Norman Edwin

“Pendidikan kita belum memenuhi tuntutan pendidikan karakter. Masih ada kekerasan di sekolah dan rumah, kurikulum semakin padat, dan cara mengajar yang belum ramah anak.”

– Seto Mulyadi

“Pendidikan formal akan membuat kamu bertahan hidup, pendidikan sendiri akan membuat kaya raya.”

– Jim Rohn

“Pendidikan adalah ornamen kemakmuran dan sebuah pelindungan dalam kemalangan.”

Aristoteles

“Kecerdasan ditambah dengan karakter merupakan tujuan dari pendidikan sejati.”

– Martin Luther King

“Pendidikan bukanlah proses alienasi seseorang dari lingkungannya, atau dari potensi alamiah dan bakat bawaannya, melainkan proses pemberdayaan potensi dasar yang alamiah bawaan untuk menjadi benar-benar aktual secara positif bagi dirinya dan sesamanya.”

– Butet Manurung

“Mendidik pikiran tanpa mendidik hati adalah bukan pendidikan sama sekali.”

– Aristoteles

Lihat Juga : 68 Quotes Rocky Gerung, Pengamat Politik Indonesia

“Memang ada semacam ‘peraturan’ tak tertulis dalam masyarakat bahwa anak sulung dalam sebuah keluarga harus mendapatkan pendidikan terbaik.”

– Nuri Dhea S.

“Pendidikan itu bukan sebuah produk seperti gelar, diploma, pekerjaan, atau uang yang dihasilkan; pendidikan itu suatu proses yang tak akan pernah berakhir.”

– Bel Kaufman

“Seorang wanita yang menolak pendidikan berarti menolak kesetaraan.”

– Barack Obama

“Saya prihatin mendengar anak-anak muda mengatakan bahwa mereka tidak mau kuliah karena saya sendiri tidak lulus. Satu, saya mendapatkan pendidikan yang sangat baik walaupun saya tidak menunggu cukup lama untuk mendapatkan gelar saya. Kedua, dunia ini menjadi semakin kompetitif, terspesialisasi, dan kompleks setiap tahunnya, menjadikan pendidikan tinggi penting di zaman sekarang, seperti pentingnya pendidikan sekolah menengah di zaman dulu.”

– Bill Gates

“Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya.”

– Ki Hadjar Dewantara

“Sosialisme berarti adanya pabrik yang kolektif, Andanya industrialism yang kolektif. Andanya distribusi yang kolektif. Andanya pendidikan yang kolekstif.”

– Soekarno

“Pendidikan politik rakyat hanya akan berhasil dalam sistem yang demokratis dan adanya jaminan atas HAM.”

– Munir

“Tujuan pendidikan adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan banyaknya kebenaran.”

– John F. Kennedy

“Tujuan pendidikan adalah mempersiapkan generasi muda untuk mendidik diri mereka sendiri seumur hidup mereka.”

– Robert Maynard Hutchins

“Manusia terlahir sebagai makhluk yang masa bodoh, bukan bodoh. Mereka dibuat bodoh oleh pendidikan.”

– Bertrand Russell

“Banyak pendidikan saat ini yang berjalan sangat tidak efektif. Kita terlalu sering memberikan generasi muda rangkaian bunga dimana kita seharusnya mengajarkan mereka bagaimana menumbuhkan tanaman mereka sendiri.”

– John W. Gardner

“Memiliki akal sehat tanpa pendidikan ribuan kali lebih baik daripada berpendidikan tanpa akal sehat.”

– Robert Green Ingersoll

“Jika pengajaran adalah transfer pengetahuan, pendidikan harus menumbuhkan kesadaran.”

– Najwa Shihab

“Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat).”

– Ki Hadjar Dewantara

“Bedanya kami melakukan pendidikan politik untuk menyadarkan rakyat untuk memilih (pemimpin yang Bersih, Transparan dan Profesional) bukan memilih karena diberi baju kaos atau uang.”

– Basuki Tjahaja Purnama

“Pendidikan adalah teman yang baik. Seseorang yang terdidik akan dihormati dimanapun. Pendidikan mengalahkan kecantikan dan jiwa muda.”

– Chanakya

“Membuat anak-anak bisa berkata jujur adalah permulaan pendidikan.”

– John Ruskin

“Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan.”

– Bob Sadino

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan.”

– Tan Malaka

“Pendidikan itu mengobarkan api, bukan mengisi bejana.”

– Socrates

Lihat Juga : 30 Quotes BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia

“Kurikulum berubah, tidak otomatis kualitas pendidikan meningkat. Namun, jika kualitas guru meningkat, kualitas pendidikan pasti meningkat, itu kuncinya.”

– Anies Baswedan

“Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya.”

– Pramoedya Ananta Toer

“Anak-anak muda jaman sekarang itu lucu dan agak susah dimengerti. Mereka cukup bersemangat membuat berbagai macam proposal untuk kegiatan organisasi yang mereka ikuti. Tapi proposal hidup yang berisi visi dan strateginya meraih mimpi, justru lupa mereka buat sendiri.”

– Lenang Manggala

“Pendidikan adalah Jalan Dua Arah, karena terkadang mereka yang Mengajar harus bisa berdiri untuk Belajar atau sebaliknya mereka yang Belajar bisa berdiri untuk Mengajar pula.”

– Harly Umboh

“Pendidikan adalah senjata, yang efeknya tergantung pada siapa yang memegang di tangannya dan pada siapa itu ditujukan.”

– Joseph Stalin

“Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat.”

– Maria Montessori

“Inilah pengajaran yang memanusiakan manusia, bukan pendidikan yang mengkerdilkan siswa.”

– Najwa Shihab

“Bolehlah, negeri Belanda merasa berbahagia, memiliki tenaga-tenaga ahli, yang amat bersungguh mencurahkan seluruh akal dan pikiran dalam bidang pendidikan dan pengajaran remaja-remaja Belanda. Dalam hal ini anak-anak Belanda lebih beruntung dari pada anak-anak Jawa, yang telah memilki buku selain buku pelajaran sekolah.”

– Raden Ajeng Kartini

“Pengalaman selalu lebih penting dibanding level pendidikan dan nilai akademis.”

– Tere Liye

“Satu-satunya hal yang mencampuri pembelajaran saya adalah pendidikan saya.”

“Pendidikan bisa memberi Anda keahlian, tetapi pendidikan budaya mampu memberi Anda martabat.

” – Ellen Key

“Pendidikan adalah kemampuan untuk mendengarkan segala sesuatu tanpa membuatmu kehilangan temperamen atau rasa percaya-dirimu.”

– Robert Frost

“Jika pendidikan tidak mendorong manusia untuk berjuang mewujudkan impiannya, berbagi dan berkarya untuk berkontribusi pada lingkungannya, serta mengokohkan keimanan pada Sang Pencipta, maka untuk apa pendidikan itu ada?”

– Lenang Manggala

“Hasil tertinggi pendidikan adalah toleransi.” – Helen Keller

– Lenang Manggala

“Pendidikan telah gagal menyampaikan pelajaran paling penting dalam ilmu pengetahuan, yaitu keragu-raguan.”

– David Suzuki

“Pendidikan bukan persiapan untuk hidup tapi pendidikan adalah hidup itu sendiri.”

– John Dewey

“Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti juga, anak-anak yang tidak terdidik di Republik ini adalah “dosa” setiap orang terdidik yang dimiliki di Republik ini. Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan.”

– Anies Baswedan Indonesia Mengajar

“Kepribadian, warisan dan pendidikan adalah bagian dari keberhasilan, tapi ada satu hal yang lebih penting dari semua itu, yaitu Kemampuan berpikir.”

– Thomas Finley

“Rahasia pendidikan adalah menghormati sang murid.”

– Ralph Waldo Emerson

“Internet bisa menjadi langkah yang sangat positif untuk memajukan pendidikan, organisasi, dan partisipasi dalam masyarakat yang berarti.”

– Noam Chomsky

“Mereka tahu hasil 2 + 2 = 4 tapi tak tahu mengapa 2 x 2 juga sama dengan 4.”

– Goenawan Mohamad, Catatan Pinggir 2

Lihat Juga : 20 Quotes Anies Baswedan, Tentang Mimpi Anak Muda

“Pendidikan adalah jiwa sebuah masyarakat karena pendidikan melewati satu generasi ke generasi lainnya.”

– Gilbert Keith Chesterton

“Keadaan universiti-universiti di negara-negara Islam yang mengajar agama dan tamadun Islam telah menjadi amat lemah kerana ketiadaan koleksi perpustakaan yang lengkap, program akademik kukuh, penyeliaan serius dan bersifat terlalu berpihak kepada politik. Segelintir institusi pengajian tinggi yang baik, dirosakkan oleh perasaan hasad, dengki dan fikiran sempit.”

– Wan Mohd Nor Wan Daud

“Sekolahpun keliru bila ia tidak tahu diri bahwa peranannya tidak seperti yang diduga selama ini. Ia bukan penentu gagal tidaknya seorang anak. Ia tak berhak menjadi perumus masa depan.”

– Goenawan Mohamad, Catatan Pinggir 2

“Tujuan pendidikan adalah menyiapkan generasi muda mendidik diri sendiri sepanjang hidup.”

– Robert M. Hutchins

“Pendidikan adalah apa yang tersisa ketika apa yang telah dipelajari telah dilupakan.”

“Salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga.”

– Abraham H. Maslow

“Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan.”

– Najwa Shihab

“Pendidikan politik entah ke mana, rakyat hanya untuk diperebutkan suaranya.”

– Najwa Shihab

“Jika Anda ingin bercinta, pergilah ke perguruan tinggi. Jika Anda ingin pendidikan, pergilah ke perpustakaan.”

– Frank Zappa

“Pendidikan mengembangkan kemampuan, tetapi tidak menciptakannya.”

– Voltaire

“Pendidikan membutuhkan uang. Begitu juga dengan kebodohan.”

– Claus Moser

“Betapa mahalnya ongkos pendidikan sekolah bagi sebuah negara miskin; tapi juga betapa omong kosongnya sistem sekolah itu untuk menghilangkan jurang kemiskinan tersebut.”

– Goenawan Mohamad

“Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah melupakan semua yang dia pelajari di sekolah.”

– Albert Einstein

“Kejeniusan tanpa pendidikan adalah ibarat perak di dalam tambang.”

– Benjamin Franklin

“Memerangi HIV/AIDS tak cukup seruan moral, perbaikan kesejahteraan & pendidikan adalah jalan keluar.”

– Najwa Shihab

“Tujuan paling prinsip dari pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu melakukan hal-hal baru, tidak hanya mengulangi apa yang dilakukan generasi sebelumnya: manusia yang kreatif, memiliki daya cipta, dan penemu.”

– Jean Piaget

“Kalau ada pendidikan maka tidak boleh ada pengotakan / diskriminasi.”

– Basuki Tjahaja Purnama

“Arah yang diberikan pendidikan. Untuk mengawali hidup seseorang akan menentukan masa depannya.”

– Plato

“Kegunaan pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir dengan intensif dan kritis. Kecerdasan dan karakter itulah tujuan pendidikan sesungguhnya.”

– Martin Luther King

“Saya tidak pernah membiarkan sekolah saya mempengaruhi pendidikan saya.”

– Mark Twain

“Satu tanda khusus dari keseluruhan ilmu pengetahuan adalah kekuatan pendidikan.”

– Aristoteles

“Didalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda.”

– Ki Hadjar Dewantara

Lihat Juga : 100 Quotes Mardigu Wowiek, Triliyuner Indonesia

“Akuntansi untuk ekonomi perawatan yang tidak dibayar dapat mendorong kebijakan progresif seperti cuti keluarga yang dibayar, kredit jaminan sosial untuk penitipan anak dini, kredit pajak, dan pendidikan anak usia dini yang berkualitas.”

– Sri Mulyani

“Siapapun setuju kalau pendidikan memang hal terpenting dalam hidup. Tapi, pendidikan menjadi tak berarti jika kau tak punya kesempatan untuk mengaplikasikannya.”

– Riawani Elyta

“Saya tidak memiliki pendidikan. Saya memiliki inspirasi. Jika saya berpendidikan, saya akan sangat bodoh.”

– Bob Marley

“Tujuan utama pendidikan bukanlah pengetahuan, tetapi tindakan.”

– Herbert Spencer

“Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup.”

– Gloria Steinem

“Tujuan pokok dari sistem pendidikan adalah untuk memindahkan beban pendidikan kepada setiap individu. Hal ini tidak akan pernah diketahui sampai kita menghilangkan keyakinan lama kita bahwa pendidikan adalah apa yang terjadi di gedung sekolah dan bukan di tempat lain.”

– John W. Gardner

“Ayah saya membiayai pendidikan saya; kemudian dia menjelaskan bahwa saya sendirian.”

– Alain de Botton

“Mungkin hasil paling berharga dari semua pendidikan adalah kemampuan untuk melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak.”

– Thomas Henry Huxley

“Hillary Clinton memahami bahwa kita harus berinvestasi dalam pendidikan dan pekerjaan bagi kaum muda, bukan lebih banyak penjara atau penahanan.

” – Bernie Sanders

“Pendidikan adalah periode di mana Anda sedang diinstruksikan oleh seseorang yang Anda tidak tahu, tentang sesuatu yang Anda tidak ingin tahu.”

– Gilbert Keith Chesterton

“Dari masa sekolah, hanya kesenjangan pendidikan yang diingat.”

– Oskar Kokoschka

“Kita semua tahu bahwa pendidikan membuka pintu kesempatan bagi kaum muda.”

– Gordon B. Hinckley

“Pendidikan yang menumbuhkan itu memanusiakan, proses yang membuat seorang anak menjadi manusia seutuhnya.”

– Bukik Setiawan

“Raih seluruh pendidikan yang dapat Anda ikuti. Siapa yang tahu apa lagi yang dapat saya raih jika saya tetap bersekolah dan melanjutkan ke perguruan tinggi? Begitu banyak kemungkinan yang akan Anda dapatkan jika Anda berpendidikan.”

– Dave Thomas

“Apa hak mereka menyuruhku untuk segera punya anak? Memangnya mereka mau kasih makan dan membayar semua biaya pendidikan anakku nanti?”

– Nurilla Iryani

“Secara keseluruhan ada terlalu banyak pendidikan, khususnya di sekolah Amerika.”

– Albert Einstein

“Iman adalah hal yang luar biasa, tetapi keraguan membuat Anda mendapatkan sebuah pendidikan.”

– Wilson Mizner

“Pendidikan bukanlah suatu masalah. Pendidikan merupakan peluang.”

– Lyndon B. Johnson

“Nilai akhir dari proses pendidikan, sejatinya terrekapitulasi dari keberhasilannya menciptakan perubahan pada dirinya dan lingkungan. Itulah fungsi daripada pendidikan yang sesungguhnya.”

– Lenang Manggala

“Apa patung itu bagi balok marmer, pendidikan adalah untuk jiwa manusia.”

– Joseph Addison

Lihat Juga : 125 Quotes Najwa Shihab, Presenter Hebat Indonesia

“Setelah makan, pendidikan merupakan kebutuhan utama rakyat.”

– Georges Danton

“Pendidikan memang membuka banyak kesempatan, tapi pendidikan tak otomatis lahirkan kepemimpinan.”

– Najwa Shihab

“Keajaiban utama pendidikan adalah bahwa hal itu tidak merusak semua orang yang terlibat di dalamnya.”

– Henry Brooks Adams

“Tujuan pendidikan haruslah mengubah pikiran menjadi air mancur hidup, dan bukan reservoir.”

– John Mason

“Kekuatan utama yang menjadi tolak ukur seseorang dalam mengaplikasikan karya adalah pendidikan dan bakatnya.”

– Yeye

“Wanita muncul sebagai kekuatan utama perubahan. Negara-negara yang telah berinvestasi dalam pendidikan anak perempuan dan menyingkirkan hambatan hukum yang mencegah perempuan mencapai potensi mereka, (negara tersebut) sekarang melihat manfaatnya.”

– Sri Mulyani

“Ketika pendidikan menjadi inklusif, introspektif, kosmik, mempromosikan seluruh populasi pada kekuasaan dan hak istimewa, pendidikan ini menobatkan kekuasaan pribadi yang luas, tidak kelihatan, atas pikiran umum.”

– Amos Bronson Alcott

“Yang paling berharga dari semua pendidikan adalah kemampuan untuk membuat diri Anda melakukan hal yang harus Anda lakukan, ketika itu harus dilakukan, apakah Anda suka atau tidak.”

– Aldous Huxley

“Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa behagia baginya.”

– Raden Ajeng Kartini

“Konferensi Kairo membahas tentang jaringan pendidikan dan pekerjaan yang rumit, konsumsi dan kemiskinan, pembangunan dan perawatan kesehatan. Ini juga tentang apakah pemerintah akan mengikuti di mana perempuan telah dengan jelas memimpin mereka, menuju pilihan yang aman, sederhana dan dapat diandalkan dalam keluarga berencana. Sementara Kairo penuh dengan konflik, di rumah-rumah di dunia ortodoksi telah didengar dengan sepatutnya, dan sama sekali diabaikan.”

– Anna Quindlen

“Setiap kali saya bekerja, ini adalah proses pendidikan karena saya belajar dengan menonton aktor lain. Karier saya akan selalu menjadi studi berkelanjutan.”

– Bill Nunn

“Tidak ada pendidikan seperti kesulitan.”

– Benjamin Disraeli

“Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan.”

– Wiji Thukul

“Ketika saya masih muda saya tidak peduli dengan pendidikan, hanya uang dan box office.”

– Jackie Chan

“Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis.”

– Aristoteles

“Seperti yang saya katakan, saya memiliki pendidikan perguruan tinggi yang luar biasa ini. Di kampus saya bertemu dengan pria yang telah saya nikahi selama 34 tahun dan yang merupakan ayah dari ketiga anak itu. Saya serius mempertimbangkan pergi ke perguruan tinggi lain, dan hidup saya akan sangat berbeda dalam segala hal.”

– Anna Quindlen

“Setiap keluarga yang bekerja di Amerika tahu betapa sulitnya saat ini untuk menemukan pengasuhan anak yang terjangkau atau tempat pendidikan anak usia dini.”

– Bernie Sanders

“Pendidikan adalah pertahanan negara yang murah.” – Edmud Burke

“Tujuan pendidikan seharusnya untuk mengajarkan kita bagaimana berpikir, daripada apa yang harus dipikirkan – lebih untuk meningkatkan pikiran kita, sehingga memungkinkan kita untuk berpikir untuk diri kita sendiri, daripada untuk memuat memori dengan pikiran orang lain.”

– James Beattie

Lihat Juga : 80 Quotes Pramoedya Ananta Toer, Sastrawan Indonesia

“Membuat anak Anda bisa jujur adalah awal dari pendidikan.”

– John Ruskin

“Sekufu itu lebih ke faktor agama. Bukan ke ukuran kekayaan, pendidikan, atau usia. Emang sih kalau selevel lebih baik.”

– Anugrah Roby Syahputra

“Seorang wanita yang ditolak pendidikan ditolak kesetaraan.”

– Barack Obama

“Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

– Seto Mulyadi

“Pendidikan adalah transmisi dari peradaban.”

– Will Durant

“Pendidikan adalah mempelajari apa yang Anda bahkan tidak tahu Anda tidak tahu.”

– Daniel J. Boorstin

“Seorang anak berhak dan layak dapat pendidikan terbaik.”

– Shita Hapsari

“Mengajar adalah perlindungan terakhir dari pikiran lemah dengan pendidikan klasik.”

– Aldous Huxley

“Pendidikan menjadikan diri kita yang sebenarnya.”

– Claude Adrien Helvetius

“Sekalipun lulusan pendidikan luar negeri, jika tidak terampil bekerja tentu saja tidak akan berhasil.”

– Josephine Winda

“Pemisahan tidak memiliki tempat dalam sistem pendidikan.”

– Richard Dawkins

“Percobaan! Bertemu orang baru. Itu lebih baik daripada pendidikan perguruan tinggi mana pun. . . Dengan berpetualang; tentang, Anda menjadi terbiasa dengan yang tak terduga. Yang tak terduga kemudian menjadi apa adanya. . . yang tak terhindarkan.”

– Amelia Earhart

“Pendidikan bukanlah mencekoki anak dengan berjuta pengetahuan dan kebenaran menurut orang dewasa.”

– Bukik Setiawan

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.”

– Tan Malaka

“Saat ini kita menghabiskan lebih banyak untuk minum dan merokok dari pada menghabiskan waktu untuk pendidikan. Ini, tentu saja, tidak mengherankan. Dorongan untuk melarikan diri dari kedirian dan lingkungan hampir di semua orang dan hampir setiap saat.”

– Aldous Huxley

“Pendidikan adalah kebijakan ekonomi terbaik yang ada.”

– Tony Blair

“Hal utama yang membedakan adalah kualitas manusianya. Jika memang kualitasnya baik dan mendapat pendidikan terbaik, tentunya hasil yang diperoleh akan menjadi lebih maksimal.”

– Josephine Winda

“Hasil menjual gula saka hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jika anak-anak mereka sudah beranjak remaja, mereka harus menyiapkan uang lebih untuk biaya pendidikan.”

– Lalu Abdul Fatah

“Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu emas kebebasan.”

– George Washington Carver

“Pendidikan menghasilkan ledakan populasi yang bisa membaca tapi tak bisa membedakan mana yang bernilai untuk dibaca.”

– G. M. Treveylan

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.”

– Nelson Mandela

“Hasil tertinggi dari pendidikan adalah toleransi.”

– Helen Keller

“Hanya orang bodoh yang menghina pendidikan.”

– Publilius Syrus

“Pendidikan bukanlah mengubah beragam keistimewaan anak menjadi seragam, melainkan menstimulasi anak untuk menjadi dirinya sendiri.”

– Bukik Setiawan

Lihat Juga : 277 Quotes Fiersa Besari, Penulis & Pemusik Indonesia

“Perangkat pendidikan kapan pun bisa berubah. Jangan fokus ke sistemnya, tapi ke kualitas sumber daya manusianya.”

– Anies Baswedan

“Pendidikan bukanlah proses memberi tekanan dari luar, melainkan menumbuhkan keistimewaan dalam diri anak.”

– Bukik Setiawan

“Enam puluh tahun yang lalu saya tahu segalanya; sekarang saya tidak tahu apa-apa; Pendidikan adalah penemuan progressif atas kebodohan kita sendiri.”

– Will Durant

“Kecerdasan dan pendidikan yang layak akan memberi Anda kebebasan jiwa.”

– Charlotte Bronte

“Pendidikan terutama terdiri dari apa yang tidak kita pelajari.”

– Mark Twain

“Saya memiliki pendidikan yang buruk. Saya menghadiri sekolah untuk guru yang terganggu secara emosional.”

– Woody Allen

“Pendidikan formal itu bukan faktor utama, latar belakang keluarga juga bukan, usia lanjut dan penolakan juga bukan halangan, faktor yang utama adalah semangat dan ulet atau persistent untuk meraih kesuksesan.”

– Joe Hartono

“Pendidikan itu bukanlah menanamkan, melainkan menumbuhkan.”

– Bukik Setiawan

“Apakah berbicara tentang kecanduan, pajak [pada rokok] atau pendidikan [tentang merokok], selalu ada di pusat percakapan sebuah teka-teki penting: Bagaimana bisa kita menjual barang-barang mematikan ini?”

– Anna Quindlen

“Penting bagi selebritis, pencinta lingkungan, dan pemimpin dunia untuk terus meningkatkan pendidikan dan kepedulian lingkungan melalui forum yang disediakan bagi mereka secara alami berdasarkan menjadi terkenal. Ambil inspirasi dari kata-kata bijak ini dari seorang remaja era Nazi dan korban kamp konsentrasi: “Betapa indahnya tidak ada yang perlu menunggu sesaat sebelum mulai memperbaiki dunia.”

– Anne Frank

“Kalau baru soal rambut saja kamu sudah begini, bagaimana soal yang lain? Soal pendidikan anak, misalnya. Aku pemimpin di rumah kita. Tak ada satu hal pun yang luput dari izinku di rumah ini.”

– Ifa Avianty

“Pendidikan telah menghasilkan masyarakat yang mampu membaca tetapi tidak dapat membedakan apa yang layak dibaca.”

– George Macaulay Trevelyan

“Selalu dikatakan bahwa pendidikan demokrasi itu sulit. Ada yang lebih sulit, pendidikan para aristokrasi yang berurutan yang terbentuk di permukaan demokrasi yang bergerak.”

– Emile Faguet

“Saya ragu apakah pendidikan klasik pernah atau dapat berhasil dilaksanakan tanpa hukuman fisik.”

– George Orwell

“Pernikahan bisa menunggu, namun pendidikan tidak bisa.”

– Khaled Hosseini

“Plastisin dan ekspresi diri tidak akan menyelesaikan masalah pendidikan. Teknologi dan bimbingan kejuruan juga tidak akan; juga buku-buku klasik dan seratus buku terbaik.”

– Aldous Huxley

“Pendidikan tidak boleh hanya mengajarkan pekerjaan – itu harus mengajarkan kehidupan.”

“Plastisin dan ekspresi diri tidak akan menyelesaikan masalah pendidikan. Teknologi dan bimbingan kejuruan juga tidak akan; juga buku-buku klasik dan seratus buku terbaik.”

– Aldous Huxley

“Pendidikan yang baik tidak menjamin pembentukan watak yang baik.” –

– Fontenelle

“Pendidikan tidak boleh hanya mengajarkan pekerjaan – itu harus mengajarkan kehidupan.”

– W. E. B. Du Bois

“Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan.”

– Ki Hadjar Dewantara

Lihat Juga : 100 Quotes & Pesan Positif Untuk Generasi Mendatang

“Yap, sejak kecil gue suka banget lihat tentara. Tapi ayah gue bilang kalau mau masuk tentara lebih baik gue ikut pendidikan dulu setelah lulus SMA. Kebetulan akhir caturwulan ini, gue bakal ikut tes masuknya. Doain sukses ya.”

– Agnes Davonar

“Pendidikan adalah proses menumbuhkan benih kehidupan yang utuh untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakatnya.”

– Bukik Setiawan

“Orang pintar beranggapan, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis.”

– Bob Sadino

“Satu-satunya waktu saat pendidikan saya terganggu adalah ketika saya masih sekolah.”

– George Bernard Shaw

“Pendidikan dari seorang manusia tidak pernah selesai sampai dia mati.”

“Masyarakat miskin tidak boleh dibiasakan apa-apa gratis, ini juga merupakan salah satu pendidikan pemberdayaan mereka.”

– Dahlan Iskan

“Pendidikan, adalah ujung tombak peradaban; juri kunci kesejahteraan.”

– Lenang Manggala

“Pendidikan adalah pengembangan dari kekuatan dan ideal.”

– W. E. B. Du Bois

“Pendidikan dari seorang manusia tidak pernah selesai sampai dia mati.”

– Robert E. Lee

“Mempelajari pendidikan tak akan menyisakan waktu untuk mempelajari hal lain.”

– Cornelius Vanderbilt

“Pendidikan memfasilitasi tumbuh kembangnya keistimewaan anak agar menjadi orang yang mampu hidup mandiri dan bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya.”

– Bukik Setiawan

“Pendidikan klasik seharusnya tidak digunakan untuk memberikan pengetahuan, tetapi untuk membentuk pikiran yang mampu mengetahui dan menciptakan.”

– Teodor de Wyzewa

“Tanpa pendidikan, Anda tidak akan memiliki masa depan.”

– Henry Rollins

“Pendidikan tinggi tidak selalu merupakan jaminan kebaikan yang lebih tinggi.”

– Aldous Huxley

“Pendidikan seorang anak harus dimulai setidaknya seratus tahun sebelum dia lahir.”

– Oliver Wendell Holmes

“Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita.

” – John F. Kennedy

“Sebagian teman ikut tes CPNS. Sebagian lagi lanjut pendidikan. Ada juga yang segera menikah. Ada yang sudah berkeluarga lalu berpisah. Pada akhirnya, hidup punya jalan masing-masing. Fokuslah pada apa yang menjadi alasan bahagiamu. Bukan fokus pada hidup orang lain.”

– Boy Chandra

“Sejarah manusia menjadi semakin banyak perlombaan antara pendidikan dan bencana.”

– Herbert George Wells

“Nilai akhir dari proses pendidikan, sejatinya terrekapitulasi dari keberhasilannya menciptakan perubahan pada dirinya dan lingkungan. Itulah fungsi daripada pendidikan yang sesungguhnya.”

– Lenang Manggala

“Pendidikan yang baik tidak menjamin pembentukan watak yang baik.”

Fontenele

“Semua kehidupan adalah pendidikan konstan.”

– Eleanor Roosevelt

“Pemberian cinta adalah pendidikan itu sendiri.”

– Abraham H. Maslow

“Sistem pendidikan tinggi kami adalah salah satu hal yang membuat Amerika luar biasa. Tidak ada tempat lain yang memiliki aset yang kita lakukan ketika datang ke pendidikan tinggi. Orang-orang dari seluruh dunia bercita-cita untuk datang ke sini dan belajar di sini. Dan itu adalah hal yang baik.”

– Barack Obama

“Kecintaan untuk membaca, sebaiknya diarahkan dengan benar, harus menjadi sebuah pendidikan itu sendiri.”

– Jane Austen

Lihat Juga : 40 Quotes Bill Gates, Sang Pendiri Microsoft

“Mengapa dunia ini begini penuh iga manusia busuk? Hanya karena mau hidup lebih sejahtera dari yang lain? Apakah kesejahteraan hidup sama dengan kebusukan buat orang lain? Alangkah sia-sia pendidikan orangtua kalau demikian. Alangkah sia-sia pendidikan agama. Alangkah sia-sia guru dan sekolah-sekolah.”

– Pramoedya Annanta Toer

“Sistem pendidikan yang bijaksana setidaknya akan mengajarkan kita betapa sedikitnya yang belum diketahui oleh manusia, seberapa banyak yang masih harus ia pelajari.”

– Sir John Lubbock

“Menurut Pak Kiai kamu, pendidikan Pondok Madani (PM) tidak membedakan agama dan non agama. Semuanya satu dan semuanya berhubungan. Agama langsung dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari. Di Madani, agama adalah oksigen, dia ada di mana-mana.”

– Ahmad Fuadi

“Pendidikan adalah penemuan progressif atas kebodohan kita sendiri.”

– Will Durant

“Tujuan pendidikan didedikasikan untuk kemajuan pengetahuan dan penyebaran kebenaran.”

– John F. Kennedy

NOTE: Kutipan diambil dari beragam sumber.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.