Sayangnya Asus Launcher Telah Berhenti

Dianisa.com – Cara Mengatasi Munculnya Pesan Error “Sayangnya Asus Launcher Telah Berhenti” Pada ASUS Zenfone. Masalah launcher terhenti memang sering di alami oleh para pengguna Android, salah satunya adalah Asus Zenfone. Hal semacam ini bisa terjadi pada beberapa seri Asus Zenfone, seri 4, 5, dan 6. Tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada seri lainnya juga. Penyebab utama bisa bermacam – macam, mungkin karena virus, penumpukan file sampah, program corrupt, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Asus Launcher Telah Berhenti

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Mengatasi ASUS Launcher Berhenti Secara Tiba – Tiba. Munculnya pesan error bertuliskan “Sayangnya Asus Launcher Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Asus launcher has stopped” menjadi masalah yang memang sulit untuk di atasi. Jika nantinya cara sederhana tidak berhasil, maka harus melakukan #Hard Reset atau Factory Reset melalui Mode Recovery. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa metodenya berikut ini.

Metode 1 : Hapus Data dan Cache Aplikasi

Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file sampah dan data aplikasi Launcher. Cara ini biasanya cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi launcher yang bermasalah. Cara ini akan berdampak pada tampilan antar muka smartphone ASUS Anda. User Interface akan kembali pada posisi Default (Awal). Penghapus data akan menghilangkan data yang bersifat sementara seperti basis data, bookmark, history, file cache (sampah), password, dan lainnya. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk Pada Menu Settings » Select Apps » All » Select Zen UI Services And Power Saver » “Clear Cache” dan “Clear Data”. Setelah itu lakukan “Reboot”.
  • Masuk Pada Menu Settings » Apps » Launcher » “Clear Cache” dan “Clear Data”.

Baca Juga :

Baca Juga :

Metode 2 : Factory Reset Via Recovery Mode

Apabila metode pertama tidak berhasil dalam mengatasi masalah anda, maka lanjutan dengan metode ke dua yakni melakukan Factory Reset atau mengembalikan Android ke setelan Pabrik. Hal ini memang sangat beresiko, karena semua data dan aplikasi yang anda install pada memori Internal akan hilang secara total. Sebaiknya, anda backup terlebih dahulu data – data penting yang anda miliki tersebut, bisa pada laptop atau komputer. Dan untuk melakukan Factory Reset Asus, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Matikan Smartphone Asus yang anda miliki tersebut. Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda bisa masuk pada optional Recovery Mode.
  2. Pilih “Factory Reset” untuk me-reset Android anda ke setelan pabrik. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.
  3. Selesai.

Baca Juga :

Dengan adanya kedua cara diatas, semoga nantinya ponsel Asus Zenfone yang anda miliki bisa kembali pada posisi normal, tanpa ada masalah apapun. Di harapkan untuk selalu membersihkan file sampah supaya tidak menggangu jalannya aplikasi. Selain itu, gunakan anti virus terbaik untuk melindungi Android anda dari file – file perusak.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Asus Launcher Telah Berhenti” Pada Ponsel Asus, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here