10 Cara Membuat Simbol Pi (π) di Microsoft Word

Simak beberapa cara membuat simbol Pi dengan mudah berikut ini

Simbol Pi “π” banyak kita temukan dalam matematika, fisika, dan ilmu perumusan lainnya. Pi atau “π” sangat berkaitan dengan lingkaran, baik dalam persamaan luas maupun volume lingkaran atau bola. Selain itu dengan simbol Pi Anda dapat menggunakannya untuk mengukur sudut dalam radian. Menuliskan simbol Pi di Microsoft Word tidak semudah mengetik huruf atau simbol lain yang tertera di keyboard. Simbol ini, tidak dapat secara langsung Anda temukan di papan keyboard, melainkan ada cara khusus untuk menemukannya.

Pada dasarnya, Microsoft Word sudah menawarkan berbagai fitur canggih untuk mengolah dokumen, beberapa di antaranya seperti pemformatan teks, penomoran, perataan, tabel, layout, hingga fitur simbol. Simbol-simbol yang tidak terdapat pada keyboard, dapat Anda temukan melalui fitur Symbol pada menu Insert. Untuk mengetahui cara membuat simbol Pi (π), silakan simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

Cara membuat simbol Pi di Microsoft Word

Beli Lisensi Office 365 Shopee
Beli Lisensi Office 365 di Shopee

Pi di lambangkan dengan simbol “π”, dalam matematika merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya. Pi memiliki nilai sekitar 3,14 atau 22/7, digunakan untuk memecahkan masalah mengenai panjang busur, kurva, permukaan melengkung, maupun untuk berbagai rumus fisika dan teknik. Pengguna Microsoft Office, salah satunya Microsoft Word pasti familiar dengan simbol Pi ini untuk menuliskan rumus atau hal lainnya. Untuk Anda yang masih awam bagaimana cara menuliskan simbol Pi di Microsoft Word, silakan simak cara-cara berikut ini.

Catatan: Panduan ini dilakukan pada Microsoft Word 2019. Jika Anda masih menggunakan versi yang lebih rendah (2016201320102007), silakan menyesuaikan.

1. Membuat simbol Pi (π) melalui fitur Symbol

Pertama, Anda bisa menggunakan fitur Symbol untuk mencari dan menambahkan simbol Pi (π) pada lembar kerja dokumen Word Anda. Anda bisa temukan fitur Symbol pada menu Insert. Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

STEP 1 : Buka dokumen yang ingin Anda tambahkan simbol Pi (π). Kemudian klik menu Insert, lalu pilih fitur Symbol. Jika simbol Pi (π) sudah terlihat dalam daftar, Anda bisa langsung pilih. Namun jika tidak, Anda bisa klik More Symbols…

1 Buka fitur Symbol Microsoft Word
1. Pilih fitur Symbol. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Pada bagian Font, Anda bisa pilih normal (text). Sedangkan bagian Subset, Anda bisa pilih Greek and Coptic. Setelah itu, temukan dan pilih simbol Pi (π), lalu klik Insert untuk menambahkannya ke lembar kerja dokumen Anda.

2 Pilih Simbol Pi Microsoft Word
2. Pilih simbol Pi (π). RUDI DIAN ARIFIN

2. Membuat simbol Pi (π) dengan shortcut key

Area Numpad pada keyboard
2. Area Numpad pada keyboard. RUDI DIAN ARIFIN

Cara kedua, Anda juga bisa menambahkan simbol Pi (π) dengan menggunakan kombinasi dari beberapa tombol keyboard (shortcut key). Cara ini terbilang relatif mudah dan cepat untuk dilakukan ketimbang cara pertama. Tetapi perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada keyboard yang menyediakan tombol Numpad atau Numlock, biasanya berada di sisi kanan keyboard Anda.

  1. Pertama, tempatkan kursor di bagian halaman yang Anda inginkan.
  2. Tekan dan tahan tombol Alt + 227 pada area Numpad yang berada di sisi kanan keyboard Anda.
  3. Pada beberapa merek keyboard / PC / laptop, terkadang juga perlu menambahkan kombinasi tombol Fn.
  4. Sehingga menjadi Alt + Fn + 227.

Selain menggunakan kombinasi tombol, Anda juga bisa menggunakan kode karakter (Unicode) dari simbol Pi (π), berikut caranya!

  1. Tempatkan kursor di bagian halaman yang Anda inginkan.
  2. Ketik kode karakter simbol Pi (π): 03C0.
  3. Lalu tekan tombol Alt + X secara bersamaan, maka simbol Pi (π) secara otomatis muncul di lembar kerja dokumen Anda.
  4. Selesai.

3. Membuat simbol Pi (π) dengan font khusus

3 Buat Simbol Pi Microsoft Word
3. Font Symbol pada Microsoft Word. RUDI DIAN ARIFIN

Cara ketiga, Anda bisa menambahkan simbol Pi (π) dengan menggunakan font khusus bernama Symbol. Anda tidak perlu menginstall font, karena font Symbol sudah tersedia secara default pada Microsoft Word. Dengan font Symbol, Anda bisa menambahkan simbol Pi (π) dengan sangat mudah dan cepat. Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka dokumen yang ingin Anda tambahkan simbol Pi (π).
  2. Posisikan kursor di bagian yang Anda inginkan.
  3. Pada menu Font di bagian Home, ubah jenis font ke Symbol.
  4. Atur ukuran font sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  5. Tekan tombol P untuk membuat simbol Pi (π).
  6. Selesai.

4. Membuat simbol Pi (π) dengan Character Map

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Character Map untuk mencari, memilih, serta menyalin simbol Pi (π) pada lembar kerja dokumen word Anda. Tidak hanya simbol Pi (π) saja, Anda juga bisa menyalin beragam simbol lain yang mungkin juga Anda butuhkan. Cara menggunakan Character Map cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

STEP 1 : Buka dokumen yang ingin Anda tambahkan simbol Pi (π). Kemudian klik Start menu, lalu cari dan buka aplikasi Character Map.

1 Buka aplikasi Character Map
1. Buka aplikasi Character Map. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Setelah aplikasi Character Map terbuka, atur jenis Font menjadi Symbol. Lalu, temukan dan pilih simbol Pi (π), double-click untuk memilih simbol. Klik Copy untuk menyalin simbol, lalu tempelkan simbol ke dalam lembar kerja dokumen word Anda.

2 Cari dan pilih simbol Pi
2. Pilih dan salin simbol Pi (π). RUDI DIAN ARIFIN

5. Copy paste simbol Pi (π)

Terakhir, Anda juga bisa jadikan opsi copy paste (salin dan tempelkan) untuk menambahkan simbol Pi (π) ke dalam lembar kerja dokumen Word Anda. Anda bisa pilih simbol matematika yang Anda butuhkan dari tabel yang kami bagikan berikut.

Nama SimbolBentuk Simbol
Piπ
Kurang dari
Tidak sama dengan
Lebih dari dan sama dengan
Kurang dari dan sama dengan
Kurang lebih±
Tak terhingga~

Lihat Juga : 10 Cara Menambahkan Hyperlink di Microsoft Word

Penutup,

Dari beberapa cara dalam membuat simbol Pi (π) di Microsoft Word di atas, Anda bisa pilih cara yang menurut Anda mudah untuk dilakukan. Jika Anda bingung menggunakan cara manual, Anda bisa menggunakan shortcut key atau copy paste untuk membuat simbol Pi (π). Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa itu Pi?

Pi di lambangkan dengan simbol “π”, dalam matematika merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.

Apa kegunaan rumus Pi?

Karena π berhubungan dekat dengan lingkaran, ia banyak ditemukan dalam rumus-rumus geometri dan trigonometri, utamanya yang menyangkut lingkaran, bola, dan elips.

Apakah bisa menggunakan rumus Pi di Microsoft Word?

Tentu saja bisa, Anda bisa menambahkan rumus Pi (π) untuk kebutuhan matematika atau angka pada dokumen Anda.


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!