2 Cara Hard Reset Realme 8 | 8 Pro

Realme 8 merupakan smartphone high-end terbaru dari Realme yang diperkenalkan secara publik pada tanggal 24 Maret 2021. Ada dua seri ponsel yang disediakan, Realme 8 dan Realme 8 Pro. Tanggal 28 April yang lalu, Realme memperkenalkan seri terbaru dari Realme 8 yang memiliki dukungan jaringan 5G. Meskipun demikian, di Indonesia sendiri jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan. Sehingga pengguna yang telah membeli Realme 8 5G belum bisa menikmati keunggulan tersebut.

Untuk masalah dapur pacu, Realme 8 dibekali dengan Chipset Mediatek Helio G95 (12 nm), kemudian Realme 8 Pro dibekali dengan Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm), sedangkan Realme 8 5G dibekali dengan Chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm). Ketiganya sebenarnya memiliki performa yang tak jauh berbeda. Untuk masalah desain, ketiganya hadir dengan desain yang halus dan modern.

Meskipun didukung dengan teknologi pemrosesan dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, bukan berarti Realme 8 bebas dari masalah sistem dan aplikasi terinstall. Masalah error pada sistem dan aplikasi dapat muncul kapan saja. Beberapa perbaikan yang dapat dilakukan mulai dari membersihkan cache secara berkala, uninstall aplikasi yang tidak pernah digunakan, serta menghapus file berkas dan media yang tidak dibutuhkan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot

Tutorial Hard Reset Realme 8 | 8 Pro

Tetapi apabila masalah tersebut terasa menyulitkan seperti lupa pola kunci atau bootloop, alternatifnya adalah melakukan Factory Reset atau Hard Reset melalui Realme UI Recovery. Tapi sebelum melakukannya, pastikan telah melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Setelah itu, barulah mengikuti panduan Factory Reset dan Hard Reset ponsel Realme berikut ini.

Factory Reset via menu Settings

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Pilih Additional Settings.
  3. Pilih Back up and reset.
  4. Pilih Erase all data (Factory Reset).
  5. Pilih Erase all data » Erase Data.
  6. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, LAG

Hard Reset via Realme UI Recovery

  1. Langkah pertama, matikan smartphone Realme Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu Realme UI Recovery.
  3. Untuk pilihan Bahasa, silakan pilih English.
  4. Untuk melakukan reset, pilih Wipe Data.
  5. Konfirmasi dengan kata sandi/ lock screen, lalu tap Format Data.
  6. Konfirmasi dengan tap Format.
  7. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Penutup,

Dengan melakukan reset smartphone Realme, artinya semua sistem dan aplikasi akan dikembalikan ke posisi awal. Semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara total. Apabila setelah melakukan reset ponsel Realme tidak kunjung normal, sebaiknya lakukan Flashing dengan memasang ulang Firmware Realme sesuai dengan tipe ponsel yang Anda gunakan.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Hard Reset Realme

Masalah Realme

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.