7 Cara Membuka Command Prompt di Windows 11

Command Prompt adalah software utilitas, yang digunakan untuk menjalankan berbagai baris perintah dan melakukan tugas tanpa GUI di PC Windows. Command Prompt menjadi salah satu fitur Windows yang lebih powerful dan hebat daripada GUI konvensional, karena performanya lebih cepat dan menawarkan banyak alat yang tidak disediakan di antarmuka grafis.

Command Prompt atau CMD juga termasuk dalam aplikasi terminal Windows, bersama dengan PowerShell, dan Azure Cloud Shell yang dapat dijalankan bersamaan dalam tab terpisah. Pengguna komputer profesional atau ahli TI, biasanya menggunakan alat ini untuk fungsi administratif dengan menjalankan beberapa perintah di Windows. Dengan tampilan yang sederhana, Command Prompt memiliki resources yang tinggi untuk mengeksekusi file yang ada pada sistem Windows.

Lihat Juga : 7 Cara Membuka Registry Editor di Windows 11

Cara Membuka Command Prompt di Windows 11

Jika Anda pengguna Windows 11 yang ingin menjalankan Command Prompt, bagaimana cara Anda membuka program ini? Command Prompt dapat dijalankan dengan beberapa cara. Pada postingan ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara membuka Command Prompt di Windows 11. Panduan ini akan sangat membantu bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan Command Prompt, khususnya di Windows 11.

Pada Windows 11 sendiri, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan dalam membuka Command Prompt. Mulai dengan memanfaatkan fitur Windows Search, menggunakan perintah dasar RUN, melalui Windows Terminal, Windows Tools, dan juga File Explorer. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya berikut ini.

Buka Tab Command Prompt di Windows Terminal

Metode pertama, Anda bisa mencoba menggunakan Windows Terminal untuk membuka Command Prompt. Untuk melakukannya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, klik Start menu di Windows 11 Anda, kemudian ketik ‘Windows Terminal’ dan klik Windows Terminal sesuai dengan hasil pencarian.

1 Buka Windows Terminal di Windows 11
1. Pilih Windows Terminal sesuai dengan hasil pencarian. RUDI DIAN ARIFIN

2. Tab default Windows Terminal adalah Windows PowerShell, Anda bisa klik tanda panah yang menghadap ke bawah dan pilih Command Prompt untuk membuka Command Prompt. Atau Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard CTRL + SHIFT + 2 untuk membuka tab Command Prompt.

2 Beralih ke Command Prompt di Windows Terminal
2. Pilih tab Command Prompt. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang Anda bisa lihat Command Prompt sudah terbuka.

3 Antarmuka Command Prompt di Windows Terminal
3. Sekarang Command Prompt sudah terbuka. RUDI DIAN ARIFIN

Atur Command Prompt sebagai profil default di Terminal Windows

Kita tahu bahwa ketika membuka Windows Terminal, maka tab default yang terbuka adalah Windows PowerShell. Namun sebenarnya, Anda bisa mengatur supaya Command Prompt (CMD) menjadi tab / profil default. Untuk melakukannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pada Windows Terminal, Anda bisa klik tanda panah yang menghadap ke bawah dan pilih Settings untuk masuk ke pengaturan dasar Windows Terminal. Atau Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard CTRL + , untuk mengakses Settings Windows Terminal.

1 Buka menu Settings Windows Terminal
1. Buka Settings pada Windows Terminal. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada tab Startup, Anda bisa atur bagian Default profil menjadi Command Prompt. Jika sudah, Anda bisa klik Save untuk menyimpan pengaturan tersebut.

2 Atur Command Prompt jadi default profil Windows Terminal
2. Pilih Command Prompt sebagai default profil. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Command Prompt sudah menjadi default profil ketika Anda meluncurkan Windows Terminal.

Buka Command Prompt dari Windows Search

Metode selanjutnya, Anda bisa langsung membuka Command Prompt dari Windows Search. Metode ini sebenarnya hampir sama seperti di atas, tetapi ini lebih difokuskan hanya pada program Command Prompt secara terpisah. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, klik Start menu di Windows 11 Anda, kemudian ketik ‘CMD’ kemudian klik program Command Prompt sesuai dengan hasil pencarian yang terlihat.

1 Buka Command Prompt di Windows 11
1. Temukan dan pilih program CMD. RUDI DIAN ARIFIN

2. Sekarang, Anda telah membuka Command Prompt di Windows 11.

2 Antarmuka Command Prompt Windows 11
2. Tampilan antarmuka Command Prompt di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

Buka Command Prompt dengan Windows Run

Selanjutnya, Anda bisa membuka Command Prompt dengan perintah ‘cmd’ di Windows Run. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Gunakan pintasan keyboard untuk meluncurkan Windows Run dengan menekan tombol Windows + I secara bersamaan. Setelah kotak Windows Run terbuka, ketik ‘cmd’ lalu klik OK atau tekan Enter untuk meluncurkan Command Prompt.

1 Buka CMD dengan Windows Run
1. Gunakan perintah ‘cmd’ untuk membuka Command Prompt. RUDI DIAN ARIFIN

2. Sekarang, Anda telah membuka Command Prompt seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

2 Antarmuka Command Prompt Windows 11
2. Tampilan Command Prompt di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

Buka Command Prompt dari Windows Tools

Selanjutnya, Anda bisa mencoba membuka Command Prompt menggunakan Windows Tools. Caranya cukup mudah, Anda bisa simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, klik Start menu di PC Windows 11 Anda, klik All apps yang ada di bagian pojok kanan atas.

1 Buka All apps Windows 11
1. Pilih All apps di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

2. Gulir ke bawah, temukan dan pilih menu Windows Tools.

2 Buka Windows Tools di Windows 11
2. Lanjutkan dengan memilih Windows Tools. RUDI DIAN ARIFIN

3. Setelah membuka Windows Tools, Anda bisa klik Command Prompt seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

3 Command Prompt di Windows Tools
3. Pilih Command Prompt di Windows Tools. RUDI DIAN ARIFIN

Buka Command Prompt dari File Explorer

Anda juga dapat menggunakan metode lain dengan mencari program cmd.exe secara manual melalui File Explorer. Anda bisa manfaatkan fitur pencarian di Address Bar File Explorer untuk meluncurkan Command Prompt secara cepat atau bisa juga mencari program cmd.exe di lokasi instalasi, tempatnya di system32. Langsung saja, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Address Bar

1. Buka File Explorer di Taskbar Windows 11 Anda.Kemudian ketik ‘cmd’ di kotak pencarian / Address Bar File Explorer, lalu tekan Enter untuk membuka Command Prompt.  

1 Ketik cmd di File Explorer
1. ketik cmd di address bar File Explorer. RUDI DIAN ARIFIN

File Location

2. Opsi lain, Anda juga bisa membuka Command Prompt dengan mencari file aplikasi cmd.exe di lokasi instalasi. Untuk mencarinya, Anda bisa masuk ke direktori folder system32. Gulir ke bawah untuk menemukan file cmd.exe dan klik dua kali untuk membuka jendela Command Prompt.

C:\Windows\System32
2 Buka cmd di system32
2. Temukan program cmd di system32. RUDI DIAN ARIFIN

Lihat Juga : 9 Cara Membersihkan Cache di Windows 11

Penutup,

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka fitur Command Prompt pada OS Windows 11 baik di laptop atau PC. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menjalankan fitur ini, namun saya rasa beberapa metode di atas sudah lebih dari cukup untuk Anda jadikan pilihan.

Jika Anda ingin berbagi informasi atau bertanya-tanya seputar Command Prompt, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Pertanyaan seputar Command Prompt

Apa itu Command Prompt?

CMD atau Command Prompt adalah sistem penerjemah berupa baris perintah yang dieksekusi ke sistem operasi dari Microsoft Windows. 

Apa yang dapat dilakukan Command Prompt Windows?

Untuk mengeksekusi setiap perintah yang diketikkan pengguna dalam menjalankan fungsi administrasi maupun mengakses komputer.

Apa fungsi utama Command Prompt?

Mengeksekusi dan menjalankan perintah untuk tugas dari skrip yang telah diketikkan, melakukan fungsi administratif tingkat lanjut, maupun untuk memecahkan masalah tertentu pada Windows.

Apakah Command Prompt tersedia di Windows 11?

Ya, Command Prompt tersedia pada Windows 11. Selain itu ketersediaan CMD ini terdapat di setiap sistem operasi berbasis Windows NT meliputi Windows 10, Windows 8, Windows, 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, juga Windows Server 2012, 2008, dan 2003.

Bagaimana cara termudah untuk membuka CMD atau Command Prompt?

Pada Start menu di Windows 11, ketik kata kunci ‘cmd’ dan klik Command Prompt untuk membuka program.

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.