3 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui

0
1365

Dianisa.comCara Jitu Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update. Kenapa Aplikasi Android saya tidak biasa di Update? Pertanyan seperti ini terkadang banyak di ucapkan oleh para pengguna android yang mengeluhkan mengenai aplikasi yang tidak bisa diupdate atau diperbarui. Aplikasi yang tidak bisa diupdate tentunya membuat kita sedih dan galau karena kita tidak bisa mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi yang kita pakai. Misalnya seperti aplikasi BBM, pengguna lain sudah menggunakan versi 2.7 sedangkan kita masih menggunakan 1.7. Nah, hal ini benar – benar sangat menyedihkan karena dari segi tampilan saja sudah sangat berbeda, terlihat jadul dan klassik. Sedangkan dari segi fitur kita juga sangat ketinggalan.

Baca Juga :

Penyebab mengenai aplikasi yang tidak bisa diupdate bisa bermacam – macam. Tapi jika dilihat secara umum, masalah tersebut bisa terjadi karena koneksi internet yang lambat, tidak tersedia cukup ruang, atau banyaknya file sementara yang tidak pernah dihapus sehingga terjadilah error pada saat melakukan update. Selain 3 hal tersebut, masih banyak penyebab – penyebab lain yang membuat aplikasi tidak dapat diupdate.

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Update

Setiap pengguna android memiliki penyebab yang berbeda – beda, antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Untuk itulah saya tidak bisa menyampaikan secara detail apa penyebab dari masalah tersebut. Untuk mengatasinya, simak beberapa solusi Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui dibawah ini.

1. Menghapus Cache dan data Google Play Store

Apabila anda mengalami kegagalan saat melakukan update dari Google Play maka sebaiknya anda melakukan pembersihan pada cache dan data Google Play Store. Dengan membersihkan Google Play Store dari masalah, biasanya akan membuat Google Play Store normal kembali. Dan pastinya, Anda bisa mengunduh ataupun meng-update Aplikasi dengan mudah dan cepat. Untuk membersihkan file cache dan data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari aplikasi “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Gunakan Aplikasi Clean Master

Untuk menghapus file sementara secara bersih dan cepat pada semua cache yang ada di smartphone android, sebaiknya gunakan aplikasi Clean Master. Unduh aplikasi tersebut melalui market store seperti Google Play atau Jalan Tikus.

Baca Juga :

3. Reboot Smartphone Android

Matikan smartphone android anda selama 10 detik, kemudian nyalakan kembali dan cobalah untuk melakukan update aplikasi. Semoga nantinya bisa berhasil.

Masih banyak solusi lain yang mungkin lebih jitu dibanding solusi yang saya berikan. Jika dengan solusi diatas tidak bisa membantu, cobalah untuk melakukan Factory Reset. Factory Reset merupakan jalan terakhir yang bisa anda lakukan, tapi sebelumnya anda harus membackup semua data Android anda.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa di Update, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan mengenai artikel diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here