12 Aplikasi Kompres Video Android & iOS Terbaik

Apakah anda tipe orang yang suka menyimpan berbagai video di ponsel anda? Jika iya, anda pasti pernah memiliki masalah dengan ruang penyimpan anda kan. Ukuran video yang besar dan tak sebanding dengan kapasitas ruang penyimpanan sehingga menjadikan masalah ini susah diatasi.

Salah satu jalan keluarnya adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan di ponsel anda. Namun jalan ini juga tidak bisa dikatakan yang terbaik, mengingat harga memori dengan kapasitas besar yang cukup mahal.

Disitulah, saya akan menawarkan jalan keluar lainnya untuk anda. “Emang ada?” ada, caranya adalah dengan mengkompres ukuran video-video anda menjadi lebih kecil.

Lihat Juga : 8 Aplikasi Video Conference Android & iOS Terbaik

Aplikasi Kompres Video Terbaik

“Hmm… emang bisa gitu ya?” Bisa, dengan bantuan dari beberapa aplikasi yang akan saya ulas berikut ini, anda bisa membuat video-video anda menjadi lebih ringan dibanding sebelumnya.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi kompres video terbaik untuk ponsel android anda.

1. VidCompact

VidCompact
Sumber Image : Google Play

Aplikasi yang pertama ini adalah aplikasi yang ditawarkan VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc., dengan total unduhan sebanyak 10 juta kali, dan rating 4,6. Aplikasi ini bisa sekali saya rekomendasikan untuk anda.

VidCompact, merupakan aplikasi yang dapat memperkecil video anda dengan teknik kompres yang dimilikinya. Dengan tampilannya yang sederhana dan kesan intuitif yang cukup tinggi.

Aplikasi ini dapat anda jalankan dengan cukup mudah. Semua fitur yang anda butuhkan akan langsung ditampilkan ketika anda membukanya.

Dalam faktor kemampuan, VidCompact juga tidak bisa diremehkan. Dengan menggunakannya Anda bisa mengubah ukuran video berukuran 20 MB menjadi hanya berukuran kurang dari 1 MB, dengan catatan kualitas video tersebut akan berkurang juga.

Jika anda tidak puas dengan hasilnya, anda juga bisa mengubah resolusi hasilnya menjadi lebih baik, namun hal ini akan mempengaruhi ukuran hasilnya. VidCompact juga memiliki fitur multiple yang akan membantu mengkompres banyak video dalam satu kali kerja.

Hanya saja, pengerjaannya akan cukup memakan waktu karena banyaknya video yang diproses.

[Google Play] [App Store]

2. Panda Video Compressor

Panda Video Compressor
image source : google play

Aplikasi berikutnya adalah Panda Video Compressor, aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh farluner apps & games. Dengan unduhan mencapai 1 juta kali dan rating 4,7. Hal ini sudah cukup membuktikan kehebatan dari aplikasi yang satu ini.

Panda Video Compressor adalah salah satu aplikasi yang bisa saya rekomendasikan untuk anda coba. Dengan tampilannya yang simpel, tanpa basa basi, anda akan langsung bisa menggunakan Panda Video Compressor hanya dengan melihatnya saja.

Saat anda membuka aplikasi yang satu ini, anda akan langsung disuruh memilih video yang ingin anda kompres. Anda tidak hanya bisa memilih satu video, di Panda Video Compressor anda bisa memilih banyak video sekaligus. Setelah memilih anda akan diberikan beberapa pilihan, pilihan ini akan mempengaruhi hasilnya.

Dalam percobaan, saya mencoba mengkompres satu video berukuran 23 MB, dengan pilihan kualitas terbaik dan resolusi asli. Hasilnya cukup mengejutkan. Meskipun pilihan saya mengutamakan kualitas tinggi, namun Panda Video Compressor berhasil mengkompres video hingga berukuran 5 MB saja.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

3. Smart Video Compressor

Smart Video Compressor
image source : google play

Meskipun memiliki jumlah unduhan yang tidak terlalu besar, namun aplikasi ini memiliki kemampuan yang tak banyak disadari orang-orang. Smart Video Compressor, merupakan salah satu aplikasi video compressor yang ditawarkan Clogica, dengan jumlah unduhan 100rb dan rating 4,1.

Dengan hanya beberapa ketukan, Smart Video Compressor bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan kepada anda. Tampilannya yang sangat simpel dan tidak banyak basa-basi adalah kunci dari kemudahan menggunakan Smart Video Compressor.

Yang perlu anda lakukan hanya menekan tombol untuk memilih video yang ingin anda kompres, setelah itu anda hanya perlu memilih, lalu sesuaikan opsi dengan kemauan anda, convert dan selesai. Semudah itu…

Kekurang aplikasi ini adalah tidak adanya fungsi multiple yang akan menyulitkan penggunanya yang ingin mengkompres banyak video.

[Google Play] [App Store]

4. Video Compressor & Converter

Video Compressor
Sumber Image : Google Play

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang ditawarkan Bdroid Team ini juga merupakan aplikasi video compressor yang tidak cukup populer, hanya dengan jumlah unduhan 100rb dan rating 4,2.

Namun dibalik ketidak populerannya itu, aplikasi yang bernama Video Compressor & Converter ini memiliki kemampuan yang hebat dalam hal kompres video.

Dari percobaan saya, video yang awalnya berukuran 23 MB dapat dikompres hingga berukuran 3,5 MB dengan resolusi 720p. Jika anda kurang puas dengan hasilnya, anda bisa memilih opsi lain yang tersedia.

Selain sebagai compressor, seperti namanya Video Compressor & Converter juga dapat digunakan sebagai converter. Anda bisa mengconvert video anda dalam format .MP4, atau mengubahnya menjadi audio .MP3.

[Google Play] [App Store]

5. Kompresi Video

Kompresi Video
image source : google play

Hanya dengan 6,5 MB anda sudah bisa mendapatkan kemampuan untuk mengkompres video agar jauh lebih ringan. Dengan menggunakan aplikasi yang ditawarkan MobileIdea Studio ini anda bisa melakukan kompresi berbagai macam video.

Dengan meminjam kekuatan Kompresi Video, anda akan bisa mengkompres video-video sesuai dengan keinginan anda. Jika anda ingin kualitas yang baik, anda bisa mengkompresnya dengan kualitas tinggi. Jika anda ingin lebih hemat anda bisa menggunakan kualitas rendah.

Dari percobaan saya, saya berhasil mengkompres video berukuran 23 MB (1080p) menjadi hanya berukuran 10 MB saja (720p bitrate 100%).

Tidak hanya itu, dengan menggunakan Kompresi Video, anda juga bisa mengkompres foto-foto anda.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 13 Aplikasi Streaming Musik Android & iOS Terbaik

6. Compress Video

Compress Video
image source : google play

Aplikasi selanjutnya adalah Compress Video. Aplikasi yang ditawarkan SinReVid Lted ini adalah salah satu dari banyak aplikasi kompres video yang bisa saya rekomendasikan kepada anda.

Dengan tampilannya yang sangat simpel dan sangat intuitif, anda akan mudah menggunakan Compress Video ini. Hanya dengan beberapa ketukan, anda sudah bisa mengurangi pemakaian penyimpanan memori anda.

Untuk kemampuan dalam pengkompresian sendiri, aplikasi ini sangat bisa diacungi jempol. Dari percobaan saya sendiri, saya berhasil mengkompres satu video yang berukuran 23 MB menjadi hanya berukuran 6 MB, dengan pengaturan high quality dan 100% resolution.

Hal yang kurang dari Compress Video ini hanyalah kemampuan dalam pengerjaan multiple yang tidak tersedia. Selain dari itu, aplikasi ini sangat bisa untuk anda gunakan.

[Google Play] [App Store]

7. Video Compressor

Video Compressor
image source : google play

Hampir sama dengan nama aplikasi sebelumnya, cuma dibalik saja. Seperti namanya, Video Compressor adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengkompres berbagai video agar ukurannya menjadi lebih ringan.

Video Compressor  ini ditawarkan oleh kkapps, dengan total unduhan mencapai 100rb dan rating 3,5.Meskipun terdengar tidak meyakinkan, namun aplikasi ini benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik.

Dari video saya yang awalnya berukuran 23 MB, bisa dikompres hingga berukuran 6,3 MB. Tentu saja dengan pengaturan resolusi asli dan high quality.

Untuk tampilan sendiri, saya akui Video Compressor memiliki tampilan yang kurang sedap dipandang. Namun meskipun begitu aplikasi ini tetap memiliki kesan intuitif yang kuat, sehingga anda yang baru mencoba pun bisa menjalankannya dengan mudah.

[Google Play] [App Store]

8. Video Compressor

Video Compressor Fast Compress
image source : google play

Meskipun memiliki nama yang sama dengan aplikasi sebelumnya, namun aplikasi yang satu ini ditawarkan oleh pengembang yang berbeda. Video Compressor ini ditawarkan oleh Biplabs, dengan total unduhan mencapai 10rb dan rating 4,0.

Jika dilihat dari jumlah unduhan, mungkin anda sedikit kurang yakin dengan kemampuan aplikasi yang satu ini. Namun setelah anda mencobanya, saya yakin anda akan menarik perkataan anda sebelumnya.

Memiliki tampilan yang sederhana, dan berkesan intuitif. Saat anda memasuki aplikasi ini, anda akan langsung disuruh memilih video yang ingin anda kompres. Anda juga bisa melakukan pengkompresian gambar dengan menekan tab yang ada di sebelahnya, atau anda bisa mengusapnya ke arah kiri.

Dari percobaan saya, video yang awalnya berukuran 23 MB dapat dikompresi menjadi 4 MB saja. Tentu dengan pengaturan custom, 100 tingkat resolusi, dan 100 tingkat bitrate.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 28 Software Kompres Foto PC & Smartphone Terbaik

9. YouCut

YouCut
Sumber Image : Google Play

Meskipun lebih dikenal dengan aplikasi editor foto, namun aplikasi yang ditawarkan oleh InShot Inc ini juga memiliki fungsi sebagai compressor video.

Kemampuannya sendiri diklaim bisa menghemat 90% dari ukuran aslinya. tidak hanya itu karena pada dasarnya YouCut ini adalah aplikasi editor, anda juga bisa melakukan beberapa edit pada video yang anda kompres.

[Google Play] [App Store]

10. Video Dieter 2

Video Dieter 2
image source : google play

Mungkin dari semua aplikasi yang saya rekomendasikan, aplikasi inilah yang memiliki ukuran paling kecil, hanya dengan 2,4 MB anda sudah bisa mendapatkan aplikasi compressor video yang cukup powerfull.

Video Dieter 2, merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh Outplay Lab inc, dengan jumlah pengunduhan mencapai 1jt dan rating 4,6. Memiliki tampilan yang modern dan keren, namun tetap terkesan intuitif.

Dalam percobaan saya sendiri, saya berhasil membuat video yang awalnya berukuran 23 MB menjadi hanya berukuran 4 MB saja. Dengan pengaturan high bitrate dan 720p resolusi.

[Google Play] [App Store]

11. Video Compress

Video Compress
image source : google play

Di urutan kesebelas, ada Video Compress yang merupakan salah satu aplikasi kompresi video yang dapat anda gunakan di perangkat iOS. Untuk anda yang menggunakan iPhone atau iPad, kalian bisa mencoba aplikasi yang satu ini.

Video Compress ini dikembangkan dan ditawarkan oleh Zheng Weijie. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki tampilan UI yang bersahabat dan mudah digunakan, dapat mengkompres dan mengeksport dengan cepat, dan terakhir adalah ukurannya yang ringan.

Jadi anda tidak perlu khawatir akan memakan banyak ruang.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 18 Software Perekam Layar PC & Mac Terbaik

12. Kompres video

Kompres video
image source : google play

Aplikasi iOS terakhir sekaligus sebagai aplikasi penutup direkomendasi kali ini adalah Kompres Video. Aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Junjie Ruan ini adalah aplikasi lainnya yang dapat membantu anda mengurangi pemakaian ruang karena ukuran video yang besar.

Dengan menggunakan Kompres Video ini anda akan bisa mengkompres video anda menjadi lebih ringan lagi. Dengan tampilan UI yang bersahabat dan mudah digunakan, anda pasti akan bisa menjalankan aplikasi ini dengan mudah.

Dalam pengoperasiannya sendiri anda bisa mengatur ukuran bitrate dan resolusi dari video yang ingin anda kompres, hal ini juga menjadi faktor yang menentukan ukuran hasilnya nanti.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.