6 Cara Convert PDF ke Word di Komputer & Android

File PDF merupakan salah satu file yang di sukai oleh para internet marketing dalam membuat e-book. Pasalnya file PDF memiliki banyak kelebihan yang tidak ada di file lain seperti DOC ataupun TXT.

Diantaranya adalah dapat dibuka dan di baca dengan mudah dan ringan, tidak akan terjadi missing font, ukuran kecil, susunan tidak akan berubah, serta sulit untuk di copy-paste orang lain.

Selain ringan dan mudah di atur, file PDF juga dapat dikunci atau di password. Artinya file yang di simpan dalam format PDF akan lebih aman dibanding jenis file lainnya. Untuk masalah gambar, kualitasnya tidak akan berkurang, dan jikapun di cetak hasilkan tetap sama dan tidak ada perbedaan.

Tapi di lain waktu tentunya anda juga ingin mengubah atau convert file pdf ke doc agar dapat anda edit kembali.

Ada beberapa cara yang akan saya tunjukkan kali ini, cara pertama menggunakan komputer desktop dan cara kedua menggunakan smartphone Android. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak satu persatu langkah – langkahnya dibawah ini.

Lihat Juga : Membuka Offce Word, Excel, Powerpoint, & PDF di Android

Mengubah File PDF ke Word di Komputer

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengkonversi file pdf ke doc di komputer atau laptop. Dan berikut beberapa diantaranya,

#1. SmallPDF.com – Convert PDF ke Word Online

SmallPDF.com merupakan salah satu tool konversi pdf online yang bisa anda gunakan secara gratis. Selain konversi pdf ke word, ada banyak kebutuhan editing file pdf yang bisa anda lakukan.

Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengubah PDF ke Format Doc SmallPDF
  • Pertama, anda kunjungi halamn konversi pdf ke word berikut ini : SmallPDF.com.
  • Selanjutnya, klik Pilih File untuk upload file PDF anda dari komputer.
  • Tunggu hingga proses upload selesai dilakukan.
  • Dibagian Konversi ke Word, klik Pilih Opsi untuk melanjutkan.
  • Selama proses konversi dilakukan, tunggu sampai nantinya berhasil. Jika sudah, klik Unduh untuk melihat hasil konversi.
  • Selesai.

#2. Menyimpan PDF ke Doc dengan Office Word

Jika anda punya komputer desktop atau laptop, kecuali mac maka sudah pasti terinstal software Office Word untuk kebutuhan pembuatan atau editing dokumen. Tanpa anda sadari, sebenarnya anda bisa membuka file PDF dengan Office Word dan menyimpannya menjadi Doc.

Bagaimana caranya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menyimpan PDF ke .doc Office Word
  • Jika anda telah memiliki Office Word, langsung saja buka software tersebut. Klik File » Open. Atau bisa juga klik kanan pada file pdf tersebut » Open With.
  • Dan untuk mengubahnya menjadi file Word, anda bisa menyimpannya dengan klik File » Save as » Browse. Kemudian tentukan tempat penyimpanan yang anda inginkan.
  • Dibagian Save as type, pastikan terpilih Word Document. Klik Save untuk menyimpan.
  • Selesai.

#3. Convert PDF ke Word dengan Adobe Acrobat DC

Untuk saat ini, Adobe Acrobat DC menjadi salah satu software yang sangat maksimal untuk kebutuhan editing file PDF. Dan bagi anda yang tertarik untuk menggunakan Adobe Acrobat DC untuk konversi file, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Konversi PDF ke Word Adobe Acrobat DC
  • Sebelumnya, pastikan anda telah menginstal software Adobe Acrobat DC.
  • Buka software tersebut, dibagian menu Home » pilih Computer, kemudian masukkan file PDF yang anda miliki.
  • Dibagian sisi kanan, pilih opsi Export PDF.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa opsi untuk export atau konversi file seperti Word, Powerpoint, Image, dan lainnya. Pilih Microsoft Word, kemudian klik Export.
  • Tentukan folder penyimpanan yang anda inginkan dengan klik Choose a different folder. Klik Save untuk menyimpannya.
  • Selanjutnya, file Word akan secara otomatis terbuka dengan sendirinya.
  • Selesai.

#4. Mengubah File PDF ke DOC Adobe Reader

Adobe Reader adalah aplikasi komputer besutan dari perusahaan Adobe yang difungsikan untuk membuat, mengedit, ataupun mengubah file PDF. Aplikasi ini sangat powefull dalam mengolah file PDF. Selain convert PDF ke Doc dan Docx, bisa juga convert ke file lain seperti .RTF dan .XLSX.

Anda bisa gunakan aplikasi ini secara gratis (tanpa biaya). Tapi sebelumnya, jika anda belum memiliki aplikasi Adobe Reader anda harus unduh terlebih dahulu.

1. Langkah pertama buka software Adobe Reader di komputer anda. Kemudian klik Convert PDF to Word or Excel untuk mengubah format file.

Cara Mengubah File PDF ke Word Online

2. Selanjutnya, anda bisa pilih dokumen yang ingin anda ubah formatnya. Jangan lupa, pilih opsi formatnya dan terakhir langsung klik Convert.

Cara Mengubah File PDF ke Word Online

3. Tunggu sampai proses converting selesai. Jika sudah anda bisa menyimpan dan mengeditnya di komputer anda.

4. Selesai.

PENTING : Aplikasi tersebut dapat berjalan jika anda sudah melakukan registrasi secara online. Dan aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet saat melakukan converting.

Lihat Juga : 8 Cara Mengubah File PPT ke PDF

Convert File PDF ke Word di HP Android

Selain melakukannya pada komputer, anda juga dapat melakukannya melalui smartphone dan tablet android. Ada beberapa aplikasi konversi gratis yang bisa anda gunakan. Dan berikut diantaranya,

#1. Gunakan PDF Converter dari iLovePDF

iLove PDF merupakan salah satu tool konversi pdf online yang saat ini telah tersedia dalam bentuk aplikasi Andoid. Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk melakukan konversi secara gratis.

Berikut langkah – langkahnya,

Mengubah File PDF ke Word Android
  • Untuk mendapatkan aplikasi iLovePDF, anda bisa unduh langsung melalui Google Play. Klik link berikut ini : [Google Play]
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut kemudian pilih opsi PDF ke Office.
  • Selanjutnya, pilih dokumen PDF yang anda miliki, tap Perangkat untuk menambahkannya pada aplikasi. Kemudian tap icon + yang ada dibagian kanan atas.
  • Tap Berikutnya untuk melanjutkan, kemudian pilih konversi Word.
  • Tunggu sampai proses konversi berhasil dilakukan. Dan untuk melihat hasilnya, tap Lihat File.
  • Selesai.

#2. Gunakan Aplikasi Convert PDF to Word

Untuk cara kedua cara melakukan convert di android, anda bisa memanfaatkan aplikasi Convert PDF to Word. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah melakukan converting dokumen atau file PDF.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Convert PDF ke Doc di Android
  • Langkah pertama, pasang dan unduh aplikasi Convert PDF to Word melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh: [Google Play]
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih file PDF yang ingin anda Convert ke Word. Pilih opsi Select Output Format mau yang Doc atau Docx.
  • Terakhir tinggal tap Convert dan tunggu sampai proses converting selesai.
  • Proses Converting mungkin saja membutuhkan waktu beberapa menit saja, tergantung dari besaran file PDF itu sendiri.
  • Selesai.

Lihat Juga : 9 Aplikasi Office Android Untuk Membuka Dokumen

Sekedar Share :

Selain aplikasi diatas, anda bisa memanfaatkan aplikasi lain untuk convert file PDF. Berikut rekomendasi terbaik dari saya untuk convert file dari PDF ke Word.

  • Able2Extract Adalah aplikasi android yang bisa anda manfaatkan untuk mengkonversi dokumen PDF ke PowerPoint, Excel dan Word dengan cara yang mudah dan cepat. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis (cuma – cuma).
  • File Converter Adalah aplikasi converter Android yang aman dan nyaman saat digunakan. Dengan aplikasi ini, proses converter akan dilakukan oleh sistem Cloud yang dijamin keamanannya.
  • Office Converter merupakan aplikasi untuk mengkonversi file dikumen Word, Excel dan format file PowerPoint ke dokumen PDF. Proses konversi akan dilakukan secara online sehingga memerlukan koneksi internet. Kamu juga dapat menambahkan proteksi password untuk file PDF hasil konversi.
  • DocToPDF adalah sebuah aplikasi Android untuk mengubah dikumen doc, docx, xls, xlsx, rtf dan txt file ke PDF. Kamu dapat berbagi dokumen PDF hasil konversi melalui email atau bluetooth. DocToPDF juga memiliki built-in PDF viewer yang memungkinkan kamu untuk melihat dan memeriksa file PDF hasil konversi.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.