Apa itu Fastboot?

Fastboot digunakan sebagai protokol komunikasi antara komputer dengan ponsel Android

Sebagai pengguna smartphone Android, pastinya Anda pernah atau sempat mendengar istilah fastboot. Istilah ini mungkin pernah Anda temukan saat browsing mengenai perangkat Android di Internet atau secara tidak sengaja smartphone Anda masuk ke dalam mode fastboot. Keterangan yang muncul saat masuk ke dalam mode fastboot biasanya terdapat “tulisan fastboot dengan logo Android yang sedang melakukan perbaikan”.

Saat berada pada mode fastboot, sebagian pengguna Android merasa khawatir bahwa smartphone yang dimilikinya terjadi kerusakan. Dan kebanyakan pengguna juga merasa bingung bagaimana cara keluar dari mode fastboot tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh apa itu fastboot? Apa penyebab smartphone masuk dalam mode fastboot? Dan bagaimana cara keluar dari mode fastboot? Anda bisa simak pembahasannya berikut ini.

Lihat Juga : Arti Panggilan dari Greater Jakarta?

Apa itu Fastboot?

Beli HP Xiaomi Shopee
Beli HP Xiaomi di Shopee, Gratis Ongkir!

Fastboot merupakan bootloader dari OS Android yang berfungsi sebagai sebuah program yang digunakan untuk menghubungkan komputer / PC dengan smartphone Android. Dalam artian lain, fastboot digunakan sebagai protokol komunikasi antara komputer dengan ponsel Android, baik secara hardware maupun software. Beberapa produsen smartphone menambahkan mode fastboot untuk memaksimalkan pengguna dalam mengubah ataupun memperbaiki ponsel ketika terjadi kerusakan.

Ini merupakan bagian kecil dari Android SDK (Software Development Kit), yang dijadikan alternatif mode recovery untuk instalasi dan pembaruan sistem. Kenyataannya, tidak semua ponsel Android menyediakan mode fastboot, hanya beberapa ponsel yang telah unlock bootloader yang diberi izin untuk mengakses mode fastboot seperti Google Pixel, Xiaomi, dan juga Samsung. Karena sifatnya yang tertutup dan jarang digunakan, banyak pengguna Android awam tidak mengetahui fungsi mode fastboot pada ponsel yang dimilikinya.

Lihat Juga : Arti Spill di Media Sosial?

Apakah fastboot berbahaya?

Sebagian dari Anda mungkin merasa khawatir bahwa mode fastboot menandakan bahwa smartphone mengalami kerusakan. Tetapi kenyataannya tidak demikian, mode fastboot tidak sepenuhnya menandakan bahwa smartphone mengalami kerusakan. Seperti yang kami jelaskan di atas, ini adalah mode yang berfungi untuk menghubungkan perangkat Android dengan perangkat PC / komputer.

Mode fastboot juga digunakan oleh produsen perangkat untuk menginstall OS, mengecek semua fungsi dan fitur sebelum dipasarkan. Karena sifatnya yang tertutup, banyak produsen lebih memilih untuk mengunci mode fastboot, sehingga tidak heran apabila tidak semua smartphone dapat masuk ke mode fastboot.

Apa penyebab ponsel masuk ke mode fastboot?

Secara tidak sengaja, mungkin Anda telah menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan saat HP baru dinyalakan, sehingga secara tidak langsung Anda telah masuk ke mode fastboot. Setiap merek Smartphone tentunya memiliki metode yang berbeda-beda untuk masuk ke mode fastboot, tetapi yang pasti ketidaksengajaan Anda menyebabkan HP masuk ke mode fastboot. Tetapi masih ada kemungkinan lain yang menyebabkan HP Anda masuk ke mode fastboot meskipun tidak menekan tombol Volume Down sama sekali, berikut beberapa kemungkinannya:

  • ROM / Firmware Android (MIUI) gagal dimuat sehingga dialihkan ke mode fastboot.
  • Gagal update ROM atau MIUI baru.
  • Gagal dalam melakukan akses rooting.
  • Proses flashing gagal atau berhenti di tengah jalan.
  • Masalah ketika mengisi daya ponsel.
  • dll.

Lihat Juga : 10 Fungsi dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Android

Cara keluar dari mode fastboot

Untuk keluar dari mode fastboot, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mematikan ponsel atau memuat ulang ponsel untuk keluar dari mode fastboot. Khusus untuk HP Xiaomi, Anda bisa simak dan ikuti beberapa metodenya berikut ini.

1. Keluar mode fastboot dengan tombol fisik

1. Keluar mode fastboot HP Xiaomi. YouTube | Kadek Gadget

Cara pertama, Anda bisa dengan mudah keluar dari mode fastboot dengan mematikan ponsel atau me-restart ponsel Anda. Tidak ada cara khusus dan ribet yang perlu Anda lakukan untuk keluar dari mode fastboot, Anda cukup me-restart ponsel dengan menekan tombol Power. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Langkah pertama, tekan tombol Power selama beberapa saat sampai nantinya HP Xiaomi Anda restart atau reboot.
  2. Setelah itu akan muncul logo MI dari Xiaomi, Anda tinggal menunggu sampai HP Xiaomi Anda kembali ke menu utama.
  3. Selesai.

Alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Down, berikut cara melakukannya:

  1. Saat berada pada mode fastboot, tekan tombol Power + Volume Down selama beberapa saat.
  2. Setelah itu, HP Xiaomi akan restart dan muncul logo MI dari Xiaomi.
  3. Anda tinggal menunggu sampai HP Xiaomi Anda kembali ke menu utama.
  4. Selesai.

2. Lepas baterai ponsel

Jika HP yang Anda gunakan tipe lama, yang mana belum menggunakan baterai tanam (removable), maka Anda bisa melepas baterai tersebut untuk keluar dari mode fastboot. Setelah itu, Anda bisa memasangnya kembali lalu menyalakannya seperti biasa dengan menekan tombol Power. Dengan begitu, Anda telah keluar dari mode fastboot dan kembali ke menu utama ponsel Xiaomi.

Lalu bagaimana dengan HP yang sudah menggunakan baterai tanam (non removable)? Anda juga bisa melakukan cara ini pada baterai tanam, tetapi tidak disarankan. Karena Anda harus melepas casing ponsel terlebih dahulu kemudian memutus arus daya pada konektor baterai selama beberapa saat, lalu memasangnya kembali. Setelah itu, Anda pasang kembali casing ponsel, kemudian tekan tombol Power untuk menyalakan ponsel.

Saya rasa untuk ponsel yang sudah menggunakan baterai tanam, cara ini justru lebih merepotkan, sebaiknya Anda mencoba dengan cara pertama.

Lihat Juga : 21 Biaya Servis HP Android Lengkap!

Penutup,

Mode fastboot adalah bootloader dari ponsel Android yang digunakan sebagai protokol komunikasi yang menghubungkan komputer / PC dengan ponsel Android. Mode fastboot sangat jarang digunakan, dan hanya digunakan saat ingin menginstall OS Android, mengecek, hingga memperbaiki ponsel yang rusak. Untuk masuk mode fastboot, Anda dapat menekan tombol Power + Volume Down, sementara untuk keluar dari mode fastboot, Anda hanya perlu mematikan atau memuat ulang ponsel.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa fungsi mode fastboot?

Fastboot berfungsi sebagai protokol komunikasi yang menghubungkan ponsel Xiaomi dengan komputer / PC.

Apakah mode fastboot menghilangkan data?

Tidak, mode fastboot tidak akan menghilangkan data.

Apakah mode fastboot berbahaya?

Tidak, mode fastboot tidak berbahaya.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Daftar Alamat Service Center ASUS Resmi di Indonesia

    Berikut daftar alamat service center ASUS resmi di seluruh wilayah / kota di Indonesia
  2. Istilah “Refund” dalam Belanja Online

    Refund merupakan sebuah istilah 'pengembalian dana' dalam berbelanja secara online
  3. 100 Gambar Anime Keren, Lucu, Sedih, Romantis, 3D!

    Di bawah ini tersedia kumpulan gambar anime keren yang bisa Anda jadikan wallpaper HP / PC