Arti Panggilan dari Greater Jakarta, Apakah Termasuk Penipuan?

Greater Jakarta adalah sebuah nomor seri dari wilayah JABODETABEK yang menunjukkan nomor panggilan tidak dikenal

Penggunaan smartphone pada saat ini bisa dikatakan dapat digunakan oleh semua kalangan. Berbagai fungsi yang dimiliki oleh smartphone dapat memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi dan mencari informasi secara cepat dan mudah. Oleh karena itu tidak heran jika dari kalangan anak–anak hingga orang tua memiliki smartphone untuk mempermudah kegiatan sehari–harinya. Namun demikian, dengan adanya berbagai kemudahan dan kelebihan yang di miliki oleh smartphone. Bukan berarti tidak ada masalah atau kendala yang dialami ketika menggunakannya.

Berbagai kendala atau bahkan gangguan juga akan dialami oleh para pengguna ketika menggunakan benda tersebut. Salah satunya adalah sering kali mendapat panggilan atau telepon dari nomor yang tidak dikenal. Tidak hanya itu, para pengguna juga kerap kali menerima panggilan dengan nama Greater Jakarta yang terletak di bawah nomor pemanggil tersebut yang membuat mereka berpikir dua kali untuk menerimanya. Lalu apakah yang dimaksud Greater Jakarta? Apakah panggilan tersebut termasuk sebuah penipuan atau tidak?

Lihat Juga :  Apa itu COD?

Apa itu Greater Jakarta

Arti Greater Jakarta
Sumber Gambar : unsplash.com

Greater Jakarta merupakan sebuah seri nomor yang berasal dari wilayah JABODETABEK ( Jakarta Bogor Tangerang dan Bekasi ) yang biasanya terletak di bawah nomor panggilan yang tidak dikenal. Nomor seri atau kode wilayah Jakarta dan sekitarnya yang sering digunakan yang muncul nama Greater Jakarta adalah 021 atau +6221. Biasanya seri nomor tersebut berasal dari telepon rumah, kantor, atau bisa saja digunakan beberapa sales marketing perusahaan untuk memasarkan produknya. Namun Anda juga perlu hati–hati karena bisa saja nomor dengan nama Greater Jakarta juga digunakan sebagai penipuan.

Lihat Juga : Apa itu Shadowban Twitter?

Tujuan Penelepon

Tujuan Penelpon Greater Jakarta
Sumber Gambar : unsplash.com

Tidak semua telepon yang berasal dari Greater Jakarta merupakan sebuah penipuan. Namun Anda juga perlu berhati–hati dan mengetahui apa saja tujuan yang dilakukan penelepon atas nama Greater Jakarta agar Anda juga tidak merasa terganggu atau cemas ketika mendapat panggilan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa tujuan penelepon atas nama Greater Jakarta antara lain, yaitu:

  • Sebagai salah satu strategi marketing suatu perusahaan untuk mempromosikan produknya.
  • Untuk menawarkan asuransi.
  • Sebagai bentuk promosi perusahaan provider untuk menawarkan produk internet baru yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari provider yang Anda gunakan.
  • Bisa saja berkaitan dengan suatu perusahaan yang memang ada keperluan dengan Anda.
  • Atau bisa juga merupakan salah satu modus penipuan.
  • dll.

Lihat Juga : Apa itu Plug and Play?

Cara mengetahui perusahaan yang menelpon atas nama Greater Jakarta

Mengetahui Nomor Greater Jakarta
Sumber Gambar : unsplash.com

Jika Anda ingin mengetahui atau mengecek kira–kira perusahaan apakah yang menghubungi Anda atas nama Greater Jakarta, Anda dapat melakukan beberapa cara misalnya dengan cara mencarinya di internet.

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan cara cek riwayat panggilan Anda dan cari telepon yang masuk pada ponsel Anda.
  2. Kemudian setelah Anda menemukan nomor telepon yang menggunakan nama Greater Jakarta. Anda dapat mengetik nomor tersebut pada kolom pencarian Google, lalu secara otomatis hasil tersebut akan keluar dan menujukan nama perusahaan yang memiliki nomor tersebut.

Cara tersebut dapat Anda gunakan ketika Anda ingin tahu siapa sebenarnya yang menghubungi Anda. Sehingga Anda juga dapat mengetahui tujuan penelepon tersebut menghubungi Anda. Apakah hanya untuk kebutuhan promosi saja, atau memang berkaitan dengan perusahaan yang memiliki urusan dengan Anda.

Lihat Juga : Apa itu Search Engine?

Contoh nomor atas nama Greater Jakarta

Contoh Nomor Greater Jakarta
Sumber Gambar : unsplash.com

Yang perlu Anda ketahui, nomor dari Greater Jakarta biasanya diawali dengan nomor seri atau kode wilayah Jakarta yaitu 021, bukan dari kode nomor operator seluler biasanya seperti 0852, 081, 0812, dan lain–lain. Hal tersebut karena kebanyakan dari nomor atas nama Greater Jakarta menggunakan telepon rumah atau kantor. Berikut merupakan beberapa contoh nomor atas nama Greater Jakarta yang dapat Anda ketahui.

  • 02154621304
  • 02179792132
  • 02131646788
  • 02131240144
  • 02124512577

Lihat Juga : Apa itu Thumbnail?

Penutup,

Berdasarkan informasi di atas dapat Anda ketahui jika Anda mendapatkan sebuah panggilan dari nomor yang tidak dikenal yang memiliki nama Greater Jakarta di bawahnya, Anda tidak perlu khawatir karena belum tentu hal tersebut merupakan sebuah modus penipuan. Karena penelepon atas nama Greater Jakarta biasanya memiliki tujuan sebagai salah satu bentuk strategi marketing untuk menawarkan produknya, untuk menawarkan asuransi, atau bisa saja memang ada salah satu perusahaan yang memang memiliki urusan dengan Anda.

Biasanya panggilan tersebut berasal dari nomor seri wilayah JABODETABEK. Namun Anda juga perlu hati–hati karena biasa saja hal tersebut juga termasuk dalam salah satu modus penipuan yang dilakukan oleh orang–orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana cara waspada terhadap modus penipuan atas nama Greater Jakarta?

Jika Anda menerima telepon dari Greater Jakarta dengan modus penipuan. Anda juga perlu waspada dengan cara tidak terbawa suasana dan tidak mudah mengikuti perintah penelepon. Anda juga jangan mudah percaya dengan modus penelepon, dan segera matikan sambungan telepon jika pembicaraan sudah bersifat memaksa dan kurang baik.

Bagaimana cara memblokir nomor Greater Jakarta?

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuka ponsel Anda dan cari riwayat panggilan yang ada di ponsel Anda. Kemudian tekan tanda (i) di sebelah kanan nomor. Setelah itu lanjutkan dengan menekan titik dua dipojok kanan atas. Lalu tekan menu Tambahkan ke daftar blokir. Maka secara otomatis Anda akan menerima notifikasi pemberitahuan dan tekan lagi opsi Tambahkan ke daftar blokir.

Bagaimana cara menghentikan panggilan telepon yang tidak diinginkan?

Jika Anda tidak ingin dihubungi oleh nomor tidak dikenal yang terus menerus menelpon Anda. Anda dapat menghentikan panggilan tersebut dengan cara mendaftarkan nomor telepon Anda ke daftar Do Not Call Registry, atau bisa juga dengan menghubungi operator telekomunikasi, atau dengan cara mendaftarkan nomor Anda di daftar tidak untuk dihubungi pada sebuah perusahaan.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!