Animasi menjadi karya hiburan spektakuler dari dahulu hingga saat ini. Dari anak-anak hingga dewasa memiliki kegemaran tersendiri ketika melihat tayangan animasi dengan berbagai jenisnya. Menurut sejarah, perjalanan animasi dimulai sejak tahun 1883 dari istilah stroboskopik dalam dasar sinematografi yaitu benda yang digerakkan dengan cara memutar.
Perlu diketahui, animasi merupakan salah satu contoh tayangan gambar bergerak yang dimanipulasi agar seolah-olah terlihat nyata/ hidup. Dulunya, pembuatan animasi dilakukan dengan cara konvensional melalui media kertas yang kemudian ditampilkan pada komputer. Kemudian seiring berkembangnya waktu, teknologi komputer semakin canggih sehingga memungkinkan manusia (Animator) membuat animasi melalui komputer secara lebih cepat dan efisien.
Animasi dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jauh pengertian animasi, jenis, konsep serta peran animasi dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Lihat Juga : Pengertian desain grafis menurut para ahli
Animasi adalah metode di mana sebuah gambar atau objek dimanipulasi untuk menciptakan bentuk yang bergerak. Animasi diambil dari bahasa latin yaitu โanimaโ yang memiliki arti jiwa, hidup, semangat. Karakter animasi itu sendiri merupakan kumpulan gambar (tulisan, objek benda, warna, dan efek khusus) yang dibuat seolahโolah hidup.
Pada zaman tradisional, animasi dibuat dengan obyek gambar yang diwarnai dengan cat atau tangan pada lembaran seluloid transparan untuk dipamerkan dalam foto maupun film. Saat ini teknologi komputer mengubah segalanya, animasi semakin mudah dikerjakan dengan computer-generated imagery (CGI). Jenis animasi sendiri cukup beragam; mulai dari animasi dua dimensi, animasi tiga dimensi, dan juga animasi stop motion.
Perkembangan animasi pada industri kreatif telah merambah luas dengan banyaknya animator-animator handal. Animator membuat berbagai karya animasi untuk industri film, televisi, iklan, olahraga, maupun animasi game. Banyak sekali studio animasi terkenal dunia, beberapa di antaranya adalah:
Lihat Juga : Pengertian Windows
Ada beberapa pengertian animasi dari para ahli, seperti inilah pendapatnya:
Lihat Juga : Pengertian Multimedia
Berikut ini merupakan penjelasan rinci mengenai konsep dasar animasi:
Lihat Juga : Pengertian Layout Desain
Dalam pembuatan animasi, animator harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Lihat Juga : Pengertian Adobe Acrobat Reader
Lihat Juga : 13 Aplikasi Kompres Foto PC & Mac Terbaik
Animasi hadir dalam banyak jenis yang dibagi menjadi 2 sisi, berdasarkan bentuk karakter dan berdasarkan teknik pembuatannya. Simak penjelasannya berikut ini
Merupakan jenis animasi generasi tertua yang dimulai pada abad 20. Kata cell diambil dari kata โcelluloidโ yaitu materi untuk membuat film gambar bergerak pada zaman dahulu. Animasi cell dibuat dari lembaran-lembaran animasi tunggal pada masing-masing sel terpisah kemudian digerakkan sedikit demi sedikit untuk menghasilkan animasi utuh. Animasi sel (Cell Animation) diciptakan oleh Earl Hud dan John Bray sekitar tahun 1914. Mereka menciptakan animasi cell untuk mempermudah pembuatan animasi.
Animasi sel digerakkan dari rangkaian gambar obyek kemudian di transfer ke plastik transparan (celluloid transparent) dan diwarnai oleh Ink and Paint Department. Setelah proses selesai film akan direkam dengan multiplane camera dalam ruangan hitam dan obyek gerak akan dibuat terpisah dengan mengatur latar depan (foreground) dan belakang (background) yang statis. Cara ini juga termasuk siasat animator agar dapat memperbanyak pembuatan gambar. Saat ini animasi tradisional masih dipakai dalam computer dengan menggambar obyek melalui tablet khusus. Contoh animasi sel yaitu Pinocchio (1940), Animal Farm, Tom & Jerry, Akira, dan The Brak Show.
Merupakan film animasi yang dibuat dengan teknik manipulasi objek gambar yang difoto secara individual gerakan demi gerakan sehingga nantinya akan muncul gerakan independen saat rekaman foto diputar kembali. Stop motion juga sering disebut animasi claymation karena model pembuatannya sering menggunakan tanah liat. Selain itu ada model lain yang dapat digunakan seperti, boneka, plastisin. Stop motion juga dapat dibuat dengan bahan karakter dari kertas, kain, dan foto, karakter ini disebut dengan animasi cutout.
Seiring waktu karakter pembuatan animasi stop motion semakin beragam dan lebih sempurna dari zaman dahulu. Sebut saja film animasi stop motion ini yaitu The Nightmare Before Christmas (1993), Mary and Max (2009), Coraline (2009), The Boxtrolls (2014), Anomalisa (2015), Kubo and the Two Strings (2016), Isle of Dogs (2018), Missing Link (2019) dan masih banyak lagi. Referensi film animasi tersebut merupakan penggambaran karakter animasi stop motion dengan teknik gerakan yang sangat indah dan sempurna.
Animasi 2D lebih biasa dikenal sebagai film kartun. Animasi dua dimensi atau 2D ditandai dengan karakter dan objeknya yang dibuat dalam ruang dua dimensi dan memiliki panjang (x-axis) dan (Y-axis). Obyek dua dimensi (2D) berasal dari sketsa atau gambar yang digerakkan atau dianimasikan dalam media komputer secara berurutan untuk menghasilkan gambar bergerak realistis atau tampak hidup.
Animasi jenis ini merupakan jenis animasi yang utama dalam pembuatan film animasi kartun, selain itu juga dipakai untuk animasi video pemasaran, iklan, promosi perusahaan, materi pendidikan video game, dan masih banyak lagi. Beberapa film kartun animasi 2D ini seperti, Tom & Jerry, Scooby Doo, Spongebob Squarepants dan lain-lain.
Animasi 3D adalah jenis animasi yang diciptakan dari gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Animator menciptakan animasi 3D dengan memanipulasi model objek 3D dengan bantuan software komputer seperti 3Ds Max, Blender, Maya, Cinema 4D dan lainnya. Proses pembuatannya sendiri dibagi dalam tiga tahap, yaitu modelling, layout and animation, dan rendering.
Tahap modelling adalah proses pembuatan objek 3D maupun karakter dalam animasi di komputer. Layout Anda animation adalah proses pengaturan posisi objek dan menggerakkan objek 3D agar menjadi animasi atau objek hidup. Kemudian langkah terakhir yaitu rendering, merupakan tahap mengolah semua proyek dari awal sampai akhir untuk mendapatkan hasil film animasi.
Hampir semua pembuatan animasi 3D ini dikerjakan dengan software komputer dan juga disebut animasi CGI (computer-generated imagery). Animasi 3D juga merupakan generasi lanjutan dari animasi 2D yang membedakan hanya bentuk model dan obyek. Beberapa film animasi 3D yang populer yaitu, Toy Story 2 , Finding Nemo, Happy Feet, Bugs Life, AntZ, Ice Age, Monster Inc. dan masih banyak lagi.
Motion Graphics merupakan animasi desain grafis, yang berfokus pada kemampuan gerakan elemen grafis, bentuk, dan juga teks. Animasi ini biasanya dipakai untuk iklan, explainer videos, animasi judul film, telling a story, branding, promosi produk, dan animasi logo.
Animasi dengan gaya jepang ini disebut dengan โAnimeโ. Animasi jepang ini memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan animasi buatan Eropa maupun Amerika. Anime Jepang dibuat dengan gambar tangan dan juga animasi komputer CGI. Selain itu, anime juga sering didasarkan pada komik Jepang yang disebut Manga dan Novel Grafis.
Kebanyakan kartun anime disukai bagi kalangan penggemar anime, genre dari anime ini juga beragam mulai dari genre dewasa, juga genre untuk anak-anak. Beberapa anime terkenal dari animasi jepang seperti, Kimi ini Todoke, My Neighbot Toroto, Princess Mononoke, Spirites Away, NiNoKuni, Modest Heroes, dan A Whisker Away.
Untuk Anime genre anak seperti Stand By Me Doraemon (2014), Doraemon (1979), Detective Conan (1996), Hataraku Saibou (2018), Captain Tsubasa (1983), Chibi Maruko-chan (1995), Tetsuwan Atom (1980), Tottoko Hamtarou (2000), dan masih banyak lagi.
Animasi frame merupakan teknik pembuatan animasi dengan menggunakan rangkaian gambar yang digerakkan bergantian dalam satuan fps (frame per second). Animasi ini merupakan bagian teknik pembuatan animasi dari Adobe Flash atau Animate. Dengan Flash Anda dapat membuat animasi frame by frame dan animasi tweening.
Animasi Frame by Frame dibuat dengan cara menggerakkan objek atau gambar frame per frame secara berurutan dan memberikan kecepatan tertentu, sehingga gambar terlihat bergerak. Sedangkan Animasi motion tween atau tweening digunakan untuk membuat gerakan animasi yang teratur dengan prinsip objek dibuat di frame pertama dan terakhir saja, dan frame lainnya dibuat secara otomatis.
Animasi Path merupakan teknik pembuatan animasi dengan menggerakkan objek berdasarkan pada suatu garis yang telah ditentukan. Objek yang dibuat akan bergerak mengikuti lintasan garis awal hingga akhir, contohnya seperti animasi kereta api. Animator biasanya membuat animasi path dengan cara perulangan sehingga animasi objek dapat berjalan ulang hingga waktu tertentu.
Animasi Spline dibuat untuk menggerakkan objek mengikuti garis lintasan berbentuk kurva matematis. Berdasarkan hasilnya animasi spline ini lebih halus dibandingkan dengan animasi path. Untuk mencoba membuat animasi ini dapat menggunakan software Flash atau Adobe Animate, di mana dalam pembuatannya Anda harus menambahkan action script agar menghasilkan lintasan kurva matematis dan menjadi animasi spline.
Animasi Sprite digunakan untuk membuat setiap objek bergerak secara mandiri (sprite) dengan tampilan latar belakang diam (statis). Cukup berbeda dengan animasi sel dan animasi frame by frame, animasi sprite dapat membuat objek bergerak tidak dalam waktu bersamaan karena memiliki fps (frame per second) yang berbeda. Beberapa contoh animasi sprite seperti, animasi bola memantul, animasi burung terbang, animasi rotasi galaxy atau planet, dan sejenisnya.
Animasi ini sering disebut sebagai animasi boneka (doll) karena pembuatannya menggunakan model boneka dari tanah liat ataupun material lain. Teknik pembuatan animasi clay ini adalah salah satu cara untuk membuat animasi stop motion. Animasi ini dikerjakan dengan cara menggerakkan boneka perlahan-lahan, kemudian difoto secara berurutan, setelah proses pengambilan gambar obyek selesai, foto dijadikan rangkaian beruntun untuk dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga menghasilkan gerakan yang realistis dan unik.
Beberapa animasi dari tanah liat atau animasi clay ini meliputi, Gumby, Wallace and Gromit, Robot Chicken, Bob the Builder, Shaun the Sheep dan lainnya.
Animasi karakter ini banyak dikaitkan dengan proses pembuatan film animasi 3D. Animator harus merencanakan prinsip pembuatan karakter obyek animasi menggunakan model ekspresi, bentuk dan gerakan secara real time untuk menghasilkan animasi yang unik dan menarik. Pengerjaan animasi ini selalu menggunakan komputer, dan merancang sketsa model dengan cara manual yang nantinya dapat di scan untuk membuat modelling di komputer.
Pembuatan animasi karakter ini menggunakan software modelling dan animasi 3D meliputi, 3ds Max, Maya, Blender, dan sejenisnya. Selanjutnya proses editing animasi dalam video dengan menambahkan beberapa efek karakter dan juga suara karakter.
Animasi vektor merupakan animasi yang dibuat dalam bentuk grafis vektor. Animasi ini memiliki tampilan grafis yang halus dan berkualitas jernih karena memiliki resolusi yang tinggi walaupun di ubah ukurannya. Program umum yang biasanya dipakai untuk mengerjakan animasi vektor ialah Adobe Flash (saat ini Adobe Animate).
Beberapa format vektor yang paling umum meliputi, AI, DXF (AutoCAD DXF), CGM (Computer Graphics Metafile), EPS (Encapsulated PostScript), dan PDF (Portable Document Format). Selain itu para animator juga menggunakan format EVA (Extended Vector Animation) yaitu format file vektor berbasis web, format ini paling popular di Jepang.
Lihat Juga : Pengertian Smartphone
Animasi merupakan sebuah teknik khusus untuk membuat gambar terlihat hidup dan bergerak dalam bentuk grafik komputer. Canggihnya teknologi saat ini mendorong para animator untuk menciptakan proyek animasi yang semakin hebat dan berkualitas. Karya animasi sendiri telah menjadi bagian dari hiburan kehidupan masyarakat seluruh dunia dengan beragam film animasi yang unik. Tidak heran, jika karya animasi tidak pernah mati dan selalu menjadi tontonan yang menarik.
Dari ulasan di atas, penulis berharap agar pembaca dapat memahami pengetahuan animasi mulai dari pengertian, konsep dasar, dan jenis-jenis animasi Bagikan artikel ini ke sosial media Anda agar semakin berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan mengenai animasi, silakan tulis di kolom komentar. Terima Kasih!
Secara umum, animasi adalah rangkaian gambar bergerak dari kumpulan obyek yang disusun berurutan sesuai dengan alur cerita pada kecepatan waktu tertentu. Obyek yang digerakkan dapat berupa (obyek makhluk hidup, benda, tulisan, angka, dan elemen lainnya).
Animasi 2D adalah usaha animator dalam menggerakkan obyek gambar dalam karakter dua dimensi (2D), sedangkan Animasi 3D adalah usaha animator dalam menggerakkan obyek gambar dalam karakter tiga dimensi (3D).
Software Animasi 2D; Adobe Animate, Synfig, Moho Pro 12, Pencil 2D, Anime Studio, dan masih banyak lagi. Software Animasi 3D; Blender, 3ds Max, Maya, KeyShot, Macromedia Director, dan masih banyak lagi.
Animasi dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, namun secara umum pengetahuan jenis animasi ada 5 meliputi : Animasi Tradisional (Cell Animation), Animasi 2D, Animasi 3D, Motions Graphics, dan Animasi Stop Motion.
Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin
Discussion | 1 Comments
*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui
Kak perbedan aniplex & ufotable apa???
Maksud nya klasifikasi nya gimana ..
Soalnya dua2nya fi google disebut “studio animasi”