10 Software Kompres Foto PC & Mac Terbaik

Kompres gambar adalah suatu proses dimana ukuran gambar akan diperkecil untuk mengurai pemakaian ruang. Kompres gambar biasa dilakukan untuk memperkecil ukuran gambar hasil edit yang biasanya membesar karena efek edit. Atau untuk mengupload foto di suatu form yang dibatasi ukuran gambarnya.

Sebenarnya, untuk melakukan  kompresi gambar, anda dapat menggunakan software editor seperti Adobe Photoshop atau yang lainnya. Namun jika anda kurang berpengalaman dalam penggunaan software editor, mungkin anda akan merasa kesulitan.

Lihat Juga : 11 Software Logo Maker PC & Mac Terbaik

Aplikasi Kompes Foto PC Terbaik

Untuk itulah ulasan ini dibuta, di ulasan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi software kompresi yang dapat anda gunakan dengan mudah dan tentu saja yang terbaik.

1. JPEGmini

JPEGmini
image source : petapixel.com

JPEGmini merupakan salah satu software yang dapat anda gunakan untuk memperkecil alias mengkompres ukuran foto yang kalian punya. Software yang satu ini digadang-gadang dapat mengkompres ukuran foto hingga 80% tanpa mengurangi kualitas fotonya, luar biasa bukan. Namun hal ini juga tergantung pada resolusi foto aslinya juga ya…

Hal ini bisa terjadi karena pada JPEGmini, terdapat sebuah komponen yang dapat mendeteksi dan meniru kualitas foto tanpa menyebabkan efek blur. Tidak hanya itu, meskipun software yang satu ini memiliki kemampuan yang sangat hebat, JPEGmini tetap memiliki ukuran yang sangat ringan, jadi anda tidak perlu khawatir mengenai kapasitas disk anda.

Unduh JPEGmini melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

2. RIOT

RIOT
image source : riot-optimizer.com

Tidak asing dengan nama software yang satu ini? Mungkin anda pernah mendengarnya atau membacanya di ulasan yang berhubungan dengan game, namun RIOT yang dimaksud disini bukan perusahaan pengembang game, melainkan singkatan dari software Radical Image Optimization Tool.

RIOT atau Radical Image Optimization Tool ini adalah salah satu software kompres gambar terbaik yang dapat coba. Kenapa tidak, software yang satu ini memiliki kemampuan yang luar biasa sebagai sebuah kompres gambar. Dengan kemampuannya, software yang satu ini dapat mengkompres gambar anda menjadi jauh lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambarnya.

Tidak hanya itu, RIOT juga mendukung berbagai format gambar termasuk format .psd (format Photoshop), dan dapat disimpan sebagai .jpg, .png, dan beberapa format gambar lain. Selain itu, software yang satu ini masih memiliki beberapa kelebihan lainnya, salah satunya adalah fitur yang dapat memungkinkan anda untuk memeriksa hasil nya secara real-time dan membandingkannya dengan gambar yang aslinya.

Unduh RIOT melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Convert Video Android Terbaik

3. Fileminimizer Picture

Fileminimizer Picture
image source : softonic.com

Software yang satu ini adalah software kompres foto yang sangat bisa anda gunakan. Selain karena software ini disediakan secara gratis, software yang satu ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa sebagai software kompresi gambar.

Fileminimizer Picture adalah salah satu dari banyak aplikasi sejenis lainnya yang saya rekomendasikan. Kenapa tidak, mengingat software ini tersedia secara gratis dan memiliki kemampuan yang tidak bisa diremehkan, Fileminimizer Picture menjadi salah satu software yang saya rekomendasikan kali ini.

Salah satu kemampuan yang dimiliki software yang satu ini adalah tingkat pengkompresian hingga 98% dengan hasil yang memuaskan. Di Fileminimizer Picture, pengkompresian dibagi menjadi 3 level, yakni low compression, standard compression,dan strong compression. Anda juga dapat mengatur level kompresi dengan menggunakan level tambahan yakni Costum Compression. Ingin mencoba Fileminimizer Picture, unduh melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

4. Kraken.io

Kraken.io

Kraken.io adalah salah satu web app yang dapat anda akses secara gratis, kapanpun anda membutuhkannya. Dengan menggunakan Kraken.io ini anda akan bisa mengkompres gambar tanpa harus mendownload software-nya terlebih dahulu. Anda hanya perlu mengaksesnya melalui situsnya langsung.

Setelah itu anda hanya perlu memilih gambar yang anda ingin kompres, dan tunggu beberapa saat sampai proses kompresi selesai. Dengan hanya beberapa langkah mudah tersebut, anda sudah bisa mengurangi pemakaian disk dari gambar-gambar yang memiliki ukuran besar.

Klik URL dibawah ini untuk mengakses Kraken.io.

[Web App]

5. JPEG Optimizer

JPEG Optimizer

Masih satu jenis dengan software-software sebelumnya, di urutan kelima ini ada sebuah software yang dapat anda akses secara gratis di situsnya, software itu adalah JPEG Optimizer. Dengan menggunakan JPEG Optimizer, anda akan bisa mengurangi ukuran-ukuran gambar yang menurut anda terlalu bebas, dan membebaskan beberapa ruang di disk anda.

Hal ini dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat, anda hanya perlu menekan URL dibawah, lalu tekan “choose file”, pilih gambar, setting level pengkompresian yang anda inginkan, lalu tekan “optimize photo”, dan tunggu sampai proses kompresi selesai dilakukan.

Klik URL dibawah ini untuk mengakses JPEG Optimizer.

[Web App]

Lihat Juga : 13 Software PDF Reader PC & Mac Terbaik

6. PNGGauntlet

PNGGauntlet
image source : pnggauntlet.com

Software kompres lainnya yang dapat anda coba adalah software yang dikembangkan dan diterapkan oleh PNGOUT, dialah PNGGauntlet. Dengan kemampuan dari PNGGauntlet ini, anda bisa melakukan pengkompresian gambar dengan cepat dan mudah. Anda juga tidak perlu takut akan hasilnya karena PNGGauntlet tidak akan mengurangi kualitas gambar aslinya.

Yang perlu anda lakukan hanyalah menambahkan beberapa gambar yang ingin anda kompres ke jendela utama, lalu pilih level pengkompresian. Setelah itu, anda hanya perlu menekan tombol optimalkan.

Meskipun memiliki kata “PNG” dalam namanya, software yang satu ini tetap dapat mengkompresi gambar dengan format lain seperti .jpg, atau .gif. Unduh disini jika anda tertarik menggunakan PNGGauntlet

[Windows] [Mac] [Linux]

7. TinyPNG

TinyPNG

Masih dengan software kompresi gambar, di urutan ketujuh ini ada sebuah software yang dapat anda akses tanpa perlu mengunduhnya. TinyPNG merupakan satu dari banyaknya web app kompresi gambar yang patut anda coba kehebatannya. Dengan tampilannya yang sangat intuitif, web app ini dapat dijalankan oleh siapapun, bahkan seorang pemula pun dapat menggunakannya.

Tidak hanya itu, web app yang satu ini pun sangat sederhana, anda tidak perlu repot lagi memikirkan tingkat kompresi, resize, dan sebagainya karena TinyPNG telah mengaturnya dengan sendiri. Hanya dengan memilih gambar yang anda ingin kompres, TinyPNG akan langsung memproses keinginan anda tanpa bertele-tele. Tidak hanya itu, di TinyPNG anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitas yang dihasilkan, karena TinyPNG tidak mengurangi kualitas gambar aslinya.

Tekan URL in untuk mengakses TinyPNG.

[Web App]

8. Compressor.io

Compressor.io

Compressor.io adalah salah satu web app compressor yang dapat anda gunakan secara gratis. Hanya dengan mengakses situsnya anda sudah bisa menjalankan web app Compressor.io. Tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan ini, selain karena gratis web app ini juga mengklaim mampu mengkompresi gambar hingga 90%.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memilih gambar yang ingin anda kompres, lalu tunggu hasilnya. Compressor.io akan memproses permintaan anda tanpa meminta akses ke lainnya lagi, sangat mudah bukan. Selain itu, Compressor.io juga mendukung bebebrapa format gambar seperti .jpeg, .png, .gif, dan .svg. Tekan URL untuk mengakses Compressor.io.

[Web App]

Lihat Juga : 19 Software Pemutar Musik PC Terbaik

9. Resize Photo

Resize Photo

Hanya dengan dua langkah mudah, anda sudah bisa mengurangi penggunaan disk, tanpa harus menghapus berbagai file anda.

Dengan menggunakan Resize Photo, anda bisa mengkompresi berbagai gambar yang berukuran besar dengan cepat dan mudah. Anda juga tidak perlu risau dengan kualitas yang dihasilkan, Resize Photo akan tetap mempertahankan kualitas gambar agar tetap seperti aslinya.

Klik URL untuk mengakses Resize Photo.

[Web App]

10. ImageOptim

ImageOptim

Sedikit berbeda dengan software-software sebelumnya, software yang terakhir ini adalah software yang hanya mendukung sistem operasi Mac, namun untuk kalian pengguna OS lain kalian tetap bisa menggunakan versi web app-nya.

ImageOptim, merupakan salah satu software yang dapat anda gunakan untuk mengkompres berbagai gambar yang menurut anda terlalu besar ukurannya. Dengan menggunakan ImageOptim, anda akan bisa mengurangi pemakaian ruang tanpa harus menghapus file-file berharga anda.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memilih gambar yang ingin dikompresi. Lalu masukkan ke jendela utama. Terakhir, anda hanya perlu menjalankan prosesnya saja. Tunggu sebentar, dan selamat anda telah berhasil mengurangi ukuran file gambar anda.

Klik URL untuk mengunduh dan mengakses ImageOptim.

[Windows] [Mac] [Linux] [Web App]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.