Mengecilkan Ukuran Foto di HP Android

Sebagai pengguna smartphone tentunya galeri anda pasti penuh dengan foto – foto masa lalu atau kenangan dengan teman – teman, atau mungkin juga hanya sekedar koleksi dari internet, atau mungkin juga wallpaper yang dijadikan sebagai koleksi galeri.

Foto dengan resolusi yang tinggi dengan ketajaman yang sangat baik tentunya memiliki ukuran yang relatif besar dan hal tersebut pasti membuat memori cepat habis.

Apalagi jika foto tersebut jumlahnya sangat banyak, tentu lama kelamaan memori akan penuh karena ukuran foto yang terlalu besar. Kita tidak mungkin menghapus koleksi foto – foto tersebut, karena yang namanya koleksi tetap saja koleksi.

Apalagi foto tersebut berhubungan dengan sejarah masa lalu bersama teman – teman, saudara, atau keluarga tentunya kita tidak ingin menghapusnya.

Solusi dari permasalah tersebut yakni dengan memperkecil ukuran foto atau mengkompres foto supaya ukuran MB atau KB foto lebih kecil dari sebelumnya. Ada dua cara yang bisa anda lakukan, cara pertama menggunakan aplikasi ResizeMyPix dan cara kedua menggunakan aplikasi Photo Compress.

Untuk lebih jalasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Lihat Juga : Menampilkan File Foto & Video Tersembunyi di HP Android

Mengecilkan Ukuran Foto dengan ResizeMyPix

ResizeMyPix adalah aplikasi yang di khusukan untuk memperkecil ukuran foto dan gambar di smartphone android. Cara kerja aplikasi ini sangat simple, hanya dengan memilih ukuran pixel di bawah ukuran foto kita maka ukuran MB atau KB akan berubah.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka foto yang anda akan terlihat sedikit lebih kecil namun kualitas gambar tetap sama.

1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi ResizeMyPix melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]

2. Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih gambar atau foto yang ingin anda perkecil (Centang). Tap ikon kotak pada sudut kanan atas.

Mengecilkan Ukuran Foto Dengan ResizeMyPix

3. Pilih ukuran pixel dibawah ukuran foto anda. Jika misalnya ukuran foto 800px maka anda bisa memilihnya 500px atau 320px. Pilih sesuai keinginan anda dan secara otomatis ukuran foto akan berubah.

Mengecilkan Ukuran Foto Dengan ResizeMyPix

4. Tap icon simpan untuk menyimpan foto ke SD Card Android anda.

5. Selesai.

Lihat Juga : Merubah Format Video di HP Android & PC

Mengecilkan Ukuran Gambar dengan Photo Compress

Photo Compress adalah aplikasi untuk mengkompres foto dan gambar agar memiliki ukuran lebih kecil dibanding ukuran sebelumnya. Aplikasi ini lebih canggih dibanding aplikasi diatas, fitur yang disediakan cukup lengkap dan pilihannya-pun juga cukup beragam.

Untuk memperkecil ukuran foto, anda bisa menulis ukuran sesuai dengan keinginan anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi Photo Compress melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]

2. Buka aplikasi tersebut, dan pilih foto yang ingin anda perkecil dari galeri android anda. Pilih foto sesuai keinginan anda. Sebagai contohnya, anda bisa melihat previewsnya dibawah ini.

Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Photo Compress

3. Pada bagian bawah, anda bisa tap Resize. Selanjutnya anda costum ukuran foto sesuai keinginan anda. Sebelumnya ukuran pixel foto saya 640×640, lalu saya ubah menjadi 400×400. Tap Resize untuk mengeksekusi perintah.

Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Photo Compress

4. Tap Compress untuk mengubah kualitas foto supaya lebih rendah. Geser ke kiri untuk merendahkan kualitas, jangan terlalu banyak. Pastikan sampai medium saja. Tap Compress untuk mengakhiri perintah.

Mengecilkan Ukuran KB Foto

5. Scrool kebawah untuk mencari opsi penyimpanan. Tap Replace & Exit untuk menyimpan hasil kompres ke android anda. Dan secara otomatis, foto anda akan tergantikan dengan ukuran yang baru.

6. Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Achmad berkata:

    Terima kasih,sangat membantu