KidsGuard Pro : Aplikasi monitoring gadget untuk anak

KidsGuard Pro adalah aplikasi untuk melacak dan mengawasi gadget anak

Meskipun keberadaan internet telah mengubah cara kita dalam berkomunikasi dan kemudahan dalam mencari sumber informasi, akan tetapi jika kita tidak menggunakan dengan tepat dan benar, maka tidak menutup kemungkinan akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Pasalnya segala informasi yang ada di internet bisa berdampak positif/negatif tergantung bagaimana cara kita menggunakannya.

Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran baru bagi orang tua kepada anaknya. Maka dari itu sebagai orang tua yang bijak, Anda membutuhkan upaya pencegahan supaya anak tidak mengakses informasi negatif di smartphone-nya. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi KidsGuard Pro. Apa itu KidsGuard Pro? Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya berikut.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Edit Audio PC & Mac Terbaik

Apa itu KidsGuard Pro?

Aplikasi KidsGuard Pro for Android
Mengenal aplikasi KidsGuard Pro. WAHYU SETIA BINTARA

KidsGuard Pro merupakan aplikasi yang mempunyai fungsi utama untuk mendeteksi dan memonitoring aktivitas penggunaan smartphone anak Anda dari jarak jauh. Mulai dari riwayat obrolan, melihat aktivitas aplikasi, memantau log panggilan hingga memonitoring aplikasi media sosial seperti WhatsApp, Instagram atau Facebook di smartphone milik anak Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan pelacakan lokasi smartphone secara real-time. Sehingga Anda bisa mengetahui keberadaan anak masih dalam jangkauan atau tidaknya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi persoalan dampak negatif yang terdapat pada internet. Di sisi lain, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatasi serta mengontrol anak saat bermain smartphone.

Keunggulan aplikasi KidsGuard Pro

Sebagai orang tua tentu saja penasaran, apa saja keunggulan aplikasi KidsGuard Pro ini sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Berikut keunggulan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi.

1. Aplikasi mudah digunakan

Tentunya ada beragam alasan mengapa aplikasi ini menjadi tool paling tepat dan efektif untuk memantau aktivitas gadget anak, salah satunya adalah aplikasi mudah digunakan. Hanya dengan memerlukan beberapa menit untuk melakukan konfigurasi, Anda sudah bisa mengetahui seluruh aktivitas smartphone target yang telah dipasang. Selain itu KidsGuard Pro ini memiliki keunggulan yang tidak ada di aplikasi pemantauan lainnya, yaitu aplikasi ini dapat Anda install tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

2. Akses beragam file di smartphone anak

Selain itu Anda juga bisa mengakses file atau dokumen apapun yang masuk atau keluar pada storage perangkat, baik dari hasil transfer data melalui internet atau berbagi file melalui aplikasi sejenisnya.

3. Pantau aktivitas media sosial anak

Seperti yang telah saya informasikan sebelumnya, jika dengan aplikasi KidsGuard Pro ini Anda bisa melakukan Monitoring pada seluruh aktivitas media sosial anak. Mulai dari berbagi foto atau video lewat Whatsapp, atau mungkin melihat riwayat situs yang telah dikunjungi.

4. Ketahui lokasi anak secara real-time

Aplikasi ini bukan hanya dapat mengakses file dan memantau aktivitas media sosial saja, namun Anda juga bisa mengetahui lokasi anak Anda secara real-time. Bagaimana bisa? Dengan memanfaatkan teknologi pelacakan GPS dan jaringan Wi-Fi, Anda dapat memantau di mana lokasi dan posisi anak Anda berada. Bahkan dengan salah satu fitur KidsGuard Pro ini, Anda bisa mengonfigurasi Geofence. Katakanlah jika posisi anak secara tiba – tiba berada di luar jangkauan, maka Anda akan mendapatkan notifikasi berupa peringatan.

Lihat Juga : 10 Software Cleaner PC & Mac Terbaik

Fitur KidsGuard Pro

Melihat keunggulan yang ditawarkan oleh KidsGuard Pro ini pastinya tidak akan lepas dari fitur menarik yang disediakan. Mengingat dengan sejumlah fitur yang terdapat pada aplikasi, bisa Anda gunakan untuk pemantauan aktivitas gadget anak Anda. Berikut sedikit informasi dari beberapa fitur dari KidsGuard Pro.

  • Tracking GPS – Anda bisa memantau lokasi bermain secara real-time.
  • View Location History – Anda bisa mengetahui di mana saja lokasi atau posisi yang pernah dikunjungi oleh anak.
  • Set Up Geofence – Jika anak bermain melewati batas wilayah yang telah Anda tentukan, aplikasi akan mengirimkan notifikasi berupa peringatan.
  • Record Phone Calls – Berfungsi untuk mengetahui siapa saja yang dihubungi atau menghubungi anak dan berapa lama waktu yang dihabiskan.
  • Capture Screenshots – Mengetahui aktivitas anak dengan melakukan tangkapan layar berupa gambar.
  • Take Secret Photos – Mengambil foto pada smartphone anak tanpa diketahuinya.
  • Track Social Media Activity – Anda bisa membaca riwayat chat, melihat siapa saja yang berteman dengan anak hingga melihat aktivitas media sosialnya.

Cara menggunakan KidsGuard Pro

Sebelum Anda menggunakan aplikasi KidsGuard Pro ini untuk memantau smartphone anak, pastikan Anda mempunyai akun yang telah terdaftar pada sistem melalui website resminya. Jika Anda kebingungan dalam membuat akun, Anda bisa mengikuti langkah – langkahnya berikut ini.

STEP 1 : Langkah pertama, silakan Anda kunjungi situs KidsGuard Pro » klik menu Sign Up. Kemudian masukan email dan password » centang bagian “I agree on the …” » klik Sign Up.

ClevGuard SignUp
Buat akun KidsGuard Pro lewat website. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Jika Anda sudah login, akan tersedia beberapa jenis Products di dalamnya. Anda hanya perlu memilih KidsGuard Pro for Android dengan cara klik Buy Now.

Buy Now KidGuard Android
Membeli aplikasi KidsGuard Pro. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Setelah itu pilih Metode Pembayaran yang diinginkan. Jika proses pembayaran sudah selesai, saatnya untuk melakukan setting pada aplikasi KidsGuard Pro berikut.

Lihat Juga : 7 Aplikasi Browser PC & Mac Terbaik

Cara menginstall KidsGuard Pro di HP Android

Bagi Anda yang telah memasang atau menggunakan aplikasi pemantauan sebelumnya, tentu saja telah mengetahui bahwa aplikasi ini juga membutuhkan akses fisik yang digunakan untuk menginstall dan memberikan izin atas akses data pada smartphone supaya KidsGuard Pro dapat digunakan dengan lancar.

Terlepas itu, Anda juga disarankan untuk menonaktifkan Play Protect terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi KidsGuard Pro. Mengapa demikian? Ini diperlukan supaya nantinya proses instalasi berjalan dengan lancar tanpa mendapatkan notifikasi pemeriksaan yang tidak diperlukan. Berikut langkah – langkah untuk menonaktifkan Google Play Protect.

1. Nonaktifkan Google Play Protect

Menonaktifkan Google Play Protect
Menonaktifkan Google Play Protect. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, tekan ikon menu Akun Google di pojok kanan atas.
  2. Jika sudah tampil, scroll ke bawah » tekan Play Protect.
  3. Lalu tekan icon Pengaturan di pojok kanan atas » kemudian tekan opsi “Pindai aplikasi dengan Play Protect” » tekan Nonaktifkan.
  4. Selesai

2. Download dan install aplikasi

Setelah Anda menonaktifkan Play Protect, Anda bisa buka aplikasi browser yang di smartphone anak. Kemudian ketik alamat berikut : http://www.clevguard.com/ » tekan Enter. Jika sudah terbuka, Geser ikon panah untuk memulai download aplikasinya.

Download Aplikasi KidsGuard Pro
Dwonload aplikasi KidsGuard Pro via smartphone. WAHYU SETIA BINTARA

Apabila proses download selesai, silakan lakukan install Aplikasi KidsGuard Pro for Android. Jika saat menginstall aplikasi Anda terkendala pemblokiran karena aplikasi diperoleh dari sumber yang tidak dikenal, silakan ikuti step berikut ini.

Jangan Izinkan Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Dikenal
Mengizinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, akses menu Pengaturan (Setting) » Keamanan.
  2. Kemudian cari Setelan Tambahan » Keamanan dan Privasi.
  3. Lalu aktifkan pengaturan “Izinkan penginstalan aplikasi dari sumber tidak dikenal”.
  4. Selesai.

Catatan : Setiap tipe dan merek smartphone akan berbeda cara pengaktifannya, Anda hanya perlu sedikit penyesuaian terhadap metode yang dilakukan.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Kompres Video PC & Mac Terbaik

3. Cara setting KidsGuard Pro di smartphone anak

Jika Anda sudah melakukan penginstalan dengan benar, langkah selanjutnya adalah melakukan settings aplikasi KidsGuard Pro pada smartphone anak. Ini akan memerlukan sedikit waktu, mengingat ada beberapa langkah yang perlu Anda lalui. Simak langkah – langkah berikut ini dengan tepat, supaya aplikasi dapat berjalan dengan semestinya.

STEP 1 : Ketika buka aplikasi KidsGuard Pro akan muncul tampilan “ClevGuard End User License Agreement”, tekan Agree. Kemudian masukkan Email dan Password yang telah Anda daftarkan sebelumnya » tekan Sign In. Tekan Allow untuk menyetujui “System Update Service” mengakses foto atau media.

Login KidsGuard Pro
1. Login terlebih dahulu. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Jika sudah, Masukkan nama anak dan pilih opsi usia yang tersedia » tekan Next. Tekan Got it di bagian tampilan perizinan aplikasi ke KidsGuard Pro, lalu ketika pop-up muncul tekan Yes untuk menyetujui.

Allow All Permission Request
2. Menyetujui perizinan aplikasi. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Masuk ke bagian “Disable Google Play Protect”. Mengingat kita sudah menonaktifkannya di awal, lanjutkan tekan Proceed to Settings » Already Set » pilih Yes.

Already Set Play Protect
3. Menonaktifkan Google Play Protect. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 4 : Di halaman “Activate Accessibility” » tekan Proceed to Settings. Silakan tekan System Update Service » lalu geser toggle untuk mengaktifkannya. Ketika ada pop-up yang muncul, tekan Izinkan.

Activate Accessibility
4. Mengizinkan aplikasi untuk mendapatkan akses. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 5 : Tekan Proceed to Settings, untuk “Activte App Supervision”. Jika sudah, tekan System Update Service » geser toggle untuk mengaktifkan “Izinkan pelacakan penggunaan”.

Activate App Supervision
5. Mengizinkan pelacakan penggunaan. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 6 : Berikutnya di bagian “Activate Notification Access” » tekan Proceed to Settings. Geser toggle untuk mengaktifkan System Update Service di Notification Access. Jika muncul pop-up perizinan, tekan Allow/Bolehkan.

Activate Notification Access
6. Mengizinkan aplikasi unuk mengakses notifikasi. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 7 : Selanjutnya tekan Proceed to Settings di bagian “Activate Administrator Access”. Lalu tekan Activate/Aktif untuk menyetujuinya.

Activate Administrator Access
7. Mengaktifkan aplikasi admin. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 8 : Kemudian Anda tekan Proceed to Settings untuk “Activate Screen Capture”. Jika terdapat pop-up, tekan Mulai Sekarang » tekan OK.

Active Screen Capture
8. Mengaktifkan screen capture. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 9 : Lalu tekan Allow All untuk menyetujui KidsGuard Pro mengakses Messages, Contact, Call Log, Calendar, & Location. Kemudian akan muncul pop-up, tekan Yes untuk melanjutkan prosesnya.

Activate Data Access
9. Menyetujui aplikasi mengakses data perangkat. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 10 : Di halaman “Ignore the Battery Optimization”, tekan Ignore. Jika tampil pop-up, tekan Yes. Setelah itu, tekan Start Monitoring untuk mengaktifkan pemantauan.

Ignore Battery Optimization
10. Mulai untuk memonitoring. WAHYU SETIA BINTARA

Jika Anda mengikuti langkah – langkah di atas dengan benar, artinya aplikasi KidsGuard Pro telah terinstall di smartphone anak Anda. Dan jika Anda ingin mencoba untuk melakukan pemantauan, Anda bisa ikuti step selanjutnya di bawah ini.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

4. Cara mantau lewat Dashboard Web ClevGuard

STEP 1 : Langkah pertama, akses situs ClevGuard berikut ini : Sign In. Jika sudah tampil, silakan Anda masukkan email dan password yang sama seperti akun di smartphone anak sebelumnya » klik Sign In.

ClevGuard SignIn
Masuk ke dalam website resmi ClevGuard. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Setelah login, klik Dashboard pada bagian “KidsGuard Pro for Android”. Lalu Anda akan dialihkan ke halaman dashboard pengguna, di sini Anda sudah bisa memantau aktivitas smartphone anak Anda secara real-time.

Dashboard KidsGuard Pro
Lakukan pengawasan sesuai keinginan. WAHYU SETIA BINTARA

Lihat Juga : 15 Aplikasi VPN PC & Mac Terbaik

Penutup,

Tentunya sebagai orang tua, akan selalu merasa khawatir jika anaknya melakukan perbuatan yang tidak diinginkan selama berselancar di dunia internet. Bagaimana tidak? Setiap informasi atau konten yang tersebar di internet tidak hanya berupa hal positif saja, namun hal negatif juga demikian. Maka dari itu solusi efektif untuk mencegah supaya kendala tersebut tidak terjadi pada anak, Anda bisa memanfaatkan layanan KidsGuard Pro untuk mengawasi dan mengontrol aktivitas anak ketika bermain smartphone.

Apakah saya perlu melakukan root pada smartphone sebelum menginstall KidsGuard Pro?

Tidak perlu. Tidak seperti aplikasi pemantauan Android lainnya, perangkat tidak perlu di-root ketika ingin menggunakan Kidsguard Pro.

Apakah target tahu jika orang tua sedang mengawasi smartphonenya?

Tidak, karena aplikasi ini berjalan di latar belakang sistem dan tidak akan tahu keberadaannya.

Apakah KidsGuard Pro aman untuk digunakan?

Tentu saja, karena semua data pengguna akan di enkripsi dan di lindungi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir soal kebocoran data.

Apakah saya bisa melakukan Monitoring target hanya dengan nomor telepon atau IMEI?

Tidak. Anda perlu menginstall KidsGuard Pro for Android pada target perangkat dan menjalankannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Daftar Harga iPad Terbaru | DESEMBER 2021

    Seri iPad terbaru dijual dari harga Rp. 4,6 jutaan sampai Rp. 23 jutaan untuk seri paling…
  2. Daftar Harga HP OPPO Terbaru | DESEMBER 2021

    Pada Q3 2021, OPPO menjadi salah satu brand smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia, dengan pangsa…
  3. Daftar Harga HP OPPO Reno Series Terbaru | DESEMBER 2021

    OPPO Reno Series adalah varian HP OPPO kelas menengah yang dijual dengan harga Rp 3-12 jutaan