19 Contoh Teks MC Formal Untuk Berbagai Acara, Lengkap!

Berikut sejumlah contoh teks MC formal berbagai acara yang bisa Anda gunakan!

Menjadi seorang MC atau Master of Ceremony merupakan sebuah tanggung jawab yang mengandung arti penting dalam berbagai acara formal maupun non-formal. Memandu jalannya acara agar lancar bukanlah peran seorang MC, melainkan terdapat peran lainnya seperti memberikan suasana acara agar tampak hidup atau meriah sesuai dengan konteks acara tersebut. Dengan kepiawaian dalam berbicara di depan publik, keterampilan interpersonal yang kuat, dan kemampuan untuk menjaga kelancaran acara, seorang MC memiliki peran yang strategis dalam menciptakan pengalaman yang berkesan bagi para hadirin.

Sebagai seorang MC, seseorang harus memiliki pengetahuan yang luas tentang acara yang akan dijalankan, serta kemampuan untuk mengimprovisasi dalam situasi yang mungkin tidak terduga. Dalam menghadapi beragam jenis acara, seperti seminar bisnis, pernikahan, konferensi, atau bahkan acara amal, seorang MC perlu menyesuaikan gaya berbicara dan sikapnya agar sesuai dengan suasana yang diinginkan oleh penyelenggara acara dan para undangan.

Di era yang terus berkembang ini, peran MC tidak hanya terbatas pada pengumuman formal, tetapi juga melibatkan elemen kreatif untuk menjaga jiwa hadirin serta menghidupkan suasana. Artikel berikut ini akan membahas tentang pengertian MC, beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam MC hingga kumpulan contoh teks MC.

Ringkasan

  • MC adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memandu, mengatur, dan memfasilitasi jalannya suatu acara, baik itu acara formal maupun non-formal.
  • Peran seorang MC mencakup berbicara di depan publik, mengumumkan agenda acara, memperkenalkan pembicara atau penampil, menjaga kelancaran acara, dan menciptakan atmosfer yang sesuai dengan tujuan acara tersebut.
  • Hal yang harus diperhatikan sebagai seorang MC yaitu pengetahuan tentang acara, persiapan materi, kemampuan berbicara, penampilan dan sikap, interaksi dengan para tamu undangan, kreativitas, beradaptasi dengan situasi, profesionalisme dan bekerja sama dengan tim.
  • Beberapa contoh teks MC berbagai acara formal maupun non formal, seperti acara wisuda, acara kedinasan, acara ulang tahun, acara kemerdekaan dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Contoh Majas Metafora

Pengertian MC

Teks MC Formal Acara Kemerdekaan

MC adalah singkatan dari “Master of Ceremony” atau dalam bahasa Indonesia disebut “Pembawa Acara”. MC adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memandu, mengatur, dan memfasilitasi jalannya suatu acara, baik itu acara formal maupun non-formal. Peran seorang MC mencakup berbicara di depan publik, mengumumkan agenda acara, memperkenalkan pembicara atau penampil, menjaga kelancaran acara, dan menciptakan atmosfer yang sesuai dengan tujuan acara tersebut.

Seorang MC perlu memiliki keterampilan berbicara di depan umum, kemampuan interpersonal yang baik, serta pengetahuan tentang acara yang akan dijalankan. MC juga sering kali harus mampu mengimprovisasi jika terjadi situasi yang tidak terduga selama acara berlangsung. Peran MC sangat penting dalam menciptakan pengalaman yang berkesan bagi para hadirin dan membantu menjaga suasana yang sesuai dengan tema atau tujuan acara tersebut.

Lihat Juga : Contoh Review Jurnal

Apa yang harus diperhatikan sebagai seorang MC?

Teks MC Formal Perpisahan Sekolah

Dalam peran sebagai seorang MC (Master of Ceremony), terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan tugas dengan baik dan menciptakan pengalaman yang positif bagi para hadirin. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam peran MC:

1. Pengetahuan tentang acara

Sebelum acara dimulai, pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan, tema, dan agenda acara. Ini akan membantu Anda dalam mengomunikasikan informasi dengan tepat kepada para hadirin.

2. Persiapan materi

Persiapkan naskah atau skrip yang akan Anda gunakan selama acara. Ini mencakup pengantar, pengumuman, dan segala hal yang perlu diucapkan. Namun, jangan terlalu mengikat diri pada naskah sehingga Anda tetap dapat berimprovisasi jika diperlukan.

3. Kemampuan berbicara

Latih kemampuan berbicara di depan umum. Pastikan Anda berbicara dengan jelas, lancar, dan mudah dimengerti oleh semua hadirin. Gunakan intonasi yang sesuai dengan situasi dan suasana acara.

4. Penampilan dan sikap

Penampilan yang rapi dan profesional adalah kunci. Kenakan pakaian yang sesuai dengan jenis acara dan budaya yang ada. Selain itu, jaga sikap Anda agar tetap ramah, santun, dan menghormati semua hadirin.

5. Interaksi dengan hadirin

Jalin interaksi positif dengan para hadirin. Sapa mereka dengan ramah, gunakan nama jika memungkinkan, dan coba menciptakan koneksi emosional untuk menjaga animo mereka selama acara.

6. Pengelolaan waktu

Pastikan Anda menjaga kelancaran acara dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Beri tahu para pembicara atau penampil tentang batas waktu yang tersedia untuk presentasi mereka.

7. Beradaptasi dengan situasi

Kadang-kadang, situasi tak terduga dapat terjadi selama acara. Bersiaplah untuk mengimprovisasi jika diperlukan, seperti mengisi kekosongan waktu atau meredakan ketegangan jika ada masalah teknis.

8. Kreativitas

Gunakan kreativitas Anda dalam menciptakan segmen atau kegiatan yang dapat menghibur dan mempertahankan minat para hadirin. Ini dapat termasuk humor ringan atau interaksi yang melibatkan mereka.

9. Bekerja sama dengan tim

Jika Anda tidak sendirian dalam peran MC, pastikan Anda berkomunikasi dengan baik dengan anggota tim lainnya, seperti teknisi suara atau penata panggung, untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar.

10. Profesionalisme

Tetaplah profesional dalam segala hal yang Anda lakukan. Ini mencakup menghindari komentar yang kontroversial, menghormati semua peserta, dan menjaga integritas acara.

Lihat Juga : Contoh Pantun Nasehat Penuh Makna

Kumpulan contoh teks MC berbagai acara

Teks MC Formal Acara Pernikahan

Berikut adalah beberapa kumpulan contoh teks MC berbagai acara, yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk mempersiapkan teks yang baik, yaitu:

1. Teks MC Seminar Kampus Secara Online

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua.

Shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan.

Yth. Bapak Prof. Ir. Rudi Wibowo, M.S selaku Direktur Pascasarjana Universitas Jember,

Yth. Ibu Dr. Luh Putuh Suciati selaku kaprodi MPSDAP/AL Pascasarjana Universitas ….

Yth. Bapak Dr. Wahyu Surakusumah dan Bapak Dr. Fuad Muhammad selaku narasumber,

Serta Yth. Bapak Ibu peserta seminar online pada pagi hari ini yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan, karena berkat rahmat-Nya, kita masih bisa berkumpul untuk bersama-sama menimba ilmu dari para narasumber yang luar biasa, meski harus dilaksanakan secara online. Semoga kita tetap sehat selalu.

Seminar online kali ini mengusung tema Sustainable Development Talk, Increasing Sustainability Literacy Toward Sustainable Future.

Sebelum memulai acara, perkenankan saya Rhoshandhayani selaku MC pada pagi hari ini untuk membacakan susunan acara:

– Pembukaan
– Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas ….
– Sambutan
– Pembacaan doa
– Pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab
– Penutup

Memasuki agenda selanjutnya, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Universitas …. Para hadirin dimohon duduk tegap dan mendengarkan dengan khidmat.

(Pemutaran video)

Terima kasih

Selanjutnya, sambutan. Sambutan akan disampaikan oleh Bapak Profesor Rudi Wibowo selaku direktur pascasarjana. Dipersilakan.

(Sambutan)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, pembacaan doa. Kepada saudara Ahmad Habib, disilakan.

(Pembacaan doa)

Terima kasih.

Selanjutnya memasuki acara inti, yaitu pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab… yang dipandu secara langsung oleh Ibu Dr. Luh Putu Suciati selaku moderator. Kepada Ibu Luh Putu, disilakan.

(Acara inti)

Terima kasih. Pemaparan dan diskusi yang luar biasa sehingga kita bisa mendapatkan banyak bekal untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum mengakhiri acara pada siang hari ini, izinkan kami mendokumentasikan kegiatan. Dimohon kepada Bapak Ibu untuk menyalakan kamera Zoom. Pada hitungan ketiga, admin akan memfoto layar yang ada pada saat ini. Satu… dua… tiga.

Terima kasih.

Terima kasih banyak kepada narasumber, moderator serta para peserta yang telah menyimak acara dari awal sampai akhir.

Saya mewakili panitia yang bertugas, menyampaikan mohon maaf atas salah kata dan perbuatan.

Akhir kata, terima kasih dan wassalamu alaikum wr. wb.

Sumber: brilio.net

2. Teks MC Acara Kajian

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin, wabihi nasta’in, wa ala umuriddunya wad din. Washollallahu ala sayyidina muhammadin, wa ala alihi wa sahbihi ajma’in.

Puji syukur senantiasa kita ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di Musala Nurul Huda pada malam hari ini.

Tak lupa, selawat serta salam, kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Yang kami hormati, Ustaz Hadi Ridhoi yang telah berkenan hadir pada malam hari ini.

Yang kami hormati, Ibu Aminah selaku Ketua RT 03 RW 24 Kelurahan Tompokersan Kabupaten Lumajang yang telah hadir.

Yang kami hormati, Ibu Munaroh selaku ketua pengajian Al-Waqiah yang telah menyelenggarakan acara ini secara rutin.

Serta yang kami hormati, ibu-ibu pengajian Al-Waqiah yang kami ibanggakan.

Perkenankan saya Ibu Aminah akan membacakan susunan acara pengajian malam hari ini:

– Pembukaan
– Pembacaan ayat suci Alquran oleh Yahfi Al-Thoriq
– Sambutan oleh Ibu Aminah selaku Ketua RT 03 RW 24 Kelurahan Tompokersan Kabupaten Lumajang
– Sambutan oleh Ibu Munaroh selaku ketua pengajian Al-Waqiah
– Ceramah oleh Ustadz Hadi Ridhoi yang langsung ditutup oleh doa
– Penutup

Untuk membuka acara ini, marilah kita bersama-sama memulai dengan bacaan Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim.

Selanjutnya, pembacaan Ayat Suci Alquran yang akan dibacakan oleh Ananda Rika Bawazier. Kepada Mbak Rika disilakan.

(Pembacaan ayat suci Alquran)

Terima kasih kami sampaikan.

Selanjutnya, sambutan oleh Ibu Aminah selaku Ketua RT 03 RW 24 Kelurahan Tompokersan Kabupaten Lumajang. Disilakan.

(Sambutan 1)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, sambutan oleh Ibu Munaroh selaku ketua pengajian Al-Waqiah yang telah memimpin terselenggarakannya acara ini. Kepada Ibu Munaroh disilakan.

(Sambutan 2)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, memasuki acara inti, yaitu ceramah oleh Ustaz Hadi Ridhoi yang langsung ditutup oleh doa. Kepada Pak Ustaz disilakan.

(Acara inti)

Alhamdulillah telah sampailah kita di penghujung acara. Terima kasih kepada Pak Ustaz yang telah memberikan ceramah dan pesan-pesan kepada Ibu-Ibu semua.

Juga kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran Ibu-Ibu pada acara pengajian malam hari ini.

Saya selaku MC dan panitia yang bertugas, mohon dimaafkan atas salah-salah kata dan perbuatan. Kami pamit undur diri.

Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber: brilio.net

3. Teks MC Perpisahan Sekolah

Selamat pagi kepada yang terhormat,

Bapak (nama) selaku kepala sekolah (nama sekolah),

Bapak/ibu guru dan jajaran staf karyawan (nama sekolah),

Serta kepada teman-teman sekalian yang saya cintai.

Sebelum melaksanakan acara pelepasan siswa-siswi (nama sekolah) mari kita panjatkan puji syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Berkat-Nya lah kita bisa berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Semoga acara kita hari ini juga berjalan lancar hingga akhir.

Perkenalkan saya Rizal yang akan memandu acara perpisahan ini hingga akhir.

Pertama saya akan membacakan susunan acara hari ini terlebih dahulu (baca susunan acara dari panitia).

Sekarang, mari kita dengarkan terlebih dahulu sambutan dari kepala sekolah untuk membuka acara di pagi hari ini.

(Berlanjut dengan agenda lainnya sesuai susunan acara)

Tidak terasa tiga jam telah berlalu, dengan berakhirnya acara ini mari kita lepas siswa-siswi (nama sekolah) dengan senyuman.

Saya selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian dari hadirin sekalian.

Mohon maaf jika saya ada salah kata yang tidak disengaja.

Terus maju dan semangat untuk (nama sekolah), selamat siang! Sukses untuk kita semua!

Sumber: brilio.net

4. Teks MC Acara Maulid Nabi

Assalamualaikum wr. wb.

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillahi Robbilalamin, wabihi nastain, waala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala sayyidinaa muhammadin, waala aalihi washahbihi ajmain.

Yang terhormat Bapak Ibnu Ali, selaku Kepala Sekolah SMA 60 Banyuwangi.

Yang terhormat Ibu Bapak Guru SMA 60 Banyuwangi.

Serta teman-teman yang saya cintai.

Syukur alhamdullilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat-Nya sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul di SMA 60 Banyuwangi, sekolah yang kita cintai untuk memulai acara peringatan Maulid Nabi.

Salawat dan syukur kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita umatnya keluar dari kegelapan dan berjalan menuju kepada terang yang kita harapkan. Amin.

Mengawali acara pada pagi hari ini marilah kita ucapkan bersama Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim.

Adapun susunan acara Peringatan Maulid Nabi pada pagi hari ini, yaitu:

– Pembukaan
– Pembacaan ayat suci Alquran
– Sambutan-sambutan
– Pembacaan Rawi/Salawat Nabi
– Mau’idoh hasanah serta doa
– Penutup

Untuk membuka acara ini, marilah kita bersama-sama memulai dengan bacaan Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim.

Selanjutnya, pembacaan Ayat Suci Alquran yang akan dibacakan oleh Ananda Ahmad Mashudi. Disilakan.

(Pembacaan ayat suci Alquran)

Terima kasih kami sampaikan.

Selanjutnya, sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Bapak Suryanto, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Lumajang. Kepada Bapak Suryanto disilakan.

(Sambutan 1)

Kami sampaikan terima kasih.

Sambutan kedua akan disampaikan oleh Ahmad Zaqi selaku Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H. Kepada Ahmad Zaqi disilakan.

(Sambutan 2)

Kami sampaikan terima kasih.

Acara selanjutnya, pembacaan rawi atau sholawat nabi yang akan dipimpin oleh Shodiq Hisbullah dari ekstrakurikuler Remas (Remaja Masjid) Al-Azhar. Disilakan

(Pembacaan rawi)

Kami sampaikan terima kasih.

(Sambutan)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, memasuki acara inti, yaitu Mauidhoh Hasanah atau nasehat-nasehat yang baik, yang akan dipimpin oleh Pak Amar Muhammad, sekaligus memimpin doa. Kepada Pak Amar disilakan.

(Acara inti)

Alhamdulillah telah sampailah kita di penghujung acara. Terima kasih kepada Pak Amar yang telah memberikan mauidhoh hasanah dan nasihat-nasihat yang baik kepada kita semua.

Kami juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak Ibu Guru serta teman-teman yang telah hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad hari ini.

Saya selaku MC dan panitia yang bertugas, mohon dimaafkan atas salah-salah kata dan perbuatan. Kami pamit undur diri.

Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber: brilio.net

5. Teks MC Pelantikan Mahasiswa

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Pembantu Rektor I Universitas Perjuangan Bandung, Ibu Dr. Lestari Cahayaningtyas, S.T., M.T., M.Eng.

Yang terhormat Dekan Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung, Bapak Dr. H. Revi Panggabean, S.T., M.Eng.

Yang terhormat, ketua lembaga Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung.

Serta segenap hadirin yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga kita boleh berkumpul di tempat ini dalam rangka Pelantikan Pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung.

Salawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW karena telah menyelamatkan kita dari kegelapan. Amin ya Robbal Alamin.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama perkenalkan saya Agung Pamungkas dan rekan saya Ayu Maharani, kami berdua sebagai pembawa acara yang akan memandu jalannya acara pada pagi hari ini.

Susunan acara pada kegiatan Pelantikan Pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung yang akan dilaksanakan pada pagi hari ini adalah sebagai berikut.

– Pembukaan
– Doa
– Menyanyikan lagu Indonesia Raya
– Sambutan-sambutan
– Pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Universitas Perjuangan Bandung oleh Rektor atau yang mewakili
– Penutup

(Begitu seterusnya berjalan mengalir sesuai rundown yang telah disepakati bersama)

Lihat Juga : Contoh Dialog Bahasa Inggris

6. Teks MC Acara Pernikahan

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Selamat datang di resepsi akad dan pernikahan pasangan yang berbahagia Aryo Novendra dan Emilia Indah Dwi Fatmawati.

Kepada yang terhormat orang tua dari kedua mempelai.

Bapak dan Ibu hadirin–hadirat para undangan yang kami cintai.

Dan yang sangat kami cintai pula kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia, Mas Aryo dan Mbak Indah.

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan atas ke hadirat Allah SWT, karena Allah lah kita masih bisa berjalan untuk datang di acara yang kita tunggu–tunggu ini.

Semoga akad nikah dari kedua mempelai yang telah diikrarkan tadi mendapatkan berkah dari Allah SWT aamiin aamiin ya rabbal alaamiin.

Sehingga keluarga Aryo Novendra dan Indah Novendra dapat membina dan menciptakan keluarga yang sakinah, senantiasa selalu bersama di dalam suka dan duka hingga hanya maut yang memisahkan mereka.

Adapun susunan acara yang akan kita lewati bersama–sama kali ini yaitu sebagai berikut:

– Pembukaan
– Pemasangan cincin kedua mempelai
– Bersalaman kepada kedua orang tua dan sanak saudara
– Menikmati hidangan
– Sesi foto bersama
– Penutup

Sebelum memulai acara ada baiknya acara kita buka dengan lafal basmalah, Bismillahirrahmanirrahim.

7. Teks MC Acara Kemerdekaan

Assalaamualaikum wr. wb.

Bapak dan Ibu Lurah beserta staf yang kami hormati.

Para Ketua RW, Ketua RT, serta tokoh masyarakat yang kami banggakan.

Serta teman–teman ku Panitia Agustusan dan hadirin yang kami cintai.

Syukur alhamdulillah, kita semua dapat berkumpul bersama–sama di pagi yang cerah ini, untuk merayakan dan memperingai Hari Kemerdekaan yang ke-75 tahun Republik Indonesia.

Kami atas nama paniti penyelenggaraan, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak–bapak serta ibu–ibu dan semua yang sudah menyempatkan dirinya hadir di sini di pagi yang cerah ini untuk merayakan dan memperingati ulang tahun Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia.

Adapun susunan acara yang akan kita lalui dan ikuti dalam Perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai berikut:

– Pembukaan
– Menyanyikan lagu Indonesia Raya
– Sambutan dari Bapak Lurah Durian Payung
– Perayaan lomba–lomba
– Penyerahan hadiah
– Penutupan

Demikian acara yang akan kita lalui bersama, marilah bersama–sama kita buka acara ini dengan lafal basmalah, Bismillahirrahmanirrahim.

Sumber: brilo.net

8. Teks MC Acara Ulang Tahun

Halo semuanya….

Assallamualaikum wr. wb.

Selamat datang di acara sweet seventeen teman kita Dewi Anggraini. Terima kasih buat kehadiran teman-teman semua ya, oiya buat teman-teman semua bisa langsung saja menikmati snack dan minuman yang telah disediakan ya mungkin di perjalanan jauh capek panas kan, itu ada es bisa langsung diminum, tenang gratis kok hehe..

Oiya kita belum kenalan nih, kenalan yuk siapa tahu sayang dan bisa jadi pacar eaa..

Oke nama saya Bonifasius Erik dan partner saya yang cantik ini siapa kak kenalan dong..

Ya nama saya Cornelia Ayu, nah kita berdua akan memandu acara sweet seventeen-nya kak Dewi.

Selanjutnya akan kami bacakan susunan acaranya terlebih dahulu ya.

– Pembukaan dan doa
– Sepatah dua patah kata dari Ayahanda Dewi, Bapak Joko
– Sapaan dari Dewi
– Games
– Potong kue dan tiup lilin
– Games
– Hiburan dan makan siang
– Games dan doorprize
– Foto bersama
– Penutup

Oke langsung saja ke acara yang pertama yaitu doa yang akan dipimpin oleh Bapak Andreas.

Kepada Bapak Andreas, kami persilahkan.

(Begitu seterusnya berjalan mengalir sesuai rundown yang telah disepakati bersama)

Sumber: brilio.net

9. Teks MC Acara Wisuda

Yth. Rektor Universitas…….

Yth. Wakil Rektor Universitas……

Yth. Bapak dan Ibu dosen Program Universitas……

serta kepada wisudawan/wisudawati periode II, (tanggal, bulan, tahun) yang berbahagia.

Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat kesehatan, keselamatan, dan karunia kepada kita. Sehingga kita dapat hadir di acara ini dengan selamat/sehat wal’afiat. Amin.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Besar Nabi Muhammad SAW yang selalu kita tunggu syafaatnya hingga hari akhir nanti.

Selanjutnya saya… dan saya… selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini.

– Pembukaan
– Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan sari tilawah
– Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
– Sambutan-sambutan
– Pembekalan Wisudawan/wisudawati 
– Penyerahan penghargaan Mahasiswa terbaik dan prakata
– Pemberian kenang-kenangan
– Hiburan
– Istirahat
– Penutup

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmalah bersama-sama. Acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Alquran… dan sari tilawah yang akan dibacakan oleh Saudara… dan Saudari…. Kepada Saudara dan Saudari kami persilahkan.

Terimakasih kepada saudara… dan saudari… Semoga dengan pembacaan ayat suci Alquran dan saritilawah tadi, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, Amin.

Dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dipimpin oleh saudara/ri…. Kepada saudari…, kami persilahkan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hadirin dimohon untuk berdiri.

Hadirin diperkenankan untuk duduk kembali.

Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan.

Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Rektor Universitas…. Kepada Bapak…. kami persilahkan.

Demikian sambutan dari Ketua Rektor Universitas …, kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Sambutan kedua dari Wakil Rektor Universitas…Demikian sambutan dari Bapak… kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Acara selanjutnya pembekalan kepada wisudawan/wisudawati…

Acara selanjutnya penyerahan penghargaan mahasiswa terbaik dan prakata.Dan Penyerahan Mahasiswa Terbaik Diberikan kepada… dan kepada saudari …. kami persilahkan untuk maju dan menyampaikan prakata.

Acara selanjutnya penyerahan kenang-kenangan pemberian kenang-kenangan dari wisudawati.

Acara selanjutnya adalah hiburan, kepada …… kami persilahkan untuk mempersiapkan diri. 

Acara yang ke sembilan, istirahat. 

Acara yang terakhir yaitu penutup.

Atas nama pembawa acara, saya… dan saya….. mengucapkan terima kasih, mohon maaf sebesar-besarnya jika sekiranya ada salah kata yang kurang berkenan di hati para hadirin.

Sumber: senora.id

10. Teks MC Acara Seminar Offline

Salam sejahtera untuk kita yang telah hadir pada pagi hari ini.

Alhamdulillah, saya ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, hingga membuat kita sehat wal’afiat pada pagi hari ini. Sehingga kita dapat menghadiri seminar tentang ……… 

Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Sebelumnya memasuki acara inti, saya ucapkan selamat datang kepada……..

Selamat datang saya ucapkan kepada …….. Selamat datang saya ucapkan juga kepada …….

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan doa sesuai agama dan keyakinan masing-masing, agar cara seminar ………… bisa berjalan dengan kondusif dan lancar. Berdoa mulai. Berdoa selesai.

Hadirin yang saya hormati, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara seminar pada hari ini yang meliputi sebagai berikut.

Pembukaan

Sambutan dari Ketua Pelaksana Seminar

Sambutan dari …….. (Pejabat perwakilan tertinggi)

Diskusi panel yang akan dipandu oleh moderator ……….

Sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar

Doa

Penutup

Sumber: Senora.id

Lihat Juga : Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

11. Teks MC Acara Formal Institusi

Selamat malam, yang terhormat Bapak/Ibu/Saudara-Saudari sekalian. Selamat datang di acara resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Saya sebagai MC akan memandu acara ini dengan penuh semangat dan antusias.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan capaian dan mengapresiasi kontribusi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan bekerja sama dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah.

Tanpa banyak basa-basi, mari kita langsung menuju susunan acara yang telah kami persiapkan dengan seksama. Berikut adalah susunan acara pada malam ini:

Pembukaan
a. Pembukaan oleh MC
b. Penyalaan simbolis lampu pertanda dimulainya acara

Sambutan-sambutan
a. Sambutan Ketua Panitia
b. Sambutan Bapak/Ibu/Saudara-Saudari tamu kehormatan
c. Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan

Penampilan Seni Budaya
a. Tarian Daerah Sulawesi Selatan
b. Musikalisasi Puisi
c. Penampilan Vokal
d. Pertunjukan Seni Lainnya

Penganugerahan Penghargaan
a. Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup
b. Penghargaan kepada pelaku usaha terbaik dalam mendukung ekonomi lokal
c. Penghargaan kepada tokoh masyarakat berprestasi

Presentasi Capaian Pembangunan
a. Presentasi capaian pembangunan infrastruktur
b. Presentasi capaian pembangunan sektor pendidikan
c. Presentasi capaian pembangunan sektor kesehatan
d. Presentasi capaian pembangunan sektor pariwisata
e. Presentasi capaian pembangunan sektor lainnya

Pembacaan Puisi
a. Puisi tentang keindahan Sulawesi Selatan

Nonton Bareng Film Dokumenter
a. Film dokumenter tentang perjalanan pembangunan di Sulawesi Selatan

Penutup
a. Penutup oleh MC
b. Doa penutup

Terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir di acara ini. Mari kita nikmati acara ini dengan penuh semangat dan harapannya agar semakin memperkokoh sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun Sulawesi Selatan yang lebih maju dan berdaya saing.

Sekali lagi, terima kasih dan selamat menikmati acara.

Sumber: detik.com

12. Teks MC Acara Workshop

Selamat pagi/siang/sore,

Marilah kita berkumpul pada kesempatan yang berbahagia ini untuk menghadiri acara workshop yang sangat bernilai. Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan kita dalam bidang tertentu. Saya, sebagai MC acara hari ini, akan membantu memandu kita melalui susunan acara yang telah disiapkan dengan baik.

Sebelum kita memulai, izinkan saya menyampaikan beberapa pengumuman penting. Pertama, pastikan bahwa semua perangkat elektronik seperti ponsel cerdas, tablet, dan laptop telah dimatikan selama acara ini berlangsung. Kedua, di sekitar ruangan ini terdapat toilet yang dapat digunakan di sisi kiri pintu masuk. Terakhir, mohon perhatikan dengan seksama petunjuk evakuasi di samping pintu masuk, untuk keselamatan kita semua.

Tanpa berlama-lama, mari kita lanjutkan ke susunan acara hari ini. Saya akan menyampaikan detailnya sebagai berikut:

Pembukaan
a. Pemutaran video pembukaan
b. Sambutan dari pembicara pertama

Penjelasan tujuan workshop
a. Penjelasan mengenai alasan diadakannya workshop ini
b. Manfaat yang akan didapatkan peserta

Sesuai dengan tema acara, kami memiliki tiga sesi utama:
a. Sesi Pertama: “Topik 1”
Presentasi oleh pembicara utama
Tanya jawab singkat

b. Sesi Kedua: “Topik 2”
Presentasi oleh pembicara kedua
Diskusi kelompok kecil

c. Sesi Ketiga: “Topik 3”
Presentasi oleh pembicara ketiga
Tanya jawab interaktif
Istirahat dan makan siang

Waktu luang untuk beristirahat dan makan siang
Sesi Praktikal
a. Workshop interaktif
b. Pembagian peserta ke dalam kelompok-kelompok kerja
c. Diskusi kelompok dan pengumpulan hasil

Presentasi kelompok dan diskusi

Setiap kelompok kerja akan mempresentasikan hasil diskusi mereka
Sesi penutup
a. Ucapan penutup dari MC
b. Kata-kata penutup dari pembicara utama
c. Penyerahan sertifikat kepada peserta

Terima kasih kepada semua pembicara dan peserta yang telah hadir hari ini. Mari kita memulai acara workshop ini dengan semangat dan dedikasi penuh. Saya berharap kita semua akan mendapatkan wawasan baru dan meningkatkan keterampilan kita dalam bidang yang kita geluti.

Sekian susunan acara workshop kali ini. Saya ucapkan selamat mengikuti acara dan semoga kita semua mendapatkan manfaat yang berharga. Terima kasih.

Sumber: detik.com

13. Teks MC Acara Pelantikan Kedinasan

Selamat pagi/siang/malam, tergantung pada waktu acara ini diadakan. Saya, sebagai tuan rumah acara, dengan sukacita dan rasa hormat yang tinggi, mempersembahkan saat yang bersejarah ini untuk kita semua. Hari ini, kita berkumpul di hadapan yang mulia untuk melaksanakan acara pelantikan kepala dinas yang baru.

Dalam suasana yang penuh kekhidmatan, acara ini merupakan momen penting bagi kita semua untuk menyaksikan pemimpin baru yang akan memegang tanggung jawab yang luar biasa sebagai kepala dinas. Pelantikan ini menjadi bukti nyata dari kepercayaan yang diberikan kepada individu yang dipilih untuk memimpin dan mengawasi berbagai tugas dan tanggung jawab yang ada di dalam dinas ini.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, dengan izin yang mulia, mari kita sambut dan perkenalkan dengan penghormatan yang tinggi, [Nama Kepala Dinas Baru], yang akan dilantik sebagai kepala dinas yang baru untuk [Nama Dinas]. [Nama Kepala Dinas Baru] adalah sosok yang terampil, berpengalaman, dan berdedikasi yang telah memperlihatkan kompetensi dan kepemimpinan yang luar biasa dalam karirnya selama ini.

Pelantikan ini merupakan langkah signifikan dalam memastikan kelancaran, keefektifan, dan keadilan dalam penyelenggaraan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh dinas ini. Kami yakin bahwa dengan kepemimpinan [Nama Kepala Dinas Baru], dinas ini akan berkembang dan berprestasi lebih baik di masa mendatang.

Saat ini, dengan rasa hormat yang tinggi, mari kita persiapkan diri untuk momen penting ini. Mari kita saksikan prosesi pelantikan ini dengan penuh khidmat dan penghormatan yang setinggi-tingginya. Mari kita berikan tepuk tangan hangat dan selamat kepada [Nama Kepala Dinas Baru] atas kesuksesan dan pengabdian yang akan datang.

Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara pelantikan ini. Tanpa dukungan dan kerja keras dari semua pihak, acara ini tidak akan mungkin terlaksana dengan baik. Semoga kehadiran kita di sini membawa keberkahan dan kesuksesan bagi dinas ini di masa yang akan datang.

Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada [Nama Kepala Dinas Baru]. Semoga amanah yang dipercayakan kepada Anda dapat dijalankan dengan baik. Terima kasih atas perhatian dan kehadiran saudara-saudara sekalian.

Salam hormat,

[Nama Anda sebagai Pembawa Acara]

Sumber: detik.com

14. Teks MC Acara Kesenian

Selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua. Saya (nama Anda), akan menjadi pembawa acara pada malam ini, yang merupakan acara pentas seni yang sangat istimewa. Terlebih dahulu, izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan acara ini.

Acara pentas seni ini diselenggarakan dalam rangka mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelajar dalam bidang seni. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan wadah bagi mereka untuk mengekspresikan minat dan passion mereka dalam seni, serta meningkatkan rasa kebersamaan di antara kita.

Untuk memulai acara ini, mari kita berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya.”

[Penyanyi atau paduan suara menyanyikan “Indonesia Raya”]

Terima kasih atas partisipasi kita semua dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Selanjutnya, mari kita lihat susunan acara pada malam ini:

Pembukaan
a. Sambutan dan pengantar acara oleh MC
b. Pembacaan doa oleh salah satu peserta

Penampilan Seni Musik
a. Solo musikalisasi puisi
b. Grup band tari

Penampilan Seni Tari
a. Tarian tradisional
b. Tarian modern

Penampilan Seni Teater
a. Monolog
b. Sketsa komedi

Penampilan Seni Rupa
a. Pameran karya seni visual

Penampilan Seni Vokal
a. Solo vokal
b. Paduan suara

Penampilan Seni Drama Musikal
a. Drama musikal kolaboratif

Penutup
a. Pengumuman pemenang lomba seni
b. Penutup dan ucapan terima kasih oleh MC

Demikianlah susunan acara pada malam ini. Semoga kita semua dapat menikmati setiap penampilan yang akan disajikan. Saya mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tetap memberikan yang terbaik dalam setiap penampilan, dan kepada seluruh hadirin, mari kita memberikan apresiasi yang tulus untuk setiap usaha yang mereka lakukan.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai acara pentas seni ini. Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya. Selamat menikmati malam ini!

Sekian dan terima kasih.

Sumber: detik.com

15. Teks MC Acara Pertunangan

Selamat pagi/siang/malam yang terhormat,

Saya dengan senang hati mempersembahkan acara yang sangat istimewa hari ini, yaitu acara lamaran antara [Nama Pasangan Calon Mempelai Pria] dan [Nama Pasangan Calon Mempelai Wanita]. Acara lamaran ini merupakan momen bersejarah yang akan mengikat janji suci mereka dalam ikatan pernikahan yang sah.

Sebelum kita memulai acara ini, izinkan saya untuk memperkenalkan para tamu kehormatan yang hadir di sini hari ini. Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu/Saudara-saudara sekalian di acara ini.

[Susunlah daftar nama dan jabatan tamu undangan yang hadir]

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan sahabat yang telah memberikan dukungan dan cinta kepada kedua pasangan ini dalam perjalanan mereka menuju hari yang istimewa ini.

Sebelum kita melanjutkan, mari kita berdoa bersama untuk memohon berkah dan keberkahan atas acara lamaran ini.

[Susunlah doa sesuai dengan keyakinan agama yang dianut oleh pasangan]

Terima kasih atas doa yang tulus dari [Nama Penyelenggara Acara]. Kini, saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Mari kita saksikan momen bersejarah ketika [Nama Pasangan Calon Mempelai Pria] melamar [Nama Pasangan Calon Mempelai Wanita].

[Susunlah skrip atau ucapan yang diucapkan oleh pasangan saat prosesi lamaran berlangsung]

Sungguh sebuah momen yang sangat indah dan berkesan. Kami semua disini bersaksi dan berbahagia atas janji cinta yang telah diucapkan oleh kedua pasangan ini.

Sebagai tanda penghormatan dan rasa syukur, mari kita berikan tepuk tangan yang meriah untuk [Nama Pasangan Calon Mempelai Pria] dan [Nama Pasangan Calon Mempelai Wanita].

Sekarang, mari kita lanjutkan acara ini dengan menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh panitia. Silakan menikmati sajian yang telah tersedia.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya acara lamaran ini. Semoga kedua pasangan ini diberikan kebahagiaan dan keberkahan dalam pernikahan mereka yang akan datang.

Demikianlah acara lamaran ini. Terima kasih atas kehadiran dan perhatian Bapak/Ibu/Saudara-saudara sekalian. Selamat menikmati acara selanjutnya.

Terima kasih.

Sumber: detik.com

Lihat Juga : Contoh Yel-Yel Pramuka Singkat

16. Teks MC Acara Ulang Tahun Kota

Assalamualaikum, salam sejahtera!

Halo semua, apa kabarnya nih? Saya harapkan semua baik, sehat dan tentunya semangat karena hari ini kita punya acara heboh yang bikin kalian semua terhibur. Sudah tahu dong kalau acara hari ini digelar khusus untuk memeriahkan hari ulang tahun kota …? Kota kebanggan kita semua, iya kan? Semoga kota … dan warganya selalu diberikan kehidupan yang baik, berkah dan menyenangkan ya!

Baik, hari ini kita punya banyak banget acara hiburan dari sejumlah penampil, yaitu:

Tari … yang akan dibawakan oleh … sebagai pembuka acara

Kemudian ada penampilan dari artis ibu kota … yang akan membawakan lima lagu untuk kalian semua. Tentunya … yang paling ditunggu-tunggu kan?

Setelah penampilan … akan ada hiburan stand up comedy dari … nih teman-teman. Gak tau siapa …? Aduh, dia komika paling lucu saat ini, dijamin pasti terhibur.

Setelah penampilan … akan ada sambutan, sepatah dua kata kata dari bapak walikota kita.

Setelah sambutan bapak walikota, acara dilanjutkan kembali dengan menampilkan kebolehan ibu PKK masing-masing kecamatan loh. Pasti heboh yang ini.

Setelah penampilan ibu PKK selesai, artis terkenal … akan menghibur kita dengan empat lagunya. Ini pasti yang paling ditunggu para ibu-ibu.

Nah, itu sejumlah acara yang akan kita saksikan hari ini. Tanpa banyak kata-kata lagi, sajian pertama dari … dipersilahkan! Let’s check this out!

Sumber: bola.com

17. Teks MC Acara Islami

Assalamualaikum w. w.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin, wabihi nasta’in, wa ala umuriddunya wad din.

Wa sallallahu ala Sayyidina Muhammadin, wa’ala aalihi washahbihi ajma’in.

Puji syukur senantiasa kita ucapkan kepada Allah Swt. yang telah memberikan karunianya kepada kita semua yang ada di acara pengajian ini.

Tak lupa juga selawat serta salam, kita panjatkan kepada nabi dan rasul kita, Muhammad saw.

Yang kami hormati, ustaz dan qori yang telah hadir.

Yang kami hormati, Bapak Hendi selaku ketua pengajian.

Terima kasih saya ucapkan kepada bapak ibu yang berkenan hadir di tempat ini.

Sebelum memulai acaranya, marilah kita bersama-sama mengucapkan bismalah.

Pada kesempatan ini, saya akan membacakan susunan acaranya.

Adapun, susunan acara yang akan kita lewati bersama adalah sebagai berikut:

– Pembukaan MC
– Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
– Kata sambutan dari lurah
– Pembukaan dari ketua pengajian
– Ceramah dari ustaz yang langsung ditutup doa
– Penutup

Untuk membuka acara pengajian ini, marilah kita membaca bacaan basmalah.

Selanjutnya, pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh Ilham. Waktu dan tempat kami persilakan.

Terima kasih kami sampaikan kepada Ilham.

Selanjutnya, sambutan oleh Elmi selaku lurah Cilengkrang.

Terima kasih, bapak/ibu.

Acara berikutnya adalah sambutan oleh Hanifah selaku ketua pengajian.

Kami sampaikan terima kasih.

Memasuki acara inti, mari kita dengarkan dengan khidmat oleh ustaz Alya yang nanti langsung ditutup oleh doa.

Kepada Bapak Ustaz Alya, kamu persilakan.

Alhamdulillah,kita telah sampai di penghujung acara.

Terima kasih kepada ustaz dan bapak ibu yang menyempatkan hadir pada acara pengajian malam ini.

Saya selaku MC dan panitia yang bertugas meminta maaf jika ada salah kata dan perbuatan.

Kamu pamit undur diri.

Wassalamualaikum w. w.

Sumber: berita.99.co

18. Teks MC Acara Keluarga

Paman, kakek, dan nenek yang saya hormati.

Adik dan kakak yang tercinta.

Saya ingin mengajak kalian semua untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat kesehatan yang Ia berikan sehingga kita bisa berkumpul di acara keluarga di kediaman rumah Om Bobby.

Pada kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh keluarga untuk bisa menambah kehangatan dari sebuah jalinan silahturahmi keluarga kita ini.

Sebelum memulai acaranya, saya akan membacakan agenda yang akan kita lalui pada hari ini.

Langsung saja, acara pertama adalah (acara berlanjut mengikuti susunan acara).

Alhamdulillah, acara pertemuan keluarga ini sudah berlangsung lancar.

Semoga acara ini bisa berjalan terus untuk menjaga tali persaudaraan kita.

Sumber: berita.99.co

19. Teks MC Acara Kantor

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan mengucapkan syukur, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan kepada kita nikmat dan karunia-Nya sehingga bisa menghadiri acara rapat kerja pada sore hari ini dalam keadaan sehat.

Selawat serta salam hendaknya kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad saw. karena berilahlah suri teladan kita di dunia ini.

Selanjutnya, atas nama pembaca acara, saya menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin, yang dengan penuh semangat menghadiri rapat pada sore hari ini.

Sumber: berita.99.co

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Penutup

Dengan keterampilan berbicara yang baik, pengetahuan yang mendalam tentang acara, dan kemampuan untuk mengatur suasana yang tepat, peran seorang MC tidak hanya sebagai pemandu acara, tetapi juga sebagai pilar yang menjaga kelancaran dan kesuksesan berbagai jenis acara. Dalam setiap kata yang diucapkan, interaksi yang terjalin, dan pengalaman yang diciptakan, seorang MC mampu merangkul para hadirin dengan keramahan dan profesionalisme, memberikan sentuhan khusus yang meninggalkan kesan tak terlupakan dalam setiap acara yang dihadiri.

Apa peran utama seorang MC dalam sebuah acara?

Peran utama seorang MC adalah memandu dan mengatur jalannya acara, mengkomunikasikan informasi kepada para hadirin, dan menciptakan atmosfer yang sesuai dengan tujuan acara.

Apa saja keterampilan yang penting dimiliki oleh seorang MC?

Seorang MC perlu memiliki keterampilan berbicara di depan umum, kemampuan interpersonal yang kuat, serta kemampuan untuk mengimprovisasi dalam situasi yang tidak terduga.

Bagaimana pentingnya persiapan seorang MC sebelum acara dimulai?

Persiapan sebelum acara sangat penting karena ini memungkinkan MC untuk memiliki pemahaman yang baik tentang acara, mempersiapkan materi yang akan diucapkan, dan menjaga kelancaran acara dengan mematuhi jadwal dan agenda yang telah ditetapkan.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…
  2. 265 Rekomendasi Ide Nama PT yang Bagus dan Belum Dipakai

    Berikut sejumlah rekomendasi nama PT yang menarik!
  3. Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia, Internasional + Template Gratis!

    Ketahui ukuran kartu nama dalam cm, inchi, dan pixel, standar Indonesia dan Internasional