10 Contoh Laporan PKL Untuk Siswa SMK, TKJ, RPL, Akuntansi, Pemasaran, Multimedia, Lengkap!

Berikut kumpulan contoh laporan PKL yang bisa Anda jadikan referensi!

Bagi siswa hingga mahasiswa yang tengah menjalani kegiatan PKL atau praktik kerja lapangan, pasti di akhir kegiatan nanti akan menyusun sebuah laporan PKL. Penyusunan laporan PKL atau Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh siswa hingga mahasiswa setelah menyelesaikan periode PKL. Laporan ini tidak hanya menjadi bagian dari evaluasi dari pihak pendidikan atau tempat PKL, tetapi juga bisa menjadi aset penting dalam mencari pekerjaan di masa mendatang.

Terkadang sebagian orang akan merasa bingung dan berpikir, bagaimana cara menyusun laporan? Apa saja langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat menyusun laporan? Hingga memikirkan tema dan judul yang menarik untuk dijadikan sebagai laporan PKL. Menyusun laporan PKL atau laporan praktik kerja lapangan bisa menjadi tugas yang menantang, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya dalam menulis jenis laporan ini. Tapi, Anda tenang saja, artikel ini akan memberikan penjelasan terkait apa itu laporan PKL hingga contoh menyusun laporan PKL yang dapat Anda jadikan sebagai bahan untuk referensi tugas sekolah maupun kuliah, simak artikel berikut ini.

Ringkasan

  • Laporan PKL, singkatan dari Praktik Kerja Lapangan, adalah sebuah dokumen yang disusun oleh seorang mahasiswa atau peserta pelatihan saat mereka sedang menjalani praktik kerja di lapangan atau tempat kerja tertentu.
  • Isi dari laporan PKL dapat berbeda-beda tergantung pada institusi pendidikan atau perusahaan yang mengadakan PKL, beberapa poin penting yang harus dicantumkan yaitu Cover, Kata Pengantar, Pendahuluan, Pembahasan atau Tinjauan Pustaka, Kesimpulan, Daftar Pustaka dan Lampiran.
  • Tujuan dari PKL yaitu menghasilkan tenaga kerja yang mampu memiliki keahlian profesional, yakni tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
  • Salah satu manfaat PKL yaitu Memberikan pengalaman-pengalaman praktis kepada siswa sehingga hasil penelitian bertambah luas.
  • Beragam kumpulan contoh laporan kegiatan PKL yang dapat Anda gunakan sebagai bahan referensi.

Lihat Juga : Cara Cek NISN Siswa Secara Online

Apa itu laporan PKL?

Contoh 1 - Laporan PKL SMK

Laporan PKL, singkatan dari Praktik Kerja Lapangan, adalah sebuah dokumen yang disusun oleh seorang mahasiswa atau peserta pelatihan saat mereka sedang menjalani praktik kerja di lapangan atau tempat kerja tertentu. Laporan PKL memiliki tujuan utama untuk mencatat, menganalisis, dan merefleksikan pengalaman yang diperoleh selama praktik kerja tersebut. Laporan ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi dan menilai sejauh mana peserta PKL telah mencapai tujuan pembelajaran mereka dan seberapa baik mereka telah beradaptasi dengan lingkungan kerja sebenarnya.

Laporan PKL biasanya harus ditulis dengan rapi, jelas, dan sistematis. Selain itu, laporan ini juga harus mematuhi aturan atau panduan yang telah ditentukan oleh institusi pendidikan atau perusahaan tempat PKL dilakukan. Laporan PKL memiliki nilai penting dalam proses penilaian dan penyelesaian program PKL, serta dapat digunakan sebagai referensi atau bukti pengalaman saat mencari pekerjaan di masa depan.

Isi dari laporan PKL dapat berbeda-beda tergantung pada institusi pendidikan atau perusahaan yang mengadakan PKL. Namun, umumnya, laporan PKL akan mencakup beberapa bagian inti, seperti:

  • Cover: Setiap karya tulis pasti membutuhkan cover, tak terkecuali laporan magang. Cover terdiri dari  logo sekolah atau kampus, judul laporan magang, nama kamu, nomor induk, nama sekolah atau kampus, serta tahun dilaksanakannya kegiatan magang.
  • Pendahuluan: Bagian ini berisi informasi tentang latar belakang perusahaan atau organisasi tempat peserta PKL bekerja, tujuan PKL, dan ruang lingkup pekerjaan yang akan dilakukan.
  • Deskripsi Tugas: Rincian tentang tugas-tugas yang telah dilakukan oleh peserta PKL selama periode praktik kerja, termasuk tanggung jawab, proyek-proyek khusus, dan aktivitas sehari-hari.
  • Metode Kerja: Penjelasan tentang pendekatan atau metode yang digunakan dalam menyelesaikan tugas-tugas dan proyek-proyek yang telah dikerjakan.
  • Hasil dan Pencapaian: Bagian ini mencakup hasil konkret yang telah dicapai selama praktik kerja, seperti proyek yang selesai, kemajuan yang dibuat, dan pencapaian yang relevan.
  • Pembahasan dan Analisis: Pemaparan analisis tentang pengalaman selama PKL, termasuk kesulitan yang dihadapi, solusi yang ditemukan, dan pembelajaran yang diperoleh.
  • Kesimpulan: Ringkasan keseluruhan dari pengalaman PKL, mencakup pemenuhan tujuan PKL dan dampaknya terhadap perkembangan pribadi dan profesional peserta PKL.
  • Saran: Rekomendasi atau saran untuk perbaikan di masa mendatang, baik bagi peserta PKL, institusi pendidikan, atau tempat kerja.
  • Lampiran: Dokumen pendukung seperti foto, grafik, jadwal, atau dokumen lain yang relevan dengan laporan.

Lihat Juga : Contoh Kata Pengantar

Apa saja tujuan dari kegiatan PKL?

Contoh 2 - Laporan PKL SMK TKJ

Dikutip dari detik.com, pelaksanaan PKL tentu memiliki tujuan supaya bisa berdampak baik bagi siswa yang mengikuti program ini. Berikut ini adalah beberapa tujuan PKL:

  • Menghasilkan tenaga kerja yang mampu memiliki keahlian profesional, yakni tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
  • Meningkatkan keselarasan (link and match) antara lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan dunia industri.
  • Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional, dengan memanfaatkan sumber daya pelatihan yang ada di dunia kerja.
  • Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dalam proses pendidikan.
  • Berdasarkan tujuan-tujuan di atas, diharapkan siswa mampu menjadi tenaga kerja yang memiliki kualitas tinggi dan tentunya profesional. Melalui program PKL, pengalaman dan wawasan siswa mengenai dunia kerja akan banyak bertambah sehingga kesiapan kerja siswa lebih baik.

Lihat Juga : Contoh Majas Metafora

Manfaat PKL

Contoh 3 - Laporan Prakerin TKJ

Dikutip dari detik.com, menurut Oemar Hamalik, PKL memiliki manfaat sebagai bagian integral dalam program pelatihan, praktik industri perlu dilakukan siswa karena mengandung banyak manfaat. Berikut ini adalah uraian lengkap tentang manfaat PKL:

  • Menyediakan kesempatan bagi siswa untuk melatih keterampilan manajemen dalam situasi lapangan kerja yang aktual. Hal ini penting dalam rangka belajar menerapkan teori, konsep, dan prinsip yang telah dipelajari sebelumnya.
  • Memberikan pengalaman-pengalaman praktis kepada siswa sehingga hasil penelitian bertambah luas.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan berbagai masalah manajemen di lingkungan lapangan kerja dengan mendayagunakan kemampuannya.
  • Mendekatkan dan menjembatani persiapan siswa untuk terjun ke dunia kerja sehingga siswa sudah memiliki kesiapan yang mumpuni.

Lihat Juga : Contoh Pertanyaan Truth or Dare

Apakah PKL dapat mempengaruhi pandangan tentang dunia kerja?

Contoh 4 - Laporan PKL SMK Akuntansi

PKL atau Praktik Kerja Lapangan merupakan suatu bentuk pengajaran terhadap peserta didik dengan cara memberikan pengalaman belajar pada mereka untuk berpartisipasi secara langsung dengan tugas-tugas yang ada dalam suatu perusahaan. PKL memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah mereka dapat di bangku kuliah ke dalam situasi kerja nyata. Bentuk relevansi antara teori yang mereka dapatkan selama mereka berkuliah dengan situasi langsung yang mereka hadapi di dunia kerja dapat mereka rasakan secara langsung.

Secara tidak langsung PKL akan mengembangkan kemampuan para mahasiswa dalam mengamati, mempelajari, serta mengevaluasi antara teori yang mereka terima saat kuliah dengan kenyataan yang terjadi di dunia kerja. Dengan mengalami secara langsung pada akhirnya hal tersebut dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan mereka mengenai dunia kerja.

Lihat Juga : Sifat – Sifat Eksponen

Kumpulan contoh laporan PKL

Contoh 5 - Laporan PKL SMK Multimedia

Berikut ini adalah sekumpulan contoh menyusun laporan PKL yang diambil dari beragam sumber, Anda bisa menggunakannya sebagai referensi. Apa saja contohnya? Simak penjelasan berikut.

Contoh 1 – Laporan PKL SMK

BAB I

PENDAHULUAN

A. Alasan Memilih Judul

Alasan memilih judul prosedur Petty cash pada PT Astra International Isuzu Tbk. karena beberapa alasan:

  1. Sesuai dengan jurusan sekolah
  2. Meningkatkan pengetahuan pada proses petty cash
  3. Sesuai dengan apa yang dikerjakan di perusahaan selama 2 bulan
  4. Proses petty cash merupakan sesuatu yang penting bagi pihak perusahaan

B. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan pembuatan laporan antara lain:

  1. Mendorong siswa untuk mampu mengembangkan atau mengemukakan ide pikiran dan pendapatnya dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis logis dan menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Membentuk tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas praktek kerja ini yang berkaitan dengan program keahlian masing-masing
  3. Bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan praktek kerja lapangan dengan baik

C. Tujuan

  1. Adapun tujuan pelaksanaan prakerin ini adalah:
  2. Siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
  3. menambah pengalaman siswa yang melaksanakan kegiatan PKL ini
  4. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan sekolah menengah kejuruan

D. Metode Pengumpulan Data

Adapun cara pengumpulan data yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Metode Observasi

Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data atau fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan.

Metode Wawancara

Metode ini merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan jalan penulis mengadakan komunikasi dengan sumber data yaitu orang-orang yang memang ahli di bidangnya saat melakukan pekerjaan praktek kerja lapangan. Komunikasi ini dilakukan dengan dialog secara lisan baik langsung maupun tidak langsung.

Metode Kepustakaan

Metode ini diambil melalui data-data dari dalam buku-buku yang diberikan oleh pegawai yang bersangkutan untuk dipelajari oleh penulis yang, maupun dari buku-buku yang penulis ambil untuk dijadikan pegangan dan sesuai dengan judul yang penulis pilih.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Petty Cash

Petty cash atau kas kecil adalah sejumlah dana diskresioner dalam bentuk uang tunai yang digunakan untuk belanja di mana tidak masuk akal untuk membuat setiap pencairan dana dengan cek.

B. Fungsi Petty Cash

Fungsinya adalah untuk membeli barang-barang yang tidak di-cover oleh purchase order. Uang dibelikan barang lalu dibon kemudian dimasukkan ke jurnal. Kas kecil juga berguna untuk mengatasi pengeluaran-pengeluaran kecil.

C. Pencatatan Transaksi Petty Cash

Setiap pembelian barang-barang mata uang transport di bawah Rp800.000 per hari menggunakan uang kas di kantor. Lalu bagian administrasi meminta bukti transaksi yang dilakukan ke dalam jurnal. Bukti-bukti pengeluaran dikumpulkan seperti nota bon, kuitansi, bukti pembayaran, pembelian kebutuhan dapur, dan bukti struktur pembayaran keluar masuknya kendaraan di tol.

BAB III

PROSEDUR PETTY CASH DI PT ASTRA INTERNATIONAL ISUZU

A. Mengelola Bukti Transaksi

Langkah pertama yang dilakukan untuk menjalankan prosedur petty cash adalah mengelola bukti transaksi kan. Pemegang kas kecil mengumpulkan bukti-bukti pengeluaran yang telah dilakukan. …(dst)

B. Membuat Jurnal Petty Cash

Dari bukti-bukti transaksi yang telah dikumpulkan, kemudian staf administrasi menginput ke dalam program untuk membuat jurnal agar dapat diketahui pengeluaran-pengeluaran yang terjadi setiap harinya selama 1 bulan.

C. Approved by Workshop

Semua bukti-bukti transaksi berupa kuitansi atau bon yang sudah terkumpul dan telah selesai dibuat dalam bentuk laporan transaksi pencatatan atau jurnal pengeluaran harus ditandatangani oleh manajer workshop sebelum diserahkan ke bagian accounting. …(dst)

BAB V

PELAKSANAAN PKL

A. Kegiatan Siswa Selama Prakerin

– Distribusi laporan kas dan bank
– Register kuitansi
– Filling kuitansi
– Filling faktur pajak
– Menulis surat permohonan faktur polis atau form STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
– Register i-paspor
– Fotokopi surat penawaran harga

B. Hambatan-Hambatan yang Dihadapi

Dalam dunia industri penulis pernah menghadapi beberapa hambatan kerja, berupa:

  1. Proses adaptasi di lingkungan perusahaan
  2. Kurang menguasai peralatan kantor
  3. Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan pelaksanaan saat PKL
  4. Banyak hal baru yang dihadapi saat di lapangan dan mungkin belum pernah diberikan di sekolah

C. Pemecahan masalah

Dalam menghadapi masalah tersebut penulis melakukan beberapa metode, di antaranya:

  1. Selalu bertanya pada pembimbing lapangan
  2. Berusaha dan belajar agar kesulitan-kesulitan tersebut sedikit demi sedikit bisa diatasi
  3. Mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di kantor

BAB VI

Penutup

A. Kesimpulan
Meningkatnya pengetahuan dan memperluas serta memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan dan wawasan siswa atau siswi sebagai bekal untuk menghadapi lapangan pekerjaan yang sesungguhnya… (dst)

B. Saran

a. Bagi Perusahaan

Sebaiknya saat ada yang melaksanakan PKL di tempat anda anda memberikan daftar tugas sehingga siswa-siswi tersebut bisa mengetahui apa yang harus dilakukan… (dst)

b. Bagi Sekolah

Agar meningkatkan hubungan kerjasama antara sekolah dengan PT Astra Internasional Isuzu… (dst)

Contoh 2 – Laporan PKL SMK TKJ

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan segala nikmat, rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan dan melaksanakan Prakerin di Copy Paste Komputer. Karena tanpa nikmat-Nya, kami pasti belum tentu bisa menyelesaikan dan melaksanakan ini dari awal hingga akhir

Dengan ini juga, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan Prakerin ini. Karena jika tidak ada dukungan serta bantuan dari mereka mungkin kami tidak akan bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

Kami sadar, masih banyak kekurangan dari pelaksanaan dan penyusunan Laporan Prakerin ini. Namun, kami sudah melakukannya semaksimal yang kami bisa. Oleh karena itu, mohon untuk kritik dan saran yang membangun agar lebih baik ke depannya.

Semoga kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan kamu dalam dunia industri atau usaha.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) akan membantu dan memberikan pembekalan yang matang kepada para siswa untuk menunjang kesuksesan di dunia usaha atau industri.

Dengan adanya Prakerin ini, siswa akan mendapatkan sebuah pengalaman tentang dunia industri secara langsung. Siswa juga diharapkan untuk menulis hasil Prakerin tersebut dalam bentuk laporan.

1.2 Maksud dan Tujuan

Ada maksud dan tujuan diadakan kegiatan Prakerin ini. Berikut ini yang bisa dijelaskan:

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dari segi tingkat pengetahuan, keterampilan serta etos kerjanya yang telah sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
  2. Mempererat dan memperkokoh hubungan antara pihak sekolah dengan dunia kerja
  3. Memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai prosesnya pendidikan
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan dan pelatihan kerja secara berkualitas

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat Pelaksanaan Prakerin             : Copy Paste Computer

Waktu Pelaksanaan Prakerin              : 01 Juni 2020 s/d 31 Agustus 2020

BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

Copy Paste Computer ini berdiri pada tahun 1990. Beralamatkan di Jl. Raya Sawangan No 15, Pancoran Mas, Depok, Copy Paste Computer ini merupakan tempat service Notebook, laptop serta PC di Depok.

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

Copy Paste Computer ini adalah perusahaan individu yang dilakukan perorangan. Jadi berbeda dengan perusahaan lain, yang mempunyai struktur organisasi. Oleh karena itu, Copy Paste Computer tidak memiliki struktur organisasi.

2.3 Bidang Usaha

Copy Paste Computer ini adalah perusahaan perorangan yang bergerak pada bidang Service Notebook, laptop, PC dan sebagainya. Toko ini juga menjual acc serta menerima jual/beli laptop atau notebook dalam keadaan masih baik atau tidak.

BAB III

PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

Dalam kegiatan prakerin yang telah kami lakukan selama 2 bulan dari tanggal 01 Juni 2020 s/d 31 Agustus 2020 di Copy Paste Computer, di Jl. Raya Sawangan No 15, Pancoran Mas, Depok, ada banyak hal yang telah dilakukan.

Semoga adanya kegiatan prakerin ini dapat menambahkan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan kami dalam jurusan TKJ yang kami pilih. Banyak hal yang kamu maksudkan adalah seperti berikut ini:

  1. Cara cek kondisi hard disk
  2. Mempelajari ilmu tentang laptop, PC, dan notebook
  3. Cara setting BIOS untuk instalasi
  4. Partisi hard disk
  5. Cara install Windows 7
  6. Belajar marketing dalam jual-beli

3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

1. Belajar Marketing Dalam Jual Beli

Tidak sekedar belajar mempelajari tentang software dan hardware saja. Dalam melaksanakan prakerin ini, kami mempelajari marketing. Jadi, kami juga diajaran cara melayani customer yang datang ke Copy Paste Computer.

Dari mereka yang membeli accessories, menjual atau belikan laptop atau PC dan yang berhubungan dengan ilmu marketing.

Memang hanya ilmu dasar saja. Awalnya memang bingung saat tiba-tiba kedatangan konsumen tanpa pendamping (pembimbing). Namun, lama kelamaan mulai terbiasa dengan hal tersebut. Kami jadi mengerti dunia marketing sedikit-sedikit.

Dengan hal ini, kami jadi mengetahui dan mengenal tentang marketing. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk kamu suatu saat nanti.

2. Mempelajari Ilmu tentang Laptop, PC, dan Notebook

Kami juga banyak diajari tentang laptop, PC, dan notebook. Diajarkan kualitasnya, kelebihan dan kekurangannya. Hal itu sangat berguna untuk kami yang masih belum terlalu paham tentang hal tersebut.

Ilmu yang diajari sangat mudah dimengerti dan dipahami, jadi kami juga terkadang selalu melihat proses service laptop, notebook, atau PC. Kegiatan ini jadi membuat kami banyak menambah ilmu dan mengetahui banyak hal.

BAB IV

PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Setelah 2 bulan kami melakukan kegiatan Prakerin ini, kami banyak sekali mendapatkan pengalaman, pengetahuan serta ilmu baru yang tidak pernah diajarkan di sekolah.

Karena biasanya di sekolah hanya mempelajari teori saja, namun saat melakukan prakerin kami melakukan hal itu secara langsung dan sekaligus mempraktekkan.

Kegiatan ini sangat berguna sekali untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Prakerin seperti pelengkap dalam sekolah karena kami jadi bisa siap ketika terjun ke dunia kerja.

4.2 Saran

Ketika sedang melakukan prakerin, pasti akan diajarkan langsung oleh pembimbing di perusahaan tersebut. Maka dari itu, kami selalu mempersiapkan diri dan selalu mendengarkan materi-materi yang dipelajari dan pada akhirnya mempraktikkan pada Prakerin ini.

Untuk adik kelas nanti yang akan melaksanakan Prakerin, tetap jaga nama baik sekolah. Karena jika nama baik sekolah menjadi buruk, akan susah untuk bekerja sama dengan perusahaan manapun dalam penerimaan siswa prakerin.

Contoh 3 – Laporan Prakering TKJ

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pelaksanaan praktek kerja industri ini tentu memiliki peran yang sangat penting, karena prakerin sudah menjadi faktor dasar di dalam bidang pendidikan. Yang berfungsi untuk menambah wawasan serta pengalaman yang berharga, dan sebagai bekal para siswa dan siswi jika suatu hari memasuki dunia kerja dan sekaligus mengenal sistem kerjanya.

Tujuan Dibuatnya Praktek Kerja Industri

Kegiatan prakerin ini sudah dilaksanakan oleh siswa dan siswi SMK Tanu Wijaya setiap tahunnya untuk memenuhi salah satu tugas di sekolah. Tujuannya mendasar dari dilaksanakannya prakerin ini diantaranya yaitu :

1. Tujuan umum

Keahlian profesi merupakan elemen pokok dari keahlian profesional di dunia kerja, karena setiap perusahaan memerlukan tenaga ahli profesional untuk menghadapi perkembangan ekonomi secara global. Sehingga kegiatan prakerin ini akan membantu para siswa mengembangkan kemampuannya saat memasuki dunia kerja.

2. Tujuan khusus

a. Meningkatkan efisiensi pendidikan dan pelatihan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional.
b. Memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap salah satu pengalaman kerja.
c. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional serta memiliki etos kerja dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait.
d. Memperkokoh hubungan antara dunia kerja dengan dunia pendidikan.
e. Memperluas pandangan serta wawasan setiap siswa dan siswi terhadap jenis pekerjaan yang berkaitan di tempat praktek.
f. Merealisasikan pengetahuan yang didapat di sekolah untuk kemudian diaplikasikan di tempat praktek.

Manfaat Prakerin

  1. Para siswa akan mendapat kompetensi yang tidak mereka peroleh di sekolah.Secara tidak langsung para siswa sudah memberi kontribusi bagi perusahaan yang mereka tempati.
  2. Memberi motivasi dan meningkatkan etos kerja yang baik untuk para siswa.
  3. Mempererat hubungan sekolah dengan partner industri.
  4. Sebagai media promosi yang baik bagi alumni SMK Tanu Wijaya.

Perincian kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan prakerin di Dian Computer Center :

  1. Menginstall window xp, 7 dan juga 8
  2. Mengupgrade processor
  3. Mengecek spesifikasi CPU
  4. Merakit komputer
  5. Menginstal driver dan software
  6. Mengetes ulang laptop
  7. Mengetes ulang proyektor
  8. Maintenence komputer

Hasil kegiatan selama melaksanakan prakerin di Dian Computer Center :

  1. Menjadi lebih mengerti operating system serta cara menginstallnya dengan lebih mendalam.
  2. Lebih mengerti tata cara memasang processor yang baik dan benar.
  3. Menjadi lebih mengerti apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli PC.
  4. Menjadi lebih mengerti cara dan tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika merakit komputer serta mengecek kembali komputer yang akan dijual.
  5. Menjadi lebih mengerti cara menyetting BIOS serta cara menggunakan partisi hard disk.
  6. Menjadi lebih mengerti secara mendalam tentang driver dan software dan cara menginstallnya ke komputer.
  7. Menjadi lebih mengerti hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop.
  8. Menjadi lebih mengerti memelihara dan memperbaiki komputer yang rusak.

PENUTUP

Kesimpulan

Pembelajaran yang dilakukan di dunia kerja adalah salah satu strategi dan peluang yang dialami para siswa dalam proses belajar tersebut. Sehingga dengan adanya program prakerin ini penulis dapat merasakan langsung praktek di dunia kerja.

Saran

  1. Disiplin dalam bekerja, etika, kesopanan, ketelitian dan tanggung jawab yang harus semakin ditingkatkan oleh setiap karyawan di Dian Computer Center.
  2. Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara bawahan dan atasan sangat penting, karena hal itu merupakan kunci sukses dan keberhasilan suatu perusahaan.

Contoh 4 – Laporan PKL Akutansi

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Prakerin atau praktek kerja industri adalah salah satu tugas sekolah yang harus dilakukan oleh para siswa siswi, sebagai salah satu wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK. Program prakerin disusun bersama oleh sekolah dan dunia kerja, guna memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai kontribusi yang baik terhadap perkembangan dunia pendidikan.

Dalam rangka mengembangkan program sekolah, untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pelatihan dan untuk menyediakan tenaga kerja yang profesional yang berkualitas maka dibuatlah program prakerin tersebut. Permasalahan yang ada saat ini adalah lulusan sekolah kejuruan dianggap belum memiliki kemampuan yang cukup untuk masuk ke dunia kerja.

Hal ini terjadi karena antara sekolah dengan dunia usaha industri belum memiliki keterikatan, seharusnya sekolah dengan dunia perindustrian ini saling mendorong dalam hal memacu produktivitas serta mengoptimalkan aktivitas untuk menghasilkan para tenaga profesional.

Implementasi Kegiatan Prakerin

  1. Memahami pengertian mengenai retribusi pasar.
  2. Sistem pemungutan yang dilakukan di retribusi pasar.
  3. Jenis retribusi pasar yang memadai.
  4. Alat yang digunakan dalam retribusi pasar.

Pengertian Retribusi Pasar

Retribusi pasar adalah pembayaran yang dilakukan oleh para pedagang di pasar, atas pelayanan dan fasilitas yang dikelola oleh pemerintah daerah yang sudah disediakan untuk para pedagang di pasar. Objek dari retribusi pasar yaitu sebagai berikut :

  1. Penyediaan fasilitas pasar misalnya kios, pelataran, front toko, dan los yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah.
  2. Segala jenis kegiatan yang membongkar hasil muatan bumi, ternak, laut, dan barang dagangan pada radius sekitar 200 m dari pasar.
  3. Keramaian pasar.
  4. Biaya balik nama pemakai.

Jenis-jenis retribusi pasar diantaranya sebagai berikut :

  1. Karcis pasar
  2. Pasar bawah
  3. Pasar atas
  4. Pedagang malam

Alat yang digunakan untuk retribusi pasar yaitu :

  1. Bolpoin
  2. Komputer
  3. Printer
  4. Map
  5. Kalkulator
  6. Pensil
  7. Penghapus

Contoh 5 – Laporan PKL Pemasaran

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap siswa atau siswa yang lulus dari sekolah menengah kejuruan tentunya akan dituntut untuk memiliki keahlian tertentu yang didapat dari sekolah. Oleh sebab itu diadakanlah program prakerin yang bertujuan agar para siswa mempunyai pengalaman di dalam dunia usaha sebelum mereka memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah.

Pola penyelenggaraan di SMK dianggap belum mampu menghasilkan tamatan seperti yang diharapkan, dan belum menghasilkan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian pihak sekolah serta dunia usaha dan industri harus memiliki kerja sama yang baik yang diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang tepat guna.

Spesifikasi Pekerjaan Atau Praktek Di Lapangan

Saat penulis melaksanakan prakerin di Hamada Group, penulis ditempatkan di bagian pemasaran. Yaitu melakukan beberapa pekerjaan seperti pengerjaan display, melayani setiap pelanggan yang datang ke toko, melakukan pelabelan pada barang, mengecek barang, stock opname, dan lain-lain. Selain itu, pihak Hamada Group juga menerapkan kedisplinan dan kejujuran selama bekerja.

Uraian Kegiatan Prakerin di Hamada Group

Pelaksanaan prakerin dimulai dari hari senin tanggal 15 Desember 2017 sampai tanggal 15 Maret 2018. Jam kerja penulis selama mengikuti prakerin di sana adalah mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore hari, dan mendapat libur di hari Sabtu dan hari Minggu.

Sebelum memulai kerja, penulis diharuskan membersihkan toko terlebih dahulu kemudian menata barang-barang yang ada di toko agar terlihat rapi dan bersih. Jika ada barang datang penulis juga ikut mengecek barang, dan membuat laporan untuk setiap barang yang masuk dan keluar.

PENUTUP

Setelah melakukan prakerin selama 3 bulan penuh, ternyata banyak sekali manfaat yang penulis dapatkan selama melaksanakan prakerin di sana. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Melakukan kedisiplinan yang baik soal waktu.
  2. Mampu bertanggung jawab atas setiap pekerjaan dan tugas yang dilakukan selama bekerja.
  3. Melatih kesabaran diri ketika menghadapi beberapa hambatan dan kendala yang terjadi selama bekerja di toko.
  4. Mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja sehingga menambah pengalaman yang berharga di dunia kerja nyata suatu hari nanti.
  5. Mengetahui dan mengenal dengan baik Hamada Group khususnya di bagian toko yang penulis tempati selama prakerin.

Contoh 6 – Laporan PKL SMK Multimedia

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kegiatan prakerin merupakan salah satu pembeda antara sekolah menengah atas biasa dengan sekolah menengah kejuruan. Prakerin melatih para siswa untuk menerapkan ilmu yang telah diajarkan di sekolah sebelumnya, melatih kemandirian, mengenalkan para siswa kepada dunia usaha yang berperan ganda. Artinya belajar dan mendapat ilmu tidak harus di sekolah.

Tujuan dari prakerin yang dilakukan oleh para siswa ini adalah :

  1. Menambah pengalaman dalam dunia kerja.
  2. Mengembangkan kreativitas para siswa.
  3. Membentuk mental para siswa untuk berwirausaha jika sudah lulus sekolah.
  4. Melatih keterampilan yang dimiliki para siswa agar dapat bekerja dengan baik saat mulai bekerja nanti.
  5. Melatih para siswa untuk membuat laporan yang baik dan benar setelah melaksanakan program prakerin.

Tata Tertib Selama Bekerja Di Rhaja Multimedia

  1. Mulai bekerja setiap pukul 08.00 sampai pukul 16.00.
  2. Tidak boleh merokok selama berada di ruang kerja yaitu studio.
  3. Tidak boleh menggunakan handphone.
  4. Tidak boleh bermain game selama waktu bekerja.
  5. Tidak boleh keluar kantor tanpa seizin pembimbing.
  6. Tidak boleh menggunakan alat-alat yang ada di studio tanpa seizin pembimbing.
  7.  Jika kebetulan meminjam alat yang ada di gudang harus dikembalikan lagi.
  8. Tidak boleh menerima tamu selama bekerja.

Jenis pelayanan yang terdapat di Rhaja Multimedia

  1. Shooting video untuk berbagai keperluan acara misalnya pernikahan, sunatan, lamaran, prawedding, ulang tahun, dan lain-lain yang sudah 1 paket dengan video editingnya.
  2. Studio foto untuk keperluan foto apapun sepaket juga dengan editing foto.
  3. Pembuatan animasi baik yang 2 dimensi ataupun 3 dimensi.
  4. Menyewakan alat-alat yang berhubungan dengan multimedia.
  5. Pembuatan website biasa atau pembuatan website streaming.
  6. TV progamming
  7. Pembuatan video profile.
  8. Transfer data atau file apapun ke CD atau DVD.

PENUTUP

Manfaat yang didapat penulis selama melakukan prakerin di Rhaja Multimedia, yaitu :

  1. Menambah keterampilan serta wawasan yang baru selama bekerja di bidang multimedia.
  2. Mengenali pekerjaan industri lapangan di bidang multimedia.

Hasil kegiatan prakerin :

  1. Dapat menggunakan alat-alat multimedia karena sudah sering menggunakannya selama bekerja.
  2. Mengetahui beberapa software aplikasi yang baru yang tidak atau belum diajarkan di sekolah.
  3. Mengetahui sekaligus mengatasi segala
  4. kendala atau hambatan yang biasa terjadi di lapangan.
  5. Memahami jenis permintaan pelanggan dan layanan apa saja yang bisa diberikan.

Hambatan yang ditemui selama di lapangan :

  1. Kesulitan mendapatkan sumber listrik selama bekerja di lapangan.
  2. Kesulitan mengatur pencahayaan di luar ruangan.

Contoh 7 – Laporan PKL RPL

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan mutu dari setiap tamatan sekolah menengah kejuruan, maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang yang dibutuhkan lapangan kerja. Pelajaran praktik yang diajarkan di sekolah tidak ada artinya jika para siswa tidak dibekali praktek kerja industri secara langsung dari dunia usaha atau industri.

Karena keahlian dan keterampilan yang hanya didapat dari sekolah tidak cukup untuk menghasilkan tenaga ahli profesional dalam dunia kerja. Maka dari itu perlu dibuat program prakerin ini, kegiatan belajar lain selain yang dilakukan di sekolah.

Prakerin adalah sarana yang paling tepat untuk mempraktekan langsung proses produksi di salah satu bidang industri, serta tahap awal untuk para siswa beradaptasi dengan dunia kerja. Dengan cara itu diharapkan para siswa dapat meningkatkan kegiatan belajarnya agar ketika masuk ke dunia kerja sudah benar-benar siap dan matang.

Tujuan Prakerin

  1. Menghasilkan tenaga kerja ahli yang profesional.
  2. Memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi yang baru dari lapangan.
  3. Memperkokoh keterikatan antara dunia usaha/industri dengan sekolah.

Kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama bekerja di MRS Computer, yaitu meliputi :

  1. Menginstal sistem operasi
  2. Belajar program aplikasi yang ada
  3. Melakukan pengetikan
  4. Belajar tahapan-tahapan dalam proses editing foto

Uraian kegiatan pekerjaan selama melaksanakan prakerin di MRS Computer, diantaranya :

  1. Pengenalan berbagai kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh semua karyawan serta pemimpin di MRS Computer setiap harinya.
  2. Mengetik cerpen, soal-soal sekolah, dan soal ujian.
  3. Mengetik soal-soal ulangan dan mencoba belajar scanning gambar.
  4. Burning CD.
  5. Mengetik beberapa surat pernyataan resmi.
  6. Memasukkan data-data milik guru ke dalam microsoft excel.
  7. Mengetik soal-soal matematika.

PENUTUP

Faktor pendukung terlaksananya prakerin di MRS Computer :

  1. Program aplikasi yang tersedia
  2. Fasilitas yang baik dan mencukupi
  3. Hubungan kerjasama yang baik antar karyawan sehingga bisa saling menguntungkan
  4. Mendapat dukungan penuh dari orang-orang terdekat

Kesimpulan

Selama penulis melaksanakan prakerin di MRS Computer, penulis merasa mendapatkan banyak sekali ilmu dan keterampilan lebih. Penulis juga dapat mempraktekan secara langsung sistem kerja di dunia luar yang sebelumnya belum pernah dialami.

Penulis juga semakin menyadari akan pentingnya komunikasi yang tepat selama kita bekerja, dan bagaimana berinteraksi yang baik dengan karyawan maupun dengan pelanggan. Dengan demikian penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan MRS Computer yang sudah memberikan kesempatan bekerja dan belajar banyak hal di MRS Computer.

Contoh 8 – Laporan PKL Kesehatan Masyarakat

Bab I

Pendahuluan

Latar Belakang

Kesehatan menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan juga merupakan salah satu penunjang keberhasilan di suatu negara.

Untuk mengetahui masalah kesehatan yang mungkin terjadi di suatu daerah, dapat dilihat melalui gambaran demografi, sosial, ekonomi yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, serta kejadian penyakit dan jaminan kesehatan.

Adanya PKL ini, diharapkan mampu membuat mahasiswa menerapkan ilmu di bangku kuliah untuk menyusun program intervensi kesehatan sesuai dengan permasalahan yang ada dan diprioritaskan untuk masyarakat RW IX Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada laporan PKL ini yaitu:

  1. Bagaimana cara berkomunikasi dengan masyarakat RW IX kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya?
  2. Bagaimana cara menggambarkan struktur masyarakat RW IX kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya?
  3. Bagaimana cara mengetahui perilaku masyarakat dengan masalah kesehatan RW IX kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya?

Tujuan

Secara umum, tujuan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah agar mahasiswa mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan evaluasi/penilaian program pada bidang kesehatan masyarakat bersama masyarakat.

Bab II

Kajian Pustaka

Kesehatan Masyarakat

Konsep Masyarakat

Masyarakat adalah golongan masyarakat kecil terdiri dari beberapa manusia yang berhubungan secara golongan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Konsep Kesehatan

Menurut WHO (1947), konsep kesehatan adalah suatu keadaan yang sempurna baik secara sosial, mental atau fisik serta bebas dari penyakit.

Metode Penelitian

Dignan Theory

Teori Dignan merupakan teori yang berhubungan dengan promosi kesehatan dimana kita harus menemukan komunitas untuk mengembangkan suatu program sehingga program tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Bab III

Metode Kegiatan

Metode Deskriptif

Metode deskriptif adalah metode yang digunakan untuk meneliti status sekelompok manusia, objek, kondisi, serta pemikiran ataupun peristiwa yang terjadi di masa sekarang. Pendekatan yang digunakan dalam metode penelitian deskriptif ini adalah pendekatan Cross Sectional. Pendekatan Cross Sectional (potong lintang) yaitu jenis penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran atau observasi data dalam satu kali pada satu waktu.

Subjek Kegiatan

Subjek kegiatan meliputi bayi dengan usia 0-24 tahun atau bayi usia kurang dari dua tahun. Berdasarkan data yang diperoleh, tercatat sebanyak 85 orang di RW 9, Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Surabaya

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan PKL

PKL ini dilaksanakan di RW 9, Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Surabaya. Waktu pelaksanaan PKL dimulai tanggal 27 Desember 2019 hingga 31 Januari 2020.

Bab IV

Hasil dan Pembahasan

Identifikasi Masalah

Beberapa masalah yang ditemui dalam kegiatan PKL ini di antaranya adalah rendahnya jumlah ibu yang memberikan ASI eksklusif, banyak ibu yang memberikan MPASI tidak sesuai dengan umur yang seharusnya, rendahnya pencapaian imunisasi lengkap, dan penanganan sampah yang masih kurang baik

Hasil Kegiatan

Program PECAH (Pemicuan Sampah)

Berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat setempat, perilaku membuang sampah sembarangan terjadi karena belum tersedianya tempat sampah yang baik serta terkendala pengangkutan sampah yang tidak rutin. Untuk memecahkan masalah tersebut, maka dilakukan program PECAH yang meliputi kegiatan demonstrasi kepada masyarakat mengenai materi pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Program KOMPAS MANTAB (Kelompok Peduli ASI Makanan Tambahan)

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Ibu mengenai pentingnya makanan pendamping dan untuk bayi dan balita dibawah dua tahun memerlukan makanan pendamping serta pentingnya ASI eksklusif untuk kesehatan bayi.

Bab V

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan

Berdasarkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di RW IX, Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, disimpulkan bahwa terdapat empat masalah kesehatan utama, yaitu sebagai berikut.

  • Pengelolaan sampah yang kurang
  • Rendahnya ibu yang memberi ASI eksklusif
  • Imunisasi yang tidak lengkap
  • Pemberian makanan pendamping ASI yang tidak sesuai umur
  • Beberapa masalah tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat setempat mengenai pentingnya imunisasi dan makanan pendamping asi untuk diberikan sesuai dengan umur yang ditentukan demi kepentingan kesehatan.

Saran

Bagi Masyarakat RW IX

  • Masyarakat mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat guna meningkatkan kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan pengetahuan mengenai pemberian ASI eksklusif dan makanan pendamping ASI untuk bayi.
  • Masyarakat mampu menyediakan tempat sampah yang layak.

Bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • Menjaga kerja sama di antara kedua belah pihak, yaitu antara instansi pendidikan dan instansi lain yang bersangkutan. Selain itu, penulis berharap hasil laporan ini bisa menjadi acuan dan sumber informasi bacaan bagi mahasiswa.

Lihat Juga : Jenis – Jenis Kalimat

Penutup

Apakah Anda sudah memahami terkait laporan PKL? Jika sudah, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menyusun sebuah laporan PKL. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi yang bermanfaat bagi Anda yang tengah menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan membantu Anda dalam menyusun laporan PKL yang baik dan informatif. Jika ada pertanyaan atau bantuan tambahan yang dibutuhkan, jangan ragu untuk bertanya. Semoga PKL Anda berjalan dengan sukses!

Apa tujuan utama dari PKL?

Tujuan utama dari PKL adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa atau peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah dipelajari di dalam kelas ke dalam lingkungan kerja nyata. Ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis yang relevan dengan bidang studi mereka dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Bagaimana cara memilih tempat PKL yang tepat?

Memilih tempat PKL yang tepat adalah langkah penting. Pertimbangkan faktor-faktor seperti kesesuaian dengan bidang studi, reputasi perusahaan atau organisasi, lokasi, dan peluang pengembangan karier. Bicarakan dengan dosen pembimbing atau konselor karier untuk saran lebih lanjut, dan selalu perhatikan persyaratan yang ditetapkan oleh institusi pendidikan Anda.

Apa manfaat yang dapat saya peroleh dari PKL selain pengalaman kerja?

Selain pengalaman kerja, PKL dapat memberikan manfaat seperti:
(1) Membangun jaringan profesional: Anda dapat membangun hubungan dengan profesional di bidang Anda dan mendapatkan kontak yang berharga untuk masa depan.
(2) Peningkatan keterampilan: PKL membantu Anda mengembangkan keterampilan praktis yang dapat berguna dalam karier Anda.
(3) Menguji minat karier: PKL membantu Anda memahami apakah bidang pekerjaan yang Anda pilih sesuai dengan minat dan keahlian Anda.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 1 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Hime berkata:

    PKL memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman nyata di lapangan. Dalam PKL, mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan rekan kerja, atasan, dan klien. Mereka juga akan menghadapi tantangan dan situasi yang mungkin belum pernah mereka alami sebelumnya. Pengalaman ini sangat berharga dalam mempersiapkan diri untuk karir di masa depan.

  1. 85 PP (Foto Profil) Hitam Polos, Aesthetic, Sad, dan Keren!

    Berikut daftar PP hitam polos aesthetic, sad, dan keren yang telah kami kumpulkan dan dapat digunakan…
  2. 85 PP Couple Panda Terpisah, Gemoy, Aesthetic, Lucu, Keren!

    Berikut kami bagikan kumpulan foto profil / pp couple panda yang terpisah, gemoy, aesthetic, lucu yang…
  3. 80 PP (Foto Profil) Anime Girl Cute, Aesthetic, dan Misterius!

    Berikut daftar PP anime girl cute, aesthetic, dan cool yang telah kami kumpulkan dan dapat digunakan…