8 Cara Mengatasi WiFi Not Connected Windows 7

Masyarakat telah menyadari bahwa WiFi saat ini menjadi salah satu kebutuhan prioritas bagi generasi milenial. Hal…

Masyarakat telah menyadari bahwa WiFi saat ini menjadi salah satu kebutuhan prioritas bagi generasi milenial. Hal ini terbukti dengan hadirnya layanan provider (yang khusus menyediakan layanan WiFi) seperti IndiHome, First Media, MyRepublic, MNC Play dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu saja tidak mengherankan, mengingat kebutuhan akses internet yang tinggi telah menjadikan WiFi sebagai layanan andalan bagi masyarakat. Dengan adanya WiFi, masyarakat dapat menikmati kecepatan serta kemudahan dalam mengakses informasi tanpa perlu takut lagi soal penggunaan data internet yang boros.

Berbicara mengenai WiFi, dalam beberapa kondisi tertentu Anda pasti pernah mengalami WiFi tidak bisa connect pada Windows 7. Jika memang benar demikian, masalah ini muncul karena beberapa hal. Misalnya seperti jaringan WiFi bermasalah, terlalu jauh dari Router/ Access Point, salah memasukkan SSID atau Password WiFi, kerusakan pada hardware, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi WiFi not connected pada Windows 7 ini dapat Anda lakukan dengan beberapa tips berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Windows Error Recovery di Windows 7

Penyebab WiFi Not Connected Windows 7

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah ini terjadi. Dalam kondisi yang penulis alami, terdapat beberapa faktor yang membuat WiFi not connected. Di antaranya sebagai berikut:

  • Salah memasukkan SSID dan Password WiFi. Terkadang WiFi not connected disebabkan oleh kesalahan dalam memasukkan SSID dan Password WiFi. Atau kemungkinan lainnya dapat dikarenakan SSID dan Password telah berubah. Anda bisa lupakan WiFi (Forget) dan hubungan kembali.
  • Jaringan WiFi bermasalah. Bisa jadi permasalahan ini tidak disebabkan oleh perangkat yang error, melainkan jaringan WiFi itu sendiri. Terkadang provider juga mengalami gangguan yang dapat mengakibatkan jaringan menjadi lemah atau lemo.
  • Perangkat terlalu jauh dengan Router/ Access Point. Jauhnya perangkat komputer atau laptop dengan Router/AP juga dapat menyebabkan WiFi not connected. Untuk itu, usahakan jangan terlalu jauh dengan Access Point WiFi.
  • Kerusakan Driver. Driver yang belum terinstall dengan baik atau rusak pun dapat menimbulkan permasalahan tersebut. Mengingat driver menjadi bagian yang sangat penting dalam menghubungkan komponen hardware dengan sistem operasi.
  • Hardware rusak. Kemungkinan terburuk adalah terjadi kerusakan pada komponen Network Adapter nya. Bisa jadi karena kondisi hardware yang telah usang. Tentu harus ada pengecekan lebih lanjut apakah Adapter benar-benar rusak dan perlu diganti atau karena Adapter kotor akibat debu.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Windows 7

Cara Mengatasi WiFi Not Connected Windows 7

Dalam memperbaiki masalah tersebut, penulis menyediakan beberapa tips sederhana yang mudah untuk Anda lakukan. Penulis menggunakan Windows 7 sebagai sistem pendukung. Apabila Anda menggunakan sistem operasi yang lebih tinggi atau lebih rendah, silakan lakukan sedikit penyesuaian.

1. Lakukan Restart Windows 7

Cara termudah untuk mengatasi permasalahan WiFi not connected pada Windows 7 adalah dengan me-restart ulang perangkat. Meskipun metode ini terbilang sederhana, namun faktanya dengan memuat ulang perangkat dapat memperbaiki berbagai macam permasalahan Windows. Terkadang sistem yang crash atau bertabrakan antar satu sama lain, dapat mengakibatkan WiFi bermasalah.

2. Pastikan Adapter WiFi Enable

Keadaan WiFi Disable
2. Pastikan Adapter WiFi dalam keadaan aktif. WAHYU SETIA BINTARA

Selanjutnya adalah memastikan apakah Adapter WiFi perangkat dalam keadaan enable. Sering kali pengguna komputer tidak menyadari, bahwa Adapter WiFi masih dalam kondisi nonaktif. Jadi tidak heran, jika perangkat tidak bisa tersambung ke jaringan WiFi. Untuk mengeceknya silakan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik kanan ikon WiFi pada Taskbar Windows Anda.
  2. Selanjutnya, pilih Open Network and Sharing Center.
  3. Pada bagian “Network and Sharing Center”, silakan klik Change adapter settings.
  4. Kemudian klik kanan pada Wireless Network Connection » klik Enabled.
  5. Tunggu proses Enabling.. beberapa saat.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mempercepat Booting Windows 7

3. Memastikan SSID dan Password WiFi

Kemungkinan lain adalah salah dalam memasukkan SSID dan Password WiFi. Untuk itu pastikan terlebih dahulu, apakah SSID dan Password yang Anda masukkan sudah benar atau belum. Selain itu, usahakan laptop/ komputer Anda dekat dengan Router/ Access Point. Mengingat faktor jarak jangkauan pun juga mempengaruhi WiFi bermasalah, termasuk WiFi not connected.

Lihat Juga : 2 Cara Melihat Password WiFi Windows 10

4. Ubah Pengaturan Wireless Connection

Ubah Pengaturan Wireless Connection
4. Mengubah pengaturan Wireless Connection. WAHYU SETIA BINTARA

Apabila metode sebelumnya masih belum membuahkan hasil sama sekali, cobalah dengan mengubah pengaturan Wireless Connection pada laptop/ komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Klik Start » Control Panel » pilih Network and Internet » klik Network and Sharing Center.
  2. Selanjutnya pada bagian “Network and Sharing Center”, klik Change adapter settings.
  3. Jika sudah, klik kanan Wireless Network Connection » pilih Properties.
  4. Kemudian pada tab Networking, klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  5. Setelah itu, pilih Obtain an IP Address Automatically dan Obtain DNS Server Address Automatically.
  6. Lalu klik OK.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Uninstall Aplikasi Windows

5. Update Driver Network

Install Ulang Driver Network
5. Install ulang Driver Network. WAHYU SETIA BINTARA

Melihat beberapa penyebab di atas, terdapat kemungkinan jika Driver Network Anda sedang bermasalah atau belum terinstall. Untuk itu, silakan Anda cek terlebih dahulu driver Networks pada perangkat. Jika bermasalah (terdapat ikon warning), silakan install ulang driver tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik Start » klik kanan pada Computer » pilih Manage.
  2. Pada bagian Computer Management, pilih Device Manager » lalu Klik dua kali Network Adapters.
  3. Selanjutnya klik kanan pada driver network » pilih Uninstall.
  4. Jika sudah, klik Action » pilih Scan for hardware changes, untuk menginstall ulang driver WiFi.
  5. Setelah itu, silakan coba hubungkan kembali laptop dengan WiFi.
  6. Selesai.

6. Install Ulang Windows

Jika memang diperlukan, Anda dapat melakukan install ulang Windows pada laptop/ komputer. Mengingat dengan melakukan install ulang sistem operasi, dapat memperbaiki permasalahan Windows hingga ke akar. Dan memang install ulang ini dapat dikatakan sebagai solusi terbaik yang paling sering digunakan oleh banyak pengguna Windows untuk memperbaiki permasalahan.

7. Service Laptop

Apabila semua metode yang saya berikan dirasa tidak dapat mengatasi masalah pada WiFi not connected pada Windows 7. Solusi terakhirnya adalah dengan melakukan service pada Laptop Anda. Hal ini tentu sangat disarankan, karena bisa jadi permasalahan tersebut dikarenakan hardware yang rusak atau usang. Dengan begitu Anda dapat mengetahui secara langsung, kerusakan apa yang menyebabkan WiFi bermasalah.

Lihat Juga : 4 Cara Menghentikan Program yang berjalan Otomatis saat komputer Menyala

Penutup,

Beberapa penyebab Windows 7 mengalami WiFi not connected, antaranya adalah driver network yang bermasalah, jaringan WiFi yang tidak aktif, dan salah memasukkan SSID atau Password WiFi. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut, dapat Anda lakukan dengan beberapa metode di atas. Perlu diingat, bahwa metode yang saya berikan hanyalah bersifat sederhana.

Apa penyebab WiFi Not Connected?

Yang paling sering biasanya karena jaringan WiFi yang tidak aktif, akses router yang terlalu jauh, atau password yang salah.

Bagaimana memperbaiki komponen WiFi yang rusak?

Jika Anda mengalami masalah pada komponen WiFi (di dalam laptop), lebih baik tanyakan ke Service Center atau orang yang ahli di bidangnya.

Kenapa download lambat ketika menggunakan jaringan WiFi?

Setiap layanan WiFi memiliki bandwidth yang berbeda-beda. Pemilik-pun juga dapat membatasi limit untuk setiap perangkat terhubung.

Kenapa situs tidak bisa diakses jika menggunakan jaringan WiFi?

Kemungkinan pemilik atau provider memblokir akses situs tersebut.

Sekian ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai cara mengatasi WiFi not connected pada Windows 7. Semoga dengan salah satu metode di atas, dapat memperbaiki masalah yang sedang Anda alami. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…