Penyebab Data Internet Cepat Habis

Dianisa.comInilah Penyebab Kuota/ Data Internet Android Cepat Habis. Internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna smartphone dan tablet Android. Aktifitas seseorang di Dunia Maya (Internet) bisa bermacam – macam, mulai dari Streaming Video, bermain game Online, atau bisa juga download lagu/ musik. Selain itu, banyak komunikasi dari Smartphone Android membutuhkan Koneksi Internet seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan beberapa aplikasi Chat lainnya.

Baca Juga :

Tidak dipungkiri lagi pengguna Android membutuhkan Internet sebagai alat komunikasi dan media dalam mencari informasi dengan mudah dan cepat. Saat ini banyak sekali layanan Operator di Indonesia yang memberikan opsional paket Internet dengan pilihan yang bermacam – macam mulai dari periode, kecepatan, harga, dan besaran paket. Bagi yang memilih Paket Internet Unlimited tentu tidak jadi masalah, tapi berapa banyak orang yang memilih paket tersebut. Paket Internet Unlimited terbilang sangat mahal sekali.

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan oleh pengguna Android yakni dengan cara menghemat kuota Internet atau membatasi aktifitas internet harian. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pengguna Android supaya paket internet bisa bertahan selama satu bulan penuh. (Baca : #5 Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis)

Penyebab Kuota/ Data Internet Cepat Habis

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Penyebab Utama Kuota/ Data Internet Bisa Cepat Habis. Penyebab – penyebab berikut ini harus menjadi pengetahuan oleh pengguna Android supaya bisa membatasi penggunaan data harian. Berikut beberapa penyebab yang membuat kuota internet cepat habis.

1. Update Aplikasi Android

Update aplikasi merupakan salah satu penyebab yang membuat kuota cepat habis. Bagaimana tidak! Disaat seseorang meng-update aplikasi di Google Play Store, dapat dipastikan ukuran aplikasi tersebut terbilang relatif besar. Terlebih lagi, jika update aplikasi tersebut lebih dari 2 atau 3 aplikasi, tentu dalam seketika anda sudah menghabiskan puluhan MB kuota internet.

Tidak ada salahnya jika anda ingin update aplikasi, tapi alangkah lebih baiknya anda melakukan update pada Wi-Fi area yang gratis. Hal ini bisa menjadi alternative cara menghemat kuota paling menyenangkan dan paling seru.

2. Download Data/ File Ukuran Besar

Sama seperti update aplikasi, download data/ file di Internet juga termasuk boros kuota. Terlebih lagi, jika yang anda download merupakan video durasi panjang dengan ukuran yang besar tentu hal ini akan menguras kuota anda habis – habisan. Selain itu, download aplikasi juga dapat mempercepat habisnya kuota anda.

Solusi terbaiknya adalah anda harus pintar – pintar dalam membatasi kuota setiap anda melakukan download. Manfaatkan area Wi-Fi sebaik – baiknya sebagai tempat untuk update aplikasi, download aplikasi/ game, lagu, murrotall, video, dan lainnya.

3. Streaming Video Youtube

Youtube adalah tempat paling seru dan paling banyak dilakukan oleh orang Indonesia sebagai tempat Streaming Video. Ada banyak ragam video yang bisa anda nikmati setiap hari mulai Fun, Religi, Hiburan, musik, dan lainnya. Rekomendasi terbaik, kunjungi situs Youtube sebagai media belajar, bukan untuk fun ataupun hiburan.

Anda bisa mencari tutorial apapun di Youtube mulai dari belajar Matematika, Fisika, atau bahkan mendengarkan video dakwah dari para ustad – ustad terbaik. Selain itu, kurangi kualitas video supaya kuota menjadi lebih hemat dan bisa bertahan satu bulan.

Baca Juga :

4. Bermain Game Online

Bermain game adalah salah satu peran penting yang seharusnya ditinggalkan atau dihindari oleh banyaknya pengguna Android. Hal ini sebagai tujuan supaya anda lebih fokus pada hal yang sifatnya berguna dan bermanfaat bagi diri kita sendiri. Main game adalah salah satu aktifitas yang cepat menguras kuota Internet. Terlebih lagi, saat ini ada game yang sangat populer seperti Pokemon GO, tentunya kuota anda akan habis dimakan oleh Game Online.

Untuk menghindar dari itu semua, coba tinggalkan HP Android anda dalam saku atau matikan Android anda supaya anda tidak terlalu sering bermain game. Lakukan aktifitas lain yang lebih berguna dan bermanfaat. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat kuota Internet.

5. Sosial & Messenger

Media sosial sudah menjadi hal wajib yang sering digunakan untuk mengisi waktu luang saat sedang intirahat. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa aplikasi media sosial yang sangat boros kuota, salah satunya adalah Instagram. Aplikasi tersebut sangat boros kuota karena harus load gambar dan video terus menerus. Maka dari itu, jangan terlalu sering membuka Instagram kalau anda tidak mau kehabisan kuota.

Selain itu, coba sibukkan hari – hari anda dengan Smartphone android dengan aktifitas – aktifitas lain yang lebih berguna dan bermanfaat. Matikan beberapa aplikasi media sosial yang anda miliki.

Baca Juga :

Itulah informasi singkat mengenai Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, semoga bisa menjadi perhatian oleh semua pengguna Android. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here