Cara Hard Reset Xiaomi Redmi S2

Rilis pada tahun 2018, Xiaomi Redmi S2 hadir dengan harga terjangkau, desain bodi cantik, serta mengusung spesifikasi yang cukup powerfull. Dibekali degan CPU Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 serta RAM Opsional antara 3 GB / 4 GB yang pastinya mampu memaksimalkan setiap kinerja multitasking pengguna. Ukuran layarnya juga cukup luas sekitar 5,99 Inchi dengan dukungan MIUI 9.5 Android Oreo 8.1.0.

Adapun untuk Internalnya, pengguna dapat memilih antara yang 32 GB atau yang 64 GB. Dual kamera disematkan pada sisi belakang dengan ukuran 12 MP + 5 MP, serta bagian depan 16 MP.

Beberapa masalah yang bisa saja terjadi pada perangkat Xiaomi Redmi S2 yakni lupa pola kunci, banyaknya pesan error atau bugs pada aplikasi terinstal, bootloop, hang, aplikasi sering lag, dan masalah-masalah lainnya. Beberapa masalah tersebut dapat teratasi dengan mencoba beberapa metode yakni dengan membersihkan cache, data, atau melakukan verifikasi ke akun Google saat lupa pola pola kunci.

Namun jika hal tersebut sudah tidak memungkinkan, hal lain yang bisa anda lakukan yakni dengan Factory Reset atau Hard Reset Xiaomi melalui menu Recovery Mode.  Factory Reset & Hard Reset merupakan istilah dalam mengembalikan setelan smartphone ke posisi awal atau pabrikan. Penasaran bagaimana caranya, simak langkah – langkahnya berikut ini.

Lihat Juga : Cara Merekam Layar di HP Xiaomi

Factory Reset Xiaomi Redmi S2

Factory Reset Xiaomi dapat anda lakukan melalui menu setelan smartphone. Artinya, ketika smartphone anda masih memungkinkan untuk masuk ke menu utama dan masih bisa digunakan untuk multitasking, maka anda bisa melakukan Factory Reset.

Semisal smartphone anda sudah sering lag, macet, lemot, dan banyak bugs pada aplikasi terinstal, maka Factory Reset bisa menjadi andalan anda.

Factory Reset HP Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : Cara Mengubah Jaringan 3G menjadi 4G Only di Xiaomi

Hard Reset Xiaomi Redmi S2

Selanjutnya yakni metode Hard Reset yang tentunya bisa anda lakukan melalui menu Recovery Mode (Mi Recovery). Ini bisa menjadi solusi ketika sistem anda sudah bermasalah, semisal terjadi bootloop, sering hang, banyak virus, atau bisa juga lupa pola kunci.

Tapi disini, kemungkinan untuk melakukan backup data sangatlah kecil, tergantung dari permasalah seperti apa yang anda hadapi.

  1. Langkah pertama, pastikan HP Xiaomi Redmi S2 yang anda miliki dalam keadaan mati atau Off.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu Recovery Mode (Mi Recovery), tekan tombol “Power + Volume Up” selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo MI. Setelah muncul Logo Mi, lepaskan kedua tombol yang anda tekan tersebut.
  3. Setelah anda berhasil masuk main menu Mi Recovery Xiaomi Redmi S2, anda bisa memilih “Wipe Data” kemudian lanjutkan dengan memilih “Wipe All Data”, lalu pilih “Confirm”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Jika sudah, pilih “Back to Main Menu” lalu pilih “Reboot”. Kemudian lanjutkan memilih “Reboot to System”. Dan nantinya Smartphone Xiaomi anda akan reboot. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : Cara Menghapus Duplikat Kontak di HP Xiaomi

Penutup,

Dan itulah metode Factory Reset dan Hard Reset Xiaomi Redmi S2 yang dapat anda lakukan. Semoga semua permasalah yang terjadi pada smartphone anda hilang dan dapat normal kembali. Saya sebagai penulis hanya memberikan metode sederhana dalam mengatasi masalah pada perangkat Xiaomi anda, adapun resiko kesalahan terkait reset smartphone, anda sendiri yang akan menanggungnya.

Jikalau nantinya masalah masih tetap ada, solusi lain yang bisa anda lakukan yakni dengan Flashing ulang. Anda membutuhkan Firmware, Driver, Mi Flash Tools, dan USB untuk melakukannya.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Hard Reset Xiaomi

Masalah Xiaomi

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.