8 Cara Belanja di Zalora

Hidup manusia tidak lepas dari Inovasi, sejak dahulu kala manusia selalu membuat berbagai macam hal untuk menyokong hidup mereka agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya hingga menjadi besar dan tersebar luas seperti sekarang ini. Tahukah anda bahwasanya pakaian merupakan salah satu inovasi manusia yang sering menghadapi evolusi setiap tahunnya. Awalnya manusia prasejarah dulu hanya menggunakan pakaian untuk bertahan pada iklim tertentu. Dan saat itu manusia hanya menggunakan kulit binatang ataupun pohon untuk menutupi aurat mereka, agar dapat menahan hawa dingin yang ekstrem pada masa tersebut.

Kemudian bangsa-bangsa kuno seperti Babilonia, Mesir, Yunani dan Romawi mulai mengembangkan pakaian menjadi sebuah fashion dimana bukan hanya difungsikan sebagai penutup aurat. Namun juga sebagai penunjuk strata tingkatan masyarakat dalam sebuah komunitas kala itu. Beralih ke zaman modern pakaian serta busana menjadi semakin variatif dan mengikuti trend yang sedang populer!. Para desainer tidak pernah surut dalam mencari refrensi terbaru dalam membuat busana yang mereka desain.

Sebut saja desain mangkok ayam jago, yang biasa dilihat dalam warung-warung bakso menjadi inspirasi seorang desainer dalam mengembangkan sebuah trend berbusana dengan nuansa yang merakyat sehingga sempat menjadi trending beberapa saat lalu. Walaupun pandemi masih berlangsung, namun jangan jadikan hal tersebut membuat anda mati gaya. Karena fashion tidak mengenal mengenal kata mati, selama manusia masih ada trending busana tidak akan hengkang dari muka bumi.

Fashion Terus Berkembang!

Mengikuti perkembangan zaman modern, fashion menjadi salah satu bagian hidup yang tidak dapat dipisahkan oleh orang-orang. Rata-rata orang indonesia yang tergolong masyarakat menengah keatas, berbusana dan berpakaian trendy merupakan salah satu hal pokok yang mesti terpenuhi setidaknya sekali dalam setahun ketika lebaran tiba. Namun bagi mereka yang menggemari hidupnya maupun pekerjaanya untuk bergelut pada bidang ini, fashion justru menjadi jadwal keseharian maupun mingguan yang tidak boleh mereka lewatkan untuk terus berbelanja busana terupdate.  

Jika anda termasuk golongan orang-orang tersebut, sudah pasti mengenal Zalora bukan? Atau sama sekali belum pernah mendengarnya? Zalora merupakan toko online berbasis pada fashion dan kecantikan yang menjual beraneka ragam pakaian serta aksesoris pria maupun wanita dengan berbagai bentuk, ukuran dan harga serta brand lokal maupun internasional. Zalora juga memiliki cabang pada beberapa negara Asia seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, Vietnam, Thailand, Filipina dan Hongkong.

Dalam pembuktianya sebagai marketplace ternama Zalora tidak pernah main-main dalam menunjukan taringnya dalam dunia platform dagang elektronik. Salah satunya dengan mengeluarkan event bernama Singles Day 11.11 dimana orang-orang dapat membeli produk di Zalora dengan diskon 80%. Dalam 14 hari selama event berlangsung para pelanggan Zalora akan dimanjakan dengan berbagai gebrakan promo dan gratis ongkir yang menggiurkan mata para penggemar fashion.

Lihat Juga : 4 Cara Belanja di AliExpress untuk Pemula

Apakah produk yang dijual Zalora Ori?  

Zalora merupakan marketplace internasional yang memikul dua aset terpenting dari sebuah perusahaan, yaitu reputasi dan nama baik. Apabila sebuah perusahaan mengalami sebuah kecacatan dalam reputasinya maka akan mempengaruhi keberlangsungan dari aktivitas ekonomi perusahaan tersebut, hal inilah yang ingin dijaga oleh Zalora kepada para pelangganya dengan selalu memperhatikan barang dagang yang dijualnya melalui Quality Control ketat untuk menjamin keaslian serta originalitas dari produk yang dijualnya.

Zalora juga menyandang gelar reseller premium yang dipercaya oleh merek lokal dan internasional ternama untuk menjadi sebuah marketplace fashion profesional dalam mendistribusikan barang-barangnya keseluruh penjuru dunia. Produk yang dijual Zalora pun juga berasal dari gudang penyimpanan yang mengikuti standart internasional untuk menjaga kualitas serta keaslian produk dari brand-brand ternama tersebut.

Lihat Juga : 9 Cara Belanja di Amazon untuk Pemula

Apakah Zalora Terpercaya?

Saya selalu berpegang teguh pada pendapat dimana tidak ada satupun marketplace yang selalu menjamin keamanan hingga 100%. Namun setidaknya marketplace ternama seperti Zalora pastinya memiliki sistem serta regulasi perlindungan pembeli yang jauh lebih jelas daripada toko online bebas yang berkeliaran dalam sosial media seperti Facebook maupun Instagram.

Selain itu anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan akun yang didaftarkan pada Zalora, perusahaan ini memiliki kebijakan privasi yang terikat pada peraturan serta hukum yang berlaku dalam menjalankan sistem perlindungan data pribadi anda sebagai salah satu member (pelanggan) yang ikut berperan dalam jalannya perusahaan dagang ini. Oleh karena itu kepercayaan pelanggan merupakan aset penting yang perlu dijaga oleh Zalora, untuk Informasi lebih lengkapnya dapat anda akses disini.

Lihat Juga : 3 Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Cara Belanja di Zalora

Belanja di Zalora
Image Source : medium.com

Zalora memanglah sebuah marketplace yang berfokus pada barang fashion serta pakaian saja namun langkah belanja yang dimiliki Zalora juga tidak jauh berbeda dengan Online Shop kebanyakan. Bagi yang belum terbiasa dengan transaksi pada sebuah marketplace, mereka berfikir bahwasanya membeli produk secara daring merupakan hal yang merepotkan. Hal ini mungkin terjadi karena mereka belum tahu cara serta langkah-langkahnya saja. Jika anda tertarik untuk berbelanja produk fashion pada Zalora silahkan ikuti langkah belanjanya dibawah ini.

1. Membuat Akun Pada Zalora

STEP 1 : Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, anda diharuskan untuk memiliki akun Zalora terlebih dahulu. Langkah pertama ialah buka situs Zalora melalui link ini kemudian setelah anda memasuki halaman utama, klik bagian pojok kanan atas untuk membuka bar pendaftaran akun baru seperti yang terlihat pada gambar.

Pendaftaran Zalora

STEP 2 : Setelahnya anda memasuki menu buat akun, ada dua cara yang dapat ditempuh disini. Apabila anda ingin mendapat akun Zalora secara instan, silahkan klik “Lanjutkan dengan Facebook” dan akun Zalora anda akan tersinkronasi dengan Facebook siap untuk digunakan. Namun apabila anda ingin akun Zalora dengan informasi yang lebih spesifik silahkan isi bagan kosong pada form pendaftaran kemudian klik “DAFTAR”.

Membuat Akun Zalora

STEP 3 : Nantinya anda akan menerima pesan konfirmasi Zalora melalui alamat email yang telah anda cantumkan. Setelah anda berhasil memverifikasi email tersebut maka akan dialihkan pada halaman baru yang menampilkan kontak informasi akun Zalora anda serta form pengisian alamat pengiriman yang perlu untuk segera diisi sebelum memulai tahap belanja.

Form Isi Alamat Zalora

Lihat Juga : 7 Cara Belanja di eBay

2. Mulai Berbelanja!

STEP 1 : Sekarang akun anda telah siap digunakan untuk berburu produk-produk berkualitas yang disediakan Zalora. Untuk mencari barang yang dicari silahkan isi nama produknya pada kolom “Search” yang tersedia dibagian atas kemudian tekan “Enter” dan menu nantinya akan menampilkan jenis barang anda cari.  Anda juga dapat memanfaatkan tools kategori yang berada pada bagian kiri layar untuk menentukan barang yang dicari secara mendetail dan spesifik.

Pencarian Barang Zalora

STEP 2 : Sebagai contoh disini penulis menggunakan Sandal sebagai produk yang akan dibeli, anda juga dapat menggunakan pengaturan yang tersedia pada bar samping kanan untuk menentukan ukuran yang benar-benar sesuai dengan pembeli. Namun apabila masih merasa tidak puas, anda dapat mengklik “TEMUKAN UKURAN SAYA” untuk mencari variasi yang sesuai dengan anda.

Beli Barang Zalora
  • Nantinya akan muncul jendela pilihan seperti pada gambar yang menanyakan Brand apa yang anda inginkan, pilihlah salah satu merek yang tersedia pada pilihan tersebut kemudian klik “LANJUT”.
  • Kemudian anda perlu menentukan kategori alas kaki yang dipakai, anda dapat memilihnya melalui pilihan yang tersedia. Jika sudah silahkan klik “LANJUT”.
  • Dan yang terakhir anda cuma perlu menentukan ukuran serta lebar menyesuaikan kaki anda pada produk yang akan dibeli. Apabila anda merasa kebingungan mengenai ukuran yang anda miliki silahkan untuk mencari informasinya di Internet.
  • Setelah itu akan ditampilkan hasil akhir dari ukuran serta jenis yang akan ditambahkan pada keranjang belanjaan dan diproses transaksi nantinya.

Lihat Juga : Panduan Berbelanja di Tokopedia

STEP 3 : Setelah anda setuju untuk membeli barang tersebut nantinya akan dialihkan menuju halaman pembelian transaksi yang menampilkan jumlah total harga yang akan anda bayarkan. Jika anda meras telah yakin akan produk yang dipilih silahkan klik “PESAN” untuk Checkout dan menuju halaman metode pembayaran.

Pesanan Checkout Zalora

STEP 4 :  Ini merupakan tahap akhir dimana anda sebagai pembeli menentukan metode pembayaran yang akan dipilih, seperti yang terlihat pada gambar telah tersedia berbagai macam pilihan Bank untuk digunakan dalam menyelesaikan proses transaksi akhir. Atau anda dapat melakukan COD atau bayar ditempat dengan menggunakan pilihan yang tertera pada Zalora.

Metode Pembayaran Zalora

Lihat Juga : Cara Belanja di Lazada

Kelebihan Zalora

Zalora merupakan gambaran dari toko fashion digital modern yang menggaet ratusan brand ternama sebagai salah satu mitra mereka dalam mengembangkan Zalora menjadi marketplace fashion terbaik. Hal ini dapat anda lihat pada desain tampilan layout Zalora yang tak terkesan berlebihan dan terlihat bersih tertata dengan rapi sehingga membuat pelanggan yang berbelanja di Zalora menjadi tertarik menghabiskan waktunya disana.  

Kekurangan Zalora

Jika kita berbicara mengenai kekurangan Zalora hal ini kembali kepada penilaian masing-masing personal. Namun menurut saya sendiri ada salah satu hal yang mengganggu, yaitu sistem pembayaran Zalora yang mana dikhususkan untuk pengguna sistem m-Banking Mandiri versi lama agar menggunakan konfirmasi manual dalam bertransaksi. Kemudian masalah mengenai lamanya pengiriman yang membutuhkan waktu kisaran 1-2 minggu sampai barang diterima ketangan pembeli.

Lihat Juga : Cara Belanja di AkuLaku, Bayar via Alfamart

Penutup,

Zalora merupakan tempat yang cocok bagi anda untuk berburu pakaian-pakaian modis serta fashion dengan trendi busana terbaru dengan harga yang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Marketplace ini sangat disarankan bagi anda yang hobi bergelut pada bidang fashion karena Zalora merupakan surganya gaya modern dalam seni berbusana. Namun bagi anda yang masih awam mengenai fashion tidak ada salahnya untuk mencoba Zalora sebagai pengalaman baru anda dalam berburu pakaian-pakaian modis yang keren dan trendy.

Apakah dapat berbelanja di Zalora menggunakan GO-PAY?

Ya tentu saja, Zalora menyediakan pembayaran via GO-PAY melalui aplikasi mobilenya.

Apakah Zalora mendukung pembayaran cash?

Ya anda dapat memilih metode pembayaran COD apabila ingin membayar secara cash.

Apakah pembeli dapat menarik uang refund yang dibelanjakan di Zalora?

Ya bisa, pembeli dapat menarik dana yang mereka belanjakan apabila terjadi refund. Untuk lebih lengkapnya silahkan akses link disini.

Apakah produk yang dijual Zalora dijamin keaslianya?

Ya, Zalora merupakan marketplace besar yang bersertifikasi resmi sehingga selalu menjaga keorisinilan barang dagang yang mereka jual.

Apakah kita dapat mencicil ketika berbelanja di Zalora?

Tentu saja, Zalora menyediakan sistem pembayaran yang dapat dicicil dengan bunga 0%.

Itulah sekilas informasi yang dapat saya berikan mengenai cara belanja di Zalora. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi calon ataupun pengguna baru Zalora. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba !!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. jeje berkata:

    fix…..ini membantu sekali…. terimakasih sudah di share kak!