Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Dianisa.com – Tips Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri dan Tidak Bisa Dibuka. Seperti yang kita tahu bahwa di era modern sekarang ini, kita bisa memainkan apa saja hanya dengan bermodalkan smart gadget. Dulu mungkin kita hanya bisa bermain game lewat playstasion, tapi sekarang kita bisa bermain game sepuasnya hanya dengan smartphone android.

Baca Juga :

Salah satu keuntungan bermain game di android adalah bisa bermain kapan saja dan dimana saja. Dan lebihnya lagi Google Play Store menyediakan ribuan game gratis yang siap untuk dimainkan. Jika anda bandingkan dengan OS lain, pasti OS Android akan lebih banyak menyediakan game.

Kenapa Game Android Saya Keluar Sendiri?

Disaat asyik – asyiknya seseorang bermain game, terkadang ada saja masalah yang datang tiba – tiba, “Game Android Keluar Sendiri” Ya, inilah masalah yang sering dihadapai para pengguna smartphone yang suka main game. Munculnya pesan error seperti Force Close tiba – tiba, Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti, “Unfortunately, Game Has Been Stopped”, dan lain – lainnya.

Penyebab Mengenai Game Android Keluar Sendiri

Aplikasi yang bersifat publik seperti Sosial & Messenger, Editor, dan Browser, itu berbeda dengan Aplikasi Game sehingga dapat dipastikan penyebab mengenai game yang keluar sendiri itu lebih banyak dibanding aplikasi lainnya. Lalu, seperti apa penyebab mengenai game android yang keluar sendiri? Berikut penjelasannya.

  1. Koneksi Internet Lambat/Terputus. Jika koneksi internet anda lemot saat sedang bermain game pasti rasanya akan sangat berat, hal ini berlalu pada game yang bersifat online. Dan jika sudah terasa sangat berat maka pada akhirnya game akan terhenti dan keluar dengan sendirinya. Tak hanya itu saja, jika koneksi langsung terputus, beberapa game online terkadang juga langsung keluar dengan sendirinya.
  2. Penumpukan Cache Yang Berlebihan. Setiap kali anda menjalankan aplikasi, entah itu game atau yang lainnya pastinya akan meninggalkan file cache di memori. Dan apabila file cache terus menumpuk dan tidak pernah dihapus maka game dan aplikasi tertentu pasti akan error dan keluar sendiri. Hal ini tidak berlalu pada game saja, tetapi berlaku pula pada aplikasi lainnya seperti BBM, Line, WhatsApp, Facebook, dan lain – lain.
  3. Game Versi Beta. Game yang masih dalam tahap uji coba tentu saja terkadang bisa mengalami masalah, bukan Karena smartphone android anda, tetapi karena memang game itu sendiri yang sedang error. Versi Beta terkadang masih banyak terjadi kesalahan atau bugs pada file – file game itu sendiri. Jadi harap maklum,
  4. Perangkat Tidak Kompatible. Game yang anda mainkan tidak cocok dengan perangkat anda, mungkin saja perangkat anda kurang canggih dengan kualitas hardware yang kurang mumpuni. Tak hanya dari segi hardware saja, dari segi software juga harus diperhatikan. Tidak semua game bisa dimainkan pada perangkat android dengan OS yang berbeda.
  5. OS Android Versi Jadul. Jika OS Android anda masih versi jadul (versi 2.3 kebawah) maka dapat dipastikan akan sulit dimainkan, jika anda menginstall game yang berat. Mungkin bisa terinstall tapi saat dimainkan akan serasa berat dan pada akhirnya akan force close tiba – tiba. Sebaiknya, sebelum menginstall game, anda bisa baca detail dari aplikasi game tersebut, bisa diinstall pada OS versi apa saja.
  6. Smartphone Telah Di Root. Beberapa pengguna android memang suka melakukan ROOT. Hal ini sudah menjadi kebiasaan para pengguna android. Salah satu keunggulan Root adalah bisa memaksimalkan penggunaan smartphone sesuai dengan keinginan pemiliknya. Dengan Root, game yang tidak bisa dimainkan, maka nantinya bisa dimainkan. Aplikasi yang tidak compatible, maka nantinya bisa compatible. Tapi dampak dari Root juga sangat besar, jika tiba – tiba game keluar sendiri maka jangan heran karena anda memang sudah melakukan root.
  7. Memori RAM Penuh. RAM Android yang penuh akan membuat aplikasi yang anda mainkan tertutup secara tiba – tiba, hal ini tidak berlaku pada game saja tetapi berlaku juga pada aplikasi lainnya. Jika misalnya anda bermain game online, kemudian anda juga membuka aplikasi Sosial messenger maka akan membuat RAM Android sibuk mengelola semua data yang masuk. Jika RAM Android anda memiliki kapasitas yang cukup besar, itu tidaklah masalah. Tapi jika RAM Android anda berkapasitas kecil maka akan jadi masalah.
  8. RAM Tidak Cukup. RAM yang penuh berbeda dengan RAM yang tidak cukup. RAM yang tidak cukup memang dari awalnya sudah tidak mencukupi untuk membuka game tersebut. Walaupun anda menutup semua aplikasi, tetap saja game tersebut tidak bisa dimainkan karena game tersebut membutuhkan kapasitas RAM yang harus melampaui RAM Android anda. Jika misalnya RAM Android anda berkapasitas 512MB atau bahkan dibawahnya, sedangkan game yang anda mainkan membutuhkan RAM dengan kapasitas RAM diatas 512MB. Lalu apa yang terjadi? Game tidak bisa dimainkan.
  9. Smartphone Terlalu Panas (Over Heat). Saat anda sedang asyik bermain game pasti akan lupa dengan kondisi smartphone saat itu juga. Smartphone yang panas dapat menyebabkan kerusakan hardware jika anda tidak menghentikan aktifitas yang anda lakukan. Anda bisa maklum jika game keluar sendiri, dan bahkan ada juga yang sampai mati karena smartphone terlalu panas.
  10. File Aplikasi Ada Yang Hilang/Rusak. Jika ada beberapa file aplikasi game yang error, rusak, atau hilang pasti akan membuat aplikasi tersebut berjalan tidak lancar. Hal ini mungkin saja disebabkan karena anda tidak pernah melakukan update pada game anda, tidak pernah melakukan scanning virus, dan tidak pernah menghapus cache android.

Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Dengan membaca beberapa penyebab diatas maka saatnya anda bisa mengatasinya sesuai dengan permasalahan yang sedang anda hadapi. Ada beberapa tips yang bisa anda coba dalam mengatasi game android keluar sendiri, dan berikut tips – tipsnya.

1. Aktifkan Koneksi Internet Anda

Jika sebelumnya game anda keluar karena koneksi internet yang lemot maka anda bisa putuskan dan hubungkan kembali koneksi internet anda. Carilah lokasi dengan kualitas sinyal yang bagus dan tidak terputus – putus. Jika tersedia area Wifi, coba anda hubungkan dengan WIfi yang anda, mungkin itu lebih cepat dibanding data internet anda.

Baca Juga :

2. Putuskan Koneksi Internet

Jika anda hanya bermain game offline maka anda tidak perlu mengaktifkan koneksi internet, sebaiknya anda putuskan koneksi internet agar RAM Android anda tidak penuh dan anda bisa bermain game secara leluasa.

3. Hapus Cache Game

Hal yang paling penting agar smartphone android anda tetap maksimal saat menjalankan game adalah membersihkan file sampah atau file cache pada perangkat Android anda. File sampah yang menumpuk pada memori Internal akan membuat performa smartphone menurun. Selain itu, membersihkan file sampah juga akan membuat Game terhindar dari force close dan macet tiba – tiba. Untuk membersihkan file cache game, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Paksa Berhenti Dan Hapus Data

Selain membersihkan file sampah, anda juga bisa melakukan hapus data pada Game android anda. Cara ini akan membuat game kembali pada posisi default, layaknya baru menginstall game baru. Namun sayangnya, semua file history dan bookmark game anda akan kembali pada posisi awal. Semua cache dan basis data juga akan terhapus. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Update Game

Sudah berapa lama anda tidak meng-update game anda? Update game tidak hanya mendapatakan fitur terbaru saja, tetapi kerusakan atau bugs yang ada di game tersebut juga akan diperbaiki. Untuk itulah anda perlu melakukan update pada game android anda agar nantinya game tidak keluar sendiri dan tidak menampilkan pesan pop up error.

6. Uninstall Game

Jika dengan update game tetap tidak mengatasi permasalahan, maka uninstall saja game tersebut. kemudian anda unduh langsung melalui google play store. Tapi sebelumnya, pastikan dahulu cache dan data game sudah hilang semua agar nantinya proses pengunduhan dan pemasangan berjalan lancar. Untuk menghapus aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

7. Matikan Smartphone Android

Matikan smartphone android anda, kemudian cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan selama beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali Android anda. Dengan cara ini, semoga Android anda bisa normal dan bisa digunakan untuk bermain game.

8. Update OS Android

Jika OS Android anda tidak compatible maka anda harus update OS ke versi terbaru. Versi terbaru akan lebih menjamin dibanding versi jadul. Minimal OS Android anda sudah berada pada Kitkat, Lollipop, Marshmallow, atau yang terbaru saat ini.

Baca Juga :

9. Factory Reset

Cara ini memang sangat beresiko karena nantinya HP Android anda akan kembali ke pengaturan awal (Pabrik). Semua data aplikasi akan hilang, namun smartphone Android anda akan seperti baru layaknya dari toko. Sebelum melakukan factory reset atau hard reset, pastikan semua data penting anda telah anda backup. Dan untuk melakukan factory reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan menerapkan tips – tips diatas semoag nantinya game yang anda inginkan bisa anda mainkan kembali. Lakukan diatas sesuai dengan permasalahan anda, jangan melakukan semua tips karena hal itu terlalu banyak.

Jika nantinya tidak berhasil, maka terpaksa anda harus Lem Biru (Lempar Beli Yang Baru). Dan jika anda mau membeli HP Android yang baru pastikan spesifikasinya mumpuni untuk bermain game HD, 3D, atau semacamnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri, Force Close, dan Berhenti Tiba – Tiba, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!

Sumber Referensi : duniawp.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here