Tips Mengatasi Android Lemot Saat Main Game

Dianisa.comTips Jitu Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot Saat Bermain Game. Siapa sih yang tidak tahu tentang Game, semua pasti mengetahuinya. Game adalah salah satu hiburan alternatif yang di sukai oleh banyak orang, terutama anak kecil dan remaja baik itu perempuan ataupun laki – laki. Ribuan game siap di mainkan oleh para pecinta game atau yang di sebuat dengan GAMERS.

Baca Juga :

Salah satu kemudahan yang di tawarkan oleh OS Android ialah, banyaknya developers yang mengembangkan game khusus smartphone dan tablet Android sehingga membuat para gamers merasa senang. Google Play Store menyediakan ribuan game keren yang dapat anda unduh secara bebas dan gratis.

Di balik banyaknya game yang beredar, ada saja kendala yang sering di alami oleh para pecinta Game. Sering error dan lemot saat bermain game membuat gamers merasa sedih, marah, dan galau. Walaupun spesifikasi smartphone yang sangat baik dan dapat memainkan game kualitas HD tapi tetap saja bisa mengalami masalah yang sama. Perawatan smartphone yang kurang baik membuat game serasa lemot saat di mainkan, dan bahkan sering juga terjadi lag dan berhenti tiba – tiba.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar game yang anda mainkan tidak lemot lagi. Berikut adalah tips mengatasi smartphone android lemot saat bermain game.

#1. Optimalkan Smartphone Android Anda

Mengoptimalkan smartphone artinya memaksa smartphone android untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya. Cara ini terbilang cukup jitu karena dapat di pastikan smartphone akan lebih cepat dan lebih ringan saat di gunakan. Tapi kendala lain, baterai Android akan cepat habis karena semua aplikasi berjalan optimal. Jika umumnya beterai Android bisa bertahan 8 jam, maka bisa jadi baterai anda hanya bisa tertahan 6 jam atau 5 jam.

Untuk mengoptimalkan smartphone Android ada yang di root dan ada juga yang tanpa root. Sebaiknya pilihlah yang tanpa root agar tidak menghilangkan garansi produk smartphone Android anda. Gunakan Clean Master untuk mengoptimalkan atau mempercepat smartphone secara berkala. Anda bisa melakukan Booster 3 hari atau seminggu sekali.

Baca Juga :

#2. Bersihkan Cache Aplikasi

Setelah anda bermain game, membuka aplikasi, ataupun mengakses internet sebaiknya lakukan penghapusan cache dan history Android secara berkala. Tujuannya agar smartphone anda tetap bekerja optimal dan tidak ada penumpukan cache yang berlebihan.

Perlu anda ketahui bahwa cache atau history Android sangatlah menggangu dalam melakukan aktifitas tertentu di Android, entah itu bermain game ataupun membuka aplikasi lainnya. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan dalam menghapus cache aplikasi, cara pertama anda bisa lakukan satu persatu pada aplikasi yang anda inginkan (Manual), sedangkan untuk cara kedua anda bisa gunakan aplikasi yang di khusukan untuk membersihkan cache Android.

Salah satu pilihan terbaik dapat anda lakukan ialah, gunakan aplikasi tertentu agar anda tidak kerepotan menghapus satu persatu. Rekomendasi aplikasi cleaner terbaik yang bisa anda pasang dan gunakan adalah CCleaner dan Clean Master. 2 Aplikasi tersebut dapat membantu anda membersihkan cache dan history android dengan mudah dan cepat. Pilih 1 dari 2 aplikasi tersebut.

Baca Juga :

#3. Hapus Aplikasi Yang Jarang Di Gunakan

Apabila anda memasang aplikasi tapi jarang di gunakan, lebih baik hapus aplikasi tersebut. Tujuannya agar memori internal Android anda tidak penuh. Dan apabila aplikasi tersebut berjalan di belakang background maka RAM Android akan terasa penuh. Misalnya, aplikasi Sosial & Messenger seperti facebook, BBM, Whatsapp, ataupun Line.

Semua aplikasi tersebut berjalan di belakang background dan apakah anda menggunakan semuanya. Jika tidak, sebaiknya hapus saja agar tidak menghalangi RAM untuk memberikan separuh memorinya untuk bermain game. Jika anda menghapus aplikasi facebook, anda tetap bisa mengaksesnya melalui peramban web. Hal ini lebih efisien untuk menghemat memori.

Baca Juga :

#4. Jangan Menginstall Banyak Game

Walupun anda telah menghapus aplikasi lain, bukan berarti anda bisa menginstall game sebanyak – banyaknya. Semua itu juga akan berpengaruh pada memori Android (Internal dan Eksternal) dan RAM Android anda. Game itu lebih berat dari aplikasi Sosial & Messenger, seperti PES atau COC memiliki ukuran yang besar dan butuh RAM yang besar pula.

Untuk itulah sebaiknya anda memilih game yang anda sukai saja, jika bosan, hapus dan ganti dengan game lain. Hal ini bertujuan agar memori anda tidak penuh karena game. Paling banyak anda bisa install 5 atau 6 game berat, jika smartphone android anda cukup mumpumi, anda bisa install 10 sampai 20 game.

#5. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Live wallpaper atau wallpaper bergerak dapat memakan RAM Android. Untuk itulah sebaiknya anda ganti dengan wallpaper gambar biasa saja. Jika di lihat dari segi tampilan memang sangat keren tapi jika di lihat dari performa akan menghambat permainan game anda.

Tetapi jika android anda kelas mahal dengan spesifikasi yang sangat baik tentunya tidak masalah jika anda pasang. Anda bisa pikirkan sendiri bagimana caranya agar RAM Android tidak penuh dan bisa memaikan game tanpa lemot.

#6. Hapus Tema Android

Jika anda perhatikan tema android memang bermacam – macam dan pastinya anda ingin memasangnya. Jika RAM Android anda memiliki ruang yang cukup besar, itu tidaklah masalah, tapi jika sebaliknya maka itu jadi masalah.

Jika sebelumnya anda menginstall tema Android, sebaiknya hapus tema tersebut. Tujuannya agar RAM Android benar – benar memiliki banyak ruang kosong sehingga permainan game lancar dan tanpa halangan. Apa tema Android yang anda pasang? Hola Launcher atau Nova Launcher. 2 launcher tersebut memang memiliki tampilan yang keren, tapi ternyata itu dapat memakan RAM cukup banyak, saya telah membuktikannya sendiri.

Kesimpulannya, jika anda ingin permainan game anda tetap lancar, kurangi penggunaan RAM dan Memori Android anda. 2 hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada aplikasi dan game. Jika aplikasi yang anda install sedikit maka RAM dan Memori juga sedikit.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot Saat Main Game, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan dengan tips lain, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here