8+ Cara Mengatasi Mobile Legends Error, Macet, Keluar Sendiri

Dianisa.com – Mengatasi Mobile Legends Error, Macet, Keluar Sendiri. Mobile Legends: Bang Bang adalah arena game online multiplayer game mobile yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game ini dirilis di seluruh dunia untuk Android pada tanggal 14 Juli 2016 dan kemudian untuk iOS pada tanggal 9 November 2016.

Mobile Legends:Bang Bang adalah Game Pertarungan Multiplayer Online yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis-basis. (Sumber: Wikipedia.org)

Masalah GAME

Mengatasi Mobile Legends Error & Force Close

Terkait mengenai Game Mobile Legends, mungkin sudah banyak para pengguna Android yang memainkan game ini.

Jujur, sebenarnya saya tidak pernah memainkan Game ini, hanya saja ada sebagian pengguna yang mendapati masalah bahwa Game sering terjadi macet, error, keluar sendiri, dan bahkan muncul pesan error bertuliskan Sayangnya, Mobile Legends Telah Berhenti.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah – masalah tersebut, mari kita simak metodenya berikut ini.

1. Hapus File Temporary

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba untuk membersihkan file temporary atau file sampah pada Game tersebut dan juga pada Aplikasi lainnya. Gunakan Aplikasi Cleaner bawaah atau pilihan anda untuk membersihkannya.

Hapus Cache Mobile Legends

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Mobile Legends” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Paksa dan Hapus Data Game

Selanjutnya, untuk yang kedua, anda bisa menghentikan dan menghapus data Game Mobile Legends. Menghapus Data yang dimaksud disini adalah file cache, history, basis data, data login, dan lainnya. Adapun selanjutnya setelah hapus data, anda bisa buka dan login kembali pada game yang anda mainkan tersebut.

Dan untuk menghapus data aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Data Mobile Legends

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Mobile Legends” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Update Game

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk Update Game. Ini anda lakukan agar semua bugs dan kerusakan yang terjadi pada Game Mobile Legends bisa hilang dan game bisa anda mainkan kembali.

Untuk update, anda bisa melakukan melalui Google Play Store atau untuk iPhone bisa melalui Apps Store. Untuk update di HP Android, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Update Game Mobile Legends

  • Buka Google Play Store » Aplikasi & Game Saya » cari “Mobile Legends” » tap “Update” dan “Terima”.

4. Install Ulang Game

Dan untuk yang terakhir, anda bisa Install Ulang game Mobile Legends yang anda miliki tersebut. Pertama, hapus Game tersebut, lanjutkan dengan Membersihkan File Temporary. Kemudian anda restart perangkat Android anda.

Dan setelah itu, barulah anda coba install kembali game Mobile Legends via Google Play Store. Dan untuk penghapusan, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstall Mobile Legends

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Mobile Legends” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Jangan Lupa Cek Konektivitas Internet

Koneksi Internet yang cepat tentu menjadi unggulan saat bermain Game Online, tidak hanya Mobile Legends, ini berlaku untuk game lainnya pula. Anda Sebagai pengguna tentu harus melihat seperti apa Kecepatan Internet Smartphone saat ini. Coba buka aplikasi yang sekiranya membutuhkan akses internet seperti YouTube atau Play Store.

Jika lancar maka tentu itu baik – baik saja, namun jika tidak maka anda perlu pastikan pula Paket Internet serta manfaatkan juga fitur mode pesawat terbang untuk memancing sinyal yang ada.

6. Gunakan Aplikasi Keamanan

Smartphone terbaru saat ini kebanyakan telah dilengkapi dengan fitur keamanan atau pengelola keamanan yang fungsinya selain melindungi smartphone juga menjadi opsi cepat dalam membersihkan file temporary pada memori Internal.

Tidak hanya itu saja, sebagian fiturnya juga dapat digunakan untuk melakukan Boost pada memori RAM yang tujuannya untuk mempercepat dan memaksimalkan jalannya aplikasi maupun Game. Penasaran bagaimana cara menggunakannya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporary lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

7. Game Sudah Tidak Kompatibel

Alasan lain bisa jadi Game Mobile Legends memang sudah tidak kompatibel dengan smartphone yang anda gunakan saat ini. Pengembangan game selalu ditingkatkan, baik dari segi grafis, performa, serta peningkatan fitur dan pengalaman. Hal ini tentu memaksa sebagian smartphone untuk tidak kebagian fitur atau pembaruan yang ada.

Untuk smartphone dengan sistem yang sudah cukup lama maka dipastikan sudah tidak kompatibel atau mungkin bisa terinstal namun tidak maksimal saat dijalankan, terkadang terjadi lag, macet, lemot, dan semacamnya.

8. Space RAM Yang Minim

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah space RAM yang minim, mungkin dibawah 2 GB. Space RAM yang 2 GB saja masih merasa kurang maksimal, apalagi yang dibawah 2 GB, tentu menjadi hambatan tersendiri. Solusinya adalah dengan membatasi aplikasi atau game lain, bisa dengan menonaktifkan atau menghapusnya.

Dengan begitu, aplikasi lain tidak akan mengambil space RAM pada latar belakang.

Akhir Kata

Sedikit tambahan tips, agar permainan Game anda bisa lebih maksimal, pastikan anda berada pada tempat dengan kekuatan sinyal yang baik agar tidak terjadi Lag ataupun Macet. Selain itu, matikan data pada beberapa aplikasi yang tidak anda gunakan agar Data Internet lebih fokus pada Game yang anda mainkan tersebut.

Dan jangan lupa, rutinkan untuk melakukan scanning file temporary pada Internal, eksternal, dan memori RAM agar performa smartphone tetap maksimal.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait Masalah Aplikasi Android, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 32 Comment

  1. Raia berkata:

    Hp saya ssung note 3 tidak bisa loading hanya sampai ui advertisment lalu tidak meresppn

  2. Ravenclavin26 berkata:

    Hp saya LG Q6+ ram 4gb pke snapdragon 425, dlu main gak pernah ngecrash tpi skrg kok crash terus, sudah saya instal ulang aplikasinya tpi ttp gak bisa, gimana dong?

  3. Chris berkata:

    Knpa saat ini mbl tidak bsa dibuka sama skli?, ,notification terjadi kesalahan mohon coba kembali bbrap menit lagi, padahal sdh dihapus download lagi dan sdh update android sya.

  4. Danille Marcial berkata:

    Hello, Thanks For Sharing

  5. Gaplex berkata:

    Bang,saya pakai HP OPPO a3s ram 2 / 16 kok kalo main ml suka macet trs restart sendiri hp nya… mohon solusi nya.