14 Tips Memilih Laptop Yang Bagus

Di bawah ini terdapat beberapa tips untuk memilih laptop yang bagus dan berkualitas

Tidak terasa perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya aktivitas dan pekerjaan saat ini telah digantikan oleh perangkat komputasi yang mampu berjalan secara otomatis. Contoh sederhananya yaitu laptop, melalui perangkat ini Anda bisa melakukan berbagai hal seperti menyelesaikan pekerjaan kantoran, melakukan meeting online, akses informasi tak terbatas, sampai digunakan sebagai sarana hiburan penghilang dikala penat.

Banyaknya jenis merek laptop yang tersedia sekarang ini, telah membuat sebagian masyarakat merasa kesulitan dalam memilih laptop yang bagus dan berkualitas. Mengingat ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Tidak hanya dari segi harga saja, namun Anda perlu juga mengetahui spesifikasi dan keunggulan apa yang Anda dapatkan dari laptop pilihan tersebut.

Lihat Juga : 10 Fungsi dan Manfaat Laptop

Tips memilih laptop yang bagus

Kebingungan dalam memilih sebuah laptop memang suatu hal yang wajar, apalagi bagi Anda yang masih pemula atau mungkin baru pertama kali membelinya. Maka dari itu , di sini kami akan memberikan sedikit tips yang direkomendasikan oleh ceklist.id dalam menentukan laptop yang bagus sesuai kebutuhan, agar nyaman saat digunakan beraktivitas dan pastinya awet hingga bertahun-tahun.

1. Tentukan jenis laptop

Manfaat Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebelum Anda membeli sebuah laptop, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan jenis laptop terlebih dahulu. Saat ini ada banyak sekali laptop yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya seperti laptop yang difungsikan hanya untuk melakukan pekerjaan kantoran atau mungkin laptop gaming yang khusus digunakan untuk bermain game. Tentu setiap jenis laptop memiliki harga yang berbeda tergantung spesifikasi yang Anda inginkan.

Ketika Anda bertanya, mengapa kami menyarankan untuk menentukan jenis laptop dahulu? Karena jika Anda ingin membelinya, maka Anda juga harus memiliki tujuan membeli laptop tersebut untuk keperluan apa. Apakah untuk keperluan produktivitas? Atau mungkin hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja? Katakanlah jika Anda seorang pelajar SMA/K, memilih laptop dengan spesifikasi standar pun sudah lebih daripada cukup untuk kegiatan belajar.

2. Memilih sistem operasi

Fungsi Sistem Operasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Apabila Anda telah menentukan jenis laptop yang digunakan nantinya, tips berikutnya yaitu memilih sistem operasi. Ada banyak sekali sistem operasi yang tersedia di internet, akan tetapi saat ini ada dua sistem operasi yang paling diminati oleh sebagian besar pengguna laptop / komputer, yaitu Windows dan macOS. Kedua sistem operasi ini memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda, mulai dari segi tampilan hingga kinerja sistem, jadi sangat penting untuk Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Jika Anda masih pemula dalam mengoperasikan laptop, kami sarankan memilih Windows sebagai sistem operasi Anda. Karena Windows merupakan sistem operasi yang bersifat user friendly dan paling fleksibel dibandingkan dengan macOS yang membutuhkan waktu dalam memahami cara pengoperasiannya. Di samping itu juga, harga yang ditawarkan laptop yang menggunakan Windows pun juga lebih terjangkau daripada macOS.

Lihat Juga : 17 Penyebab dan Ciri – Ciri VGA Laptop Rusak

3. Cek spesifikasi laptop

Perbedaan SSD dan HDD
Sumber Gambar : jagoanhosting.com

Kemudian hal yang tidak kalah penting dari sebelumnya dalam memilih laptop yang bagus adalah mengecek spesifikasi laptop. Pada dasarnya laptop yang berkualitas pasti memiliki spesifikasi yang bagus juga, jadi Anda harus teliti saat memilihnya dan jangan terkecoh dengan harga yang ditawarkan. Anda perlu berhati-hati karena laptop yang mahal belum tentu memiliki spesifikasi yang tinggi.

Lalu bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop yang bagus? Cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan deskripsi yang tertera pada laptop dan melakukan perbandingan spesifikasi dengan merek laptop lainnya. Jika Anda merasa kebingungan, di bawah ini kami paparkan tiga jenis perangkat keras yang wajib Anda perhatikan dalam memilih laptop yang bagus. Di antaranya sebagai berikut:

Jenis dan ukuran Penyimpanan

Perlu diketahui bahwasanya laptop memiliki 2 jenis media penyimpanan, yaitu HDD dan SSD. Kedua penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di mana HDD mempunyai kapasitas yang besar dan harga yang ditarif pun cukup terjangkau. Sedangkan SDD, meskipun harganya mahal tetapi menawarkan kecepatan read /write sistem yang tinggi. Maka dari itu, tidak mengherankan jika laptop keluaran terbaru saat ini kebanyakan sudah dibekali dengan media penyimpanan SSD agar performa laptop lebih cepat dan optimal.

Kapasitas RAM

Tidak hanya media penyimpanan saja, Anda juga harus memperhatikan soal kapasitas RAM yang digunakan pada laptop, terutama bagi Anda yang menginginkan kecepatan respon sistem. Karena semakin besar RAM yang dimiliki suatu laptop, maka semakin cepat juga laptop tersebut saat digunakan. Katakanlah Anda seorang gamer, maka disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 8 GB atau di atasnya lebih baik. Namun jika Anda hanya menggunakan laptop sebatas melakukan pekerjaan ringan seperti menjalankan Microsoft Office, kami rasa RAM dengan ukuran 4 GB sudah lebih daripada cukup.

Processor

Ketika Anda menginginkan performa laptop yang optimal dan berkualitas, maka Anda juga harus mempertimbangkan Processor yang digunakan oleh laptop tersebut. Mengingat Processor ini sangat berpengaruh besar pada kinerja laptop. Semakin tinggi core pada laptop Anda, maka semakin bagus performa yang dihasilkan dan harganya juga semakin mahal. Namun ini semua juga tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna laptop. Apabila Anda hanya mengoperasikan laptop untuk pekerjaan yang ringan, sebaiknya Anda memilih Core i5 ke bawah.

Lihat Juga : 15 Cara Mengganti Wallpaper Laptop

4. Pilih ukuran dan bentuk laptop

Mempersiapkan Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Setiap merek laptop memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Sangat penting untuk memilih ukuran laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena ini juga berpengaruh pada tingkat keefektifan perangkat. Umumnya laptop memiliki ukuran dari 11 inci hingga 17 inci dan beratnya bisa mencapai 1-2 kg. Bagi Anda yang lebih memprioritaskan portabilitas, sebaiknya Anda pilih laptop yang ukurannya kecil, ringan dan compact. Contohnya cari laptop yang memiliki ukuran layar minimal 13 inci dengan berat antara 1-1.5 kg. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya dengan mudah, apalagi saat dibawa bepergian.

5. Daya tahan Baterai

Melepas Baterai Laptop

Sejalan dengan spesifikasi laptop yang Anda pilih, Anda juga harus memperhatikan daya tahan baterai laptop yang Anda gunakan. Jangan sampai, Anda telah memilih laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi namun ketahanan baterainya cukup rendah. Disarankan Anda melihat peringkat baterai dalam Wh (Watt-hour) atau mAh (Milliamp-hour), semakin besar angka tersebut, maka semakin lama juga baterai dapat bertahan.

6. Kelengkapan konektivitas

Membersihkan Port USB
Sumber Gambar : unsplash.com

Di samping itu juga, pastikan laptop yang Anda pilih nantinya memiliki konektivitas yang lengkap. Misalnya seperti Port USB, LAN, HDMI/VGA, CD ROM hingga Port Audio. Semua konektivitas tersebut pastinya akan sangat berguna di waktu tertentu.

Lihat Juga : 10 Cara Membuat Password di Laptop Windows

7. Perhatikan kualitas keyboard dan touchpad

Mengatasi Black Screen Windows
Sumber Gambar : unsplash.com

Tips selanjutnya yaitu melihat kualitas keyboard dan touchpad yang digunakan. Mengapa ini perlu dilakukan? Karena jika Anda ingin melakukan banyak aktivitas di depan layar laptop, pastikan Anda memilih keyboard dan touchpad laptop yang mempunyai umpan balik sentuhan solid agar nyaman digunakan dalam waktu lama. Selain itu Anda juga bisa memilih keyboard yang memiliki lampu. Ini akan bermanfaat ketika Anda menggunakan laptop di lingkungan yang memiliki pencahayaan yang kurang memadai.

8. Sesuaikan budget Anda

Sesuaikan Budget Memilih Laptop
Sumber Gambar : twitter.com

Tips tambahan lainnya yaitu menyesuaikan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memilih laptop dengan spesifikasi yang tinggi, jika Anda hanya mempunyai budget yang minim. Jadi tidak ada masalah jika Anda memilih laptop sesuai kebutuhan dan budgeting, daripada memaksakan keadaan finansial yang akan merugikan Anda. Saat ini ada banyak sekali merek laptop yang menawarkan harga terjangkau dengan spesifikasi yang cukup memadai, Anda hanya perlu mencarinya dengan teliti.

Lihat Juga : 15 Cara Menghidupkan Laptop

9. Merek / brand laptop

Kelebihan Kekurangan Search Engine
Sumber Gambar : unsplash.com

Kemudian berkualitas atau tidaknya sebuah laptop juga bisa ditentukan dari latar belakang perusahaan yang memproduksinya. Pasalnya nama merek juga termasuk bagian laptop pilihan Anda menjadi bernilai. Deretan merek laptop yang terpopuler saat ini di antaranya: Apple, Asus, Acer, Dell, Lenovo, dan lainnya. Tentunya setiap produsen laptop memiliki keunggulannya masing-masing, jadi Anda perlu melihat spesifikasinya secara detail. Jika diperlukan, Anda bisa membuat perbandingan antara beberapa laptop pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

10. Kunjungi tempat pembelian

Mengunjungi Tempat Beli Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Setelah Anda memahami semua poin-poin yang kami berikan di atas, maka langkah terakhir yang Anda lakukan yaitu mengunjungi tempat pembelian. Pastikan Anda membelinya di toko laptop resmi yang bermerek atau mungkin memesannya langsung melalui situs web produsen. Jika sudah menemukannya, baca terlebih dahulu spesifikasi di setiap halaman dengan memperhatikan kebutuhan Anda.

Dan tidak lupa juga, perhatikan garansi yang diberikan terhadap laptop tersebut, karena laptop juga bisa diukur dari lama garansinya. Semakin lama garansi yang diberikan oleh pihak produsen kepada pembeli, tentunya akan semakin bagus. Lalu pastikan juga laptop yang Anda pilih memiliki lokasi service center yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Reset Laptop ke Pengaturan Awal

Penutup,

Memilih sebuah laptop memang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Anda harus memperhatikan banyak hal agar tidak menyesal saat laptop tersebut telah menjadi milik Anda. Semoga dengan beberapa tips di atas dapat membantu Anda melakukan pertimbangan dalam memilih laptop yang bagus dan berkualitas. Jika ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot?

Laptop yang lemot biasanya terjadi ketika perangkat keras tidak memadai (Baik dari segi RAM, Hard disk, Processor, atau VGA). Kemudian terlalu banyak menginstall program dan melakukan aktivitas multitasking juga bisa berdampak pada kinerja laptop semakin lambat.

Apa saja software yang perlu di install saat pertama kali menggunakan laptop?

Sebenarnya menginstall sebuah software pada laptop tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna, namun biasanya ada beberapa software yang disarankan untuk dipasang terlebih dahulu. Misalnya seperti Microsoft Office, software editing foto / video, web browser, dan game (jika Anda suka bermain game).

Bagaimana tips merawat laptop agar awet?

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan ketika ingin merawat laptop agar bertahan hingga 5 tahun ke atas. Misalnya seperti membersihkan setiap bagian laptop secara berkala, istirahatkan sejenak jika suhu laptop mengalami peningkatan (overheat), hindari kebiasaan menaruh laptop di tempat yang rawan (sempit, berair, lembap, dan lainnya), disarankan untuk melakukan charging sebelum baterai laptop habis, serta gunakan fan pendingin laptop agar suhu tetap stabil.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator
  2. 10 Cara Membuka Gambar WebP di PC, Laptop, HP

    Berikut cara mudah membuka gambar WebP di PC, laptop, dan HP yang dapat Anda coba ikuti!
  3. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022