Spesifikasi Nokia 6
Sumber Image : Digit

Dianisa.com – Spesifikasi Nokia 6. Pasti dikalangan pengguna HP atau smartphone tidak asing lagi dengan merek satu ini, ya Nokia, terkenal dengan bodi yang sangat kuat sampai peluru pun tak menembusnya. Kini Nokia kembali menghadirkan HP atau smartphone terbaru miliknya yang tentunya juga tangguh, yaitu Nokia 6. Nokia 6 merupakan Smartphone Android Nokia yang dirilis oleh HMD Global di tahun 2018. HMD Global Oy sendiri adalah perusahaan Finlandia yang berafiliasi dengan Nokia. Sejak beroperasi mulai Desember 2016, perusahaan ini mengembangkan sekaligus memasarkan perangkat telepon seluler dan telepon pintar dengan merek “Nokia” melalui kesepakatan lisensi.

Baca Juga :

Menghadirkan Nokia 6 terbaru, HMD menawarkan fitur lebih canggih dan desain elegen dibandingkan dengan versi sebelumhya atau generasi Nokia 6 pertama. Untuk performa yang diberikan cukup baik dan lebih cepat dibanding sebelumhya, karena ditenagai chipset generasi terbaru dan menggunakan sistem operasi android. Namun ada uang ada kualitas, harga Nokia 6 2018 ini sedikit lebih mahal dibanding smartphone seri sebelumnya.

Beberapa waktu lalu dikabarkan jika Nokia sudah tidak mampu bersaing dengan vendor smatphone lainnya. Salah satu penyebabnya, karena sistem operasi yang digunakan oleh Nokia. Pada awalnya, smartphone buatan nokia dijalankan oleh sistem operasi berbasis windows phone. Akan tetapi, pemilihan sistem operasi tersebut tidak terlalu diminati oleh kalangan masyarakat luas. Nokia kalah bersaing dengan smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android. Hal ini terbukti dengan berkurangnya smartphone Nokia yang beredar di pasaran bahkan terkesan hilang. Padahal, Nokia ini sempat menguasai pasar smartphone Tanah Air di tahun 2000-an. Perusahaan handphone asal Finlandia itu sempat menguasai industri handphone dunia karena dikenal kuat dan banyak variasi handphone-nya.

Menyadari akan haal itu, kini Nokia akhirnya mulai mengikuti perkembangan jaman dan berlaih ke Android pada smartphone terbarunya. Tak hanya itu saja, Nokia juga menghadirkan inovasi dan spesifikasi smartphone terbarunya yang bisa dibilang kuat. Berikut spesifikasi Nokia 6 terbaru.
Untuk desain layar, Nokia 6 ini dibekali dengan Layar IPS berukuran 5.5 inci terpampang pada bagian depan smartphone ini. Layar tersebut menghasilkan kerapatan 403 ppi, karena memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Nokia juga melindunginya dengan kaca Corning Gorilla Glass 3, sehingga layarnya lebih kuat saat terkena benturan ataupun terjatuh.

Nokia juga mengubah desain tamppilanya untuk Nokia 6 terbatu ini. Nokia tidak lagi menyediakan tombol home. Oleh karena itu, sensor pemidai sidik jari berpindah ke bagian belakang dan dibawah layarnya terlihat sangat polos. Selain itu, Nokia 6 2018 dibalut bodi metal dengan desain simple dan elegan. Bodinya memiliki bentang panjang 148.8 mm, lebar 75.8 mm, dan ketebalan 8.2 mm. Sedangkan untuk bobotnya seberat 172 gram. Ponsel ini hadir dalam tiga warna, yakni Matte Black, Tempered Blue dan Silver.

Tak lupa juga dapur pacu dari smartphone ini, Nokia 6 terbaru ditenagai oleh chipset Qualcomm SDM 630 Snapdragon 630 yang berpadu dengan processor berkecepatan Octa Core 2.2 Ghz Cortex-A53. Processor tersebut mampu berkerja cepat saat dipakai bermain game berat dan menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Untuk mendukung itu semua, Nokia 6 juga didukung dengan baterai yang memilii daya tahan sangat baik dengan kapasitas 3000mAh dan juga karena dibuat dengan proses fabrikasi 14nm FinFet yang memungkinkan konsumsi daya baterai lebih rendah. Pada bagian pengolahan grafis juga sudah di tingkatkan, dari yang sebelumnya Adreno 505 (Nokia 6) menjadi Adreno 508 (Nokia 6 2018). Nokia 6 2018 memiliki 2 varian RAM, varian pertama memiliki RAM berukuran 3 GB sedangkan varian kedua memiliki RAM 4 GB. Untuk penyimpanan Nokia 6 terbaru ini menyediakan 2 opsi memori internal, yakni 32GB dan 64GB. Kapasitas penyimpanan ini masih dapat di tingkatkan dengan menggunakan microSD (hingga 256 GB) namun dengan mengorbankan slot SIM 2. Harga Nokia 6 tentu tergantung pada memori serta RAM yang disematkan padanya.

Itu tadi beberapa spesifikasi Nokia 6 terbaru, dengan semua keunggulannya, harga Nokia 6 terbaru dibanderol dengan angka yang cukup terjangkau. Harga Nokia 6 RAM 4GB/64 GB berkisar Rp 3,3 jutaan. Sementara harga Nokia 6 Ram 4GB/32 GB selisih tipis yakni sekitar Rp 3 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here