Pengertian Poster Adalah : Beserta Fungsi, Tujuan, Ciri – Ciri, dan Jenisnya!

Ketahui pengertian poster beserta fungsi, dan cara membuatnya dalam pembahasan berikut ini!

Pasti Anda sering kali menjumpai kertas yang berisi dengan gambar-gambar menarik, lengkap dengan kata-kata yang ada di dalamnya. Pada umumnya kertas tersebut ditempel di beberapa tempat umum seperti pasar, halte, mall, sekolah dan pusat keramaian lainnya. Nah kertas semacam itu, bisa Anda sebut dengan poster. 

Mungkin Anda bertanya-tanya sebenarnya apa isi dari poster tersebut, dan apa tujuan dari poster tersebut dipasang. Oleh karena itu, Anda dapat menyimak beberapa informasi lebih dalam mengenai poster tersebut pada pembahasan di bawah ini. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara membuat poster yang benar, agar Anda tidak perlu merasa khawatir ketika ingin membuat poster namun tidak tahu bagaimana caranya.  

Ringkasan 

  • Poster adalah suatu pemberitahuan atau iklan berupa gambar atau tulisan yang berisi ajakan atau permintaan untuk melakukan sesuatu. 
  • Poster memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi dan membuat pembaca tertarik dengan informasi yang ada dalam poster tersebut. 
  • Tujuan poster yaitu untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat. Serta membuat produk dan jasa lebih mudah dikenal oleh kalangan luas. 
  • Poster biasanya berisi kalimat-kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Disertai dengan slogan, gambar, dan pilihan warna yang menarik. 

Lihat Juga : 150 Stiker WA Lucu, Ngakak, Bisa Bergerak, Viral!

Pengertian Poster Adalah 

Pengertian Poster
Sumber Gambar : fotor.com

Poster adalah suatu pemberitahuan atau iklan berupa gambar atau tulisan yang berisi ajakan atau permintaan untuk melakukan sesuatu. Biasanya poster tersebut dipasang di dinding atau di tempat umum yang sering dilalui banyak orang sehingga mudah dibaca. 

Poster juga memiliki arti lain yaitu merupakan media yang menginformasikan kepada masyarakat umum tentang suatu ide, gagasan atau isu-isu penting. Selain itu, poster juga merupakan karya seni yang dibuat dari desain grafis yang berisi teks, gambar, yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens. 

Poster pada umumnya dipasang pada bahan datar seperti dinding atau permukaan datar lainnya. Poster juga berisi warna dan gambar yang mencolok serta di dalamnya terdapat kalimat dalam bentuk slogan. Namun, tidak hanya dalam bentuk media cetak saja, saat ini poster juga banyak digunakan dalam bentuk digital. 

Lihat Juga : 10 Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator 

Pengertian Poster Menurut Para Ahli 

Agar Anda dapat memahami lebih dalam mengenai poster, Anda juga dapat menyimak beberapa pengertian poster menurut para ahli berikut ini:   

1. Pengertian Poster Menurut Sri Anitah  

Pengertian poster menurut Sri Anitah adalah gambar yang di dalamnya terdapat beberapa unsur visual seperti gambar, garis dan juga kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan secara ringkas. 

2. Pengertian Poster Menurut Azhar Arsyad 

Pengertian poster menurut Azhar Arsyad adalah sebuah media visual dua dimensi yang berisi gambar dan pesan tertulis singkat yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu yang bersifat khusus untuk mempengaruhi dan memotivasi orang yang melihatnya. 

3. Pengertian Poster Menurut Nana Sudjana 

Pengertian poster menurut Nana Sudjana adalah perpaduan visual antara desain, warna, dan juga pesan yang kuat. Poster juga bertujuan untuk menarik perhatian orang yang melihatnya dan membawa ide ke dalam ingatan orang yang melihatnya. 

4. Pengertian Poster Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, poster adalah media yang tersusun dari lambang atau kata yang sangat sederhana. Poster tersebut biasanya berisi anjuran atau larangan. 

Lihat Juga : 12 Fungsi, Manfaat, dan Tools Adobe Photoshop 

Fungsi dan Manfaat Poster 

Fungsi dan Manfaat Poster
Sumber Gambar : accuratesigns.net

Poster memiliki fungsi untuk membuat pembaca tertarik dengan informasi yang terkandung di dalam poster tersebut. Poster yang dibuat dengan warna, gambar dan kata-kata yang semenarik mungkin, diharapkan pembaca semakin tertarik dengan isi poster tersebut. 

Membuat iklan dengan poster juga biasanya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan media televisi atau radio. Selain itu, pembaca juga bisa lebih tertarget karena bisa ditempatkan di lokasi tertentu tergantung target pasar. Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah beberapa ciri-ciri poster yang dapat Anda pahami: 

  • Poster memiliki fungsi utama yaitu untuk menyampaikan informasi. 
  • Sebagai salah satu media promosi untuk mengiklankan barang atau jasa.  
  • Sebagai wadah bagi para desainer untuk mengekspresikan kreativitasnya. 

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi 

Tujuan Poster 

Tujuan Poster
Sumber Gambar : primelightboxes.com

Jika fungsi dari poster itu sendiri adalah untuk menyampaikan informasi, maka poster juga harus memastikan bahwa pembaca memahami informasi yang disampaikan. Berikut ini adalah beberapa tujuan poster antara lain yaitu:  

  • Agar masyarakat menjadi lebih sadar akan tindakan atau peristiwa yang akan dilakukan. Misalnya, ada kegiatan bazar, perayaan kemerdekaan dan juga donor darah. 
  • Membuat produk atau jasa menjadi lebih dikenal dan dapat digunakan untuk komunitas yang lebih luas.  
  • Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan juga menjaga kebersihan lingkungan, misalnya seperti hemat air, memakai masker dll. 
  • Mengingatkan masyarakat untuk menghindari berbagai hal yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain. Misalnya berhenti merokok, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain-lain.  

Ciri – Ciri Poster 

Ciri-Ciri Poster
Sumber Gambar : framebridge.com

Sebagai salah satu media komunikasi, poster memiliki ciri-ciri yang dapat dijadikan sebagai pembeda dengan media komunikasi lainnya. Antara lain yaitu: 

1. Sederhana 

Poster diproduksi melalui proses yang sederhana. Baik dari segi tampilan maupun hiasan pada poster tersebut. Jika sebuah poster dibuat dengan bentuk yang rumit dan sulit untuk dipahami khalayak, berarti poster tersebut masuk dalam kategori poster yang tidak bisa menyampaikan pesan yang dimaksud. 

Oleh karena itu, ciri sederhana inilah yang pada akhirnya membuat orang yang melihatnya secara sengaja atau tidak sengaja, dapat lebih mudah untuk memahami pesan dari poster tersebut.  

2. Berisi ide dalam mencapai tujuan 

Ciri-ciri poster berikut mengilustrasikan sebuah gagasan atau ide. Jika salah satu dari ide-ide tersampaikan, maka tujuan utama poster dapat tercapai. Contohnya untuk alasan kesehatan agar terhindar dari bakteri. Poster yang dibuat menyajikan orang-orang yang mencuci tangan menggunakan sabun, dan hal-hal lain yang mewakili kebersihan. Ide dan tujuannya adalah untuk memungkinkan orang untuk hidup bersih.  

3. Memiliki warna / tidak polos 

Idealnya tampilan poster selalu berwarna. Di mana warna-warna yang disajikan dipadukan secara kreatif. La tersebut tentu saja bertujuan untuk membuat orang-orang tertarik melihatnya. Misalnya ketika Anda melihat poster yang tidak berwarna, atau berisi tulisan yang hanya berwarna hitam putih. Tentu, poster tersebut akan sulit untuk menarik perhatian dari masyarakat karena tidak memiliki keunikan tersendiri dan terkesan membosankan untuk dibaca.  

4. Memiliki semboyan atau slogan 

Poster biasanya memiliki kata-kata yang menjadi semboyan atau slogan. Biasanya hal tersebu terlihat jelas dalam kata-kata yang disajikan. Akan aneh jika poster itu tidak memiliki slogan. Karena slogan lebih menekankan pada pesan yang disampaikan. Sehingga dengan slogan ini, pesan akan mudah tersampaikan ke pembaca yang melihatnya.  

5. Penulisannya jelas 

Kejelasan tulisan pada poster itu wajib. Karena jika tulisannya tidak jelas, pesan yang disampaikan juga sulit dipahami. Oleh karena itu, penjelasan yang sangat singkat dan tidak berbelit-belit juga diperlukan dalam sebuah poster. Karena secara umum, penjelasan tertulis dalam poster dirancang semenarik dan semudah mungkin untuk dipahami para pembacanya. 

6. Memiliki tujuan pembuatan 

Pembuat poster tentu memiliki motif atau tujuan yang ingin dicapai. Tulisan yang dibuat tentu memiliki motif tertentu. Motif tersebut biasanya muncul sebagai ide. Kemudian ketika sudah menjadi sebuah ide, akhirnya diwujudkan melalui pengembangan desain visual yang diinginkan. 

7. Memiliki tulisan yang bervariasi 

Ciri-ciri terakhir dari poster adalah memiliki tulisan yang bervariasi. Desain poster visual dapat memiliki lebih dari dua atau tiga font. Faktanya, ukuran teks dari satu postingan bisa sangat bervariasi. Gaya penulisan yang sangat serba guna ini memiliki estetika tersendiri dan cukup mudah dipahami. 

Lihat Juga : Pengertian Layout Desain, Tujuan, dan Manfaat 

Jenis – Jenis Poster 

Jenis-Jenis Poster
Sumber Gambar : buildhollywood.co.uk

Jenis poster sendiri ada bermacam-macam, sesuai dengan isi dan juga tujuan pembuatannya. Di bawah ini adalah beberapa jenis poster yang dapat Anda ketahui, antara lain yaitu:  

1. Poster Berdasarkan Isi 

Berdasarkan isinya, poster dibagi menjadi empat jenis yaitu :  

A. Poster kegiatan 

Poster kegiatan adalah poster yang memuat informasi tentang kegiatan yang diselenggarakan agar banyak orang mengetahui tentang kegiatan tersebut. Poster ini juga bertujuan untuk membuat banyak orang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

B. Poster promosi 

Poster promosi adalah postingan yang berisi penawaran atau iklan untuk perusahaan.  

C. Poster pendidikan 

Poster pendidikan adalah poster yang berisi informasi yang dapat memberikan bimbingan atau edukasi kepada masyarakat.  

D. Poster layanan masyarakat 

Poster layanan masyarakat adalah poster yang memberikan informasi tentang layanan yang ditujukan untuk masyarakat, seperti posko kesehatan atau layanan masyarakat lainnya. 

E. Poster seni 

Poster seni merupakan poster yang berisi karya seni seseorang dan tidak semua orang dapat memahami makna dari poster tersebut.  

2. Poster Berdasarkan Tujuan 

Kemudian jika berdasarkan tujuannya, poster dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain yaitu: 

A. Poster kampanye 

Poster kampanye cenderung sering muncul selama masa pemilu. Tujuan poster ini adalah untuk mendapatkan simpati sebanyak mungkin dari masyarakat umum untuk memilih orang yang ada di poster tersebut. 

B. Poster propaganda 

Poster propaganda merupakan salah satu poster yang tujuannya untuk menggairahkan atau memotivasi masyarakat. Secara umum, poster ini bertujuan untuk membuat mereka bersemangat untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan dan orang lain. Selain itu, poster jenis ini juga bisa dikatakan sebagai poster yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain. 

C. Poster afirmasi 

Poster afirmasi adalah poster yang dirancang untuk memotivasi, dengan kalimat-kalimat yang dapat memengaruhi pemikiran para pembaca. 

D. Poster “Dicari” 

Poster ini adalah poster untuk menemukan orang atau benda yang Anda butuhkan. Misalnya ketika perusahaan sedang mencari karyawan, orang hilang, barang hilang, dan lain-lain. 

E. Poster komik 

Poster komik adalah poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik kepada masyarakat umum atau agar banyak orang tertarik untuk membacanya.  

F. Poster film 

Poster film adalah salah satu poster yang dirancang untuk mempromosikan film-film terbaru yang segera ditayangkan agar masyarakat tertarik untuk menontonnya. 

G. Poster “Cheescake” 

Poster ini adalah poster yang dibuat untuk menarik perhatian publik. Biasanya poster tersebut berisi foto-foto orang terkenal seperti penyanyi, artis, dll yang bisa menarik perhatian banyak orang. 

H. Poster promosi 

Poster promosi adalah poster yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga tidak heran jika poster jenis ini sering digunakan untuk kebutuhan bisnis.  

I. Poster penelitian 

Poster penelitian adalah poster yang tujuannya untuk menginformasikan kepada banyak orang tentang penelitian atau kegiatan penelitian. Umumnya, poster-poster ini sering kita jumpai di sekolah atau di kampus. 

J. Poster kelas 

Poster kelas adalah poster yang dirancang untuk memberikan informasi dan motivasi kepada siswa. Jenis poster ini dapat Anda jumpai di ruang kelas sekolah. 

Lihat Juga : Download GB WhatsApp Apk Terbaru 

Cara membuat poster yang benar 

Cara Membuat Poster
Sumber Gambar : kreafolk.com

Setelah mengetahui apa itu poster dan berbagai jenisnya, alangkah baiknya jika Anda juga dapat memahami bagaimana cara membuat poster yang baik dan benar agar poster yang dipasang dapat menarik minat masyarakat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat poster dengan baik dan benar.  

1. Menentukan topik dan tujuan poster terlebih dahulu 

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat poster adalah menentukan topik dan juga tujuan dari poster tersebut. Saat membuat poster untuk mempromosikan barang atau jasa, sebaiknya Anda melakukan pertimbangan sebanyak mungkin. Tidak ada salahnya melakukan riset terlebih dahulu, termasuk meminta bantuan desainer untuk membuat desain poster agar terlihat lebih menarik.. 

2. Memilih kalimat yang akan ditulis pada poster 

Kemudian cara selanjutnya yaitu memilih kata-kata yang tepat agar dapat menggambarkan dengan jelas tujuan poster. Jadi lebih baik jika Anda dapat memilih kalimat yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.  

Informasi atau promosi yang terlalu panjang dan rumit akan membuat pembaca malas membaca poster tersebut hingga selesai. Akibatnya, tujuan poster yang Anda buat tidak tersampaikan dengan baik. Sehingga penting bagi Anda untuk memilih bahasa yang singkat agar pesan yang disampaikan mudah dipahami. Sebaliknya, jika Anda ingin membuat poster iklan maka lebih baik jika Anda memilih kata-kata yang dapat memengaruhi pikiran pembaca. 

3. Menggunakan gambar yang menarik 

Anda juga perlu menggabungkan teks dan gambar dengan baik agar tampilan poster dapat menarik perhatian pembaca. Desain poster yang menarik dapat menciptakan dampak visual yang instan. Kemudian agar poster dapat menarik perhatian pembaca, maka hubungan antara gambar dan teks harus benar. 

4. Memilih media yang tepat 

Kemudian cara yang terakhir yaitu, tentukan media yang tepat untuk membuat poster. Misalnya seperti kertas, kain dan bahan pendukung lainnya. Pemilihan media untuk poster selalu bergantung pada di mana poster akan ditempatkan. Pastikan Anda memilih media yang tepat untuk lokasi penempatan poster Anda. 

Lihat Juga : Download GB WhatsApp Pro Apk 

Penutup

Berikut merupakan informasi mengenai poster yang Anda simak. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat membantu Anda untuk lebih mudah dalam memahami apa itu poster, apa saja fungsi, tujuan dan jenis-jenisnya. Serta Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara membuat poster yang benar yang dapat menarik perhatian banyak pembaca. 

Apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster?

Untuk dapat memudahkan Anda membuat poster, Anda dapat menggunakan aplikasi CorelDraw, Corel Photo Paint, Adobe Photoshop, Poster Designer, Canva, Microsoft Word, Poster Genius, Arcsoft, Lucid Press, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud poster digital?

Poster digital adalah poster yang dibuat melalui berbagai aplikasi desain grafis dan berbentuk dokumen digital.

Berapa ukuran untuk membuat poster?

Ukuran membuat poster pada umumnya yaitu menggunakan kertas A3. Namun Anda juga dapat menyesuaikan dengan desain yang telah Anda buat. Misalnya seperti A4, A2, atau B2.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo UIN Walisongo Semarang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Walisongo Semarang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  2. Logo Universitas Bung Hatta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Bung Hatta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  3. Logo Universitas Bhayangkara Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Bhayangkara Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…