40 Jenis Ikan Cupang Beserta Definisi, Ciri – Ciri, dan Harganya

Ketahui jenis-jenis ikan cupang dan harganya dalam ulasan berikut ini!

Ikan cupang yang biasanya dikenal sebagai ikan betta merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling populer di kalangan pecinta ikan di seluruh dunia. Mempunyai keindahan yang menakjubkan dan perilaku unik, ikan cupang telah menjadi favorit di dunia hobi ikan. Dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi berbagai jenis ikan cupang yang ada, mulai dari yang paling umum hingga yang paling langka. Dengan memahami perbedaan dan karakteristik dari masing-masing jenis ikan cupang, Anda dapat memilih ikan cupang yang tepat dan sesuai preferensi, serta menciptakan aquarium yang menakjubkan.

Jenis-jenis ikan cupang dapat bervariasi dalam hal warna, bentuk sirip dan pola tubuh. Salah satu jenis yang paling terkenal ialah ikan cupang hias, yang dikembang biakkan secara selektif untuk menghasilkan warna yang sangat cerah dan sangat kontras. Memelihara ikan tersebut dapat mengurangi tingkat stres yang tinggi, tak jarang banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli jenis ikan, meskipun akan merogoh uang dengan jumlah yang besar.

Ringkasan

  • Ikan cupang atau ikan betta, mempunyai nama ilmiah yaitu Betta Splendens.
  • Ciri fisik dari ikan cupang yaitu memiliki tubuh kecil dan anggun karena adanya sirip yang indah.
  • Ikan cupang ialah spesies ikan cupang yang berasal dari daerah perairan air tawar di Asia Tenggara, terutama di bagian Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
  • Ikan cupang jantan mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan betina.
  • Beberapa jenis ikan cupang yaitu: plakat, kachen worachai, rose white platinum dragon, fancy, true purple, halfmoon, crowntail dan sebagainya.

Lihat Juga : 30 Jenis Ikan Hias Aquarium

Sekilas tentang ikan cupang

Ikan cupang solid
Sumber Gambar : masterfisch.ch

Ikan cupang atau ikan betta, mempunyai nama ilmiah yaitu Betta Splendens. Nama ilmiah ini mengacu pada spesies ikan cupang yang paling umum dijumpai dalam sebuah industri atau sentral ikan hias. Namun, penting untuk dicatat bahwa terdapat berbagai jenis spesies dalam genus betta, termasuk spesies-spesies lain seperti betta smaragdina, betta imbellis, betta mahachaiensis dan sebagainya. Beta splendens merupakan nama latin dari ikan cupang, ialah spesies ikan cupang yang berasal dari daerah perairan air tawar di Asia Tenggara, terutama di bagian Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Ciri fisik dari ikan cupang yaitu memiliki tubuh kecil dan anggun karena adanya sirip yang indah.

Ikan cupang sangat populer dan lebih dikenal oleh kalangan pecinta ikan hias karena akan keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Ikan cupang mempunyai beraneka ragam warna dan pola yang sangat memukau, termasuk warna tubuh seperti merah, biru, kuning, ungu, hijau hingga warna kombinasi yang terkesan mencolok. Selain warna yang menarik, ikan cupang tergolong unik karena perilaku yang dimilikinya, seperti agresif dan mandiri. Sehingga, hal tersebut dikatakan sangat mudah untuk memelihara ikan cupang, dan biasanya ikan cupang dipelihara sendirian tanpa ada teman dalam satu aquarium.

Ikan cupang sangat membutuhkan lingkungan aquarium yang sesuai agar tetap sehat dan bahagia, serta tidak mudah stres. Ikan ini biasanya membutuhkan air yang memiliki suhu hangat dan bersih, dengan dilengkapi dengan hiasan seperti tanaman hidup atau tempat persembunyian yang cukup. Selain itu, diet yang seimbang dan berkualitas juga tak kalah penting untuk menjaga ikan cupang supaya tetap sehat.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas ikan cupang telah berkembang pesat, baik sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai objek hobi dari para pecinta ikan hias. Beberapa dari pecinta ikan hias tertarik untuk mengumpulkan berbagai jenis ikan cupang dengan keindahan yang beragam. Melalui pemahaman yang lebih penting terkait jenis-jenis ikan cupang dan perawatannya secara tepat, tentu saja bisa menciptakan lingkungan yang ideal untuk memamerkan keindahan dan keunikan ikan-ikan cupang.

Lihat Juga : 15 Film Motivasi Terbaik

Perbedaan ikan cupang jantan dan betina

Ikan Cupang
Sumber Gambar : beritasumbar.com

Perbedaan dari ikan cupang jantan dan betina sangat mencolok, baik dari segi penampilan maupun perilaku. Berikut ini ialah beberapa perbedaan yang utama dari kedua ikan tersebut:

1. Ukuran dan bentuk tubuh

Secara umum, ikan cupang jantan mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan betina. Jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih anggun dan ramping, sementara betina cenderung kecil dan berbentuk lebih bulat.

2. Warna dan corak

Ikan cupang jantan sering kali mempunyai warna yang lebih cerah dan bercorak, serta lebih menonjol daripada betina. Jantan mempunyai sirip yang lebih panjang dan indah dengan warna-warna yang cukup mencolok. Sementara itu, betina mempunyai sirip yang lebih pendek dan warna yang terkesan sederhana.

3. Sirip ekor

Salah satu perbedaan yang paling mencolok ialah bentuk dan ukuran sirip ekor. Ikan cupang jantan mempunyai sirip ekor yang lebih panjang dan mengembang, sering kali yang ditemui yaitu berbentuk mahkota atau menjuntai. Sedangkan betina mempunyai sirip ekor yang lebih pendek dan rata.

4. Perilaku agresif

Ikan cupang jantan cenderung lebih agresif daripada betina. Mempunyai kecenderungan untuk berkelahi dengan ikan jantan lainnya membuat ikan ini sering dipelihara sendirian dalam aquarium.

5. Sarang busa

Hanya ikan cupang jantan yang memiliki kebiasaan untuk membangun sarang busa. Ikan jantan mengumpulkan gelembung-gelembung udara dan bahan-bahan seperti daun atau potongan-potongan tanaman di permukaan air untuk membentuk sarang busa sebagai tempat untuk meletakkan telur.

Lihat Juga : Harga Popcorn XXI Terbaru

Jenis-jenis ikan cupang

Berikut ini beberapa jenis ikan cupang beserta karakteristik dan harga dari setiap spesies yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Ikan cupang plakat

Ikan Cupang Plakat
Sumber Gambar : gdm.id

Ciri-ciri fisik dari ikan cupang plakat yaitu tubuh yang ramping, kepala yang proporsional, sirip lebih pendek dan dapat berbentuk bulat atau sedikit memanjang. Biasanya, jenis ikan ini mempunyai warna yang beragam dari warna solid seperti merah, biru, kuning hingga warna campuran atau corak seperti bicolor atau multicolor. Selain itu, cupang plakat juga memiliki sisik-sisik yang indah dan mengkilap di seluruh bagian tubuhnya.

Dari segi harga, ikan cupang plakat yang memiliki warna langka, corak unik dan tingkat keturunan yang tinggi harganya tentu bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, kisaran harga per ekor yaitu Rp 77 juta rupiah.

2. Ikan cupang kachen worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai
Sumber Gambar : harapanrakyat.com

Ciri-ciri fisik yang membedakan ikan cupang kachen worachai adalah tubuhnya yang kompak dan ramping dengan sirip-sirip yang panjang dan lebar. Ikan cupang ini mempunyai warna tubuh yang mencolok dan corak unik, corak tersebut dapat berupa belang-belang, marmer atau kombinasi warna yang sering ditemui pada kachen worachai antara lain merah, biru, kuning, putih, ungu dan hijau. Selain itu, ikan ini juga mempunyai sisik-sisik yang mengkilap berguna untuk memperindah penampilannya. Ikan cupang kachen worachai di pasaran dapat mencapai harga jual Rp 25,2 juta rupiah.

3. Ikan cupang rose white platinum dragon

Ikan cupang rose white platinum dragon
Sumber Gambar : medcom.id

Ikan cupang rose white platinum dragon dikenal sebagai betta splendens rose white platinum dragon ialah salah satu jenis ikan cupang hias yang langka. Ciri fisik ikan cupang rose white yaitu tubuhnya ramping dengan sirip yang memanjang dan mengembang. Ikan ini umumnya mempunyai warna dasar putih platinum yang cukup mencolok, memberikan kesan mewah dan elegan.

Selain itu, jenis ikan cupang ini mempunyai corak yang menyerupai seperti sisik naga yaitu pola berlekuk-lekuk dengan warna yang berbeda, seperti merah, biru, ungu atau kombinasi warna lainnya. Umumnya, harga ikan cupang rose white platinum dragon bervariasi sesuai dengan tingkat kelangkaan, keunikan, intensitas corak, keindahan sirip dan warna. Namun, ikan cupang seperti albino ini pernah terjual di pasaran seharga Rp 10,5 juta rupiah.

4. Ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy
Sumber Gambar : gdm.id

Salah satu ciri utama dari ikan cupang fancy adalah keanekaragaman warna dan pola pada tubuh dan siripnya. Mereka dapat memiliki kombinasi warna yang mencolok seperti merah, biru, hijau, kuning, putih, hitam, dan berbagai nuansa lainnya. Di pelelangan Thailand, ikan cupang fancy pernah terjual senilai Rp 10 juta rupiah dan di Indonesia terjual sekitar Rp 2 juta rupiah.

5. Ikan cupang true purple

Ikan cupang true purple
Sumber Gambar : fishlab.com

Ikan cupang true purple merupakan salah satu jenis ikan cupang yang sangat langka untuk ditemukan, karena warna tubuhnya yang lebih dominan ke warna ungu asli. Kebanyakan ikan memiliki warna yang kombinasi atau tidak selalu satu warna, melainkan ada beberapa warna yang menghiasi tubuhnya. Keunikan warna yang dimiliki oleh ikan cupang ini menyebabkan harga jual pun bisa mencapai ratusan juta rupiah di pasaran.

Lihat Juga : Fancy Text Generator

6. Ikan cupang halfmoon

Ikan cupang halfmoon
Sumber Gambar : hepper.com

Ciri-ciri fisik yang membedakan ikan cupang halfmoon adalah tubuh yang ramping dengan kepala yang proporsional. Yang paling mencolok adalah sirip ekor mereka yang besar, memanjang, dan membentuk setengah lingkaran. Sirip punggung dan sirip perut mereka juga bisa mengembang dengan indah, menciptakan tampilan yang elegan dan dramatis. Ikan cupang halfmoon memiliki berbagai macam warna, termasuk merah, biru, kuning, putih, hitam, ungu, dan warna-warna campuran. Harga ikan cupang halfmoon  dapat berkisar Rp 8 juta rupiah.

7. Ikan cupang crowntail

Ikan cupang crowntail
Sumber Gambar : japanesefightingfish.org

Ciri khas utama dari ikan hias crowntail adalah sirip ekor mereka yang panjang dan terbelah, dengan tepi yang bergerigi atau berduri. Sirip ini menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Selain itu, sirip punggung dan sirip perut mereka juga memiliki ciri khas yang serupa dengan tepi yang bergerigi. Warna dan pola tubuh ikan hias crowntail sangat bervariasi. Mereka dapat memiliki warna solid seperti merah, biru, kuning, putih, hitam, ungu, atau kombinasi warna yang mencolok.

Beberapa varietas crowntail juga memiliki pola seperti marmer atau corak lain yang menambahkan keindahan pada penampilan mereka. Ikan hias crowntail dengan warna yang langka, kontras yang tajam, dan sirip yang besar dan bergerigi sering memiliki harga yang lebih tinggi, ikan cupang jenis ini memiliki harga jual senilai Rp 14 juta rupiah.

8. Ikan cupang liar

Ikan cupang liar
Sumber Gambar : generasibiologi.com

Ciri-ciri fisik dari ikan cupang liar mirip dengan ikan cupang hasil domestikasi. Mereka memiliki tubuh yang ramping dan panjang dengan kepala yang proporsional. Sirip-sirip mereka bisa beragam, mulai dari sirip ekor yang panjang dan mengembang, hingga sirip yang lebih pendek dan berbentuk oval. Warna tubuh ikan cupang liar biasanya tidak secerah atau sevariatif seperti ikan cupang hasil domestikasi. Mereka cenderung memiliki warna yang lebih alami seperti coklat, hijau, atau keunguan.

Habitat alami ikan cupang liar meliputi sungai, rawa, dan parit dengan air yang mengalir lambat atau stasis. Mereka biasanya tinggal di antara tanaman air, akar pohon, dan daun-daun yang terapung di permukaan air. Suhu air yang ideal bagi ikan cupang liar berkisar antara 24-30°C dengan pH sekitar 6-7. Mereka juga membutuhkan air yang bersih dan baik kualitasnya.

9. Ikan cupang double tail

Ikan cupang double tail
Sumber Gambar : flickr.com

Ciri fisik yang paling mencolok dari ikan cupang double tail adalah adanya dua ekor yang terpisah dengan jelas. Biasanya, kedua ekor tersebut memiliki panjang yang hampir sama, sehingga menciptakan penampilan yang simetris. Beberapa ikan cupang double tail memiliki ekor yang panjang dan mengembang, sementara yang lain memiliki ekor yang lebih pendek dan berbentuk oval. Selain itu, bentuk tubuh dan sirip-sirip ikan cupang double tail dapat bervariasi, seperti sirip punggung yang lebih panjang atau sirip perut yang lebih besar. Harga jual mulai dari Rp 2 juta rupiah.

10. Ikan cupang giant

Ikan cupang giant
Sumber Gambar : hepper.com

Ikan cupang giant, juga dikenal sebagai Betta splendens Giant, adalah varietas ikan cupang yang memiliki ukuran yang lebih besar dari spesies ikan cupang lainnya, hasil dari seleksi genetik yang bertujuan untuk menghasilkan ikan cupang dengan ukuran yang lebih besar dan proporsi tubuh yang imposan. Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 7 hingga 10 cm, bahkan ada yang bisa lebih besar dari itu. Selain ukuran tubuh yang lebih besar, ikan cupang giant juga memiliki kepala yang lebih besar dan tubuh yang lebih tebal, memberikan tampilan yang mengesankan.

Ikan cupang giant memiliki variasi warna dan pola yang sama seperti varietas ikan cupang lainnya. Mereka dapat memiliki warna solid seperti merah, biru, kuning, hitam, atau kombinasi warna yang mencolok.

Lihat Juga : Cool Font Text Generator

11. Ikan cupang dumbo

Ikan cupang dumbo
Sumber Gambar : reddit.com

Ciri fisik yang paling mencolok dari ikan cupang dumbo adalah sirip punggung yang berukuran besar dan memanjang seperti telinga gajah. Sirip punggung mereka bisa mencapai ukuran yang lebih besar dan memanjang melebihi ukuran yang ditemukan pada varietas ikan cupang lainnya. Selain sirip punggung yang khas, mereka juga memiliki sirip-sirip lainnya seperti sirip ekor, sirip perut, dan sirip dada yang bisa bervariasi dalam bentuk dan panjang.

Warna dan pola tubuh ikan cupang Dumbo sangat beragam seperti merah, biru, kuning, hitam, atau kombinasi warna yang mencolok. Harganya mulai Rp 400 ribu rupiah.

12. Ikan cupang butterfly

Ikan cupang butterfly
Sumber Gambar : zierfiche.de

Ciri fisik yang paling mencolok dari ikan cupang butterfly adalah sirip ekor dan sirip punggung yang panjang dan memanjang dengan ujung yang runcing, menyerupai sayap kupu-kupu. Sirip-sirip ini biasanya memiliki variasi warna dan pola yang menarik, dan sering kali memiliki aksen warna yang kontras dengan tubuh ikan. Selain itu, tubuh ikan cupang butterfly juga bisa memiliki warna dan pola yang beragam, seperti solid, marmer, corak, atau kombinasi warna yang mencolok. Harga ikan cupang butterfly senilai Rp 200 ribu rupiah.

13. Ikan cupang purple betta

Ikan cupang purple betta
Sumber Gambar : bettafish.org

Ciri fisik yang paling mencolok dari ikan cupang purple betta adalah warna ungu yang dominan pada tubuh dan siripnya. Warna ungu pada ikan ini bisa bervariasi, mulai dari nuansa ungu gelap hingga ungu terang. Beberapa varietas purple betta juga memiliki aksen warna lain seperti biru, merah, atau hitam, yang menambah keindahan dan kontras pada penampilan mereka. Selain warna ungu yang menarik, ikan cupang purple betta juga memiliki bentuk tubuh yang proporsional dan elegan. Sirip-sirip mereka bisa berbentuk panjang dengan ujung yang runcing atau berbentuk bulat dengan tepi yang melengkung.

14. Ikan cupang koi

Ikan cupang koi
Sumber Gambar : garnelio.de

Ikan cupang koi, juga dikenal sebagai Betta splendens Koi, adalah varietas ikan cupang yang memiliki pola warna yang menyerupai ikan koi Jepang yang terkenal, hasil dari perkawinan selektif antara varietas ikan cupang dengan pola dan warna yang khas dari ikan koi Jepang. Ciri fisik yang paling mencolok dari ikan cupang koi adalah pola warna yang unik dan menarik pada tubuh dan siripnya.

Pola warna ini sering kali mencakup warna putih, merah, kuning, dan hitam, yang disusun dalam pola belang atau marmer yang khas. Selain pola warna yang mencolok, ikan cupang koi juga memiliki bentuk tubuh yang indah. Harga ikan cupang koi dapat berkisar mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung pada kualitas dan ketenaran varietas ikan tersebut.

15. Ikan cupang wild betta fish

Ikan cupang wild betta fish
Sumber Gambar : aquariadise.com

Jenis ikan cupang wild betta fish adalah ikan yang memang ada secara natural atau telah ada di alam, bukan hasil dari peternakan maupun perkawinan silang dengan ikan lainnya. Berasal dari alam membuat ikan ini memiliki harga jual senilai Rp 2 hingga 4 juta rupiah.

Lihat Juga : Copas Font Online Generator

16. Ikan cupang king of blue eyes avatar

Ikan cupang king of blue eyes avatar
Sumber Gambar : nicebettathailand.com

Umumnya, ikan cupang king of blue eyes ini berwarna biru terang dan ada campuran cokelat gelap, sesuai dengan namanya yakni king of blue eyes avatar, yang mana bentuk dan warna ikan cupang tersebut seperti tokoh kartun avatar. Keunikan yang dimiliki oleh ikan ini menyebabkan harga jual mencapai Rp 7,9 juta rupiah.

17. Ikan cupang king of gold dragon

Ikan cupang king of gold dragon
Sumber Gambar : youtube.com

Ciri utama ikan cupang King of Gold Dragon adalah sisik yang mencolok dengan warna emas yang terkesan indah. Sisik-sisik mereka memiliki tekstur yang bersisik dan memiliki kilauan yang mengilap seperti emas. Warna emas yang cerah ini dapat mencakup berbagai nuansa, mulai dari emas kuning cerah hingga emas kekuningan. Harga ikan cupang King of Gold Dragon dapat mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung pada kualitas dan tingkat keunikan ikan tersebut, biasanya berkisar Rp 8 juta rupiah.

18. Ikan cupang serit

Ikan cupang serit
Sumber Gambar : gdm.id

Ciri utama dari ikan cupang serit adalah sirip punggung yang panjang dan memanjang melebihi tubuh mereka. Sirip ini memiliki tekstur yang lembut dan sering kali memperlihatkan pola yang indah. Sirip punggung serit ini dapat tumbuh hingga beberapa kali panjang tubuh mereka, menciptakan penampilan yang menarik dan unik.

19. Ikan cupang delta

Ikan cupang delta
Sumber Gambar : bettasource.com

Ciri utama ikan cupang delta adalah sirip ekor mereka yang lebar dan memanjang ke belakang. Sirip ini memiliki tepi yang rata atau sedikit melengkung, menciptakan tampilan yang elegan dan mengambang di dalam air. Panjang sirip ekor dapat bervariasi, tergantung pada genetik dan perawatan individu, namun umumnya mencapai sekitar 180 derajat.

20. Ikan cupang combtail

Ikan cupang combtail
Sumber Gambar : toadallyfrogs.com

Ciri utama ikan cupang combtail adalah kombinasi dari bentuk sirip halfmoon dan crowntail. Sirip ekor mereka memiliki ujung yang melengkung seperti corona pada crowntail, tetapi dengan bentuk melengkung yang lebih terbuka seperti pada halfmoon. Ini menciptakan tampilan yang indah dan mengesankan ketika sirip mereka dikembangkan dengan penuh.

Selain bentuk sirip yang khas, ikan cupang combtail memiliki tubuh yang ramping dan elegan. Warna dan pola tubuh mereka dapat bervariasi, mulai dari warna solid seperti merah, biru, kuning, hingga warna-warna campuran atau corak seperti marmer, belang, atau bintik-bintik. Kombinasi warna dan pola yang indah ini menambah pesona visual pada ikan cupang combtail.

Lihat Juga : 30 Gambar Fauna Simple, mudah Ditiru!

21. Ikan cupang slayer

Ikan cupang slayer
Sumber Gambar : goodnewsfromindonesia.id

Jenis ikan cupang slayer merupakan hasil perkawinan silang antara cupang serit dengan halfmoon. Cupang slayer memiliki warna yang beragam seperti biru, merah, orange hingga perpaduan antar ketiganya. Bentuk tubuh dari ikan cupang slayer ini ramping dan panjang dibandingkan dengan ikan cupang serit. Harga jual untuk jeis ikan cupang slayer ini yaitu Rp 5 ribu hingga 5 juta rupiah.

22. Ikan cupang spade tail

Ikan cupang spade tail
Sumber Gambar : ikanhiasku.net

Setiap ikan cupang memiliki keunikan masing-masing, salah satunya yaitu ikan cupang spade tail. Jenis ikan cupang ini mempunyai bentuk ekor yang lancip dan tergolong langka. Warna dari ikan ini kombinasi dari biru, merah hitam, orange, hingga keungu-unguan. Harga jual dari ikan cupang spade tail di pasaran bisa mencapai puluhan juta rupiah.

23. Ikan cupang half sun

Ikan cupang half sun
Sumber Gambar : ruparupa.com

Ikan cupang half sun merupakan jenis ikan cupang hasil perkawinan antara serit (crown tail) dengan half moon. Ikan ini sangat unik, karena ekor dari ikan cupang half sun ini dapat mengembang hingga 180 derajat yang membuat ikan tersebut sangat menarik, serta anyaman sirip pada ikan cupang ini mirip denga ikan cupang serit.

24. Ikan cupang over halfmoon

Ikan cupang over halfmoon
Sumber Gambar : kompas.com

Jenis ikan cupang over half moon memiliki ciri khas yaitu sirip ekor yang besar dan memanjang, membentuk lengkungan melingkar hampir sempurna. Lengkungan yang lebih besar memberikan tampilan yang memukau dan indah. Sirip-siripnya pun seperti sirip punggung yang cenderung memanjang dan mempunyai keindahan yang serupa dengan sirip ekor. Ikan cupang over half moon memiliki berbagai variasi warna seperti merah, biru, putih, kuning, hitam dan sebagainya.

25. Ikan cupang veil tail

Ikan cupang veil tail
Sumber Gambar : fishlab.com

Ciri utama dari ikan cupang veil tail yaitu sirip ekor yang memanjang dan membentuk seperti lembaran. Pada saat berenang, sirip ekor itu akan melambai dan memberikan tampilan yang terkesan anggun dan indah. Ikan cupang veil tail terdapat beragam warna seperti  merah, biru, kuing, putih, hitam dan warna kombinasi lainnya yang terkesan unik.

Lihat Juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

26. Ikan cupang HMPK (Half moon Plakat)

Ikan cupang HMPK
Sumber Gambar : gdm.id

Ciri utama dari jenis ikan cupang half moon plakat yaitu terletak pada bentuk sirip ekor yang dapat melengkung hingga sudut 180 derajat atau lebih, sama seperti half moon. Namun, yang membedakan dilihat pada panjang sirip ekor yang lebih pendek, sirip ekor ikan cupang ini membentuk setengah lingkaran besar dan sangat memesona ketika terbuka sepenuhnya.

27. Ikan cupang sawah

Ikan cupang sawah
Sumber Gambar : cupangbetta.id

Jenis ikan cupang sawah mempunyai penampilan yang terkesan sederhana, tetapi menarik. Ikan cupang sawah memiliki tubuh ramping dan kecil dengan warna dominan cokelat kekuningan ataupun hijau keabu-abuan. Sirip-sirip ikan cupang sawah cenderung pendek, termasuk sirip ekor yang sedikit melengkung. Meskipun memiliki kesan sederhana, ikan cupang sawah mempunyai keindahan alami dan keaslian ikan ini menjadi pilihan yang tepat bagi penggemar ikan cupang.

28. Ikan cupang paradise

Ikan cupang paradise
Sumber Gambar : bettasource.com

Ciri umum dari ikan cupang paradise yaitu terletak pada penampilan yang indah dan unik, ikan cupang ini mempunyai postur tubuh besar dan memanjang disertai dengan sirip-sirip yang mencolok, terutama pada bagian sirip ekor. Ikan cupang paradise juga memiliki kepribadian yang sangat unik, aktif dan sedikit agresif. Ikan cupang sawah dapat menjadi hewan peliharaan menarik di aquarium.

29. Ikan cupang sarawak

Ikan cupang sarawak
Sumber Gambar : rumah123.com

Ikan cupang sarawak tergolong dalam spesies ikan cupang berukuran kecil hingga sedang. Jenis ikan ini memiliki postur tubuh yang ramping dengan warna dasar beragam, termasuk merah, jingga, kuning atau hijau dan bercorak belang-belang hitam atau mencolok. Sirip ikan cupang sarawak cenderung pendek, tetapi sirip ekor berbentuk melengkung atau segitiga.

30. Ikan cupang putih surga

Ikan cupang putih surga
Sumber Gambar : infobinatang.com

Ikan cupang putih surga atau dikenal sebagai betta coccina shite heaven merupakan spesies ikan cupang yang sangat istimewa dan langka. Mempunyai bentuk tubuh kecil hingga sedang dan berwarna putih yang murni dan indah, sirip-sirip pun juga berwarna putih, termasuk sirip ekor yang memiliki bentuk bercabang.

Lihat Juga : Blank Text Generator

31. Ikan cupang emas

Ikan cupang emas
Sumber Gambar : penjualcupang.com

Ciri utama dari ikan cupang emas adalah warna emas yang dominan pada seluruh tubuh mereka. Warna emas dapat bervariasi mulai dari emas kuning cerah hingga emas kekuningan yang lebih kaya. Beberapa ikan cupang emas juga memiliki kilauan atau efek metalik yang menambah keindahan warna mereka.

Selain warna emas yang mencolok, ikan cupang emas juga memiliki bentuk tubuh yang khas. Mereka memiliki tubuh yang ramping dan elegan dengan sirip panjang yang memperindah penampilan mereka. Sirip punggung mereka sering kali memiliki garis-garis atau pola yang kontras dengan warna tubuh emas, menciptakan tampilan yang menarik.

32. Ikan cupang coccina

Ikan cupang coccina
Sumber Gambar : bettasource.com

Ikan cupang ini mempunyai tubuh yang ramping dan seimbang. Warna tubuhnya dapat bervariasi antara merah, orange, kuning dan hijau dengan corak belang-belang yang menimbulkan kesan eksotis dan lebih menarik. Sirip-sirip ikan cupang coccina cenderung lebih pendek, termasuk sirip ekor yang berbentuk segitiga ataupun melengkung. Selain fisiknya yang menawan, ikan ini mempunyai sifat menarik yaitu cenderung menjadi ikan agresif dan teritorial. Oleh karena itu, disarankan untuk memelihara dalam aquarium yang luas dengan ditambah ruang persembunyian.

33. Ikan cupang snake head

Ikan cupang snake head
Sumber Gambar : aquadiction.world

Jenis ikan cupang snake head merupakan salah satu ikan cupang yang sangat liar dan berasal dari Tanah Air Indonesia. Memiliki nama snake head karena tampilan kepala ikan cupang ini serupa dengan kepala ular. Biasanya, ikan cupang snake head banyak ditemukan di perairan Kalimantan Timur.

34. Ikan cupang bi colored

Ikan cupang bi colored
Sumber Gambar : youtube.com

Ciri utama dari ikan cupang bi colored adalah adanya perbedaan warna yang jelas di antara bagian tubuh mereka. Biasanya, bagian atas tubuh mereka memiliki satu warna yang mencolok, seperti merah, biru, atau kuning, sementara bagian bawah tubuh atau sirip mereka memiliki warna yang berbeda, seperti putih, hitam, atau perak. Perbedaan warna ini menciptakan kontras yang menarik dan menampilkan keindahan ikan cupang bi colored.

35. Ikan cupang kamboja

Ikan cupang kamboja
Sumber Gambar : alamtani.com

Ciri utama dari ikan cupang Kamboja adalah pola warna yang terbagi antara bagian kepala dan tubuh mereka. Bagian kepala biasanya memiliki warna yang lebih terang, seperti merah, kuning, atau biru terang, sedangkan bagian tubuh memiliki warna yang lebih gelap, seperti hitam, biru tua, atau cokelat. Kontras warna ini memberikan tampilan yang menarik dan membedakan ikan cupang Kamboja dari varietas lain.

Lihat Juga : Read More WhatsApp

36. Ikan cupang marble

Ikan cupang marble
Sumber Gambar : ternakhias.com

Ciri utama dari ikan cupang marble adalah pola warna yang tidak konsisten dan berubah-ubah pada tubuh mereka. Mereka memiliki warna dasar yang umumnya solid, seperti merah, biru, atau kuning, namun pola warna marmer tumpah di atasnya. Pola marmer dapat berupa bintik-bintik, belang, atau coretan yang saling menyatu dengan warna dasar, menciptakan efek marmer yang menarik.

Salah satu keunikan ikan cupang marble adalah bahwa pola warna mereka dapat berubah seiring pertumbuhan mereka. Pada beberapa individu, pola warna dapat berkembang atau berubah secara signifikan seiring dengan perubahan ukuran dan usia ikan. Hal ini membuat setiap ikan cupang marble menjadi unik dengan pola warna yang eksklusif.

37. Ikan cupang mask

Ikan cupang mask
Sumber Gambar : bettasource.com

Ciri utama dari ikan cupang mask adalah pola warna pada wajah mereka yang menonjol. Pola masker tersebut umumnya terdiri dari warna yang lebih gelap di sekitar mata dan bagian atas kepala, sering kali berbentuk seperti topeng atau masker. Warna-warna yang umum ditemukan pada ikan cupang mask termasuk hitam, biru, merah, kuning, dan kombinasi warna lainnya.

Selain pola warna pada wajah, ikan cupang mask juga memiliki tubuh yang ramping dan elegan. Warna dan pola tubuh mereka dapat bervariasi tergantung pada jenis kelamin dan genetik individu. Beberapa varietas mask juga memiliki pola atau corak di sepanjang tubuh mereka, seperti belang, marmer, atau bintik-bintik.

38. Ikan cupang multicolor

Ikan cupang multicolor
Sumber Gambar : a-z-animals.com

Ikan cupang multicolor merupakan jenis ikan cupang yang memiliki kombinasi warna yang beragam pada seluruh bagian tubuhnya. Penampilan beberapa warna yang berbeda dalam satu individu, seringkali terdapat pola yang menarik dan mencolok. Keistimewaan dari ikan cupang multicolor ini yaitu terletak pada keindahan dan keanekaragaman warna yang dimilikinya. Ikan cupang multicolor mencakup beberapa warna diantaranya merah, biru, kuning, ungu, hijau, putih, hitam dan sebagainya. Pola yang terbentuk pada ikan ini biasanya berupa gabungan atau variasi warna solid yang tercampur secara acak, bahkan bisa seperti marmer maupun bicolor. Harga dari ikan ini bisa terjual hingga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung dari keunikan dan keindahannya.

39. Ikan cupang solid

Ikan cupang solid
Sumber Gambar : masterfisch.ch

Ciri fisik dari ikan cupang solid meliputi tubuh ramping, kepala proporsional dan sirip-sirip yang panjang dan mengembang. Ikan cupang jenis ini mempunyai berbagai warna yang solid seperti hitam, putih, ungu, hijau, biru, kuning dan lainnya. Warna solid yang dimiliki oleh ikan cupang tersebut menimbulkan kesan sangat jelas dan menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya.

Harga ikan cupang solid sangat bervariasi tergantung dari beberapa faktor di antaranya kualitas warna, kejernihan warna, keindahan sirip dan tingkat keturunan. Harganya bisa mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung pada kualitas dan keunikan yang dimiliki oleh ikan tersebut.

40. Ikan cupang dragon scale

Ikan cupang dragon scale
Sumber Gambar : hepper.com

Ciri fisik yang membedakan ikan cupang dragon scale dengan lainnya yaitu memiliki tubuh ramping dan proporsional dengan sirip yang panjang dan mengembang. Sisik-sisik khusus yang terbentuk berlekuk atau berduri pada permukaan tubuhnya memberikan kesan penampilan yang menarik dan sebagai ciri khas dari ikan ini. Warna sisik yang bisa berubah atau berkilau tergantung pada pencahayaan dan lapisan warna sisiknya, warna yang dimiliki oleh ikan cupang dragon scale di antaranya merah, biru, kuning hingga warna campuran atau corak seperti marmer, multicolor, bicolor. Harga pasar dari ikan cupang dragon scale berkisar puluhan ribu hingga mencapai ratusan ribu rupiah.

Lihat Juga : Harga Cokelat SilverQueen Terbaru

Penutup

Ikan cupang telah lama menjadi favorit bagi para pecinta ikan hias atau aquarium, karena keindahan yang dimiliki oleh ikan cupang tidak dapat tergantikan. Setiap jenis ikan hias mempunyai beragam keunikan dan karakteristik masing-masing dan khas. Keindahan sirip-sirip yang melengkung, warna yang mencolok dan kepribadian unik membuat ikan cupang menjadi ikan hias yang sangat menarik untuk dipelihara. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi berbagai jenis ikan cupang dan menambahkan keindahan yang dimiliknya untuk ikut bergabung dalam menghiasi aquarium di rumah.

Apakah ikan cupang dapat hidup bersama dengan ikan lainnya dalam satu aquarium?

Ikan cupang cenderung agresif dan teritorial, sehingga tidak semua ikan dapat hidup rukun dan harmonis jika disandingkan dengan ikan cupang. Pilihlah ikan yang mempunyai ukuran dan sifat yang sejajar dengan ikan cupang, atau mempertimbangkan kembali untuk memelihara ikan cupang secara sendiri dalam bentuk aquarium yang sesuai.

Bagaimana cara merawat ikan cupang agar tetap sehat dan berwarna cerah?

Pastikan ikan cupang dipelihara dalam kondisi air yang baik dengan suhu dan pH yang sesuai. Berikan makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi, seperti pellet ikan cupang atau serangga hidup. Rutin melakukan pergantian air secara berkala dan perhatikan kebersihan aquarium.

Apakah ikan cupang dapat berkembang biak dalam aquarium?

Ikan cupang dapat berkembang biak dalam aquarium dengan kondisi yang sesuai. Caranya untuk mengetahuinya yaitu dengan memelihara pasangan ikan cupang jantan dan betina dalam satu aquarium, pemijahan yang dilengkapi dengan tumbuhan pengapung sebagai tempat bertelur. Setelah bertelur, pasangan ikan cupang harus dipisahkan karena betina cenderung mengganggu jantan.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Membuka File PDF di HP Android

    Berikut beberapa cara membuka file PDF di HP Android yang dapat Anda simak dan coba ikuti!
  2. Ukuran ID Card dan Name Tag Sesuai Standar Indonesia dan Internasional, Terbaru!

    Ketahui ukuran ID Card dan Name Tag standar Indonesia dan Internasional melalui ulasan berikut ini!
  3. 33 Font Tegak Bersambung Keren, Aesthetic, dan Gratis!

    Berikut kumpulan font tegak bersambung aesthetic yang bisa Anda unduh dan install di PC / laptop…