85 Jenis Anjing Ras Peliharaan Beserta Karakteristiknya

Ketahui jenis-jenis anjing yang mudah dipelihara berikut ini!

Selain pasangan, hewan anjing juga dinilai memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap pemiliknya, loh. Jadi, jika tiba-tiba kesepian melanda diri Anda, tentu jangan panik dan risau, karena rasa kesepian itu bisa diatasi dengan cara memelihara hewan anjing. Memiliki karakteristik yang loyal dan penuh akan kasih sayang, sudah menjadi ciri khas dari hewan ini. Selain itu, anjing bukan hanya sebagai hewan peliharaan saja, melainkan juga sudah seperti sahabat yang menyenangkan dan memberikan kebahagiaan di kehidupan pemiliknya. Tentu saja, kehidupan yang awal mulanya terkesan monoton, akan menjadi lebih asyik dan seru berkat adanya hewan peliharaan anjing tersebut.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika anjing dinobatkan menjadi makhluk yang paling setia di dunia. Ketika Anda merasa jenuh dan ingin pergi untuk sekadar berjalan-jalan di sekitar area rumah atau tempat umum lainnya, tapi bingung tidak ada teman jalan? Tenang saja, Anda bisa juga loh mengajak anjing peliharaan untuk menemani berjalan-jalan, agar anjing tersebut juga merasa senang dan tidak mudah stres jika di rumah terus. Sangat setia bukan hewan anjing ini? Ke mana pun pemiliknya pergi, tentu anjing tersebut akan siap menemani. Tingkah lucu dan menggemaskan yang dimiliki oleh anjing akan memberikan efek riang gembira yang bisa menghilangkan rasa sedih Anda. Apa Anda tertarik untuk memilih anjing sebagai hewan peliharaan? Jika Anda tertarik, simak artikel berikut yang membahas tentang seputar jenis anjing ras peliharaan, dan bisa juga sebagai bahan referensi bagi Anda yang ingin mencari anjing mana yang cocok untuk dijadikan teman setia di rumah.

Ringkasan

  • Berikut ini terdapat 85 jenis anjing ras peliharaan yaitu German Spitz Klein, Affenpinscher, Afghan Hound, Airedale Terrier, Alaskan Malamute, American Cocker Spaniel, Anatolian Shepherd Dog, Australian Cattle Dog dan sebagainya.
  • Anatolian Shepherd Dog adalah jenis anjing yang bertubuh besar dan kuat, yang mana saat dewasa tingginya bisa mencapai 74 hingga 81 cm dan betina 71 hingga 70 cm.
  • Dachshund (Miniature Wire Haired) adalah jenis anjing yang memiliki tubuh eksotis dan terkesan unik, karena anjing tipe ini bertubuh kecil dengan badan yang panjang serta berkaki pendek.
  • Deerhound adalah ras anjing pengintai yang berukuran besar dan berlapis rambut, serta penampilannya terkesan atletis.

Lihat Juga : 400 Nama-Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris

Isi tampilkan

Jenis Anjing Ras Peliharaan

Dari banyaknya jenis anjing ras, tentu saja setiap anjing itu memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itu, apa saja jenis anjing yang dapat dijadikan sebagai peliharaan? Untuk mengetahuinya, simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Affenpinscher

1 Affenpinscher
Sumber Gambar : gehgassi.com

Dikutip dari purina.co.id, meskipun penampilannya seperti terrier, dengan ekspresi nakal, seperti monyet, jenis anjing Affen diklasifikasikan sebagai anjing kecil berukuran antara 24 dan 28cm dari kaki ke atas tulang belikat ketika dewasa. Untuk beratnya antara 3 dan 4 kg. Rambut kasar biasanya berwarna hitam dengan atau sedikit bayangan abu-abu.

2. Afghan Hound

2 Afghan Hound
Sumber Gambar : dogbreedsstandarts.com

Dikutip dari purina.co.id, seekor anjing pemburu yang gagah, anjing Afganistan dengan tubuh kuat dan memiliki rambut panjang yang berkilau sebagai mahkota kebanggaannya. Anjing dewasa ini memiliki tinggi 68 hingga 74 cm, dengan ukuran anjing betina sedikit lebih rendah pada 63 hingga 69 cm. Warna rambut mereka beraneka ragam dari hitam hingga perak, dengan setiap warna, pola, dan kombinasi di antaranya. Berat rata-rata sekitar 25kg, dengan kisaran perkiraan 20 hingga 27kg tergantung pada jenis kelamin dan bentuk anjing.

3. Airedale Terrier

3 Airedale Terrier
Sumber Gambar : omlet.us

Dikutip dari purina.co.id, jenis ini adalah rajanya terrier – yang terbesar dari kelompok breed terrier, dengan anjing dewasa berukuran 58 hingga 61cm di atas bahu, dan anjing betina 56 hingga 59cm dan beratnya sekitar 25-28kg untuk anjing jantan dan 21-23kg untuk anjing betina, tergantung dari induknya.

4. Alaskan Malamute

4 Alaskan Malamute
Sumber Gambar : brintannica.com

Dikutip dari purina.co.id, anjing yang mirip seperti serigala dalam penampilan, anjing Malamute adalah jenis anjing besar yang mengesankan yang memiliki karakteristik khas Spitz (ekor sering melengkung ke belakang, rambut yang sangat tebal, telinga tegak). Anjing Malamute jantan tingginya 64-71cm saat dewasa dan betina 58-66cm, dan beratnya antara 38-56kg. 

5. American Cocker Spaniel

5 American Cocker Spaniel
Sumber Gambar : petfinder.com

Dikutip dari purina.co.id, ras anjing American Cocker Spaniel memiliki tampilan yang berbeda dari sepupu mereka, yaitu English Cocker, dengan tengkorak yang lebih bulat dan rambut yang lebih banyak dan glamor. Beratnya sekitar 11kg saat dewasa. American Cocker Spaniel jantan dewasa berukuran tinggi 37-39cm, betina 34-37cm. Rambut mereka datang dalam berbagai warna dan kombinasi, dengan pola-pola tertentu.

6. Anatolian Shepherd Dog

6 Anatolian Shepherd Dog
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Anjing jenis Mastiff yang bertubuh besar dan kuat, jenis anjing Karabash jantan memiliki tinggi 74-81cm saat dewasa dan betina 71-79cm. Anjing dewasa memiliki berat 50-64kg dan betina 41-59kg. rambut yang pendek dan padat yang bisa berwarna apa saja, dan telinga hitam yang khas, dan sering berwarna coklat kekuningan atau coklat kekuningan kadang-kadang dengan warna putih.

7. Australian Cattle Dog

7 Australian Cattle Dog
Sumber Gambar : brintannica.com

Anjing kokoh, berukuran sedang, dan berotot ini memiliki tinggi 46-51cm (jantan) dan 43-48cm (betina) saat dewasa dan beratnya antara 17 hingga 23kg. rambutnya berwarna biru; biru dan cokelat; biru, hitam dan cokelat; berbintik-bintik biru; merah; merah dan cokelat; atau berbintik merah. 

8. Australian Shepherd Dog

8 Australian Shepherd Dog
Sumber Gambar : brintannica.com

Anjing-anjing ini sering dibandingkan dengan jenis anjing Border Collie. Padat dan berotot, mereka sedikit lebih panjang. Memiliki tinggi 51-58cm (jantan) dan 46-53cm (betina). Mereka umumnya memiliki berat 19-29kg tergantung pada jenis kelamin dan bentuk tubuhnya. Warna rambut biasanya hitam, biru, merah dengan atau tanpa titik cokelat. 

9. Australian Silky Terrier

9 Australian Silky Terrier
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Rambut panjang dan glamor anjing kecil ini memiliki tanda di bagian belakang dan berwarna biru dan cokelat, abu-abu, perak, dan cokelat, atau biru-perak, cokelat kegelapan. Anjing jenis ini saat dewasa memiliki tinggi sekitar 23cm dan beratnya sekitar 3.5-4.5 kg. Rambutnya tampak halus.

10. Australian Terrier

10 Australian Terrier
Sumber Gambar : petfinder.com

Anjing Australian Terrier berbeda dari beberapa terrier lain karena mereka memiliki leher dan punggung yang panjang, karena sebanding dengan tinggi badan mereka. rambut mereka terasa kasar dan lurus di bagian atas, namun lebih pendek dan lebih lembut di bawahnya. rambut mereka bisa berwarna merah, atau biru dengan cokelat. Aussie memiliki tinggi sekitar 25,5 cm saat dewasa dan beratnya sekitar 6,5 kg.

Lihat Juga : Apa itu Keanekaragaman Hayati

11. Basenji

11 Basenji
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Anjing berukuran kecil hingga sedang ini memiliki ekor yang melengkung rapat dan dahi yang berkerut. rambut Basenji yang halus, pendek, dan mengkilap biasanya berwarna merah dan putih; hitam dan putih; hitam cokelat dan putih, memiliki belang-belang tiga warna. 

12. Basset Bleu De Gascogne

12 Basset Bleu De Gascogne
Sumber Gambar : petkeen.com

Basset Bleu adalah anjing yang gagah, dengan tubuh basset yang panjang dan kaki yang pendek. Basset Bleu termasuk anjing kuat dan atletis – dia bukan anjing yang berat. Berukuran sedang, tingginya 30-38cm saat dewasa dan beratnya sekitar 7-9kg. Fitur yang paling mencolok dari anjing ini adalah warna rambutnya yang hitam dan memiliki corak putih, ditutupi dengan bintik-bintik hitam. Memiliki tanda khas anjing yang berwarna cokelat.

13. Basset Fauve De Bretagne

13 Basset Fauve De Bretagne
Sumber Gambar : nativebreed.org

Anjing berukuran sedang dengan rambut yang kasar menjadi ciri khas dari basset. Basset jenis ini memiliki tinggi 32-38cm dan berat sekitar 16-18kg saat dewasa. rambutnya berwarna coklat kekuningan, emas-gandum atau merah-gandum. Beberapa jenis ada yang memiliki sedikit putih di dada.

14. Basset Griffon Vendeen (Grand)

14 Basset Griffon Vendeen (Grand)
Sumber Gambar : wikipedia.org

Anjing pemburu yang memiliki indera penciuman kuat ini berukuran sedang dan sedikit lebih panjang dari tingginya. rambut Grand Basset Griffon Vendeen tahan cuaca kasar dan berwarna putih dengan sentuhan warna kuning seperti lemon, oranye, hitam, abu-abu atau perpaduan tiga warna. Ciri khas dari wajah mereka yaitu rambut di atas alis, janggut, dan kumis. 

15. Basset Griffon Vendeen (Petit)

15 Basset Griffon Vendeen (Petit)
Sumber Gambar : dogbreedslist.info

Petit Basset Griffon Vendeen adalah anjing pemburu dengan tubuh yang kuat dan kemampuan indera penciuman kecil/sedang. Dia memiliki bentuk tipe basset yang khas – lebih panjang dari tinggi dan rendah ke tanah. Anjing dewasa tingginya sekitar 34-38cm. rambutnya kasar berukuran sedang berwarna putih dengan tanda lemon, oranye, abu-abu, atau hitam, atau paduan tiga warna.

16. Basset Hound

16 Basset Hound
Sumber Gambar : britannica.com

Anjing ras Basset Hound adalah anjing besar dengan kaki pendek (‘Basset’ berasal dari kata Perancis ‘bas’, yang berarti ‘rendah’). rambut pendek dan halus datang dalam warna anjing apa pun, tetapi biasanya tiga warna (hitam, cokelat, dan putih) atau dua warna (lemon dan putih). Basset Dewasa memiliki tinggi 33-38cm dan berat dari 18 hingga 27kg.

17. Bavarian Mountain Hound

17 Bavarian Mountain Hound
Sumber Gambar : thehappypuppysite.com

Anjing berotot berukuran sedang ini sedikit lebih tinggi dan beratnya 20-25kg saat dewasa. Anjing dewasa jantan memiliki tinggi 47-52cm dan betina 44-48cm. rambut mereka pendek berwarna coklat, merah dengan belang hitam, dan merah.

18. Beagle

18 Beagle
Sumber Gambar : britannica.com

Anjing-anjing kecil yang kokoh dan berani ini memiliki ekspresi yang ramah dan kompak serta atletis. Mereka memiliki rambut pendek yang padat dan tahan cuaca. Warna rambut bermacam-macam dalam berbagai warna dan pola, anjing jenis ini memiliki tinggi sekitar 33-40cm dan beratnya sekitar 10-11kg.

19. Bearded Collie

19 Bearded Collie
Sumber Gambar : verwest.com

Bertubuh ramping dan aktif, Bearded Collie merupakan anjing berukuran sedang dengan rambut bagian atas panjang, kasar. Selain itu, berambut yang secara alami membelah ke samping dan berwarna hitam, biru, coklat kekuningan kemerahan, abu-abu, coklat, atau tanpa tanda putih.

20. Beauceron

20 Beauceron
Sumber Gambar : dailypaws.com

Besar dan berotot, anjing yang tampak mengesankan ini memiliki berat sekitar 30-38.5kg saat dewasa. Anjing dewasa tingginya 65-70cm dan betina sekitar 68cm. Rambut pendek berwarna hitam dengan tanda cokelat tertentu, atau tiga warna (abu-abu dan hitam dengan tanda cokelat).

Lihat Juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

21. Bedlington Terrier

21 Bedlington Terrier
Sumber Gambar : be.chewy.com

Terrier yang memiliki kaki panjang berukuran kecil/sedang ini mudah dikenali. Dia memiliki tengkorak sempit dan rambut seperti domba, yang berwarna biru, merah, dengan atau tanpa cokelat. Jantan dan betina dewasa memiliki tinggi sekitar 38-43cm dan berat antara 8-10kg.

22. Belgian Shepherd Dog Groenendael

22 Belgian Shepherd Dog Groenendael
Sumber Gambar : purina.com.au

Anjing Groenendael merupakan anjing berukuran sedang dengan rambut panjang. Meskipun mirip dengan Anjing Gembala Jerman Berambut Panjang oleh rambut mereka lebih persegi dan memiliki tulang yang lebih ringan di tulang, terasa lebih halus di kepala, dengan gerakan ringan dan cepat. Jenis Groenendael berwarna hitam.

23. Belgian Shepherd Dog Laekenois

23 Belgian Shepherd Dog Laekenois
Sumber Gambar : dogbreedslist.info

Jenis anjing Laekenois merupakan anjing berukuran sedang/besar, dengan rambut kasar yang bertekstur seperti kawat (wiry). Rambutnya yang berwarna kemerahan dan ada sedikit kehitaman pada moncong dan ekornya mampu menahan berbagai cuaca.

24. Belgian Shepherd Dog Malinois

24 Belgian Shepherd Dog Malinois
Sumber Gambar : britannica.com

Malinois merupakan anjing berukuran sedang, berambut pendek yang tampak persegi. Meskipun mereka mirip dengan anjing Jerman oleh masyarakat umum, mereka bertulang lebih ringan dengan kepala yang lebih halus. Malinois berwarna coklat kekuningan, merah atau abu-abu dengan bayangan hitam di ujung rambut. Ekor mereka biasanya lebih gelap atau memiliki ujung hitam, wajah mereka hitam dan telinga sebagian besar hitam. 

25. Belgian Shepherd Dog Tervueren

25 Belgian Shepherd Dog Tervueren
Sumber Gambar : petkeen.com

Belgian Shepherd Dog Tervueren adalah ukuran sedang dengan rambut panjang yang lebat. Memiliki tulang yang lebih ringan dan rambut kepala yang lebih halus. Jenis anjing Terveuren berwarna coklat, merah atau abu-abu dengan bayangan hitam di ujung rambut. Anjing dewasa biasanya berukuran antara 61-66cm dan betina 56-61cm. Beratnya antara 27,5-28,5kg.

26. Bergamasco

26 Bergamasco
Sumber Gambar : wikipedia.org

Rambut jenis Bergamasco adalah fitur yang paling mencolok dari anjing ini. Tampak mengkilap, panjang, lebat, dan lembut. Warna rambut biasanya abu-abu, hitam, Isabella (kuning pucat atau kuning berbintik-bintik) atau coklat kekuningan. Fisiknya kuat dan besar dan tingginya untuk anjing jantan berkisar 58-62cm pada saat dewasa dan betina pada 54-58cm. Anjing jantan dewasa memiliki berat 32-38kg dan betina 26-32kg.

27. Bernese Mountain Dog

27 Bernese Mountain Dog
Sumber Gambar : dailypaws.com

Anjing Bernese Mountain adalah salah satu anjing pekerja Swiss yang paling menarik. Rambut mereka lembut, halus, tebal, dan hitam legam. Mereka juga punya moncong putih, dada putih, cakar putih, dan ujung ekor putih. Warna cokelat pada tubuhnya dipisahkan oleh warna hitam dan putih di kaki dan pipi. Bernese Mountain termasuk anjing yang kuat dan kokoh. Untuk ukuran tingginya betina dewasa berukuran antara 58-66cm dan jantan pada 64-70cm. Rata-rata berat badan mereka mencapai 40 hingga 44kg.

28. Bichon Frise

28 Bichon Frise
Sumber Gambar : britannica.com

Anjing dengan tampilan fisik yang kuat dan kokoh. Bichons termasuk anjing yang memiliki badan kecil dan padat. Mata dan hidung hitam legam mereka kontras dengan rambut yang berwarna putih salju dan ekor yang melengkung. Rambut halus mereka terdiri dari helaian berbentuk spiral. Anjing jantan dan betina dewasa memiliki ukuran 23-28cm dan berat sekitar 3-6kg.

29. Bloodhound

29 Bloodhound
Sumber Gambar : wikipedia.org

Bloodhound termasuk anjing yang memiliki ciri-ciri fisik yang mudah dikenali. Beberapa di antaranya adanya kulit yang keriput, kelopak mata bawah yang turun dan telinga yang panjang. Ras Bloodhound memiliki tubuh dan anggota badan yang kuat dan berukuran besar! Rambut pada tubuhnya berwarna hitam, merah, atau cokelat, cenderung pendek dan halus. Untuk tingginya anjing betina dewasa berukuran tinggi 58-63cm dan anjing jantan dewasa 63-69cm. Berat mereka sekitar 41-50kg.

30. Bolognese

30 Bolognese
Sumber Gambar : dogbreedslist.info

Anjing Bolognese memiliki ciri fisik yang kecil namun memiliki otot besar. Rambutnya berwarna putih dan panjang yang menutupi seluruh kepala dan tubuhnya. Anjing jantan dewasa biasanya memiliki tinggi 27-30,5cm dan betina 25,5-28cm. Untuk berat Bolognese dewasa berkisar 3-4kg.

Lihat Juga : Rekomendasi Kado Pernikahan

31. Border Collie

31 Border Collie
Sumber Gambar : faunatis.com

Border Collie adalah anjing berukuran sedang dan proporsional. Rambutnya terasa halus dan panjangnya sedang serta berwarna hitam dan putih. Untuk anjing Border Collie jantan dewasa tingginya sekitar 53cm. Sedangkan anjing betina sedikit lebih pendek. Kisaran berat anjing Border Collie yaitu 14-20kg.

32. Border Terrier

32 Border Terrier
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Border Terrier adalah terrier berukuran sedang dengan ciri khas kepala seperti berang-berang. Mereka termasuk anjing pekerja. Mereka memiliki rambut yang keras dan lebat dengan beragam warna mulai dari cokelat, abu-abu, dan merah. Rata-rata Border Terrier jantan dewasa berukuran 30.5cm dan berat 6-7kg. Sedangkan betina dewasa berukuran sekitar 28cm. Border Terrier biasanya memiliki berat antara 5-6,5kg.

33. Borzoi

33 Borzoi
Sumber Gambar : betterbred.com

Anjing pengintai yang tinggi punya ciri khas kepala lebih panjang dan sempit. Rambut Borzoi halus, tebal, dan sedikit panjang (rambut lebih panjang) di kaki dan ekor. Rambut berwarna putih, emas, merah, abu-abu, dan hitam. Borzoi Betina dewasa tingginya minimal 68cm dan beratnya sekitar 34kg. Sedangkan anjing jantan memiliki tinggi minimal 74cm dan berat sekitar 41kg

34. Boston Terrier

34 Boston Terrier
Sumber Gambar : britannica.com

Boston Terrier merupakan seekor anjing kecil yang memiliki moncong persegi pendek dan telinga tegak. Tampilan tubuhnya kokoh dan berotot. Memiliki mata yang besar, bulat, dan lebar. Rambutnya pendek, dan memiliki beragam warna seperti belang-belang dan putih hitam dengan tanda putih. 

35. Bouvier Des Flandres

35 Bouvier Des Flandres
Sumber Gambar : dailypaws.com

Bouviers des Flandres memiliki penampilan yang kuat dan kokoh. Mereka memiliki rambut tebal dan kasar yang terlihat tidak terawat. Di area janggut, kumis, dan alis terlihat cukup lebat. Bouvier memiliki warna rambut yang beragam mulai dari warna coklat kekuningan sampai hitam, dan belang-belang. Anjing betina dewasa berukuran 59-65cm dan berat 27-35kg. Anjing jantan dewasa berukuran 62-68cm. Bouviers des Flandres biasanya memiliki berat 35-40kg.

36. Boxer

36 Boxer
Sumber Gambar : wikipedia.org

Anjing Boxer memiliki ukuran fisik yang sedang, sangat berotot, dan kokoh. Mereka memiliki moncong pendek dan dagu sedikit terbalik. Rambut mereka pendek dan berwarna coklat kekuningan serta belang-belang atau ada tanda putih. Tinggi rata-rata anjing jantan dewasa adalah 57-63cm, dan beratnya 30-32kg. Betina dewasa idealnya memiliki tinggi 53-59cm dan berat sekitar 25-27kg.

37. Bracco Italiano

37 Bracco Italiano
Sumber Gambar : wikipedia.org

Bracco Italiano adalah anjing berukuran besar, kuat, berotot, aktif dengan rambut pendek yang halus. Mereka memiliki kepala berbentuk khas, telinga panjang dan rahang yang unik. Rambut mereka bisa berwarna oranye dan putih. Jantan dewasa berukuran 58-67cm dan betina idealnya berukuran 55-62cm. Berat badan berkisar antara 25-40kg, sebanding dengan tinggi anjing.

38. Briard

38 Briard
Sumber Gambar : wikipedia.org

Anjing Briard cukup besar (tetapi tidak kelas berat), anjing dengan rambut panjang yang khas. Warna rambut yang paling umum adalah hitam dan coklat kekuningan. Mereka berotot dan proporsional. Leher juga berotot. Terlepas dari semua rambut yang mereka miliki di sekitar mata mereka, mereka terlihat memiliki tatapan tajam! Tinggi anjing betina dewasa berukuran 58-65cm dan berat sekitar 34kg; Sedangkan anjing jantan dewasa berukuran 61-69cm dan berat sekitar 38,5kg.

39. Brittany

39 Brittany
Sumber Gambar : wikipedia.org

Anjing cobby berukuran sedang ini memiliki rambut berukuran sedang yang berwarna oranye, putih, hitam, merah atau roan (campuran rambut berwarna dan putih). Anjing Brittany memiliki tinggi 48-51cm dan betina 47-50cm saat dewasa. Berat dewasa mereka sekitar 14-18kg.

40. Bull Terrier

40 Bull Terrier
Sumber Gambar : wikipedia.org

Bull Terrier adalah anjing berotot dan berdada kuat. Mereka memiliki kepala panjang, kuat, dan berbentuk sedikit lonjong. Warna rambut untuk jenis ini adalah putih, hitam, merah, coklat kekuningan, sering kali dengan tanda berwarna di kepala atau terkadang di punggung. Anjing dewasa memiliki tinggi sekitar 45 cm dan berat 33 kg.

Lihat Juga : Rekomendasi Mode Baju Pesta

41. Bull Terrier Miniature

41 Bull Terrier Miniature
Sumber Gambar : lovetoknowpets.com

Miniature Bull Terrier identik dengan ukuran dewasa di bawah 35,5cm dan berat sekitar 11-15kg. Dia adalah anjing berotot, kuat, dengan kepala sedikit lonjong. Rambut pendek hadir dalam berbagai kombinasi, termasuk putih, hitam, belang-belang, merah, coklat kekuningan dan tiga warna.

42. Bulldog

42 Bulldog
Sumber Gambar : wikipedia.org

Ras Bulldog memiliki tubuh yang pendek, kokoh dan kulit yang lentur, terutama di bagian kepala, leher dan bahu. Ciri khas lainnya adalah tengkoraknya yang besar. Bulldog memiliki warna rambut belang-belang, merah, coklat kekuningan atau putih dengan salah satu warna yang disebutkan di atas. Bulldog dewasa memiliki tinggi 31-36cm dan berat 23-25kg.

43. Bullmastiff

43 Bullmastiff
Sumber Gambar : petfinder.com

Ras Bullmastiff adalah anjing yang kuat, berotot dengan kepala persegi yang besar. Rambutnya pendek, kasar, dan tahan cuaca. Memiliki warna coklat kekuningan, merah atau belang-belang, dengan moncong hitam. Tinggi untuk anjing dewasa berukuran 64-69cm dan berat 50-59kg; betina dewasa berukuran 61-66cm dan berat 41-50kg.

44. Cairn Terrier 

44 Cairn Terrier
Sumber Gambar : dailypaws.com

Cairn Terrier berkaki pendek dan kekar, Cairn Terrier memiliki ekspresi yang licik, rambut yang keras, dan telinga yang kecil dan runcing. Meskipun tidak kekar, mereka adalah anjing kecil yang berotot, seperti pekerja, dengan rambut luar yang keras dan banyak dan lapisan bawah yang pendek, lembut, dan rapat. Cairns hadir dalam warna krem, gandum, merah, abu-abu atau hampir hitam dengan brindling dalam semua warna. Cairns dewasa berukuran 28-31cm dan berat sekitar 6-7,5kg.

45. Canaan Dog

45 Canaan Dog
Sumber Gambar : a-z-animals.com

Anjing Kanaan adalah anjing persegi berukuran sedang yang penampilannya seperti spitz, dengan rambut yang tebal serta ekor yang melengkung ke belakang. Namun, rambut terasa kasar, lurus, ada pendek/panjang berwarna pasir sampai coklat merah, putih atau hitam. Idealnya Anjing Kanaan berukuran antara 50-60cm dan berat antara 18-25kg.

46. Canadian Eskimo Dog

46 Canadian Eskimo Dog
Sumber Gambar : dogzone.com

Seekor anjing jenis spitz besar, dengan dada lebar, rambut tebal dan ekor besar. Mereka juga memiliki telinga tegak. Canadian Eskimo Dog merupakan anjing yang populer dan kuat. Rambut berwarna hitam dan putih, abu-abu, merah dan putih, musang dan putih, dan putih dan hitam. Anjing jantan memiliki tinggi 58-70cm dan berat 30-40kg. Sedangkan anjing betina memiliki tinggi 50-60cm dan berat 18-30kg.

47. Cavalier King Charles Spaniel

47 Cavalier King Charles Spaniel
Sumber Gambar : britannica.com

Seekor spaniel kecil dengan moncong pendek, mata cokelat besar dan rambut halus. Warna anjing Cavalier hitam dan cokelat, merah dan putih (Blenheim). Untuk ukuran tingginya saat dewasa ada dikisaran ukuran 30-33 cm dan berat 5,5-8 kg.

48. Cesky Terrier

48 Cesky Terrier
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Cesky Terrier merupakan anjing kecil/sedang, berkaki pendek dengan tinggi 25-32cm saat dewasa dan berat 6-10kg. Tinggi ideal untuk anjing dewasa adalah 29cm dan untuk betina 27cm. Rambut panjang berwarna abu-abu atau coklat muda.

49. Chesapeake Bay Retriever

49 Chesapeake Bay Retriever
Sumber Gambar : dailypaws.com

Seekor anjing besar, berotot, dan kuat yang memiliki kaki berselaput, rambut tahan air Chesapeake Bay Retriever pendek dan tebal, dengan lapisan atas yang keras dan berminyak serta lapisan bawah yang halus dan berambut. Rambut mereka digambarkan sebagai ‘rumput mati’ yang merupakan warna antara jerami hingga pakis; mereka juga bisa berwarna merah/emas atau coklat. Jantan dewasa berukuran 58-66cm dan berat antara 29,5-36,4kg. Betina dewasa berukuran 53-61cm dan berat 25-31,8kg.

50. Chi Hua Hua (Long Coat)

50 Chi Hua Hua (Long Coat)
Sumber Gambar : dogacademy.org

Chihuahua berambut panjang dengan tubuh yang pendek. Ciri lainnya yaitu memiliki rambut datar atau sedikit bergelombang dengan berbagai warna dari coklat kekuningan sampai hitam. Chihuahua (Long Coat) dewasa berukuran 15-23cm dan berat antara 1,8-2,7 kg. Chihuahua berambut panjang cenderung terikat erat dengan satu atau dua orang, dengan siapa dia akan penasaran, lincah dan cerdas, serta penuh kasih sayang dan terus-menerus. Namun, tanpa sosialisasi awal yang memadai, ras ini tidak akan ramah kepada orang asing dan dapat terlihat gugup, hiperaktif dan bahkan galak.

Lihat Juga : Rekomendasi Lagu Karaoke Terpopuler

51. Chi Hua Hua (Smooth Coat)

51 Chi Hua Hua (Smooth Coat)
Sumber Gambar : purina.com.au

Anjing terkecil yang memiliki rambut halus. Ras Chihuahua memiliki rambut pendek dan halus serta ada beragam warna rambut dari coklat kekuningan sampai hitam. Anjing mungi ini memiliki tingg 15-23cm dan berat antara 1,8-2,7 kg. Chihuahua bergantung pada satu atau dua orang. Namun, tanpa sosialisasi yang memadai, ras ini tidak akan ramah kepada orang asing dan dapat terlihat gugup, hiperaktif dan bahkan galak. Chihuahua harus disosialisasikan sedini mungkin saat berada di lingkungan baru. Karena jenis ini mudah mengalami cemas dan tidak akan bergaul dengan orang asing, anak-anak dan hewan peliharaan rumah tangga lainnya. Namun, mereka senang berada dalam kawanan Chihuahua lainnya.

52. Chinese Crested

52 Chinese Crested
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Ada dua jenis anjing jambul Cina: yang berambut (dengan jumbai rambut di kepala, kaki dan ekor), dan Powderpuff, yang berlapis ganda – dengan rambut panjang dan lembut. Ada juga dua tipe tubuh dari ras ini: versi bertulang halus, terlihat lebih halus, dan tipe cobby yang lebih berat. Tinggi ideal untuk anjing jantan dewasa adalah 28-33cm dan untuk betina 23-30cm. Beratnya tidak boleh melebihi 5,4 kg saat dewasa. Mereka memiliki rambut dengan beragam warna dan kombinasi.

53. Chow Chow (Rough)

53 Chow Chow (Rough)
Sumber Gambar : a-z-animals.com

Chow Chow yang berambut kasar adalah anjing pendek dan bertubuh tegap. Ekornya melengkung ke belakang. Bagian dalam mulut dan lidah berwarna biru atau hitam. Ada dua jenis rambut untuk anjing jenis ini yaitu ada yang berambut kasar dan halus. Warnanya juga beragam seperti hitam, merah, biru, coklat kekuningan, krem ​​atau putih). Anjing jantan dewasa berukuran 48-56cm dan berat sekitar 26-32kg. Anjing betina dewasa berukuran 46-51cm dan berat 20-25kg.

54. Chow Chow (Smooth)

54 Chow Chow (Smooth)
Sumber Gambar : purina.com.au

Chow Chow adalah anjing yang kecil dan bertubuh padat dengan bentuk tubuh yang terlihat seperti bentuk persegi. Ekornya melengkung ke belakang. Bagian dalam mulut dan lidah berwarna kebiruan/hitam. Ada dua jenis bulu kasar dan halus, dan berbagai macam warna (hitam, merah, biru, coklat kekuningan, krem atau putih). Jantan dewasa berukuran 48-56 cm dan berat sekitar 26-32 kg. Betina dewasa berukuran 46-51cm dan berat 20-25kg.

55. Clumber Spaniel

55 Clumber Spaniel
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Clumber Spaniel adalah anjing yang besar dan kuat daripada ras spaniel lainnya. Saat dewasa, tingginya sekitar 45-50cm. Clumber Spaniel jantan dewasa memiliki berat 29,5-34kg dan betina 25-29,5kg. Mereka memiliki rambut sutra yang lebat berwarna putih dengan tanda lemon atau oranye, dan moncongnya berbintik-bintik.

56. Cocker Spaniel (English)

56 Cocker Spaniel (English)
Sumber Gambar : a-z-animals.com

English Cocker Spaniel adalah anjing berukuran sedang dan seimbang. Rambut mereka rata dan halus dengan banyak rambut halus di kaki depan. Cocker Spaniel hadir dalam banyak warna dan kombinasi yang berbeda, termasuk warna solid hitam, merah, oranye dan coklat, kombinasi hitam dengan putih, merah hati dengan putih, merah dan putih, rona biru, rona oranye, rona hitam, gabungan dua ataupun tiga warna. 

57. Collie (Rough)

57 Collie (Rough)
Sumber Gambar : wikipedia.org

Rough Collies adalah anjing berukuran sedang/besar yang bertubuh tegap dan cantik dengan penampilan manis dan ekspresif. Mereka memiliki rambut yang berlimpah Dengan berbagai warna. Bentuk kepala mereka memanjang dan dipahat. Anjing jantan dewasa berukuran 56-61cm dan beratnya mencapai 27-34kg. Sedangkan betina dewasa memiliki tinggi 51-56cm dan berat 23-30kg.

58. Collie (Smooth)

58 Collie (Smooth)
Sumber Gambar : wikipedia.org

Ras Collie (Smooth) memiliki tubuh sedang/besar, proporsional dan tampak bermartabat, Smooth Collie termasuk anjing pekerja. Untuk anjing jantan memiliki tinggi berkisar 56-61cm dan berat 20,5-29.5kg. Sedangkan betina memiliki tinggi 51-56cm dan 18-25kg. Rambutnya pendek dan kasar ketika disentuh.

59. Coton De Tulear           

59 Coton De Tulear
Sumber Gambar : calmingdog.com

Anjing yang identik dengan warna putih ini berukuran kecil dan sedikit lebih panjang. Mereka juga memiliki rambut panjang seperti kapas. Coton De Tulear memiliki tinggi 25-32cm saat dewasa dan berat dewasa sekitar 4-6kg.

60. Curly-Coated Retriever

60 Curly-Coated Retriever
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Ras anjing yang besar, kuat, dan elegan, Curly Coated Retriever memiliki warna hati yang khas atau rambut hitam yang tebal, ikal yang rapat di tubuhnya, dengan rambut halus di bagian tubuh lainnya. Jantan dewasa tingginya 69cm, betina 64cm, dan beratnya 36-45kg saat dewasa.

Lihat Juga : Lagu Pop Indonesia Terpopuler

61. Dachshund (Long Haired)

61 Dachshund (Long Haired)
Sumber Gambar : perfectdogbreeds.com

Ras anjing Standard Long Haired Dachshund termasuk anjing pendek – tapi tidak kecil! Anjing jenis ini berukuran sedang dengan kaki pendek. Memiliki tinggi sekitar 35cm dan beratnya 9-12kg saat dewasa. Tubuhnya memiliki rambut yang lembut dan lurus serta hadir dalam berbagai warna. Ras Dachshund Berambut Panjang adalah anjing yang lincah dan berani. Dia dapat memiliki sifat yang keras kepala dan mandiri, tetapi Rambut Panjang sering dikatakan lebih tenang dan lebih patuh daripada dua jenis rambut lainnya (Smooth and Wire).

62. Dachshund (Miniature Long Haired)

62 Dachshund (Miniature Long Haired)
Sumber Gambar : purina.com.au

Ras anjing Miniature Long Haired Dachshund merupakan anjing berkaki pendek dengan punggung panjang. Meskipun kecil, Dachshund masih berotot dan kekar dengan dada yang dalam, lebar, dan kaki depan yang kuat. Mereka memiliki rambut lembut dan lurus yang menarik dan muncul dalam berbagai warna. Dachshund Miniatur dewasa memiliki berat 4,5-5kg dan tingginya sekitar 12-15cm.

63. Dachshund (Miniature Smooth Haired)

63 Dachshund (Miniature Smooth Haired)
Sumber Gambar : purina.com.au

Jenis anjing ini adalah ras anjing berkaki pendek berpunggung panjang dengan ukuran yang pendek. Meskipun kecil, ras Dachshund Miniature Smooth Haired masih tampak berotot dan kekar dengan dada yang bidang dan kaki depan yang berkembang dengan baik. Mereka memiliki rambut pendek, padat, dan halus yang tersedia dalam berbagai warna. Dachshund Miniature Smooth Haired dewasa memiliki berat 4,5-5kg dan tingginya sekitar 12-15cm.

64. Dachshund (Miniature Wire Haired)

64 Dachshund (Miniature Wire Haired)
Sumber Gambar : purina.com.au

Ras Miniature Wire-Haired Dachshund adalah anjing pendek dengan badan yang panjang serta berkaki pendek. Meskipun kecil, Dachshund masih terlihat berotot dan kekar dengan dada yang bidang dan kaki depan yang berkembang dengan baik. Mereka memiliki rambut pendek kasar dengan alis lebat dan juga jenggot. rambut mereka hadir dalam berbagai warna. Dachshund Miniatur dewasa memiliki berat 4,5-5kg dan tingginya sekitar 12-15cm.

65. Dachshund (Smooth Haired)

65 Dachshund (Smooth Haired)
Sumber Gambar : purina.co.uk

Anjing Smooth Haired Dachshund bertubuh pendek secara natural – tetapi tidak kecil! Mereka adalah anjing berukuran sedang dengan kaki pendek, tingginya sekitar 35cm dan beratnya 9-12kg saat dewasa. Mereka memiliki rambut yang menarik, lembut, lurus yang hadir dalam berbagai warna. Anjing ini bisa sangat mandiri dan membutuhkan pelatihan yang baik, konsisten, dan sabar. Sosialisasi dini diperlukan untuk menyesuaikan Dachshund dengan anak-anak, orang asing, dan hewan lainnya. Mereka adalah jenis yang menjadi sangat terikat dengan keluarga mereka dan biasanya satu anggota keluarga pada khususnya, tetapi mereka dapat dicadangkan dengan orang asing.

66. Dachshund (Wire Haired)

66 Dachshund (Wire Haired)
Sumber Gambar : hairstylecamp.com

Dachshund (Wire Haired) adalah anjing berkaki pendek berpunggung panjang dengan tinggi kecil. Meskipun kecil, jenis Wire Haired Dachshund masih tampak berotot dan kekar dengan dada yang bidang dan kaki depan yang berkembang dengan baik. Mereka memiliki rambut pendek dan kasar dengan alis lebat dan jengot. rambut hadir dalam berbagai warna. Dachshund dewasa memiliki berat 9-12kg dan ukuran sekitar 35cm.

67. Dalmatian

67 Dalmatian
Sumber Gambar : a-z-animals.com

Ras ini menonjol karena rambutnya yang berbintik-bintik unik, yang terlihat pendek, ramping dan mengkilap. Bintik-bintik itu bisa berwarna hitam atau cokelat tua dengan latar belakang putih. Dalmatian berbentuk persegi, menunjukkan mereka sebagai anjing yang seimbang, kuat, dan berotot. Dalmatians dewasa memiliki berat 23-25kg. Jantan dewasa tingginya 58-61cm dan betina dewasa 56-58cm. Ras anjing Dalmatian ramah dan ceria, tetapi jika mereka kurang berolahraga, mereka bisa menjadi hiperaktif. ‘Dals’ berdedikasi dan setia dan selalu ingin menyenangkan.

68. Dandie Dinmont Terrier

68 Dandie Dinmont Terrier
Sumber Gambar : thegroomersspotlight.com

Ras berukuran kecil/sedang ini memiliki tubuh yang panjang dan rendah. Saat dewasa, tinggi badannya berkisar antara 20-28cm dan beratnya sekitar 8-11kg. Mereka memiliki mata besar yang ekspresif dan rambut khas yang halus dan lembut di bagian kepala. rambut ganda pada tubuh terdiri dari lapisan bawah yang lembut dan lapisan atas yang lebih keras dan hadir dalam mustard dan abu-abu tua.

69. Deerhound

69 Deerhound
Sumber Gambar : petfinder.com

Ras anjing pengintai berukuran besar dan berlapis berambut ini memiliki penampilan yang sangat atletis. Mereka sering digambarkan menyerupai anjing greyhound berlapis berambut. Mereka hadir dalam berbagai warna: biru tua keabu-abuan, abu-abu yang lebih gelap atau lebih terang atau belang-belang dengan warna kekuningan, coklat kekuningan atau merah pasir dengan titik-titik hitam. Jantan dewasa berukuran 76cm ke atas dan berat sekitar 45,5kg; betina dewasa 71cm ke atas dan berat sekitar 36,5kg.

70. Dobermann

70 Dobermann
Sumber Gambar : wikipedia.org

Dobermann adalah hewan yang cukup besar, kuat, namun elegan. rambutnya halus, pendek dan hadir dalam warna coklat, hitam, biru atau coklat kekuningan (juga dikenal sebagai Isabella) dengan tanda kekaratan. Tubuhnya tampak berdiri dengan bangga. Wajar saja karena setiap anjing Dobermann memang terlihat layaknya kuda ras. Jantan dewasa umumnya berukuran sekitar 69cm dan betina dewasa 65cm. Kemudian, Dobermann dewasa memiliki berat sekitar 32-45kg.

Lihat Juga : Nama Jajanan Pasar di Indonesia

71. Dogue De Bordeaux

71 Dogue De Bordeaux
Sumber Gambar : wikipedia.org

Anjing berukuran raksasa ini memiliki kepala yang besar, lebar, bulat dengan banyak kerutan. Mereka memiliki leher dan tubuh yang kuat dan berotot dengan dada yang bidang. rambut Dogue de Bordeaux pendek dan cukup lembut untuk disentuh, dan bisa hadir dalam warna coklat kekuningan. Jantan dewasa berukuran sekitar 60-68cm dan berat setidaknya 50kg, sedangkan betina dewasa 58-66cm dan setidaknya 45kg.

72. English Setter   

72 English Setter
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Ras besar dan elegan ini memiliki tubuh yang simetris dan substansial. Mereka adalah lambang kekuatan, keanggunan dan stamina. rambut datar dan panjang dari English Setter halus dan berambut halus. Istilah ‘belton’ (berbintik-bintik) digunakan untuk menggambarkan warna rambut Setter Inggris. Warna dasar selalu putih dengan hitam (belton biru), atau dengan lemon (lemon belton), atau dengan oranye (sabuk oranye), atau dengan hati (sabuk hati) atau tiga warna (campuran sabuk biru dengan hati atau sabuk cokelat dan cokelat). Jantan dewasa berukuran 65-69cm dan berat sekitar 28,5kg; betina dewasa 61-65cm dan 27kg.

73. English Springer Spaniel

73 English Springer Spaniel
Sumber Gambar : thesprucepets.com

English Springer Spaniel adalah anjing olahraga berukuran sedang dengan telinga panjang. Ekspresi anjing ini waspada, ramah dan percaya diri. Rambutnya lurus, panjangnya sedang dan memiliki rambut-rambut halus, bisa berwarna hitam dan putih, hati dan putih, atau salah satunya dengan tanda cokelat. English Springer dewasa tingginya sekitar 51cm dan beratnya sekitar 23-25kg.

74. English Toy Terrier (Black & Tan)

74 English Toy Terrier (Black & Tan)
Sumber Gambar : purina.com.au

English Toy Terrier adalah anjing kecil berwarna hitam dan cokelat dengan rambut halus dengan telinga runcing dan tegak. Mereka sedikit lebih panjang daripada tingginya. Idealnya, English Toy Terrier dewasa berukuran 25-30cm dan berat sekitar 2,7-3,6kg. Anjing kecil ini memang memiliki sedikit temperamen terrier. Secara keseluruhan mereka penuh kasih sayang, ramah dan benar-benar mengabdi kepada keluarga mereka. Mereka akan dengan senang hati tinggal di kota atau desa dan bergaul dengan baik dengan anak-anak yang lebih besar. Mereka harus disosialisasikan dengan anjing lain, kucing dan anak-anak sejak usia dini.

75. Estrela Mountain Dog

75 Estrela Mountain Dog
Sumber Gambar : a-z-animals.com

Jenis anjing Mastiff atletis yang besar dan kuat ini memiliki tinggi sekitar 65-72cm (jantan) atau 62-68cm (betina) saat dewasa dan beratnya mencapai 30-50kg. Mereka hadir dalam dua jenis rambut: panjang atau pendek, yang berwarna coklat kekuningan, belang-belang, serigala abu-abu atau hitam.

76. Field Spaniel

76 Field Spaniel
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Field Spaniel yang tampak elegan sedikit lebih panjang dari tingginya. Dia memiliki ekspresi lembut dan rambut sedang/panjang, tebal, mengkilap yang memiliki banyak rambut lebih panjang di dada, perut dan punggung kaki. rambut dalam warna hitam, tanpa tanda cokelat. Seekor anjing berukuran sedang, tingginya sekitar 46cm saat dewasa dan beratnya antara 18-25kg.

77. Finnish Lapphund

77 Finnish Lapphund
Sumber Gambar : purina.com.au

Jenis hewan peliharaan ini merupakan seekor anjing tipe spitz yang kuat (rambut tebal, ekor melengkung ke belakang, telinga menusuk), Finnish Lapphund adalah anjing berukuran sedang, dengan jantan dewasa tingginya sekitar 49cm dan betina dewasa setinggi 44cm. Beratnya sekitar 17-19kg saat dewasa. rambut hadir dalam banyak warna dan kombinasi.

78. Finnish Spitz

78 Finnish Spitz
Sumber Gambar : britannica.com

Anjing berukuran sedang ini memiliki penampilan spitz yang khas (dengan telinga berduri seperti rubah, rambut tebal dan ekor lebat melengkung ke belakang). Anjing jantan tingginya 43-50cm dan betina 39-45cm. Ketika dewasa, beratnya 14-16kg. rambutnya berwarna merah-emas atau merah-cokelat di bagian belakang, dengan area yang lebih terang dan lapisan bawah yang berwarna lebih terang.

79. Flatcoated Retriever

79 Flatcoated Retriever
Sumber Gambar : hundeo.com

Ras anjing The Flat Coated Retriever adalah anjing yang panjang, tampak ramping, cerdas dan aktif dengan ekspresi cerdas. Mereka memiliki rambut yang padat dan rata dengan kilau tinggi, kaki dan ekor mereka berambut dengan baik dan mereka memberi kesan ras yang kuat. Rambut mereka umumnya berwarna hitam pekat atau warna hati padat. Anjing jantan dewasa idealnya memiliki tinggi 58-61cm dan berat 27-36kg; betina dewasa 56-58cm dan 25-32 kg.

80. Fox Terrier Smooth Coat

80 Fox Terrier Smooth Coat
Sumber Gambar : petfinder.com

Fox Terrier Smooth Coat berpunggung pendek dengan wajah panjang, anjing ini memiliki rambut pendek dan halus yang didominasi warna putih, dengan atau tanpa tanda cokelat, hitam atau hitam, dan cokelat. Mereka memiliki garis yang halus dan elegan dan tampak kuat, kecil, dan siap beraksi! Saat dewasa, Smooth Fox Terrier tingginya sekitar 39cm atau kurang dan beratnya sekitar 7,5-8kg (jantan) dan 7-7,5kg (betina).

81. Fox Terrier Wire Coat

81 Fox Terrier Wire Coat
Sumber Gambar : thefoxterrierclub.co.uk

Fisik dari anjing ini mungkin kecil, tetapi Wire Fox Terrier yang berotot dan berotot memancarkan kekuatan. rambut tebal dan kurus didominasi putih dengan tanda hitam, cokelat, atau hitam dan cokelat. Anjing jantan dewasa tingginya di bawah atau sama dengan 39cm dan beratnya sekitar 8kg, dan betina sedikit lebih kecil.

82. Foxhound

82 Foxhound
Sumber Gambar : petfinder.com

Anjing besar dan kuat ini memiliki rambut pendek yang tersedia dalam berbagai warna anjing yang dikenali. Mereka memiliki telinga yang turun, dada yang dalam, dan fisik yang berotot. Ekornya tinggi, tetapi tidak melengkung ke belakang. Saat dewasa tingginya sekitar 58-64cm dan berat 29-32kg.

83. French Bulldog

83 French Bulldog
Sumber Gambar : britannica.com

French Bulldog mudah dikenali dari telinga kelelawarnya yang besar. Seekor anjing kecil berwajah datar, ia memiliki rambut pendek mengkilap yang berwarna belang-belang, pied atau coklat kekuningan. Frenchie memiliki tinggi sekitar 27-34,5 cm ketika sudah dewasa. Jantan dewasa memiliki berat 12,5kg dan betina dewasa 11kg.

French Bulldog adalah anjing yang suka bersenang-senang, yang penuh kehidupan dan penuh kasih sayang terhadap orang yang dicintainya. Mereka adalah anjing pemberani yang berpikir mereka berkali-kali lebih besar dari mereka sebenarnya, dan tidak mungkin mundur jika diciduk oleh anjing lain.

84. German Pinscher

84 German Pinscher
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Dikutip dari purina.co.id, Anjing yang elegan, kuat, dan berotot, German Pinscher memiliki rambut pendek yang halus dengan warna merah, coklat kekuningan, hitam dan cokelat, dan biru dan cokelat. German Pinscher dewasa memiliki tinggi 43-48cm dan berat sekitar 11-16kg. Ras yang waspada dan berani dengan kecenderungan menjaga alami, Pinscher Jerman membutuhkan rumah yang aktif dengan pemilik berpengalaman, yang dapat bersosialisasi, melatih, dan menanganinya. Anjing yang bersemangat ini akan berlari mengelilingi pemilik pertama kali! Di rumah yang tepat, mereka menjadi anjing yang setia dan bermanfaat yang dapat dilatih dalam sejumlah disiplin ilmu.

85. German Shepherd Dog

85 German Shepherd Dog
Sumber Gambar : britannica.com

Dikutip dari purina.co.id, German Shepherd adalah salah satu ras yang paling mudah dikenali di dunia. Penampilan mereka harus seperti anjing yang berotot dan waspada dengan sikap yang mulia dan menyendiri. Anjing-anjing itu lincah dan seimbang dan membawa diri mereka dengan bangga. Rambut mereka hadir dalam berbagai warna dan terdiri dari lapisan atas yang keras, kasar dan rata dengan lapisan bawah yang tebal. Tinggi badan ideal untuk anjing jantan dewasa adalah 63cm dan untuk betinanya 58cm. Kisaran beratnya adalah 30-36kg.

Lihat Juga : Jenis Studio di Bioskop CGV

Penutup

Dengan menghadirkan hewan anjing sebagai peliharaan dalam kehidupan merupakan sebuah keputusan yang terbaik dan tidak akan pernah disesali. Anjing adalah sumber kebahagiaan, teman setia dan sebagai hewan penghibur di kala kesedihan yang melanda. Hewan ini juga mengajarkan tentang kesetiaan dan kasih sayang. Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara hewan anjing, kira-kira anjing mana ya yang cocok untuk dijadikan peliharaan? Semoga artikel di atas yang menjelaskan tentang jenis-jenis anjing ras dapat menjadi bahan referensi untuk Anda sebelum membeli hewan tersebut.

Mengapa anjing sering dianggap sebagai teman setia yang sempurna?

Anjing sering dianggap sebagai teman setia yang sempurna karena sifat kesetiaan dan kasih sayang yang mereka tampilkan. Mereka selalu berada di sisi kita, memberikan dukungan tanpa syarat dan cinta tanpa batas. Anjing akan setia menemani kita dalam suka dan duka, memberikan perhatian dan penghiburan yang luar biasa. Keinginan mereka untuk menyenangkan pemiliknya, kesediaan mereka untuk mendengarkan, dan kemampuan mereka untuk merasakan emosi manusia menjadikan mereka teman yang dapat diandalkan dan berharga.

Apa tanggung jawab utama dalam merawat anjing?

Merawat anjing sebagai teman setia membutuhkan tanggung jawab yang serius. Tanggung jawab utama meliputi memberikan makanan yang seimbang dan nutrisi yang tepat, memberikan perawatan kesehatan yang rutin, seperti vaksinasi dan pemeriksaan medis, serta memberikan lingkungan yang aman dan nyaman. Selain itu, anjing juga membutuhkan stimulasi mental dan latihan fisik yang memadai, seperti bermain dan berjalan-jalan. Penting juga untuk memberikan cinta, perhatian, dan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan anjing secara aktif. Sebagai pemilik, kita juga harus mematuhi aturan dan peraturan terkait pemeliharaan hewan peliharaan di daerah tempat tinggal kita.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini