Menghemat Kuota 4G LTE di Android

Dianisa.comCara Menghemat Data Seluler 4G LTE di Smartphone Android. Jaringan 4G LTE memang terkenal dengan kecepatan yang super cepat. Membuka apapun terasa cepat tanpa harus menunggu lama. Saat treaming video Online di Youtube terasa lancar tanpa buffer. Lebihnya lagi, Streaming film online di HOOQ terasa mantap dan maksimal. Bahkan dengan tontonan Full HD tetap mantap tanpa ada gangguan buffer sedikitpun.

Baca Juga :

Pengguna memang merasa puas saat menikmati kecepatan browsing dari jaringan 4G LTE, namun disini lain Kuota 4G ternyata cepat habis hanya dalam beberapa waktu saat. Ada banyak pengguna yang mendaftar kuota 4G dengan periode waktu 1 Bulan, namun ternyata hanya dalam waktu 1 – 2 minggu kuota tersebut telah habis. Hal ini memang benar – benar dialami oleh para pengguna smartphone dan tablet Android. Kuota 4G LTE memang cepat habis, maka dari itu pengguna harus pintar dalam mengatur kuota yang digunakan.

Menghemat Penggunaan Kuota 4G LTE di Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Menghemat Penggunaan Kuota 4G LTE Di Smartphone Dan Tablet Android. Ada banyak tips dan trik yang bisa anda lakukan agar kuota 4G tetap hemat, jangan sampai kuota 1 bulan habis dalam waktu 1 mingu saja. Menghemat itu penting, bahkan sangat penting untuk dilakukan. Maka dari itu, simak Metode Menghemat Kuota 4G LTE di HP Android berikut ini.

1. Gunakan Browser Paling Ringan

Tips menghemat data 4G pertama yang bisa anda lakukan yakni gunakan aplikasi Browser paling ringan dan paling hemat data. Sebenarnya ada banyak browser ringan yang bisa anda gunakan. Lebih lengkapnya, anda bisa mencari langsung dari Google Play Store. Ada banyak browser yang memiliki fitur “Hemat Data”. Artinya, browser tersebut mampu membuka halaman atau laman lebih cepat dan lebih hemat.

Baca Juga :

2. Non-Aktifkan Update Otomatis dari Google Play Store

Hal kedua yang bisa anda coba yakni mematikan update aplikasi otomatis dari Google Play Store. Cara ini benar – benar sangat di anjurkan dalam menghemat data seluler 4G. Atau jika masih ingin update aplikasi, anda bisa melakukan update aplikasi melalui layanan WiFi gratisan. Dan untuk menon-aktifkan update aplikasi dari Google Play Store, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Matikan Update Otomatis Aplikasi

  • Buka aplikasi Google Play Sore » Setelan » Update Aplikasi Secara Otomatis » Kemudian Pilih “Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Non-Aktifkan Sinkronisasi Data

Selanjutnya untuk hal ketiga yang bisa anda coba lakukan adalah menon-aktifkan sinkronisasi data. Sinkronisasi data yang dimaksud disini biasanya berhubungan dengan akun email, sosial media, dan messenger. Semua akun tersebut membutuhkan data internet untuk melakukan sinkronisasi. Dan untuk menon-aktifkan data sinkronisasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Non-Aktifkan Sinkronisasi Data

  • Buka Menu Pengaturan/Setelan » Akun dan Sinkronisasi » Matikan “Sinkronisasi Data Otomatis”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Gunakan Fitur Hemat Data Pada Aplikasi

Selanjutnya, untuk yang keempat anda bisa mencoba untuk menggunakan fitur hemat data pada beberapa aplikasi Android. Salah satu aplikasi browser yang memiliki fitur hemat data 4G adalah Google Chrome. Dengan menggunakan fitur Data Saver, anda bisa menghemat data internet saat browsing lebih dari 50%. Fungsi dari Data Saver yakni mampu mengkompress halaman dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga data yang dibutuhkan juga akan lebih hemat. Tidak hanya Google Chrome saja, Instagram juga memiliki fitur semacam ini. Dan untuk mengaktifkan fitur data saver, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hemat Data Google Chrome

  • Buka Aplikasi Google Chrome » Setelan » Penghemat Data » Aktifkan “Data Saver” dengan menggeser icon yang ada.

Baca Juga :

5. Minimkan Penggunaan Sosial Messenger

Selanjutnya untuk tips kelima yang bisa anda coba yakni mengurangi penggunaan sosial dan messenger. Ada banyak aplikasi Sosial Messenger seperti WhatsApp, Instagram, BBM, LINE, Facebook Messenger, WeChat, Path, IMO, Telegram, Twitter, dan lainnya. Alangkah baiknya anda kurangi penggunaan sosial media. Mengapa? Karena sosial media sangat boros terdapat data seluler 4G, gunakan sosial media pada waktu penting – penting atau pada momen – momen menarik saja.

6. Batasi Penggunaan Data Harian

Untuk tips keenam, ini adalah tips yang sangat menarik dan benar – benar mampu menghemat data internet harian/bulanan anda. Membatasi penggunaan data 4G adalah solusi paling ampuh dalam mengatur penggunaan data. Seperti misalnya, anda ingin hari ini hanya boleh menggunakan data sekitar 20 MB maka anda harus membatasi penggunaan data 4G sesuai dengan kuota yang anda tetapkan. Tidak semua perangkat Android memiliki fitur ini, tapi jika smartphone anda memiliki fitur semacam ini, anda bisa mencobanya. Sebagai contohnya, anda bisa lihat fitur hemat data dibawah ini.

Batasi Penggunaan Data Seluler

  • Buka Setelan » SIM Ganda dan Jaringan Seluler » Batas Data Harian dan Pengingat » Aktifkan “Batas Data Harian”. Kemudian pilih batas maksimal data yang anda butuhkan pada bagian “Ukuran Data Harian”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

7. Matikan Penggunaan Data Pada Beberapa Aplikasi

Selanjutnya untuk tips yang ketujuh, anda bisa mencoba mematikan data seluler pada beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah anda gunakan. Dengan menon-aktifkan penggunaan data pada beberapa aplikasi, setidaknya aplikasi yang anda non-aktifkan tersebut tidak menyedot data 4G yang ada. Pada umumnya, fitur ini ada pada semua perangkat Android. Sebagai contohnya, anda bisa lihat langkah – langkah menonaktifkan penggunaan data pada aplikasi berikut ini.

Matikan Data Seluler Pada Aplikasi

  • Buka Setelan » SIM Ganda dan Jaringan Seluler » Selanjutnya, anda Non-Aktifkan beberapa aplikasi yang ingin anda non-aktifkan dengan cara menggeser warna hijau menjadi warna abu – abu yang artinya data telah di Non-Aktifkan.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

8. Nonton Video Offline di Youtube

Selanjutnya untuk kedelapan, jika anda suka menonton video di Youtube, maka anda tetap bisa melakukannya setiap hari atau seminggu sekali dengan cara menghemat penggunaan data 4G melalui fitur Video Offline.

Hadirnya fitur Tonton Offline, tentunya dapat memudahkan pengguna dalam menonton video. Dan kabarnya, fitur tersebut mampu menghemat penggunaan data/kuota 4G. Untuk mendapatkan fitur tersebut, anda bisa update Youtube ke versi terbaru.

Update Youtube Via Google Play Store

9. Gunakan Aplikasi Opera Max

Tips berikutnya, anda bisa mengunduh Aplikasi Opera Max. Mengapa harus Opera Max? Karena Opera Max memiliki fitur data saver yang lebih baik dan lebih optimal ketimbang aplikasi browser lainnya. Hampir sama seperti Google Chrome, fitur ini mampu menghemat data seluler kisaran 40 – 50%. Dan untuk mendapatkan aplikasi Opera Max, anda bisa dapatkan langsung dari Google Play Store.

Download Opera Max Via Google Play Store

10. Non-Aktifkan Data Seluler Saat Tidak Digunakan

Tips selanjutnya, anda bisa nonaktifkan fitur Dat Seluler saat anda tidak membutuhkannya atau anda tidak sedang membuka Internet. Tips ini benar – benar manjur dalam menghemat data 4G. Bahkan selain data, secara bersamaan anda juga menghemat daya baterai yang ada karena Smartphone tidak terhubung ke Internet secara terus menerus.

Matikan Data Internet

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

CEK KUOTA :

11. Manfaatkan WiFi Jika Ada

Apabila anda sedang dekat dengan area WiFi, baik di sekolahan, kampus, restoran, hotel, café, atau tempat – temapt lain yang tersedia layanan WiFi gratis maka anda harus memanfaatkannya. Hal ini sebagai alternatif untuk menghemat penggunaan data 4G yang anda miliki. Selain itu, Manfaatkan WiFi untuk Update semua aplikasi langsung dari Google Play Store.

12. Jangan Terlalu Sering Bermain Game

Dan untuk yang terakhir, saya anjurkan untuk tidak terlalu sering bermain game Online. Hal tersebut sebenarnya tidak begitu penting, dan buang – buang waktu. Gunakan aktifitas kosong anda dengan hal – hal yang lebih menarik dan bermanfaat.

Dengan adanya tips – tips diatas, semoga penggunaa kuota 4G LTE anda bisa bertahan hingga satu bulan penuh. Semua tips diatas berlaku pada semua operator di Indonesia, baik Itu kuota 4G telkomsel, kuota 4G smartfren, kuota 4G indosat, kuota 4G XL, Kuota 4G 3, Kuota 4G Axis, dan operator seluler lainnya. Penerapannya dapat anda lakukan pada semua merek Android, baik itu Smartfren, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Samsung, Xiaomi, Sony, Vivo, Advan, Acer, Axioo, LUNA, Polytron, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Kuota 4G LTE di Smartphone Dan Tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silhkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here