Menghemat Pulsa Android

Dianisa.comCara Setting Ponsel Android Agar Tidak Boros (Terpotong) Pulsa / Data. Pulsa menjadi bagian yang sangat penting sebagai media atau layar bayar eletronik. Dengan pulsa, pengguna perangkat elektronik, seperti ponsel dan Android bisa melakukan komunikasi di manapun dan kapanpun. Adapun penggunaan pulsa bisa bermacam – macam, bisa untuk telepon, SMS, Internet, berlangganan paket menarik dan seru, dan lainnya.

Baca Juga :

Adapun kita sebagai pengguna pastinya ingin selalu menghemat pulsa, karena bagaimanapun jika kita selalu menikmati hiburan yang ada pasti tidak ada habisnya. Terkadang kita juga malas melakukan cek kuota karena terlalu semangat melakukan aktifitas dunia maya, baik itu bermain game, membuka sosmed, nonton video dan film, chatting dengan teman, dan lainnya. Aktifitas Dunia maya yang berlebihan membuat pulsa dan data cepat habis. Dan hal inilah yang membuat pengguna Android galau karena hanya dalam beberapa waktu saja, tidak sampai sebulan kuota / pulsa sudah habis banyak.

Mencegah Pemborosan Pulsa / Data Internet

Sedikit curhat, perlu anda ketahui bahwa dalam waktu satu bulan, saya menghabiskan Pulsa lebih dari 100 ribu. Cukup banyak, padahal pada umumnya teman – teman saya hanya butuh 50 ribu saja untuk daftar paket Internet. Adapun saya terlalu boros dalam penggunaan paket. Mengapa demikian? Betul saja, keseringan menonton video dan download aplikasi menjadikan data internet cepat terkuras. Maka dari itu, saya akan berbagi tips ke anda mengenai Cara Mencegah Pemborosan Pulsa / Data Internet Android. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan Anda Tidak Berlangganan Konten Berbayar

Yang pertama dan ini yang paling penting yakni pastikan anda tidak berlangganan pakat premium atau konten berbayar, baik berupa SMS, Link, atau apapun itu dari operator yang anda gunakan. Jika misalnya, anda berlangganan paket konten Via SMS. Dan 1 SMS per hari 1000 rupiah, maka satu bulan penuh anda telah menghabiskan banyak pulsa. Dan semuanya terbuang sia – sia hanya gara – gara konten berbayar via SMS.

Solusinya apa? Solusinya adalah anda harus mematikan atau menonaktifkan paket berbayar tersebut. Anda bisa hubungi CS Operator untuk menonaktifkan paket berbayar yang ada. Ikuti Instruksi yang ada, sampai paket berhasil di nonaktifkan.

2. Atur Penggunaan Paket Internet

Sebagai pengguna yang bijak, anda harus atur penggunaan data yang ada. Jika anda berlangganan paket Internet sebulan 1 GB dengan harga 50 ribu, maka anda harus bisa atur 1 GB tersebut bisa bertahan hingga 1 bulan penuh. Anda bisa kurangi menonton video dengan paket data yang anda miliki. Jika anda berkunjung ke tempat – tempat tertentu yang tersedia layanan WiFi gratis maka gunakan konektifitas tersebut sebagai alternatif untuk menghemat paket data.

3. Non-Aktifkan Data Internet

Non-Aktifkan paket data yang anda miliki jika tidak anda gunakan atau jika anda tidak sedang menggunakan smartphone Android. Jika anda terus mengaktifkan selama sehari penuh maka pastinya data Internet akan cepat habis. Hal ini dikarenakan data internet selalu memperbarui notifikasi yang masuk pada Android anda, baik itu notifikasi game, email, chatting, BBM, LINE, WhatsApp, Facebook, dan lainnya. Anda bisa lihat contoh data internet yang off dibawah ini.

Matikan Data Internet

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Non Aktifkan Sinkronisasi Otomatis

Tips keempat yang bisa anda coba yakni Non-Aktifkan Akun Sinkronisasi Data Android. Hal ini perlu anda lakukan agar Data dan Baterai Android tetap dalam kondisi hemat. Akun yang biasanya tersinkronisasi adalah Facebook, Twitter, Messenger, Telegram, WhatsApp, Imo, BBM, dan lainnya. Untuk menonaktifkan Sinkronisasi Data Android, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Non-Aktifkan Sinkronisasi Data

  • Buka Menu Pengaturan/Setelan » Akun dan Sinkronisasi » Matikan “Sinkronisasi Data Otomatis”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Setting Android Agar Tidak Update Otomatis

Agar game dan aplikasi tidak selalu memberikan udpdate otomatis, maka anda harus menonaktifkannya. Hal ini bertujuan agar paket data anda tidak tersedot secara tiba – tiba karena memperbarui semua aplikasi yang terinstall di Android anda. Untuk mematikan fitur auto update Aplikasi, anda bisa masuk pada Google Play Store. Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Matikan Update Otomatis Aplikasi

  • Buka aplikasi Google Play Sore » Setelan » Update Aplikasi Secara Otomatis » Kemudian Pilih “Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Dengan adanya beberapa tips diatas, semoga penggunaan paket data internet yang anda miliki tidak cepat habis. Tidak hanya data, namun berlaku juga pada Pulsa. Adapun semua tips diatas bisa anda terapkan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, Polytron, Sony, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Penggunaan Data Dan Pulsa Di Smartphone Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini atau chat melalui fanspage NGAWI DIAN. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here