6 Cara Memperkuat Sinyal 4G di HP Android

0
1477

Dianisa.comTips Jitu Memperkuat Sinyal 4G LTE di Smartphone Android. Teknologi 4G LTE saat ini telah menjamur di seluruh penjuru negeri di Indonesia. Teknlogi jaringan yang memiliki kecepatan upload dan unduh yang super cepat menjadi andalan para pengguna smartphone dan tablet Android untuk memaksimalkan aktifitas di dunia maya. Namun sayangnya, tidak semua pengguna mampu mencangkup teknologi #4G LTE. Maklum saja, teknologi jaringan di Indonesia memang masih banyak rintangan atau halangan.

Baca Juga :

Memperkuat Sinyal 4G di Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Memperkuat Sinyal 4G Di Smartphone dan Tablet Android. Sebenarnya ada banyak penyebab yang membuat Sinyal Ponsel Melemah Atau Hilang. Salah satu yang paling sering adalah area atau tempat yang memang tidak mendapat jangkauan sinyal, jangkauan sinyal dari Provider yang kurang bagus, kondisi smartphone sudah usang, dan lainnya. Untuk memperkuat sinyal pada smartphone, anda bisa ikuti Beberapa Metode Memperkuat Sinyal 4G Di Android berikut ini.

1. Periksa Kekuatan Sinyal Ponsel Android

Perlu anda ketahui bahwa pembuatan hardware teknologi jaringan dari 4G terbilang sangat teliti dan ekstra hati – hati. Mengapa? Karena hal tersebut untuk memastikan bahwa teknologi 4G benar – benar tertancap pada ponsel yang diproduksi tersebut. Salah satu smartphone dengan teknologi 4G yang bagus adalah OPPO F1s. Nah, untuk memastikan bahwa jangkauan daerah anda memang support dengan teknologi 4G, anda bisa cek sendiri. Untuk melihatnya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cek Kekuatan Jaringan Smarphone

  • Buka menu Pengaturan » Tentang Ponsel » SIM1 Status Kartu » untuk melihat kekuatan sinyal, anda bisa lihat “Satuan Decibel Miliwatss (dBm)”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Pancing Sinyal Dengan Air Plane Mode

Tips kedua yang bisa anda ikuti adalah dengan memanfaatkan Air Plane Mode atau Mode Pesawat Terbang. Mode Air Plane tersebut bisa anda manfaatkan sebagai alat pancingan sinyal dari sebelumnya susah dapat sinyal, kemudian berubah menjadi dapat sinyal. Cara ini akan membuat Smartphone memperbarui atau me-refresh sinyal yang ada di area atau wilayah tersebut. Untuk menggunakan Air Plane Mode, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mode Pesawat

  • Buka menu Pengaturan » tap “Mode Pesawat”. Diamkan selama beberapa saat, kemudian matikan kembali “Mode Pesawat” tersebut.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Gunakan Mode Only 4G LTE

Untuk memaksimalkan sinyal jaringan yang ada di smartphone Android anda, anda bisa atur teknologi jaringan menjadi 4G LTE Only. Jangan setting secara Auto atau Otomatis, tetapi setting menjadi Only saja. Tujuan dari cara ini agar ponsel fokus pada satu jaringan saja, yakni 4G Only dan tidak berpindah pada jaringan 3G ataupun 2G. Untuk melakukan cara tersebut, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

4G LTE Only

  1. Langkah pertama, anda masuk pada Aplikasi “Dial Phone” atau “Telepon”. Selanjutnya anda ketikkan nomor *#*#4636#*#*, lalu tekan “CALL” atau “DIAL”.
  2. Setelah anda melakukan cara diatas maka akan muncul menu pilihan, tap “Informasi Telepon”, lalu anda ubah pada bagian “Setel Jaringan Yang Disukai” atau “Set Preferred Network Type” dari WCDMA Only menjadi 4G LTE Only.
  3. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Keluar Dari Ruangan

Untuk mendapat sinyal yang lebih baik dan lebih optimal, maka anda harus keluar dari ruangan. Mungkin saja di dalam ruangan terdapat gangguan dari gelombang elektromagnetik yang bisa jadi menghambat ponsel untuk mendapatkan sinyal 4G. Perbedaan pasti ada antara di dalam ruangan dengan di luar ruangan. Atau jika tidak keluar ruang, pastikan tempat anda lebih terbuka, seperti Area Wifi.id dari Telkomsel yang lebih terbuka dari segala sisi.

5. Gunakan Kartu SIM dengan Jangkauan Sinyal Maksimal

Setiap daerah memiliki kualitas sinyal yang berbeda – beda, seperti misalnya daerah saya lebih maksimal saat menggunakan Provider Telkomsel, namun di sisi lain kurang maksimal saat menggunakan Provider Smartfren. Untuk itu, anda harus pastikan provider mana yang memang sesuai dengan daerah anda tersebut, baik itu dari Indosat, XL, 3, Smartfren, atau Telkomsel.

6. Gunakan Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Tips keenam yang bisa anda coba adalah menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi yang saya maksud disini semacam 3G/4G Speed Optimizer, Signal Guard pro, atau aplikasi – aplikasi lain yang memang bisa membantu menguatkan sinyal 4G. Dengan aplikasi semacam itu, pengguna bisa lebih detail dalam memantau sinyal yang tertangkap oleh Smartphone android. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mencari dan mengunduhnya langsung dari Google Play Store secara gratis.

Setiap perangkat Android seperti pada Asus, Lenovo, Samsung, OPPO, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, dan lainnya hadir dengan hardware penangkap sinyal dengan kualitas yang berbeda – beda, maka dari itu jangan heran jika smartphone teman anda sinyalnya lebih bagus ketimbang smartphone anda sendiri. Mungkin saja, smartphone teman anda lebih berkualitas ketimbang milik anda.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Memperkuat Sinyal 4G Di Android Yang Lemah, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here