Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Only di HP OPPO

Dianisa.com – Cara Merubah Jaringan 3G HSPDA+ ke 4G LTE Only di OPPO. Jaringan 4G LTE merupakan salah satu jaringan tercepat setelah 3G HSPDA. Menariknya, saat ini sudah banyak perangkat Android yang mendukung jaringan 4G LTE, salah satunya adalah Perangkat OPPO. Produk OPPO Keluaran terbaru, dimulai tahun 2016 telah di sematkan teknologi jaringan 4G LTE seperti pada OPPO A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, dan lainnya.

Baca Juga :

Mengubah Jaringan 3G ke 4G Only di OPPO

Pada artikel sebelumnya, saya telah berbagi tutorial mengenai cara mengubah sinyal dari 2G/3G menjadi 4G di OPPO A37. Namun untuk artikel kali ini saya akan membuat tutorial yang lebih spesifik dalam mengubah jaringan yakni ke 4G Only. Maksud dari 4G Only adalah mengunci jaringan hanya pada teknologi 4G Only, dan sudah tidak lagi ke 3G. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda hidup pada area perkotaan dan sudah mendapat jangkauan sinyal 4G. Ada beberapa step yang harus anda lakukan untuk mengubah jaringan ke 4G Only saja. Khusus para pengguna HP OPPO, anda bisa langsung simak langkah – langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama, anda harus ubah mode dari 3G menjadi 4G melalui pengaturan Android. Masuk pada Pengaturan/Setelan » SIM Ganda dan Jaringan Seluler » Jenis Jaringan Yang Dianjurkan » Jenis Jaringan Yang Dianjurkan » Pilih “4G/3G/2G (Otomatis)”.

Mengganti Sinyal 3G menjadi 4G LTE di OPPO

2. Selanjutnya, anda tap fitur Dial Phone yang ada di HP Android anda. Masukkan kode *#*#4636#*#* dan secara otomatis anda akan dibawa pada informasi detail dari jaringan ponsel Android anda. Tap “Informasi Telepon” kemudian anda akan diperlihatkan informasi terkait sinyal Android.

Pilih Informasi Telepon

3. Scrool pada bagian bawah, kemudian anda setting setelah jaringan menjadi “LTE Only”. LTE Only yang dimaksud disini adalah 4G LTE. Dengan melakukan pengaturan tersebut, sinyal jaringan akan terfokus pada 4G LTE saja.

Pilih LTE Only

4. Namun sebelumnya, perlu anda tahu bahwa dengan mengunci jaringan pada mode LTE akan membuat Android lebih fokus pada jaringan LTE saja. Jika misalnya di daerah anda tidak terjangkau jaringan LTE maka perubahan tersebut juga akan percuma. Dan bahkan nantinya Android juga tidak akan bisa akses Internet.

5. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Apabila dengan perubahan tersebut, Android tidak mendeteksi jaringan 4G LTE, maka kemungkinan daerah anda memang belum terjangkau sinyal 4G LTE. Jika memang belum tersedia, sebaiknya anda ubah kembali pada posisi awal agar Android bisa normal kembali dan bisa mencari jaringan yang terdeteksi saja.

Tutorial diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat OPPO seperti Oppo A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan perangkat OPPO lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Merubah Jaringan 3G Ke 4G Di HP OPPO Semua Tipe Lengkap, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait sinyal HP OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 38 Comment

  1. Maryana berkata:

    Maaf Bos ganggu, kan saya sudah ubah 3g saya ke 4g, trus seandainya Nanti aku balek ke luar pulau, bisa gak di kembaliin lagi jadi 3g lagi,? Soalnya ditempatku belum bisa 4g.

  2. adan berkata:

    Kalo oppo find 5 mini aku gak bisa pdhl dearah terjangkau 4g lte

    • Dian Arifin berkata:

      Bukankan OPPO 5 Mini belum support dengan jaringan 4G, maka artinya walaupun terjangkau sinyal 4G maka tetap saja tidak akan sampai ke 4G.

  3. novergo mardi berkata:

    Maaf gan gangu , hp saya jaringan tersedia nya tidak ada muncul jaringan 4G gimana cara nya supaya ada jaringan 4G nya tu gan

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan smartphone support dengan jaringan 4G, kalau tidak ada maka tetap tidak bisa. 4G itu bawaan dari pabrikan, jadi tidak bisa kita menambahkan sendiri sesuai dengan keinginan dan kemauan kita.

  4. angga berkata:

    Kalo hp oppo neo 7 tipe a1603 b 4g yah? Soal a ngga bisa”

    • Dian Arifin berkata:

      Untuk melihat adanya fitur 4G atau tidak, anda bisa melihat pada menu Pengaturan jaringan. Dari situlah anda bisa melihat ada opsi 4G atau tidak. Jika tidak ada maka berarti smartphone memang belum support dengan teknologi 4G tersebut.

  5. dharma berkata:

    tergantung hpnya nmr ini oppo neo 5 sampai lebaran ke 10 gak suport jaringan LTE memang gak bisa perangkat blm mendukung.

  6. Kinkin berkata:

    Maaf ganggu gan
    Ada yg tau kalo oppo mirror a51w sudah support 4g belum ya
    Banyak yg bilang di google udah support, tp pas d cek ga ada 4g nya
    Makasih buat semua 😉

  7. USEF SAEPUDIN berkata:

    Saya punya hp oppo neo 7 mode a33w,bagai mana merobah jaringan dari 3G ke 4g,saya sudah lakukan dengan pakai*#*#4636#*#*,ngak bisa

  8. Fariz berkata:

    Gan oppo neo7 model a33w di spesifikasi jaringan 4g sudah gan. Dan sudah agan tampilkan diatas termasuk yang bisa update 4g. Tp di menu jaringan koq cuma 3G/2G otomatis ya gan ?

    • Dian Arifin berkata:

      Ikuti petunjuknya dengan benar, kalau memang sudah support 4G LTE seharusnya bisa. Dan apabila daerah anda juga sudah support 4G LTE maka pastinya nanti bakal muncul jaringan 4G nya..

  9. Yulianto berkata:

    Maaf gan kalo di Hp tidak tersedia 4G gimana, karena di Hp saya hanya terdapat 2G dan 3G aja ‘gimana solusi nya,?

  10. omen berkata:

    klo oppo neo 5 udh bs 4g pa blom

  11. vin berkata:

    hp ku oppo a37, tapi setiap setting jadi LTE only langsung berubah jadi GSM only. dan padahal daerah ku udah support 4g. help?

    • Dian Arifin berkata:

      Jikalau sudah terjangkau signal 4G, seharusnya bisa mas. kemungkinan HP nya yang bermasalah atau kartunya, cobalah buat ganti kartu..

  12. Fadly berkata:

    Oppo neo 5 ku ada perbaruan sistem, apakah saya harus memperbarui nya? Jika di perbarui apakah hp oppo neo 5 2015 saya akan 4g , mohon imformasi nya bri. 🙂 terima kasih

  13. Evho berkata:

    Oppo neo 5 kok gk ada yg muncul pilihan jariingn yg d sukai ?? Ballas please

  14. Fajar berkata:

    Mau tanya kalo oppo neo 5 bisa gak ya tadi saya sudah cba tp tidak bisa apa harus pakai kartu tertentu???

  15. dhandy julianto berkata:

    Gan kenapa hp oppo a57 saya tidak bisa 4g di kartu telkomsel kalau kartu lainnya bsa gan kenapa akibatnya gan

  16. Nhiaaa berkata:

    Kok hp oppo neo 5 aku jaringannya nggak bisa menjadi 4G sih? Padahal aku sdh melakukan cara yang di atas

  17. Eka berkata:

    Hp oppo a51w bsa gak di rubah mnjadi 4g…. duh klo ga 4g. Vc susah sekali