Cara Screenshot Layar Android

Dianisa.com – Cara Mengambil Gambar Layar Smartphone dan Tablet Android Semua Merek dan Tipe. Screenshot adalah salah satu kegiatan mengambil gambar pada layar smartphone dan tablet Android. Tujuan dari Pengambil gambar pada layar biasanya karena ada momen – momen tertentu yang unik dan lucu seperti tulisan atau gambar. Selain itu, bagi para developers yang suka membuat tutorial Android tentunya juga sering melakukan Screenshot sebagai bahan dan petunjuk tutorial tersebut.

Baca Juga :

Contoh sederhananya adalah saya sendiri, saya juga sering melakukan Screenshot pada layar Android sebagai bahan untuk membuat Tutorial di Blog ini. Bagi saya fitur Screenshot sangatlah penting dalam mengambil gambar, mengedit, dan memposting di Blog sederhana ini,

Perlu anda ketahui bahwa Smartphone Android di dunia ini sangatlah banyak ragam dan macamnya, dan kebanyakan cara Screenshot-nya terkadang juga ada yang berbeda. Semua perangkat Android memang sudah tersedia fitur Screenshot mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Acer, Advan, Smarfreen Andromax, Vivo, Sony Experia, Evercoss, dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tutorial Cara Screenshot Layar HP Android dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Cara yang saya berikan kali ini bisa anda terapkan pada semua jenis smartphone Android. Mau tau caranya seperti apa, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Screenshot Layar Android Tanpa Aplikasi

Untuk melakukan Screenshot pada layar Android anda tidak perlu aplikasi tambahan, karena Android sendiri sudah dibekali dengan fitur Screenshot. Namun terkadang cara Screenshot setiap smartphone sedikit berbeda dan tidak sama secara persis.

Untuk Smartphone merek Samsung, anda bisa melakukan Screenshot pada layar dengan menekan tombol Power bersama dengan tombol home. Tekan kedua tombol tersebut secara berbarengan dengan cepat maka gambar pada layar akan terambil.

Aplikasi Screenshot Android

Untuk Smartphone merek selain Samsung biasanya mengunakan kombinasi tombol Power dan tombol Volume kecil atau Minus. Tekan kedua tombol tersebut secara berbarengan selama 3 detik maka gambar pada layar akan terambil dengan sempurna.

Cara Screenshot Layar Android Bisa Langsung Edit dan Potong

Screenshot Capture adalah aplikasi tangkap layar android gratis yang mampu menangkap layar dengan mudah dan cepat serta dapat diedit sesuai keinginan. Jika pada umumnya anda melakukan Screenshot tapi tidak bisa di edit ataupun tidak bisa dipotong, dengan aplikasi Screenshot Capture anda bisa mencoret – coret, menambahkan text, memotong, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan aplikasi Screenshot Capture juga sama seperti diatas, hanya saja ada penambahan pada bagian fitur edit saja. Untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi Screenshot Capture, silahkan simak langkah – langkah install dan Screenshot dibawah ini.

Cara Screenshot Ambil Gambar Layar Android

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi Screenshot Capture melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Screenshot Capture Via Google Play Store
  2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut, Untuk mengaktifkan aplikasi, anda bisa tap “Start Service”. Tanda aplikasi aktif akan terlihat pada bagian Bar Notifikasi.
  3. Untuk test, coba anda lakukan Screenshot pada bagian layar tertentu sesuai keinginan anda. Gunakan Tombol Power dan Volume Down atau Tombol Power dan Home.
  4. Setelah berhasil tertangkap, anda bisa masuk lagi pada aplikasi tersebut. Pada bagian “icon Image”, anda bisa pilih gambar yang anda Screenshot tadi dan anda edit sesuai keinginan anda. Anda bisa memotong hasil Screenshot tersebut, bisa menambahkan text, menggambar (Draw), dan lain sebagainya.
  5. Jika sudah, anda bisa langsung menyimpan hasil editing dari Screenshot tersebut.
  6. Selesai.

Sekedar Share,

Selain aplikasi Screenshot Capture, anda juga bisa menggunakan aplikasi Screenshot lain. Sebagai rekomendasi tambahan, anda bisa simak beberapa aplikasi Screenshot yang mungkin saja bisa menjadi pilihan untuk anda. (Baca : 7 Aplikasi Screenshot Android Terbaik Berfitur Keren Tanpa Root)

  • Screenshot Ultimate adalah aplikasi Screenshot Android gratis yang mampu menangkap dan mengedit hasil Screenshot dengan sangat mudah dan cepat. Tersedia 16 metode berbeda dalam menangkan layar Android. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini cukup menarik, anda bisa langsung mengedit Tangkapan layar yang sudah anda ambil, Tersedia 2 format pilihan JPEG dan PNG, dukungan penuh untuk pengguna Tablet.
  • Screenshot by Kastor Soft Adalah aplikasi penangkap layar android yang dirancang oleh developers dari Kastor Soft. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengambil gambar layar dengan sangat mudah dan cepat. Ada 3 pilihan format dari aplikasi ini mulai dari BMP, PNG dan JPG.
  • Screenshot Easy adalah aplikasi penangkap layar android gratis yang mampu mengambil gambar tanpa harus menekap tombol power dan home. Cukup tekan dengan icon secara virtual, anda sudah bisa mengambil gambar dengan sangat mudah dan cepat. Tertarik mencoba, unduh aplikasi Screenshot Easy melalui Google Play Store secara gratis.
  • Screenshot By Icondice adalah aplikasi Screenshot android gratis yang mampu mengambil gambar dengan sekali tekan dan sekali tap. Adanya fitur virtual berupa icon kecil pada bagian samping membuat pengguna Android mudah dalam mengambil gambar. Tertarik mencoba aplikasi ini, unduh gratis melalui Google Play Store.
  • Dll.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Screenshot Layar Android Merek Samsung, Lenovo, Asus, Smartfreen, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Advan, Sony, dan lainnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

SCREENSHOT SEMUA TIPE ANDROID :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here