5 Cara Kirim Paket Lewat Ninja Xpress

Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia. Ninja Xpress akan terus memaksimalkan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Memang, jasa ini diluncurkan beberapa tahun yang lalu dan termasuk jasa pengiriman yang sangat baru. Meskipun demikian, Ninja Xpress saat ini telah menjadi perbincangan banyak orang.

Bagaimana tidak, pasalnya jasa ini telah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia bahkan hingga Asia Tenggara. Terlebih lagi Ninja Xpress telah dipercaya oleh lebih dari 35.000 pengirim, termasuk platform e-commerce besar di Indonesia. Seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sejenisnya.

Selain itu, Ninja Xpress sendiri menawarkan berbagai pelayanan yang menarik yang berbasis teknologi tentunya. Diantaranya adalah pengiriman paket yang fleksibel, fitur Tracking ID, fitur Cash On Delivery serta layanan lainnya.

Lihat Juga : 6 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express

Cara Mengirim Paket di Ninja Xpress

Berbicara mengenai Ninja Xpress, pernahkah anda mengetahui terkait bagaimana cara mengirimkan paket di Ninja Xpress. Memang sebagian pelanggan sudah mengetahui hal ini. Namun tidak menutup kemungkinan, bahwa masih banyak yang belum mengetahui cara mengirimnya.

Terdapat dua cara yang dapat anda lakukan, jika ingin mengirimkan paket anda di Ninja Xpress. Diantaranya adalah melalui layanan yang disediakan Ninja Xpress dan melalui Ninja Point. Tidak ada perbedaan mendasar dari kedua cara tersebut, artinya tahapan dari kedua cara ini kurang lebih  hampir sama. Untuk dapat mengirim paket di Ninja Xpress sangatlah mudah dilakukan. Namun jika anda kebingungan, dapat anda ikuti beberapa cara yang saya berikan berikut ini.

Lihat Juga : 5 Cara Mengirim Barang Lewat J&T Express

1. Kirim Lewat Layanan Ninja Xpress

Kirim Barang Ninja Xpress
image source : bro-in.com

Cara yang pertama ini dapat anda lakukan dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Ninja Xpress saja. Dengan cara ini, anda dapat dengan mudah dan praktis dalam mengirimkan paket. Pada tahap ini kita akan menggunakan Mobile Apps Ninja Xpress.

Namun sebelum menggunakan layanan ini, pastikan bahwasannya anda sudah mempunyai Akun Ninja Xpress. Jika belum mempunyainya, silahkan daftar terlebih dahulu di link berikut : Daftar Akun Ninja Xpress. Setelah itu, untuk lebih detailnya dapat anda ikuti langkahnya berikut ini.

  • Download Aplikasi Ninja Xpress berikut ini : [Play Store] [App Store]
  • Register atau Sign In, tekan tombol Pesan Kurir Sekarang’ » lengkapi detail pengiriman barang.
  • Nomor Resi akan Anda dapatkan secara otomatis.
  • Tunggu konfirmasi pengiriman dan kurir Ninja Xpress.
  • Driver Ninja Xpress akan datang, dan serahkan paketnya (Pastikan anda sudah mengemasnya).
  • Selesai.

Dan jika cara diatas masih membingungkan bagi anda. Silahkan hubungi Customer Support berikut : 021 2926 4120, untuk penjelasan lebih detailnya terkait cara pengiriman paket di Ninja Xpress. Atau anda ingin mencoba cara lainnya, seperti mengirim paket lewat Ninja Point yang saya paparkan berikut ini.

2. Kirim Lewat Ninja Point

Kirim Lewat Ninja Point
image source : atd-express.com

Jika anda menginginkan opsi lain, anda dapat mengirimkan paket melalui Ninja Point terdekat di wilayah anda. Saya rasa cara ini sangatlah mudah dipahami dan praktis. Disamping itu, anda juga dapat bertanya mengenai pengiriman Ninja Xpress saat berada di Ninja Point.

Adapun tahapan yang perlu anda ketahui, jika menggunakan cara ini. Hal ini supaya menghindari kendala yang dapat mengakibatkan lambatnya pengiriman paket. Misalnya saja Alamat tidak lengkap dan sejenisnya. Berikut untuk lebih jelasnya mengenai cara mengirim paket di Ninja Xpress.

Lihat Juga : 5 Cara Komplain Pengiriman Paket SiCepat

1. Pengemasan Barang

Hal pertama yang anda lakukan ketika mengirimkan barang, tentu dengan mengemas barang tersebut bukan. Dalam hal ini terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Diantaranya seperti, melapisi barang dengan plastik, dilanjut dengan kertas koran/kardus. Dan untuk lapisan yang terakhir biasanya menggunakan plastik bubble warp.

Namun hal tersebut hanyalah pengemasan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Perlu diketahui, dalam sebuah pengemasan tentu harus disesuaikan dengan fisik barangnya. Dengan tujuan supaya barang tidak mudah rusak. Utamanya seperti barang yang terbuat dari kaca, yang mana harus dikemas khusus.

2. Menulis Alamat Pengiriman

Pada tahap ini perlu anda perhatikan dengan benar. Mengingat banyaknya kendala yang terjadi saat pengiriman, dikarenakan Alamat tidak lengkap ataupun penulisan tidak jelas. Untuk itu, tulislah Alamat pengiriman yang dituju dengan lengkap, jelas dan mudah dimengerti. Seperti Nama Kota/Kecamatan, Kode Pos, Nama Jalan, Nama Penerima, dan sejenisnya. Anda dapat menuliskannya di kertas putih / kertas stiker yang dilapisi dengan solasi, kemudian ditempelkan diatas bungkus paket.

Dan jangan lupa untuk menuliskan Alamat pengirim paket. Tentunya hal ini perlu dilakukan, semisal jika terjadi sebuah kendala dalam sebuah pengiriman paket maka paket tersebut akan dikirim kembali ke alamat penerima.

3. Mendatangi Ninja Point Terdekat

Nah setelah itu, anda dapat mengunjungi Ninja Point terdekat di wilayah anda. Namun sebelum itu, pastikan juga anda telah mengetahui Jam Kerja Kantor/Gerai Ninja Xpress. Dengan begitu, anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan paket anda. 

Website Lacak Ninja Point

Jika anda ingin mengetahui letak Lokasi dari Ninja Point, dapat anda cek di website resmi Ninja Xpress berikut ini : Cek Ninja Point. Caranya cukup mudah dan praktis dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan Alamat atau kode pos wilayah anda, dilanjut dengan klik Cari Ninja Point. Maka anda akan ditampilkan Ninja Point terdekat di wilayah anda.

Saat anda berada di Ninja Point tersebut, anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Operator Ninja Xpress. Termasuk cara pembayaran, jenis layanan yang dipakai dan sejenisnya. Setelah paket anda diproses oleh Operator terkait, anda akan diberikan nota yang berisi nomor resi untuk lacak barang.

Lihat Juga : Cara Komplain Pengiriman Barang Ninja Xpress

Status Pemesanan Ninja Xpress

Pengiriman Ninja Xpress
image source : airmagz.com

Dan sebagai tambahan, saya akan berikan beberapa informasi mengenai status pemesanan yang ada di Ninja Xpress. Memang terlihat sepele, namun hal ini perlu juga anda ketahui sebagai pelanggan Ninja Xpress. Dengan adanya status ini, anda dapat mengetahui kondisi paket yang anda pesan. Status pemesanan ini dapat anda temui ketika melakukan cek nomor resi pengiriman.

  • Cancelled (Dibatalkan) – Artinya paket anda sudah diantar oleh pihak Ninja Xpress, tetapi tidak berhasil. Hal ini bisa jadi dikarenakan tidak ada orang di tempat, alamat tidak lengkap, penjelasan alamat kurang jelas, atau pun penerima tidak bisa dihubungi. Namun jika paket ingin diantar ulang, anda dapat menghubungi Customer Support Ninja Xpress : 021 2926 4120 / [email protected].
  • Return to Sender – Arti dari status tersebut adalah paket yang anda pesan telah dicoba kirim oleh pihak Ninja Xpress sebanyak dua kali, tetapi masih gagal. Dengan begitu, paket anda akan dikembalikan kepada pengirimnya.
  • Re-Attempt – Jika paket anda berstatus “Re-Attempt”, artinya paket tersebut akan dicoba kirim oleh pihak Ninja Xpress atau jemput kembali ke tempat Penerima atau dari tempat Pengirim.
  • On Hold – Artinya paket sudah 2 kali dikirim ke alamat penerima, namun belum diterima oleh Penerima. Maka paket tersebut berubah statusnya menjadi “On Hold”. Dalam hal ini pihak Ninja Xpress menunggu konfirmasi dari Pengirim. Apakah paket tersebut dikembalikan ke pengirim atau di antar lagi ke Penerima.

Lihat Juga : Berapa Lama Pengiriman Ninja Xpress?

Akhir Kata,

Itulah ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila anda ingin memberikan masukkan saran atau pertanyaan terkait pengiriman barang di Ninja Xpress. Silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.