5 Cara Komplain Pengiriman Paket SiCepat

Pernakah anda menyadari bahwasannya disetiap jasa pengiriman mungkin sering mendapati beberapa permasalahan yang ada. Seperti halnya keterlambatan pengiriman barang, kerusakan/kehilangan paket, dan sejenisnya. Tentu hal tersebut pasti terjadi disetiap jasa pengiriman barang, tak terkecuali di dalam SiCepat Ekspres.

Mungkin permasalahan tersebut dapat terjadi ketika SiCepat sedang mengalami overload atau bisa jadi disebabkan oleh berbagai pihak lain. Dengan berbagai permasalahan yang ada, tentunya akan menimbulkan banyaknya komplain dari sebagian pelanggan SiCepat Ekspres. Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat terjadi. Mengingat dalam sebuah bisnis, puas atau tidaknya pelanggan terhadap produk layanan sangatlah wajar.

Lihat Juga : 5 Cara Mengirim Barang Lewat J&T Express

Cara Komplain Paket SiCepat Ekspres

Komplain SiCepat Ekspres
image source : sicepat.com

Dalam menanggapi timbulnya permasalahan tersebut, SiCepat Ekspres telah mengantisipasinya dengan menyediakan beberapa layanan. Hal ini dapat anda gunakan untuk menanyakan hal terkait pengiriman barang. Adanya layanan tersebut, pelanggan dapat leluasa memberikan kritik ataupun saran kepada pihak SiCepat. Dan berikut beberapa layanan yang dapat anda lakukan untuk komplain barang di SiCepat Ekspres.

Lihat Juga : 6 Cara Komplain Pengiriman Barang JNE

Komplain Melalui Call Center SiCepat

Untuk mengajukan komplain terkait pengiriman SiCepat, anda dapat menghubungi Customer Service SiCepat. Tentunya dengan cara ini anda tidak hanya mengajukan komplain saja, namun anda juga dapat bertanya terkait lainnya yang sejenis.

Solusi ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan jawaban yang cepat dan tepat dari CS SiCepat. Untuk menghubungi CS SiCepat Ekspres dapat anda lakukan di nomor berikut : 021-5020-0050. Siapkan terlebih dahulu beberapa hal terkait komplain yang anda ajukan. Seperti Nomor Resi atau dokumen sejenisnya.

Mengirim Pesan Komplain Melalui Email

Selanjutnya anda dapat menggunakan Email sebagai media perantara untuk mengajukan komplain. Diketahui SiCepat Ekspres sendiri memiliki email resmi yang dapat anda hubungi atau gunakan untuk sarana penyampaian keluhan pelanggan. Tentunya cara ini sangatlah praktis dilakukan.

Komplain Email SiCepat

Cukup anda ketik semua keluhan yang dialami dalam hal pengiriman paket. Kemudian kirimkan melalui email berikut : [email protected]. Dan jangan lupa lampirkan beberapa bukti pendukung pengajuan komplain anda. Jika anda menggunakan cara yang satu ini, anda harus lebih bersabar. Karena email yang anda kirim mungkin tidak akan dibalas secara langsung. Hal ini mengingat banyaknya pesan masuk yang sedang diproses oleh pihak terkait.

Melalui Akun Resmi Media Sosial SiCepat

Komplain Media Sosial SiCepat

Anda juga dapat melalukan komplain dengan cara mengirimkan pesan melalui akun resmi Media Sosial SiCepat Ekspres. Perlu diketahui, jasa pengiriman ini telah menyediakan beberapa akun media sosial. Tentunya hal ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan untuk menghubungi Customer Service. Dan cara yang satu ini sangatlah cocok untuk anda yang sering menggunakan Media Sosial. Berikut beberapa akun Media Sosial dari SiCepat Ekspres yang dapat anda hubungi.

Terkait cara komplain sendiri, sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengirimkan semua keluhan anda di salah satu media sosial SiCepat. Dan perlu diingat kembali, pastikan saat anda mengirim pengajuan. Lampirkanlah beberapa identitas/dokumen pendukung yang terkait. Seperti halnya nama pengirim, nama penerima, nomor resi, telepon dan sejenisnya.

Lihat Juga : 5 Cara Komplain Pengiriman Barang J&T Express

Mendatangi Kantor/Agen Terdekat SiCepat

Pada tahap ini akan sedikit berbeda dengan sebelumnya, yang mana anda dapat mengajukan komplain dengan mengunjungi Kantor/Agen SiCepat secara langsung. Namun sebelumnya, pastikan anda telah mempersiapkan beberapa dokumen/identitas terkait komplain yang diajukan.

Setelah itu anda akan diberikan beberapa pertanyaan terkait detail permasalahan paket. Pastikan anda menjawab dengan benar dan tepat. Dengan begitu, Customer Service SiCepat dapat dengan mudah memproses pengajuan komplain anda.

Komplain Lewat Website SiCepat Ekspres

Dan sebagai opsi tambahan, saya akan berikan sedikit informasi yang mungkin berguna untuk anda. Selain beberapa cara diatas, anda juga dapat komplain pengiriman paket melalui fitur layanan yang disediakan oleh SiCepat. Yakni melalui Website Resmi SiCepat.

Komplain Website SiCepat

Caranya sangatlah mudah dilakukan, cukup dengan mengakses Website SiCepat Ekspres terlebih dahulu. Kemudian klik menu Contact, lalu isikan beberapa identitas di kolom yang tersedia. Mulai dari Nama, Email, Nomor Resi dan sejenisnya termasuk Pertanyaan yang ingin diajukan kepada SiCepat. Checklist pada bagian ā€œIā€™m not a robotā€, klik Kirim Pesan.

Dengan begitu, setiap pertanyaan anda terkait SiCepat akan segera diproses. Tentu pertanyaan anda akan direspon secepatnya oleh SiCepat. Untuk menjawab pertanyaan anda, SiCepat mungkin akan mengirimkan pesan lebih lanjutnya melalui Email atau Nomor Telepon yang masukkan pada kolom sebelumnya. 

Lihat Juga : 6 Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Sebab Permasalahan Komplain SiCepat

Komplain Paket SiCepat
image source : mamapayish-online.blogspot.com

Tidak sedikit permasalahan yang diajukan oleh pelanggan SiCepat. Setiap permasalahan tersebut memiliki pembahasan yang berbeda-beda. Maka dari itu saya akan informasikan beberapa sebab permasalahan yang sering dialami oleh pelanggan. Dan tentunya hal ini harus anda ketahui sebagai pelanggan SiCepat Ekspres meskipun hanya sekilas, terutama untuk pelanggan baru.

Paket Tidak Kunjung Sampai

Jika paket belum sampai ke tujuan disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi ketika SiCepat sedang mengalami overload, maka pengiriman paket akan terlambat dari jadwal yang telah ditetapkan. Overload sendiri biasanya terjadi ketika hari libur atau beberapa marketplace mengadakan diskon besar-besaran. Dalam hal ini, anda harus bersabar menunggu paket. Di samping itu, lakukan pengecekan nomor resi setiap beberapa selang waktu tertentu untuk mengecek posisi paket.

Selain itu paket belum sampai dapat juga disebabkan karena alamat yang tertera kurang lengkap/tidak jelas. Hal ini membuat kurir kesulitan untuk melakukan pengiriman ke tujuan. Oleh karena itu, jika anda ingin memesan/mengirim barang. Pastikan alamat yang dituju lengkap dan jelas. Dengan begitu paket akan tiba tepat waktu.

Status Pengiriman Tidak Update

Kemudian permasalahan selanjutnya mungkin status pengiriman yang tidak diupdate. Hal ini dikarenakan pihak SiCepat mengalamai kendala. Yang memungkinkan dapat berakibat lambatnya memperbaharui status pengiriman.

Memang tidak menutup kemungkinan, hal tersebut dapat terjadi ketika keadaan sedang overload. Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahpahaman di beberapa pelanggan. Saat melalukan pengecekkan pengiriman, namun hasil yang ditampilkan tidak sesuai.

Paket Mengalami Kerusakan/Kehilangan

Dan jika paket anda mengalami kerusakan/kehilangan, anda dapat mendatangi langsung Kantor/Agen SiCepat terdekat. Lakukan pengajuan komplain kepada Customer Service setempat. Kemudian pihak SiCepat akan segara melakukan pemeriksaan dan memprosesnya langsung.

Dalam hal ini biasanya akan digantikan dengan sejumlah uang. Namun hal tersebut harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak SiCepat.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.