Cara Hard Reset OPPO F3 dan F3 Plus Lupa Pola Kunci

7
1642

DIANISA.COM – Cara Factory Reset/ Hard Reset OPPO F3 | F3 Plus Dari ColorOS Recovery. Sebagai pengguna Android mungkin anda sudah mengetahui mengenai kehadiran smartphone selfie baru dari OPPO yang bertakjub OPPO F3 dan F3 Plus. Smartphone ini merupakan seri lanjutan dari seri OPPO F1 dan F1 Plus. Perbedaan mendasar dari smartphone ini tentu saja pada sektor fotografinya, khususnya untuk kamera depan yang hadir dengan Dual Kamera beresolusi 16 Megapixel dan 8 Megapixel. Hadirnya Dual Kamera tersebut tentunya membuat hasil jepretan dari setiap momen selfie terlihat lebih maksimal.

Baca Juga :

Kebutuhan akan fotografi memang penting, namun kebutuhan akan multitasking juga tak kalah penting. Bermain game, membuka sosmed, chatting, dan streaming video online menjadi suatu hal yang lazim dilakukan oleh pengguna smartphone OPPO F3 dan F3 Plus. Di balik kenyamanan dalam menggunakan smartphone OPPO F3 dan F3 Plus, tentunya ada sebagian pengguna yang mengalami masalah, baik itu pada sektor Internal ataupun eksternal. Masalah munculnya pesan error, bootloop, atau lupa pola kunci biasa di alami oleh pengguna OPPO. Dan solusinya pasti Hard Reset atau Factory Reset.

Cara Hard Reset OPPO F3 dan F3 Plus

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Melakukan Factory Reset/ Hard Reset HP OPPO F3 dan F3 Plus. Hard Reset akan dilakukan melalui Recovery Mode atau ColorOS Recovery. Dan sebelum melakukan Hard Reset, pastikan anda telah mem-backup semua data atau file penting yang tersimpan di memori internal dan eksternal HP OPPO F3 dan F3 Plus. Dan untuk melakukan Hard Reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Sebelumnya, pastikan baterai OPPO F3 dan F3 Plus tersisa lebih dari 50%. Hal ini untuk memastikan agar proses Hard Reset pada OPPO F3 dan F3 Plus bisa berjalan lancar. Selain itu, pastikan juga HP OPPO F3 atau F3 Plus dalam keadaan mati atau off.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo OPPO. Setelah muncul, anda bisa lepaskan kedua tombol tersebut. Dan secara otomatis anda akan dihadapkan pada tampilan menu ColorOS Recovery OPPO F3 atau F3 Plus.
  3. Untuk memudahkan anda dalam memilih menu, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Selanjutnya, anda bisa arahkan pada “Wipe Data” untuk melakukan Hard Reset pada OPPO F3 atau F3 Plus. Apabila muncul pesan konfirmasi, anda bisa pilih “YES”.
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil 100%. Dan jika sudah, anda bisa melakukan Reboot atau restart pada smartphone OPPO F3 atau F3 Plus yang anda miliki. Cukup mudah bukan!!
  6. Selesai.

Begitulah metode yang paling mudah untuk anda lakukan dalam melakukan Hard Reset pada OPPO F3 atau F3 Plus. Menariknya, dengan metode diatas, anda bisa mengatasi masalah lupa pola kunci atau kode keamanan layar smartphone OPPO.

Baca Juga :

Cara Factory Reset OPPO F3 dan F3 Plus

Selain melakukan Hard Reset, kali ini saya akan memberikan bonus tutorial mengenai Cara Factory Reset HP OPPO F3 dan F3 Plus Mudah dan Cepat. Pada intinya, Hard reset dengan Factory Reset memiliki fungsi yang sama. Namun Untuk Factory Reset sendiri jauh lebih aman dan mudah dilakukan. Semua data penting seperti Kontak, log panggilan, dan sms bisa anda amankan. Dan untuk melakukan Factory Reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Tidak hanya pada OPPO F3 dan F3 Plus saja, metode diatas juga bisa anda terapkan pada perangkat OPPO lainnya seperti OPPO F1 dan F1s, OPPO A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan perangkat OPPO lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Hard Reset/ Factory Reset HP OPPO F3 dan F3 Plus, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

7 KOMENTAR

  1. Bagaimana jika di hard reset dia minta pola kembali sedangkan pola yang di masuka lupa.. Bagaimana berikan solusinya gan??
    Makasih

  2. Mohon petunjuk abang Dan Kakak.. Saya pengguna hp oppo f3. Saya lupa pola. Saya Sudah berhasil menemukan Cara agar bs msuk kepengaturan namun untuk merubah pola yg lupa. ApaAda Cara lain Selain Harus mengingat pola. Saya kesulitan merubah pengaturan nya. Krna mengharuskan saya mengingat Dan memasukan pola lama. Sementra saya coba Cara di atas, tidak Ada menu yes. Tp Dia Minta pola Lagi. Setiap perubahan saya Harus msukan pola , saya bener bener Lupaaa polanya,,, Pliss bantuannya..

    • Untuk saat ini saya juga belum mengetahuinya, kemungkinan bisa mencoba dengan melakukan konfirmasi email yang ada pada HP OPPO yang anda miliki tersebut. Atau jika tidak bisa juga, bisa mencoba flashing atau install ulang sistem/ ColorOS OPPO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here