Cara Menangani Refund Aliexpress via Doku Wallet

Aliexpress merupakan salah satu perusahaan besar yang menyediakan pelayanan perbelanjaan secara online via luar negri. Mempermudah setiap orang dalam mendapatkan setiap barang yang mereka inginkan diseluruh dunia.

Namun ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan sebagai pelanggan dalam melakukan belanja secara daring di Aliexpress. Terutama ketika anda mengalami kendala dalam masalah pengembalian dana yang mungkin terjadi kesalahan, uang yang belum masuk ke rekening, akun Aliexpress, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan bahwasanya artikel ini dibuat bagi anda yang melakukan belanja di Aliexpress melalui Dokuwallet.  Untuk masalah mengenai penanganan refund aliexpress via bank dan lainya akan dibuat pada artikel yang akan dating.

Lihat Juga : Panduan, Daftar, dan Pembayaran Doku Wallet

Langkah Penanganan Refund Aliexpress

Perlu dicatat bahwa ketika anda melakukan pembayaran doku melalui gerai, untuk tetap menyimpan struk bukti pembayaran, karena didalamnya berisi informasi penting mengenai track record anda sebagai pembeli dalam melakukan transaksi via doku.

1. Menghubungi Customer Service Aliexpress

Aliexpress memberikan pelayanan pelanggan yang siap menangani permasalahan para pengguna selama 24 jam. Yang dimana salah satu masalahnya adalah refund.

Sebelumnya, aliexpress memberi kebijakan kepada pembeli bahwasanya refund berlangsung selama 20 hari kerja. Jadi, apabila anda menghubungi CS Aliexpress pada waktu tersebut mereka hanya akan memberi jawaban kepada anda untuk menunggu hingga proses 20 hari tersebut selesai.

Jika sampai waktu 20 hari berakhir dan dana masih belum masuk Dokuwallet. Sebagai pelanggan, anda memiliki hak untuk mengadukan permasalahan ini kepada CS Aliexpress yang tersedia pada menu profil seperti gambar dibawah ini.  

Lakukan Refund Issues Aliexpress
  1. Klik “Layanan Pelanggan” Pada menu profil
  2. Pada tampilan awal terdapat list Pertanyaan, Geser Kebawah dan klik “Online Service”
  3. Pada menu Online Service pilih “Refund Issues” kemudian klik barang anda yang memiliki masalah refund.

Apabila anda masih belum mendapatkan solusi yang tepat, pelanggan dapat menghubungi Aliexpress melalui Facebook, Instagram, dan Twitter dengan mencantumkan nomor pesanan anda. Nomornya bisa dicek pada bagian “ID Pesanan”

2. Menghubungi Customer Service DOKU

Jika anda masih belum menemukan solusi yang tepat, mungkin saja yang mengalami kendala adalah Dokuwallet anda. Oleh karena itu anda dapat menghubungi email CS DOKU yaitu: [email protected]

Kemudian tuliskan mengenai masalah anda & kirimkan pada email tersebut. Nantinya anda akan menerima balasan untuk mencantumkan:

Hubungi Costumer Service DOKU
  1. REFUND ID
  2. Nama yang teregistrasi di Aliexpress
  3. Email yang teregistrasi di Aliexpress
  4. Nominal Refund
  5. Doku ID anda
  6. Order Number (ID Pesanan)
  7. Cara Pembayaran (Apakah anda lewat aplikasi Dokuwallet atau Gerai)
  8. Invoice/Nomor Transaksi (Tertulis pada struk transaksi pembelian)
  9. Tanggal Transaksi

Dari pengalaman penulis sendiri, jika mengisi data tersebut secara lengkap dan benar maka proses akan berjalan dengan mulus dan dana anda akan segera diproses dan diterima dalam waktu 24 jam.

3. Cek Dompet Aliexpress  

Adakalanya dana yang direfund tidak langsung masuk ke dokuwallet, apabila Akun aliexpress anda belum terintegrasi kepada akun doku. Uang anda bisa saja masuk kedalam “Dompet Aliexpress”. Untuk mengeceknya anda dapat membuka:

Cek Dompet Aliexpress Anda
  1. Profil anda pada akun Aliexpress, geser kebawah kemudian cari “Dompet Saya” lalu Klik!
  2. Pada Halaman Dompet saya anda disuguhi 3 pilihan yaitu Koin, Dompet Aliexpress saya, Kartu Kredit/ Debit saya. Pilihlah Dompet Aliexpress saya dan klik!
  3. Nantinya akan ditampilkan jumlah Saldo yang tersedia pada halaman Dompet Aliexpress.

Lihat Juga : Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Pesan Penulis

Dimusim Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini merupakan masa-masa sulit bagi perusahaan dagang tidak terkecuali Aliexpress. Oleh karena itu beberapa operasional terhambat atau terhenti karena masalah ini. Sehingga beberapa proses pembayaran maupun refund juga ikut bermasalah hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Namun anda tidak perlu khawatir, selama anda masih menyimpan data Aliexpress anda dengan baik seperti struk belanja dan segala informasi akun anda. Pembeli seperti kita masih memiliki hak serta kebijakan perlindungan pembelian sehingga masih memungkinkan untuk mendapatkan anda kembali.

Akhir Kata

Sekian artikel mengenai penanganan refund Aliexpress via Dokuwallet, semoga dengan beberapa tips yang penulis jelaskan, bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.