Arti Y dalam Bahasa Gaul (WA), KBBI, dan Sejarahnya Lengkap!

Ketahui arti dan makna dari huruf y dalam pembahasan di bawah ini!

Di era modern seperti sekarang, bahasa komunikasi memang tidak hanya terpacu dengan bahasa baku saja, terutama dalam media sosial. Terlebih juga lahirnya anak-anak muda gen Z yang tidak lepas dengan gaya bahasa gaulnya sekarang. Penggunaan bahasa bisa melibatkan berbagai singkatan huruf atau mungkin satu dua huruf saja, yang tentunya memiliki arti bagi satu sama lainnya. Seperti ini contohnya:

Chat WA dengan balasan Y

Itu salah satu contoh tangkapan layar chat yang menggunakan balasan bahasa gaul huruf Y, memang cukup singkat. Bagi beberapa orang di media sosial, huruf Y ini kerap kali digunakan saat membalas chat. Entah apa pun maksudnya, yang pasti ini bisa mengundang beragam reaksi untuk pengirim pesan, mulai dari geregetan, merasa di cuek in, atau mungkin malah gemas. Nah, perlu Anda ketahui ternyata kata Y ini memiliki beragam arti dan seluk-beluk tersendiri loh. Untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ringkasan

  • Y adalah salah satu huruf latin yang ke-25 abjad Indonesia yang dibaca ‘ye’ maupun Inggris dibaca ‘wai [waɪ]’.
  • Y juga memiliki arti istilah dalam ilmu biologi, Y disebut sebagai salah satu kromosom yang berpasangan dengan kromosom X untuk kelamin laki-laki.
  • Dalam istilah y-axis, yang merupakan sumbu vertikal dalam sistem koordinat bidang.
  • Dalam komunikasi chat, Y dapat diartikan sebagai singkatan atau makna dari Ya; Iya; Yes.
  • Asal mula huruf Y merupakan huruf Yunani upsilon. Huruf Y dalam alfabet latin pertama digunakan pada abad pertama SM.
  • Zaman dulu di Indonesia tidak ada yang menggunakan huruf ‘Y’, ini karena penulisan bahasa Melayu dalam alfabet Romawi di Hindia Belanda ditulis sesuai Ejaan Van Ophuijsen sejak tahun 1901 hingga 1947.

Lihat Juga : Copas Font Online Generator

Arti Kata Y?

Arti Kata Y
Sumber Gambar : thesun.co.uk

Y adalah salah satu huruf latin yang ke-25 abjad Indonesia yang dibaca ‘ye’ maupun Inggris dibaca ‘wai [waɪ]’.  Dalam berbagai bahasa, Y bisa memiliki nilai bunyi yang berbeda-beda. Y juga memiliki arti istilah dalam suatu ilmu, salah satunya istilah biologi. Y disebut sebagai salah satu kromosom yang berpasangan dengan kromosom X untuk kelamin laki-laki, sedangkan hanya sepasang kromosom X untuk kelamin perempuan.

Adapun istilah y-axis, yang merupakan sumbu vertikal dalam sistem koordinat bidang. Pada pelajaran matematika, Y sering kali digunakan sebagai simbol untuk sebuah rumus. Beralih ke bahasa gaul, arti kata Y ternyata juga memiliki sebuah arti? Dalam komunikasi chat gaul contohnya, kata Y dapat diartikan sebagai singkatan atau makna dari Ya; Iya; Yes. Kata Y sering dipakai oleh anak-anak remaja, dewasa, atau bahkan orang tua untuk membalas pesan singkat.

Lihat Juga : Apa Arti Scan?

Contoh Huruf Y Dalam Bahasa Gaul

Contoh Huruf Dalam Bahasa Gaul
Sumber Gambar : theverge.com

Banyak sekali dijumpai, ragam bahasa gaul yang digunakan orang-orang saat ini, terutama pengguna media sosial. Terkadang memang terlihat sedikit aneh penyebutannya, namun bagi mereka ini cukup keren dan gaul untuk dikatakan. Contoh-contoh bahasa gaul menggunakan huruf Y di antaranya adalah sebagai berikut:

Y: Kata Y dapat diartikan sebagai kata singkatan yang artinya Ya atau Yes. Kata Y sering dipakai oleh kalangan remaja hingga dewasa untuk mengiyakan sesuatu saat membalas chat.

Typo: Ini termasuk salah satu bahasa gaul yang dipakai orang-orang untuk mengungkapkan saat Anda salah ketik kata atau kalimat.

Santuy: Kata santuy sebenarnya memiliki makna sama dengan kata “santai”, ini digunakan untuk mengungkapkan kata santai terdengar lebih keren dan kekinian.

Ambyar: Secara bahasa, ambyar memiliki arti bercerai-cerai atau tidak terkonsentrasi lagi. Sementara dalam bahasa gaul atau orang Jawa, ambyar berarti remuk, patah hati, atau hancur.

Sotoy: Kata ini memiliki arti kata “sok tahu”, diperuntukkan bagi seseorang yang terlihat mengetahui sesuatu namun sebenarnya tidak paham apa pun.

DIY: Ini semacam singkatan bahasa gaul dari istilah “Do It Yourself”  yang artinya adalah lakukan sendiri atau lakukan sesuai keinginanmu. Biasanya kata DIY digunakan untuk menunjukkan kegiatan kreativitas yang bisa dilakukan sendiri.

Gemay: Ini termasuk kata yang digunakan untuk mengungkapkan atau menunjukkan sesuatu hal yang lucu. Gemay merupakan pelesetan dari kata gemas.

FYI: Kata ini merupakan kepanjangan dari “For Your Information”, artinya sebagai informasi.

Yauds: Ini termasuk salah satu kata gaul yang memang agak asing didengar, kata yauds adalah kata gaul dari kata “yasudah”.

Kuy: Bahasa gaul ini sering kali dipakai anak-anak zaman now yang sifatnya mengajak melakukan sesuatu. Kuy sendiri adalah kebalikan dari kata yuk. Contoh: “Kuy lah ngopi bareng!”.

YTTA: Bahasa gaul dari kata YTTA adalah singkatan dari “Yang Tahu Tahu Saja”. Digunakan untuk mengatakan sesuatu hal yang mungkin tidak semua orang di grup atau lingkup tersebut tahu. Contoh: “Buat YTTA ya gais”.

YGY: Ini termasuk istilah singkatan gaul yang cukup populer akhir-akhir ini. YGY adalah alias dari “Ya Guys Ya”, dipakai untuk menegaskan sesuatu kepada teman. Contoh: “Harus gini ygy”, “Sudah paham ygy”, dan lain-lainnya.

Pargoy: Ini termasuk istilah baru yang berarti singkatan dari “Partai goyang”. Biasanya ditemukan dalam sebuah kumpulan, club, geng, atau komunitas yang menunjukkan bakatnya dalam bergoyang.

MLYT: Bahasa gaul ini memiliki arti “Meleyot”. Biasanya digunakan seseorang untuk mengungkapkan kegilaannya atau kesukaannya saat melihat sesuatu. Contohnya: “Duh aku MLYT lihat mukanya”.

Salty: Umumnya, salty berasal dari bahasa Inggris yang artinya asin (garam). Namun, dalam bahasa slang hasil dari perubahan kata garam menjadi geram. Untuk menunjukkan rasa geram, sindiran halus, atau kekesalan terhadap suatu hal atau obrolan seseorang.

Lihat Juga : Apa itu Shadowban Twitter?

Arti Huruf Y dalam KBBI

Arti Huruf Y Dalam KBBI
Sumber Gambar : thesouthafrican.com

Arti huruf Y menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah huruf ke-25 berdasarkan abjad Indonesia. Huruf Y juga termasuk istilah matematika dan merupakan kesatuan ke-2 yang (belum) diketahui. Sementara dalam bahasa Inggris, huruf Y juga dimaknai sebagai huruf abjad ke-25. Untuk bahasa Indonesia, kita menggunakan 26 huruf abjad alfabet, huruf Y ini terletak setelah huruf X dan sebelum huruf Z. Huruf abjad atau alfabet merupakan kumpulan huruf berdasarkan urutannya yang digunakan untuk melambangkan bunyi dan penulisan bahasa.

Menurut PUEBI (Pedoman Umum Ejan Bahasa Indonesia), abjad alfabet terdapat jenis huruf yang perlu diketahui, yakni huruf vokal dan huruf konsonan. Huruf Y termasuk salah satu bagian dari huruf konsonan. Huruf konsonan dalam bahasa Indonesia berjumlah 21 huruf yakni b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z. Sedangkan yang melambangkan huruf vokal dalam bahasa Indonesia terdiri atas lima huruf, yakni, a, i, u, e, dan o. Selain huruf vokal dan huruf konsonan, terdapat juga huruf yang dilambangkan sebagai huruf diftong. Huruf diftong merupakan bunyi vokal rangkap dalam satu suku kata. Terdiri atas gabungan huruf vokal, beberapa di antaranya yaitu, ai, au, ei, dan oi.

Lihat Juga : Arti Panggilan dari Greater Jakarta

Sejarah Huruf Y

Sejarah Huruf Y
Sumber Gambar : nextpit.com

Asal mula huruf Y merupakan huruf Yunani upsilon. Huruf Y dalam alfabet latin pertama digunakan pada abad pertama SM, yang digunakan untuk menulis kata pinjaman dari bahasa Yunani yang sebelumnya huruf Y diwakili oleh huruf Yunani upsilon, yang melambangkan huruf ‘u’, sebelum akhirnya beralih ke ‘y’. Awalnya, bangsa Romawi Kuno telah mengadaptasi huruf Y menjadi huruf V untuk bunyi vokal ‘u’ dan konsonan ‘w’. Namun, tidak lama kemudian, bangsa Romawi meminjam huruf Yunani tersebut dengan menyesuaikan bentuk aslinya termasuk garis vertikal di bawahnya. Ini karena dalam bahasa Yunani, sebutan Ypsilon beranjak ke vokal ‘y’.

Secara historis, huruf Y dinamakan Y Graeca dan Y Yunani, khususnya untuk menandai nama-nama dan kata-kata pinjaman bahasa Yunani. Sementara, dalam bahasa Inggris kuno dan Latin, huruf Y digunakan untuk melambangkan fonem ‘y’. Banyak sekali penamaan vokal dan analisis dari huruf Y di masa itu, akhirnya setelah melalui pergeseran vokal besar-besaran dalam bahasa Inggris sebutan huruf ini menjadi ‘wai [waɪ]’. Y vokal dalam bahasa Inggris Modern dilafalkan mirip bunyi ‘I’, tetapi ini digunakan hanya dalam kata-kata tertentu.

Berdasarkan sejarah, zaman dulu di Indonesia tidak ada yang menggunakan huruf ‘Y’, ini karena penulisan bahasa Melayu dalam alfabet Romawi di Hindia Belanda ditulis sesuai Ejaan Van Ophuijsen sejak tahun 1901 hingga 1947. Sebelum tahun 1972, bahasa Indonesia telah menggunakan huruf ‘J’ untuk penulisan bunyi ‘Y’, ini masih berlanjut di masa Ejaan Republik / Soewandi yang diberlakukan pada tahun 1947. Huruf Y mulai digunakan saat pemerintahan Orde Baru yang memberlakukan penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) pada tahun 1972 hingga saat ini.

Lihat Juga : Arti Wish You All The Best

Penutup

Bahasa komunikasi melalui lisan atau tulisan akan selalu menjadi kebutuhan manusia di setiap harinya. Penting sekali generasi muda memahami bahasa komunikasi tulis maupun lisan sesuai ejaan bahasa yang benar. Ini tidak lain untuk memberikan ilmu pengetahuan berbahasa Indonesia yang baik, dari segi formal atau informal. Memang tidak menutup kemungkinan, kita generasi muda harus berbaur dengan gaya bahasa baru yang saat ini mulai populer, salah satunya gaya bahasa gaul. Bahasa gaul memang tren digunakan para anak-anak muda saat ini, entah untuk komunikasi langsung, tulis, hingga di dunia media sosial.

Pada intinya, tidak masalah menggunakan bahasa modern atau gaul, tetapi perlu di garisbawahi untuk tidak melebihi batas dengan makna bahasa yang buruk. Salah satunya huruf Y yang telah dijelaskan di atas, ini menjadi salah satu huruf abjad yang sering digunakan untuk kombinasi kata bahasa gaul. Silakan dipahami arti huruf Y, huruf Y menurut KBBI, sejarah huruf Y, dan bahasa gaul dengan huruf Y dari ulasan di atas. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Apa arti y dalam bahasa gaul?

Arti y dalam bahasa gaul, khususnya saat komunikasi chat dapat bermakna Ya; Iya; Yes. Ini biasanya digunakan untuk mempersingkat seseorang dalam membalas chat atau dalam kondisi tertentu dapat juga bermakna cuek; masa bodoh; tidak acuh.

Apa arti y team dalam bahasa gaul?

Yteam atau Y Team adalah kata pelesetan dari kata “yatim”. Yatim adalah seseorang yang tidak lagi memiliki ayah.

Apa arti YGY dalam bahasa gaul?

YGY adalah singkatan dari “Ya Gaes Ya’. Singkatan ini digunakan untuk menekankan atau meyakinkan kalimat yang diucapkan sebelumnya. Contohnya seperti: “Jangan lupa YGY”, “Hari ini panas banget ygy”, dan lain-lain.


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download MB WhatsApp Apk Terbaru – Update Oktober 2023

    Berikut link download MB WhatsApp terbaru, anti-ban 2023
  2. Download MB WhatsApp (MB WA) iOS v9.83 Apk MOD Terbaru, Anti-Ban!

    Berikut link download MB WhatsApp apk terbaru 2023
  3. Download WhatsApp MOD (WA MOD) Apk Terbaru 2023, Stabil!

    Berikut link download WhatsApp MOD terbaru 2023, gratis dan anti-banned!