21 Contoh Cerpen Romantis Tentang Cinta, Untuk Remaja di Sekolah, Bikin Baper!

Berikut kumpulan cerpen romantis tentang cinta yang bisa bikin baper para remaja sekolah

Membaca sebuah cerpen memang sangat menyenangkan, terlebih cerita pendek tersebut bergenre romantis. Untuk cerita seperti ini sangat cocok dibaca oleh kalangan remaja, karena pada masa-masa ini remaja sedang di mabuk oleh asmara yang sangat sesuai dengan kisah atau imajinasi di dalam cerpen tersebut. Sejatinya, cerita pendek adalah sebuah karangan yang ditulis oleh penulis berdasarkan imajinasinya. Terkadang serangkaian adegan dalam cerpen hampir sama dengan kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang sangat ingin mempunyai kisah cinta yang menarik dan romansa, Anda disarankan untuk membaca cerpen bergenre romansa cinta. Mengapa? Karena sangat mendukung untuk mewujudkan khayalan dan imajinasi Anda meskipun tidak nyata.

Agar imajinasi Anda dapat dinikmati oleh orang lain, Anda dapat menuangkan ide dalam sebuah karya tulisan yaitu berupa cerita pendek atau novel. Bagi Anda yang  ingin mencoba untuk membuat karya tulis, sebaiknya mulai dari cerpen terlebih dahulu, kemudian jika Anda merasa sudah mahir dalam menentukan tema, judul, alur, dan sebagainya, Anda bisa mencoba untuk menulis sebuah novel. Sebelumnya, Anda harus mengetahui apa itu cerpen? Cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas.

Dan cerpen sendiri jumlah katanya tidak lebih dari 10.000 kata. Nah, bagi Anda yang ingin mencari referensi untuk menulis cerpen romantis tentang cinta kasih pasangan, artikel berikut ini menyediakan beberapa contoh untuk Anda. Apa saja? Simak informasi di bawah ini.

Lihat Juga : Contoh Pantun Nasehat

Kumpulan contoh cerpen romantis tentang cinta

Kumpulan Cerpen Romansa Cinta

Berikut ini adalah kumpulan contoh cerita pendek bergenre romansa cinta yang dikutip dari beragam artikel dan diringkas menjadi satu, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Plester Cinta

Bola basket sedang memantul ke sana-kemari mengikuti arahan tangan remaja yang sedang asyik berebut dan berlari. Sorak-sorak gembira dan histeris terdengar dari bangku penonton.

Walaupun hari ini adalah pertandingan basket remaja putri, tetap saja tidak kalah seru saat remaja putra yang bermain. Semua itu karena memang mereka sudah cukup jago dan mampu membuat siapa pun terkagum-kagum.

Seorang wanita dengan rambut panjang terikat sedang berusaha membawa bola menuju ring lawan, tapi hadangan terus terjadi. Hingga akhirnya bola mampu masuk ring, tapi membuat wanita bertubuh jangkung tersebut jatuh tersungkur karena melawan arus lawan.

Priiiit suara wasit meniupkan peluit menggema.

“Medis! Tania luka tolong,” ucap wasit.

Seorang pria bertubuh mungil datang berlari dengan membawa kotak P3K. Pertandingan mau tidak mau akhirnya dijeda terlebih dahulu.

Tania telah dibawa ke pinggir lapangan dan pertandingan mulai berjalan kembali. “Aku enggak kenapa-napa, Do,” ucap Tania pada Rido yang sedang mengobati lukanya.

“Iya aku tau, hati-hati bisa dong Tan. Kamu cewek masa banyak lecet di mana-mana.”

Tania cemberut. “Terus kalau aku penuh luka kamu enggak suka aku lagi gitu?” ucap tania.

Rido menempelkan plester pada dagu dan lutut Tania setelah itu Rido mengacak-acak rambut Tania. “Aku bakal jadi plester kamu,” ucap Rido.

“Kalau sudah selesai diobatin bisa kalian pacarannya nanti dulu, pertandingan penting ini,” ucap seorang pemain yang melipir sedikit ke pinggir lapangan.

Tania berlari dan mendekati wasit menandakan dirinya sudah siap bertanding. Rido dan Tania jelas berbeda bahkan banyak yang meledek pasangan ini. Bagaimana tidak, mereka memiliki tinggi badan yang berbeda dan Ridolah yang pendek di sini.

Namun, Rido sudah bertekad, bahkan saat ia memutuskan untuk masuk ekskul PMR, itu semua untuk Tania agar Rido dapat mendukung Tania selalu.

2. Pria Misterius dan Pelayan Kedai

Malam ini, seperti biasanya sang wanita pelayan kedai itu tetap curi-curi pandang pada seorang pria yang duduk di pojok kedai.

Sang pelayan ingin berkenalan dengan pria itu, tetapi sangat malu untuk berbincang langsung.

“Menyanyilah. Kuputarkan mesin karaoke. Semua pengunjung di kedai kecil ini pasti akan memperhatikanmu, termasuk dia,” kata seorang rekannya.

Dia pun menyetujuinya dan segera mengambil mikrofon. Benar saja, semua pengunjung kedai memperhatikan sang wanita saat menyanyi.

Semua merasa terhibur, kecuali si pria misterius itu. Dia masih saja sibuk dengan laptop dan buku di atas mejanya.

Hari-hari berikutnya pun masih sama, sang pria tetap tidak memperhatikan si wanita bernyanyi secara merdu.

Hingga suatu hari, seorang teman pria itu datang. Si wanita memperhatikan keduanya. Ternyata, keduanya berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Sang wanita kini tahu kenapa si pria tidak memperhatikannya saat bernyanyi.

Merasa jatuh cinta, sang wanita pun mempelajari bahasa isyarat itu selama beberapa minggu. Dia membeli beberapa buku dan menonton video berisi pelajaran bahasa isyarat.

Akhirnya, suatu malam, dia kembali bernyanyi untuk pengunjung kedai. Namun, rekan si pelayan sengaja membuat lampu padam. Hanya ada dua lampu sorot yang menyorot pria misterius itu dan si wanita.

Sorot cahaya lampu membuat perhatian pria misterius itu teralihkan. Kini, pandangannya tidak hanya tertuju pada laptop yang berada di atas meja, tetapi juga pada sang wanita.

Sang wanita kini tidak hanya bernyanyi, tetapi juga menerjemahkan setiap liriknya ke dalam bahasa isyarat. Jari-jarinya mulai menari untuk memberi tahu si pria soal perasaannya.

“Dirimu buatku selalu penasaran. Terkadang menjauh, terkadang buatku tersipu malu manisnya ucapanmu, membuatku tak menentu, ku tak tahu harus bagaimana. Sungguh kau buatku bertanya-tanya dengan teka-teki teka-tekimu…”

Begitulah senandung yang dinyanyikan si wanita sambil menggerakkan jari jemarinya. Pria misterius itu lalu tersenyum, lalu mengundang si wanita ke mejanya.

Begitulah kisah cinta pria misterius dan si pelayan kedai dimulai.

(Terinspirasi dari film pendek Kismet Dinner)

3. Makan Malam Terakhir

3. Cerpen Romantis - Makan Malam Terakhir

4. Masa Lalu

4. Cerpen Romantis - Masa Lalu

5. Secangkir Kopi Asin

5. Cerpen Romantis - Secangkir Kopi Asin

Lihat Juga : Kalkulator Jadian

6. Coklat Misterius

6. Cerpen Romantis - Coklat Misterius

7. Pangeran 15 Menit

Namaku Lista Anggraini…

Aku seorang gadis 17 tahun yang bekerja di sebuah warnet dengan gaji yang cukup untuk membayar sedikit uang kuliah dan membantu orang tuaku. Aku memiliki keluarga sederhana tetapi rumit. Ayahku memiliki dua istri. Setelah istri pertamanya meninggal, ayahku menikahi ibuku dan melahirkan aku dan adik perempuanku. Aku berharap anak – anak dari istri pertama ayahku menyadari bahwa ayahnya tidaklah seorang yang kaya dan aku berharap mereka dapat berbakti pada ayahnya. Ibuku bisa dibilang seorang wonder woman yang canggih, ayahku yang tidak bekerja membuatnya harus

bekerja keras untuk membiayai sekolah kedua putrinya. Aku senang sekarang sudah bekerja walau sebagai penjaga warnet. Setiap pagi hingga sore aku harus menjaga warnet dan malamnya aku kuliah dengan mengambil jurusan sistem informatika, seperti hobiku yaitu ga bisa jauh dari komputer.

Seperti setiap harinya, aku menjaga warnet . biasanya jam siang begini, warnet sepi apalagi jam makan siang. Seorang pria menatap melalui kaca tembus pandang ke dalam warnet. Matanya selalu mengarah padaku. Aku tidak berpikir apa pun atau curiga terhadap pria yang gelagatnya selalu lasak.

Dirinya kemudian masuk ke dalam warnet dan menyalamiku secara tiba.

“hai aku Johan, aku yakin kamu itu princess sejati sampai matiku. Aku ingin kita tunangan…” ucap pria tersebut dengan mimik yang cukup serius. Aku menatap bingung dan berdiri dari tempat duduk.

“maaf ya, kamu yang sopan..” ucapku pelan.

“aku adalah kamu dan kamu adalah aku” ucap pria yang menyebutkan namanya Johan tadi.

Johan langsung menarik tanganku keluar dari warnet. Aku terdiam dan membiarkannya menarikku ikut bersamanya. Apa pun tak pernah kupikirkan atas keinginan jahat pria ini. Yang aku pikirkan hanyalah kata dan ucapan dari pria ini. Seperti ada maksud yang tidak ku ketahui.

8. Hari Valentine

Mereka bertukar pikiran dengan anggota OSIS lainnya untuk menyiapkan acara valentine di sekolahnya, dan mereka menyepakati bagi yang ingin ikut acara valentine untuk membawa kado masing-masing satu dan bagi siswa atau para guru yang ingin mendatangi acara valentine menyumbangkan uang min 20.000-100.000.

Setelah itu keesokan harinya tidak di sangka – sangka banyak para guru dan siswa mendaftar untuk menghadiri acara itu.

Pada tanggal 12 Februari para anggota OSIS menyiapkan kado mereka masing-masing termasuk Chicco dan Via.. Jam Setengah 8 Chicco menggunakan selulernya menghubungi via dan meminta via untuk pergi ke mall mencari hadiah untuk semua yang datang di acara valentine. Mereka lalu pergi dan menyiapkan semua.

Besok harinya di sekolah para anggota OSIS menghias tempat yang akan di pakai dengan pita warna pink, putih, biru. Dan saat malam harinya, banyak orang yang berdatangan.

Acara pun di mulai, Chicco dan Via sebagai OSIS menyumbangkan sebuah lagu, Chicco menatap Via dengan perasaan lembut, tetapi Via tidak mengerti. Setelah bernyanyi di pasangkan sebuah lagu romantis untuk berdansa, Chicco dan Via berdansa.

Dan acara yang di tunggu-tunggu memberikan kado bagi yang mempunyai pasangan memberikan kado kepada pasangannya, bagi yang ingin mengungkapkannya maju kedepan panggung dan memberikan kadonya, dan Chicco tiba-tiba maju dan memanggil Via untuk maju pula, dan Chicco mengungkapkan perasaannya “Vi, aku suka kamu, malam ini hati ku cuma untuk kamu, vi, kamu sayang juga ga sama aku?” Chicco bertanya, dan via tersipu malu dan via menjawab “Emm.. Ya aku sayang kamu juga” Lalu Chicco memeluk via dan memberikan kadonya, dan memberikan arti dari kadonya itu” Aku kasih uang palsu karena uang palsu ga pernah mati, kaya cinta aku ke kamu” ujar chicco dan via terharu semua orang hari itu bahagia.

9. Bahagianya Memilikimu

Namaku Erik Setiawan. Aku adalah siswa di salah satu SMA di Tangerang. Aku adalah siswa yang cukup terkenal di sekolah karena kenakalanku. Banyak orang yang menjauhiku, tetapi tidak untuk orang yang kusuka, bernama Anggita Saraswati.

Pagi ini aku sengaja berangkat lebih awal karena lupa membuat PR, hal yang biasa bagiku. Hari ini semua pelajaran membosankan seperti biasanya. Dan setelah selesai sekolah, aku pulang ke rumah, tepat pada pukul 12.00 siang.

Nanti malam adalah malam minggu, malam yang sering disebut-sebut sebagai malam yang jahat untuk para jomblo. Walaupun aku jomblo sebenarnya ada perempuan yang setia menemaniku, namanya Anggita Saraswati. Rencananya nanti malam aku akan mengungkapkan perasaanku kepadanya. Aku dan Gita berteman sejak kami masuk SMA.

Tepat pukul 20.00 malam, aku mengajak Gita untuk pergi ke sebuah restoran. Setelah sampai tanpa bicara apa pun, kami langsung masuk. Ketika kami sedang mengobrol, seorang pelayan berbicara kepada Gita. “Maaf dengan mba Anggita Saraswati? Iya, saya sendiri mas. Maaf ada apa ya?”

Aku langsung izin ke toilet. Rencanaku ternyata berhasil, semoga Gita senang dengan hadiahku kepadanya.

Setelah momen indah itu hampir selesai, aku langsung menghampiri Gita. “Kamu suka kejutannya? Oh, ini kejutan dari kamu, Rik? Iya, Sayang, dari Erik Setiawan, orang yang mencintaimu Anggita Saraswati. Maksud kamu apa Rik? Aku, Erik Setiawan malam minggu pukul 10 malam tanggal 9 Juni 2016 menembak Anggita Saraswati, siswi SMA Tangerang yang lahir pada tanggal 9 Juni 1998. Aku Erik Setiawan menyatakan bahwa Erik menyukai, menyayangi dan mencintai Anggita Saraswati. Maukah kamu menerima cintaku, wahai pujaan hatiku? (dengan muka merah tersipu malu). Iya, Erik sayang. Aku terima cintamu.”

Saat itu, para pelayan dan teman-teman sekolahku bertepuk tangan, suara petasan pun kembali bergemuruh, suasana yang tidak bisa kulupakan. Aku sengaja menembaknya pada tanggal ini karena hari ini adalah hari ulang tahunnya. Acara itu selesai pukul 12 malam. Aku mengantar Gita pulang ke rumah. Dan sejak saat itu kami berdua resmi berpacaran dan hubungan kami baik-baik saja sampai saat ini.

10. Selalu Bersama

10. Cerpen Romantis - Selalu Bersama

Lihat Juga : Contoh Teks MC Formal

11. Aku Menyukainya

Di sekolah, ada seorang siswa bernama David yang sangat menyukai seorang siswi bernama Sarah. David sangat tertarik pada Sarah, tetapi dia tidak berani mengungkapkan perasaannya.

Suatu hari, David memutuskan untuk mengungkapkan perasaannya. Dia menulis surat cinta dan meletakkannya di meja Sarah. Dia berharap Sarah akan membacanya dan mengerti perasaannya.

Sarah membaca surat itu dan merasa terharu. Dia tahu bahwa David sangat menyukainya. Dia pun membalas surat itu dengan menulis surat cinta yang sama.

Keesokan harinya, David dan Sarah bertemu di sekolah dan saling tersenyum. Mereka berdua pun mulai berkencan dan jatuh cinta. Mereka pun menjadi sepasang kekasih yang sangat bahagia.

12. Aku dan Dia

Aku dan dia, kami berdua adalah teman sekelas. Kami berdua selalu bersama, bercanda, tertawa, dan bahkan mengerjakan tugas bersama. Aku tahu dia suka kepadaku, tapi aku tidak tahu bagaimana cara mengatakannya.

Suatu hari, aku mengajaknya keluar untuk makan malam. Dia menyetujuinya dengan senyum manisnya. Kami berdua berjalan di taman kota, menikmati suasana malam yang indah. Aku merasa sangat nyaman saat berada di sampingnya.

Kami berdua berbicara tentang hal-hal yang kami sukai dan tidak sukai. Dia menceritakan tentang keluarganya dan aku menceritakan tentang keluargaku. Kami berbagi cerita tentang masa lalu kami dan bagaimana kami telah berkembang sejak saat itu.

Ketika kami sedang berbicara, aku merasa ada sesuatu yang aneh di antara kami. Aku merasa ada sesuatu yang lebih dari sekadar teman sekelas. Aku merasa ada sesuatu yang lebih dalam di antara kami.

Ketika kami sedang berjalan pulang, aku memegang tangannya dan memandangnya dengan tatapan penuh cinta. Dia membalas pandangan itu dengan senyuman manisnya. Akhirnya, aku mengatakan kepadanya bahwa aku mencintainya. Dia tersenyum dan mengatakan bahwa dia juga mencintaiku.

Kami berdua saling memeluk dan menikmati momen indah ini bersama-sama. Aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang indah antara kami berdua. Aku yakin bahwa kami akan bersama untuk selamanya.

13. Bangku Sisi Jendela

13. Cerpen Romantis - Bangku Sisi Jendela

14. Melangitkan Namamu

Aku adalah sang pengagum andal di balik layar, memandangimu dari tempat yang tak kau lihat. Percayalah, bahwa aku diam-diam telah melangitkan namamu dalam setiap doa. Tak berubah, selalu sama, berharap agar dirimu bahagia di sana.

Tidak semua hal mesti disampaikan; mencintaimu, misalnya. Jangan tanya kenapa, mungkin aku hanya belum siap menerima kenyataan bahwa hatimu sudah ada yang menggenggam, belum siap untuk terluka.

Sebab terkadang, memendam terasa mendamaikan. Aku hanya perlu mengingat untaian rasa ini di dalam doa, dan lagi-lagi, aku hanya bisa melangitkan namamu yang kutitip pada semesta dalam bentuk semoga.

Dengan begitu aku tidak perlu cemas jika harus meyakinkan penduduk semesta, tentang mengapa aku lebih memilih bercengkerama dalam diam. Karena jujur saja, aku lebih suka membungkus sebuah ingin, dalam setulus-tulusnya.

Aku, hanya ingin semuanya baik-baik saja, atau setidaknya untukku tampak baik-baik saja, meski mungkin nanti jalan cerita kita ternyata berbeda. Jika dipikir-pikir lucu, ya. Aku seperti lilin ulang tahun bagimu. Aku datang, kamu menutup mata. Aku padam, kamu bahagia. Mirisnya, mereka bertepuk tangan seakan merayakan.

Kamu akan terasa jauh meski jarak kita begitu dekat, karena aku telah mengubur rasa ini dalam diam yang teramat sangat. Sendirian, lamat-lamat. Aku tahu. Aku menyadari itu. Namun diri ini tak bisa pergi, aku ingin menyudahi, tetapi Langkah ini hanya menuntunku kembali ke awal lagi. Tragisnya, aku suka mengulanginya lagi dan lagi. Maaf.

15. Obituarium Hujan

Hujan selalu menawarkan perasaan yang entah mengapa selalu sulit untuk dijelaskan. Perasaan kesal karena tidak punya payung, perjalanan yang harus terhenti, atau jalanan yang becek mungkin membuat kejengkelan semakin berlipat ganda. Tetapi kala itu, kejengkelan dan kebahagiaan selalu membias menawarkan kebahagiaan yang Tama rasakan.

Apabila tidak terjadi hujan di bulan Maret itu, mungkin Tama tidak akan sebahagia sekarang. Ia tidak memperkirakan bahwa walaupun sudah memasuki bulan Maret, terkadang hujan masih selalu hadir sebagai musim pancaroba. Kala itu ia terpaksa harus masuk terlambat karena hujan. Sampai suatu ketika, ada sosok perempuan berjilbab menyapanya.

“Kak Tama!”

“Oh iya, Qias”

“Kakak mau ke kampus, mau bareng nggak, Kak?”

Tawaran Qias sempat membuat Tama terpana, akhirnya ada orang yang mau menolongnya. Tama pun segera mengiyakan tawaran tersebut. Qias merupakan adik tingkat Tama hanya berbeda fakultas. Qias yang anak seni dan bahasa mungkin cukup santai apabila berpayung berdua dengan lelaki, tetapi Tama merasakan sedikit canggung. Ia berusaha semaksimal mungkin menghilangkan kecanggungannya.

Tak disangka keceriaan Qias dan keramahtamahannya saat berbicara seolah menyihir pandangan Tama. Ia menjadi tahu bagaimana seluk beluk tentang Qias, cita-citanya, dan obrolan-obrolan ringan lainnya sambil berpayung di kala hujan. Bola mata Qias yang kecokelatan seolah terbias menjadi warna emas ketika ia mengisahkan cerita hidupnya. Sebelumnya, ia hanya memandang Qias sebagai adik tingkat yang mungkin tidak pernah membuat hatinya berdebar.

Tak terasa hujan sudah mulai reda dan mereka sudah sampai di gerbang kampus Qias. Mereka pun berpisah menuju fakultas masing-masing, namun semesta tak pernah membuat mereka berpisah sejak saat itu. Qias tetap menjadi pencerita dan Tama menjadi pendengar setia.

16. Cinta Tak Bisa di Tebak

16. Cerpen Romantis - Cinta Tak Bisa di Tebak

17. Truth or Dare

Saat itu, tahun itu. Prom night semakin dekat, dan Mike tidak punya siapa-siapa untuk pergi bersamanya. Semua gadis tampaknya berkencan dengan seorang pria tampan, sementara Mike, yang tidak tampan atau pandai bicara, tampaknya tidak menarik siapa pun.

“Mengapa kamu tidak mengajak Rita berkencan? Sepertinya belum ada yang menanyakannya,” kata Mike dan Joe sambil menyeringai.

Mike tahu mengapa Joe menyeringai. Rita adalah gadis paling tidak populer di sekolah. Dia memakai kacamata tebal dan kawat gigi. Mike mengerang, “Oh, tidak! Bukan Rita!”

Tapi waktu berjalan cepat, dan Mike tahu dia harus melakukan sesuatu dengan cepat, atau dia akan menjadi satu-satunya lelaki yang tidak punya kencan di acara prom night. Jadi, dengan desahan batin dan gemetar, dia mengajak Rita berkencan, dan Rita setuju.

Ketika Mike pergi menjemput Rita di malam itu, dia memperhatikan bahwa Rita mengenakan gaun yang indah. Dia juga melakukan sesuatu dengan rambutnya. Jika Rita memutuskan untuk mengabaikan kacamatanya yang besar, Mike mungkin akan mengatakan bahwa Rita terlihat menakjubkan.

Sesampainya di acara, mereka langsung ditarik ke lantai dansa. Saat mereka menari, Mike menyadari bahwa Rita sebenarnya adalah penari yang baik. Rita juga bisa bercakap-cakap tanpa membuat siapa pun merasa canggung. Mike menyadari dengan sedikit keterkejutan bahwa dia bisa membuat Rita tertawa, dan tawanya juga mudah. Mike senang mendengarnya tertawa.

Acara prom night itu memuncak menjadi sesuatu yang indah. Mike dan Rita mulai berkencan, dan tak lama kemudian, mereka menjalin hubungan yang serius.

Mike mencintai Rita, dan dia berencana mengajukan lamaran malam itu. Mike bergidik memikirkan apa yang akan terjadi jika dia tidak mengajak Rita kencan malam itu.

18. Pertengkaran Manis

Suatu ketika sepasang suami istri bertengkar yang berubah menjadi pertengkaran hebat. Sang istri menjadi sangat marah sehingga dia berteriak pada suaminya dan memintanya untuk pergi. Sang suami mengemasi tasnya dan pergi.

Tak lama kemudian, sang istri kembali sadar dan mulai panik terhadapnya. Dia menelepon teman-temannya, tetapi tidak ada yang tahu tentang keberadaan suaminya.

Dia mulai khawatir, dan pikiran negatif mulai menghantui pikirannya. Di luar turun salju, tetapi dia tidak peduli, yang dia inginkan hanyalah menemukan suaminya.

Dia berjalan menyusuri trotoar mencari taksi. Tiba-tiba, dia melihat seseorang duduk di bangku di taman, sepuluh kaki jauhnya. Ketika sang istri mendekat, dia menyadari itu adalah suaminya. Dia terisak dan berkata, “Maafkan aku, aku pikir kamu sekarang bersama teman-temanmu. Aku sangat mengkhawatirkan kamu.”

Suaminya menjawab, “Aku sangat peduli padamu, dan tidak bisa meninggalkanmu sendirian.”

Mereka berdua menangis, meminta maaf satu sama lain, dan kembali ke rumah mereka. Sejak hari itu dan seterusnya, mereka bertekad untuk tidak bertengkar sengit, dan saling menyakiti dengan kata-kata atau tindakan mereka.

19. Cinta Yang Tersembunyi

Maria dan Eric telah menikah selama 15 tahun, dan setelah bertahun-tahun, percikan dalam hubungan mereka telah hilang. Pasangan itu tidak pergi keluar untuk makan malam dengan romantis, nonton film, atau berbelanja. Eric dulunya sangat sibuk dengan pekerjaannya dan bahkan tidak bisa membawakan hadiah untuk sang istri di ulang tahun pernikahan mereka.

Maria berusaha membuat suaminya mengerti bahwa mereka perlu menghidupkan kembali romansa mereka. Namun, Eric biasa membungkam istrinya dengan mengatakan bahwa apa pun yang Eric lakukan adalah untuk mereka berdua. Akhirnya, Maria berhenti mengatakan apa pun setelah itu.

Suatu hari, Eric harus pergi ke New York untuk rapat bisnis. Sedihnya, dia bahkan tidak bisa meluangkan waktu lima menit untuk berbicara dengan Maria. Eric mengemasi kopernya dan mengucapkan selamat tinggal pada istrinya. Begitu Eric sampai di hotelnya di New York, dia membuka tasnya dan menemukan file yang ia butuhkan untuk rapat. Dalam file itu, ada sebuah amplop berwarna merah muda, di mana foto keluarga mereka diletakkan dengan bahagia dan tersenyum.

Itu membuat Eric kembali ke ingatan masa lalunya. Foto itu juga memiliki catatan yang berbunyi, “Aku tahu kamu sibuk dengan pekerjaanmu, tapi aku merindukanmu setiap hari, sayangku.”

Usai membaca surat tersebut, Eric menyadari kesalahannya dan dalam perjalanan pulang, dia membeli sepasang anting dan coklat kesukaan istrinya. Maria sangat senang menerima hadiah itu. Bagaimanapun, cinta itu tidak pernah hilang, hanya tersembunyi jauh di dalam hati mereka.

20. Alasan Untuk Mencintai

Suatu hari, seorang perempuan meminta pacarnya untuk memberinya setidaknya satu alasan di balik cintanya. Pacarnya terkejut, dia tidak mengharapkan pertanyaan seperti itu. “Mengapa kamu ingin tahu? Apa tidak cukup aku mencintaimu?” tanya kekasihnya. Tapi, gadis itu bersikeras. Dia ingin tahu.

Laki-laki itu mengeluarkan selembar kertas dari tasnya dan mulai menulis di dalamnya. Gadis itu terkejut, tetapi dia menahan lidahnya sampai dia berhenti menulis dan menyerahkan kertas itu padanya.

Di atasnya tertulis, “Saya telah menuliskan 100 alasan mengapa saya mencintaimu. Sekarang, tuliskan satu alasan kenapa aku seharusnya tidak mencintaimu.”

21. Jodoh Tak Salah Alamat

Namaku Zian, aku hari ini akan melamar seorang gadis dari salah satu sahabat ayahku. Ayahku seorang ustadz yang cukup populer, dia memiliki sahabat seorang kiai yang memiliki pesantren.

Sahabatnya tersebut memiliki 3 gadis yang siap untuk menikah hari ini. Aku akan dipertemukan dengan salah satu gadis tersebut. Aku mulai mengkhayal. “Aku akan memilih yang paling cantik,” batinku.

Setelah sampai, kami di sambut baik oleh keluarga sahabat ayah tersebut. Kami mulai membicarakan akad nikah dan nama sang calon mempelai. Ternyata yang akan dijodohkan kepadaku adalah Anisa.

Tanpa diduga, Anisa tersebut adalah teman kuliahku yang selalu tinggal di asrama kampus dan jarang bicara. Sebetulnya wanita itulah yang selalu membuatku penasaran.

Gadis sederhana, anggun, serta selalu bertutur kata lembut dan sopan. Pakaian panjangnya yang santun, sesuai dengan sikapnya yang lemah lembut dan memiliki senyum manis menurutku.

Tingkahnya yang selalu menunduk dan malu-malu ketika berhadapan dengan lawan jenis, membuatku semakin kagum kepadanya. Aku benar-benar tak menyangka dan dengan segera aku mengiyakan perjodohan tersebut.

Karena telah sekian lama aku mendamba, kini gayung bersambut. Jodoh memang tak salah alamat, kata hati selalu benar. Senyumku terus mengembang setelah pertemuan itu.

Lihat Juga : 500 Bahasa Sansekerta dan Artinya

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, cinta memegang peranan penting dalam hubungan antar manusia, menghadirkan perasaan bahagia, hangat dan indah yang tak tergantikan. Cinta mengajarkan indahnya romansa, nikmatnya jatuh cinta, tantangan dalam hubungan, dan pelajaran berharga tentang kesetiaan, pengorbanan, dan penerimaan. Cerpen romantis tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan gambaran  lebih dalam tentang dinamika cinta dan hubungan. Cinta tidak hanya terjadi ketika Anda sudah dewasa, cinta  juga bisa Anda rasakan ketika masih menjadi pelajar.

Apa perbedaan dari cerpen dengan novel?

Secara umum, cerpen tentu lebih singkat dan titik fokusnya hanya pada satu konflik saja, sementara novel mempunyai ruang untuk mengembangkan karakter dan plot lebih mendalam.

Bagaimana struktur umum sebuah cerpen?

Cerpen umumnya mempunyai poin puncak atau klimaks yang lebih cepat dicapai daripada novel, sering kali diikuti oleh resolusi secara singkat.

Apa tujuan dari sebuah cerita pendek atau cerpen?

Cerpen bertujuan untuk menyampaikan pesan atau pengalaman dengan efektif dalam batasan jumlah kata yang terbatas, sedangkan novel memberikan ruang lebih luas untuk eksplorasi mendalam.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Pengertian Adobe After Effects – Definisi, Sejarah, Fungsi, Fitur

    Adobe After Effects adalah perangkat lunak profesional pengolah motion graphic (grafik gerak digital) untuk editing konten…
  2. Pengertian Windows – Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan

    Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft
  3. Pengertian Zoom Meeting beserta Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan, dll.

    Zoom adalah layanan video conference yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan daring