8 Contoh Cerpen Tentang Ibu Singkat dan Menyentuh Hati

Berikut kumpulan cerpen singkat tentang ibu yang menyentuh hati dan dapat kamu jadikan referensi tugas sekolah!

Cerpen merupakan bentuk narasi fiksi yang umumnya singkat, dan fokus pada satu konflik atau tema tertentu, cerpen juga mencakup elemen-elemen cerita seperti karakter, alur, setting, dan tema. Meskipun singkat, cerpen memiliki struktur yang lengkap dengan pengantar, pengembangan plot, klimaks, dan penyelesaian. Dalam cerpen, biasanya terdapat jumlah karakter yang terbatas, dan setting cerita dapat dibatasi pada satu atau dua lokasi. Cerpen bisa beragam dalam genre dan gaya penulisan. Penulis cerpen cenderung berusaha menyampaikan pesan atau menyentuh emosi pembaca dengan cara yang efisien dan langsung.

Dari banyaknya topik yang dibahas dalam cerpen, topik tentang ibu banyak menjadi pilihan. Hal tersebut karena cerpen tentang ibu dapat menyentuh emosi pembaca dengan merinci hubungan yang mendalam antara ibu dan anak, menggambarkan keberagaman pengalaman hidup, serta menyelami peran penting seorang ibu dalam kehidupan. Cerpen ini sering kali menginspirasi, menggugah perasaan, dan memberikan sudut pandang yang beragam tentang kehidupan sehari-hari.

Ringkasan

  • Cerpen merupakan bentuk narasi fiksi yang umumnya singkat, dan fokus pada satu konflik atau tema tertentu, cerpen juga mencakup elemen-elemen cerita seperti karakter, alur, setting, dan tema.
  • Cerpen tentang ibu banyak dicari karena dapat menyentuh emosi pembaca dengan merinci hubungan yang mendalam antara ibu dan anak.
  • Cerpen tentang ibu biasanya menggambarkan pengorbanan, kasih sayang, atau peran ibu dalam kehidupan sehari-hari.

Lihat Juga : 21 Contoh Cerpen Romantis Tentang Cinta

Contoh cerpen tentang ibu singkat dan menyentuh hati

Contoh Cerpen Tentang Kesederhanaan Ibu

Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa contoh cerpen tentang ibu, berikut merupakan cerpen tentang ibu singkat dan menyentuh hati yang dapat Anda simak.

1. Contoh Cerpen Tentang Ibu

Judul: Sejuta Warna Kasih Ibu

Hujan gerimis membasahi bumi kecil di pinggiran desa. Di sebuah rumah sederhana, terdengar suara derap langkah kecil yang menghampiri pintu depan. Malaikat kecil bernama Anissa, dengan bunga matahari di rambut cokelatnya, melangkah masuk, membawa semangkuk sup hangat.

“Ibu, hari ini aku belajar membuat sup seperti yang Ibu selalu buat,” ucap Anissa dengan senyum cerah di wajahnya.

Ibu, seorang wanita yang penuh kasih dan lembut, menyambut Anissa dengan senyum hangat. Matanya bersinar menyaksikan kegembiraan anaknya.

“Sungguh, sayangku, hari ini adalah hari yang istimewa,” kata Ibu sambil membelai rambut Anissa. “Apa yang membuatmu memutuskan untuk belajar memasak sup?”

Anissa duduk di kursi kecil di seberang Ibu dan mulai bercerita. Dia menceritakan tentang hari-hari di sekolah, teman-teman barunya, dan bagaimana setiap kali pulang, ia selalu disambut oleh aroma harum sup hangat yang dipersiapkan Ibu.

“Anakku, sup ini lebih dari sekadar resep atau bahan-bahan yang dicampurkan. Ini adalah cinta yang kuhidangkan setiap hari untukmu,” ujar Ibu sambil memandang mata Anissa.

Anissa mencium aroma harum sup itu dan merasakan hangatnya kehadiran ibunya. Ia menyadari bahwa lebih dari sekadar rasa, sup itu adalah simbol kasih sayang dan perhatian Ibu yang tak pernah pudar.

“Hari ini, aku ingin berterima kasih padamu, Ibu. Terima kasih untuk semua sup hangat dan kasih sayang yang kau berikan setiap hari,” kata Anissa dengan lembut.

Ibu tersenyum penuh kebahagiaan. “Anakku, kasih sayang seorang ibu seperti warna-warni pelangi yang tak pernah pudar. Meskipun aku tak selalu bisa memberikan yang terbaik, hatiku selalu bersamamu.”

Hujan gerimis di luar jendela semakin lebat, tetapi kehangatan dalam hati mereka melebihi dinginnya cuaca. Mereka duduk bersama, menikmati sup hangat, dan merayakan keajaiban cinta seorang ibu yang tak pernah berakhir.

2. Contoh Cerpen Pengorbanan Seorang Ibu

2. Cerpen Warna Kasih Ibu Yang Abadi

3. Cerpen Tentang Ibu Happy Ending

Judul: Pelangi Cinta Ibu

Di sebuah kota kecil yang dikelilingi taman bunga yang indah, hidup seorang ibu bernama Maya. Ia adalah sosok wanita yang penuh keceriaan dan selalu menyebarkan senyumnya kepada siapa pun yang berpapasan dengannya. Meskipun hidupnya tidak selalu mudah, Maya selalu mampu melihat sisi cerah dari setiap kejadian.

Maya memiliki dua anak, Rama dan Sita. Mereka adalah sumber kebahagiaannya, dan Maya berusaha memberikan yang terbaik bagi mereka. Setiap hari, Maya menjalankan warung makan kecilnya, dan anak-anaknya membantunya setelah pulang sekolah.

Suatu hari, Rama dan Sita datang dengan senyum penuh keceriaan. Mereka memberikan undangan kepada Maya untuk menghadiri acara penting di sekolah mereka. Maya yang penuh semangat bersiap-siap untuk pergi, tanpa mengetahui bahwa anak-anaknya sedang merencanakan sesuatu.

Acara di sekolah ternyata adalah sebuah pesta kejutan ulang tahun untuk Maya. Rama dan Sita berkolaborasi dengan guru dan teman-teman mereka untuk merayakan hari istimewa ibu mereka. Maya sangat terkejut dan haru melihat ruangan yang dihiasi dengan balon warna-warni dan papan tulis besar bertuliskan “Selamat Ulang Tahun, Ibu Maya!”

Namun, kejutan terbesar belum terungkap. Rama dan Sita memberikan sebuah kotak kecil pada ibu mereka. Di dalamnya, terdapat tiket liburan ke tempat impian Maya, sebuah pulau eksotis yang selalu ia impikan.

“Demi kebahagiaan Ibu yang tak pernah henti memberi kami cinta dan tawa, kami ingin memberikan sesuatu yang istimewa,” kata Rama sambil memeluk ibunya.

Maya menangis bahagia. Liburan itu bukan hanya tentang destinasi yang indah, tetapi tentang kejutan yang begitu tulus dari anak-anaknya. Mereka semua tertawa dan berpelukan, merayakan momen kebersamaan yang penuh cinta.

Liburan itu menjadi babak baru dalam kehidupan mereka. Bersama-sama, mereka menjelajahi keindahan pulau, membuat kenangan yang tak terlupakan. Dan di bawah sinar matahari terbenam, Maya menyadari bahwa kebahagiaan sejati adalah ketika kita berbagi cinta dengan orang-orang terkasih. Ia merasa seperti pelangi yang mewarnai hidupnya dengan keceriaan dan kasih sayang yang tak ada habisnya.

4. Cerpen Tentang Ibu Mengharukan

4. Cerpen Sepucuk Surat untuk Ibu

Lihat Juga : 10 Contoh Cerpen Tentang Diri Sendiri Singkat!

5. Contoh Cerpen Tentang Rindu Ibu

Judul: Rindu yang Menyulam Harap

Di sebuah kota kecil, tinggal seorang remaja bernama Farhan. Ibunya, Aisyah, pergi meninggalkan dunia ini beberapa tahun yang lalu, meninggalkan sebuah kehampaan yang tak tergantikan dalam hati Farhan. Di antara suara langit yang berderu, Farhan mencoba menjalani hari-harinya, tetapi rindu kepada ibunya selalu menghantui setiap langkahnya.

Farhan menghabiskan waktu di kamar yang dihiasi dengan gambar-gambar dan kenangan bersama ibunya. Setiap benda, setiap sudut, dan bahkan aroma wangi parfum ibunya membuatnya merindukan sosok yang tak lagi ada. Farhan merindukan sentuhan lembut ibunya yang mampu mengusir rasa takut dan kecemasan.

Suatu hari, Farhan menemukan kotak tua di lemari yang berisi surat-surat dan foto-foto lama ibunya. Di antara surat-surat itu, Farhan menemukan satu surat yang belum pernah dibaca. Dengan gemetar, ia membuka lipatan surat itu.

“Sayangku Farhan,

Bulan ini, ketika bunga-bunga mekar dan daun-daun berguguran, ibu akan pergi meninggalkan dunia ini. Meski ibu tidak akan berada di sini secara fisik, tapi cintaku akan selalu menemani setiap langkahmu.

Ingatlah, rindu bukanlah tanda kelemahan. Rindu adalah cara hati kita mengatakan bahwa ada seseorang yang begitu berarti hingga meninggalkan jejak abadi di dalamnya. Jangan biarkan rindu menghambat langkahmu, tetapi biarkan itu menjadi pijakan untuk mencapai mimpi-mimpi besarmu.

Setiap kali kau merindukan ibu, lihatlah langit. Kau akan melihat bahwa cinta kita seperti bintang yang bersinar di sana, menghubungkan hati kita meski kita terpisah oleh waktu dan ruang.

Terima kasih telah menjadi anak yang begitu luar biasa. Ibu akan selalu menyayangi dan merindukanmu.

Cinta selamanya, Ibumu, Aisyah”

Farhan menangis membaca surat itu. Rindu yang selama ini ia pendam ternyata adalah benang kekuatan dan pelipur lara. Ia menatap langit, mencari bintang yang mewakili cinta ibunya, dan merasa bahwa meskipun jasadnya pergi, roh dan cinta ibunya selalu bersamanya.

Setiap kali rindu menyapa, Farhan mengingat pesan ibunya, bahwa cinta adalah benang yang tak terputuskan, bahkan oleh kematian. Ia berusaha menjalani hidup dengan penuh semangat, membawa pelajaran cinta dari ibunya dalam setiap langkahnya.

6. Contoh Cerpen untuk Ulang Tahun Ibu

6. Cerpen Sarana Cinta di Hari Ibu

7. Contoh Cerpen Tentang

Ibu Sederhana

Judul: “Kasih Ibu Terlukis di Piring Sekat”

Di sudut dapur sederhana, sebatang lilin menyala, menyorot wajah seorang ibu yang penuh kasih. Wangi masakan tradisional memenuhi ruangan, dan langkah kecil anaknya yang berlari riang menjadi melodi yang menyenangkan di telinga. Ibu itu, yang bernama Nita, sibuk menata meja makan dengan piring, gelas, dan sendok.

Anak perempuannya, Maya, datang dengan wajah berbinar-binar. “Ibu, aku bantu!” serunya sambil mengambil beberapa piring dari tangan Nita.

“Terima kasih, sayang. Hari ini kita makan malam bersama-sama,” kata Nita sambil menyeka keringatnya.

Piring-piring sederhana itu menjadi saksi bisu kehangatan keluarga. Di meja makan, cerita hari Maya di sekolah mengalir deras, dan Nita tersenyum mendengarnya. Mereka tertawa bersama, menghirup aroma masakan yang memenuhi ruangan.

Setelah makan malam, Nita membantu Maya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Namun, di saat yang bersamaan, ia memberikan pelajaran tentang hidup. “Sayang, ibu tahu kadang kita harus bekerja keras, tapi di dalam setiap keringat dan usaha itu, ada cinta yang tak terukur.”

Maya memandang ibunya dengan mata penuh kagum. Sejenak, mereka berdua duduk di ruang tamu, memandang foto-foto keluarga yang terpajang di dinding. Nita bercerita tentang perjuangannya, tetapi senyumnya tak pernah pudar.

“Kita mungkin tidak memiliki banyak, tapi kita punya satu sama lain. Itulah yang paling berharga,” kata Nita.

Maya memeluk ibunya erat. Sebuah pelukan yang menggambarkan rasa syukur, cinta, dan kehangatan. Piring-piring sederhana itu bukan sekadar perkakas makan, melainkan peta yang menggambarkan jejak kasih seorang ibu yang tak terhapuskan.

Hingga lilin di sudut dapur menyala redup, mereka berdua merasakan kedamaian dalam kebersamaan mereka yang sederhana. Kasih seorang ibu, seperti senyumnya, tak pernah pudar meskipun dalam keterbatasan.

8. Contoh Cerpen Tentang Ibu Sederhana

8. Cerpen Ibu, Pusat Ketenangan

Lihat Juga : 30 Yel-Yel MPLS Singkat, Untuk Siswa SMP, SMA, SMK!

Penutup

Cerpen tentang ibu banyak menjadi pilihan karena cerpen ini sering kali bersifat menginspirasi dan menggugah perasaan pembaca. Selain itu cerpen jenis ini juga dapat menyentuh emosi pembaca karena menggambarkan pengorbanan, kasih sayang, atau peran ibu dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak heran banyak sekali pembaca yang mencari cerpen jenis ini untuk inspirasi, motivasi atau hanya sebagai sumber bacaan yang menarik saja.

Apa jenis cerpen yang banyak dicari?

Cerpen yang banyak dicari sering kali adalah cerpen yang menyentuh emosi, memiliki alur yang menarik, dan mengandung pesan moral atau refleksi kehidupan. Cerita cinta, petualangan, misteri, atau cerita yang mengangkat tema aktual juga biasanya diminati pembaca.

Cerpen tentang ibu biasanya bersifat?

Cerpen tentang ibu biasanya bersifat penuh kasih, menggambarkan pengorbanan, kebijaksanaan, dan kehangatan ibu dalam mendukung keluarga. Cerita sering kali mencerminkan hubungan yang erat antara ibu dan anak, serta nilai-nilai keibuan yang mendalam.

Tujuan ditulisnya cerpen tentang ibu yaitu?

Tujuan menulis cerpen tentang ibu dapat bervariasi, tetapi umumnya mencakup penghormatan terhadap peran ibu, menyampaikan pesan kasih sayang, dan merayakan kebijaksanaan serta pengorbanan yang dilakukan oleh seorang ibu. Selain itu, cerpen tentang ibu juga bisa digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai moral, membangkitkan empati, atau sekadar merangsang refleksi mengenai pentingnya ikatan keluarga.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Cara Download Video, Story, Reel Facebook dengan FBVideoDown di HP, PC, dan Laptop!

    Ketahui cara mudah download konten video, reel, dan story dari Facebook menggunakan FBVideoDown di HP, Laptop,…
  2. Logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) PNG, CDR, AI, EPS, SVG

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…