10+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang, Bisa Mulai dari NOL

Bahasa adalah alat yang selalu kita gunakan sehari-hari untuk berbicara dengan orang lain. Dengan bahasa kita bisa mengerti yang orang lain katakan dan juga bisa menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. Namun apa jadinya jika kita tidak tahu bahasa yang mereka gunakan? Tentu saja kita akan kebingungan, kesulitan untuk memahami apa yang mereka ucapkan dan apa yang ingin mereka sampaikan.

Oleh karena itu kita membutuhkan setidak tidaknya paham 2 bahasa yakni bahasa negara sendiri dan bahasa internasional atau bahasa Inggris.

Namun untuk belakang bahasa asing tidak ada batasannya. Kalian boleh belajar bahasa apa pun yang kalian inginkan, selain menambah ilmu pengetahuan, hal ini juga akan memudahkannya untuk memahami ucapan orang lain dengan bahasa yang berbeda.

Di artikel kali ini saya akan mengulas beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam belajar bahasa Jepang. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Aplikasi Terkait

Masalah HP Android

#1. Cakap by Squline

Cakap
Sumber Image : Play Store

Cakap by Squline adalah salah satu aplikasi yang akan membantu Anda dalam belajar bahasa Jepang dengan bantuan dari guru-guru profesional. Aplikasi ini memegang rekor MURI sebagai aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa dengan saling berinteraksi dari dua orang di tempat yang berbeda.

Dengan bantuan aplikasi ini Anda dapat memesan kelas belajar Bahasa Jepang dimanapun kapanpun selama Anda terhubung dengan koneksi internet.

[Google Play] [App Store]

#2. Latihan Capung Jepang

Latihan Capung Jepang
Sumber Image : Play Store

Aplikasi berikutnya adalah Latihan Capung Jepang. Aplikasi ini dapat membantu Anda yang pemula dalam berbahasa Jepang dari Hiragana ke JLPT N5 N4. Dengan banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk belajar, Anda dapat memilih metode yang cocok dengan Anda. Beberapa metodenya adalah Tabel Kana, Kartu flash, dan berlatih.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang dapat berguna dalam pembelajaran Anda, yakni Fitur tampilan pengucapan Kana, riwayat pembelajaran, fitur ulasan, fitur pembaruan, dan fitur bookmark.

[Google Play] [App Store]

#3. Busuu

Busuu
Sumber Image : Play Store

Busuu ini adalah salah satu aplikasi yang cukup populer untuk belajar bahasa asing termasuk belajar Bahasa Jepang. Dengan intro yang dibuat untuk para pemula yang baru belajar Bahasa Jepang akan memudahkan Anda untuk belajar dasarnya terlebih dahulu, Anda bisa melewatinya jika sudah memahami bagian ini.

Di aplikasi ini pula Anda akan mempelajari aksen yang benar dan tata bahasanya juga. Dengan kamus khusus yang didesain untuk membantu Anda menerjemahkan kata yang menurut Anda sulit. Aplikasi ini juga bisa dijalankan meskipun tanpa internet.

[Google Play] [App Store]

#4. HelloTalk

Hello Talk
Sumber Image : Play Store

Selain itu, ada HelloTalk juga. Aplikasi ini merupakan aplikasi sosial terbaik Google Play 2017 di beberapa pilihan. Di aplikasi ini Anda dapat belajar melalui 2 cara yakni melalui teks atau dengan lisan atau berbicara.

Melalui teks maksudnya Anda dapat membuat sebuah percakapan dengan seseorang dan saling mengoreksi bahasa bahasa yang salah, atau dengan bicara yakni dengan menonton live class yang tersedia di aplikasinya.

[Google Play] [App Store]

#5. LingoDeer

LingoDeer
Sumber Image : Play Store

Jangan Lupa dengan LingoDeer. LingoDeer ini juga adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat membantu Anda untuk mempelajari bahasa asing, Bahasa Jepang adalah salah satunya. Di aplikasi ini Anda dapat mempelajari Bahasa Jepang dari awal, mulai dari kosakata yang sederhana hingga yang rumit.

Selain itu di LingoDeer Anda juga akan diajari cara menulis dan cara pengucapannya. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar Bahasa Jepang.

[Google Play] [App Store]

#6. Mondly

Mondly
Sumber Image : Play Store

Aplikasi berikutnya adalah Mondly. Mondly ini memiliki fitur bot chat yang dapat membantu Anda untuk beradaptasi dengan Bahasa Jepang yang baru Anda pelajari. Selain itu, di aplikasi ini juga ada Daily Lesson yang akan membuat kamu menjadi lebih fasih dalam berbahasa Jepang. Beberapa hal yang dapat menarik perhatian kamu dalam belajar bahasa di Mondly, yakni

  • Audio yang Jernih dan Vokal profesional.
  • Program pengenalan suara yang canggih.
  • Belajar percakapan.
  • Konjugasi Kata Kerja.
  • Statistik Lanjutan.
  • Belajar Frase penting dalam kehidupan sehari hari.

Setelah menyelesaikan semua pelajaran, Anda akan menguasai 5000 kata dan frasa praktis.

[Google Play] [App Store]

#7. Tandem

Tandem
Sumber Image : Play Store

Setelah itu ada Tandem yang juga merupakan salah satu aplikasi yang akan mengajari Anda cara berbahasa Asing salah satunya Bahasa Jepang. Di aplikasi ini juga terdapat fitur chat yang untuk orangnya akan dicarikan oleh Aplikasinya sesuai dengan kecocokan Anda.

Sehingga Anda akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa-bahasa yang tidak baku atau bahasa sehari-hari. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lain yakni :

  • Pencocokan pribadi dengan pasangan belajar bahasa ibu
  • Panggilan Audio / Video
  • Pesan Teks / Audio
  • Terjemahan teks
  • Tutor profesional

“Tandem adalah cara terbaik untuk belajar, berlatih, dan berbicara banyak bahasa dari seluruh dunia. Kami memiliki penutur asli dari seluruh dunia yang dapat Anda gunakan untuk berlatih bahasa.”  Tulisnya di deskripsi Google Play. Gimana, apa Anda tertarik dengan yang satu ini?

[Google Play] [App Store]

#8. FluentU

FluentU
Sumber Image : Play Store

Belajar bahasa asing lebih mudah dengan FluentU. Dengan FluentU ini kita bisa belajar berbagai macam bahasa yang ada, salah satunya adalah Bahasa Jepang yang saat ini sedang kita bahas.

Dengan aplikasi FluentU Anda akan diajari dengan Music Video, Trailer Film, Berita, dan ceramah inspiratif. Dengan aplikasi ini rahasia sejauh apa Anda bisa berbahasa asing akan dijaga dengan baik dan tidak dibiarkan bocor.

[Google Play] [App Store]

#9. Memrise

Memrise
Sumber Image : Play Store

Di urutan berikutnya ada Memrise, merupakan aplikasi yang sudah diluncurkan sejak 2013 di Google Play dan memenangkan Penghargaan Google Play I/O untuk Aplikasi Terbaik 2017. Di Memrise ini Anda akan diberikan pengajaran kata-kata dan frasa sehari-hari yang biasa digunakan oleh orang lokal.

Di Memrise Anda akan belajar sambil bermain, mengalahkan alien dengan bahasa – bahasa asing. Dengan metode yang diulang-ulang dapat membuat Anda mengingatnya dengan mudah. Aplikasi ini juga bisa dijalankan tanpa koneksi internet.

[Google Play] [App Store]

#10. Obenkyo

Obenkyo
Sumber Image : Play Store

Di posisi ke-10 atau yang terakhir ada Obenkyo, salah satu dari berbagai macam aplikasi yang dapat membantu Anda mempelajari Bahasa Jepang. Di Aplikasi ini Anda dapat mempelajari huruf-huruf Jepang seperti Hiragana, Katakana, dan Kanji, serta bentuk angka dalam Bahasa Jepang. Tidak hanya bentuknya, di Obenkyo Anda juga akan belajar cara menulisnya juga cara penyebutannya.

Setelah Anda menguasai beberapa materi Anda dapat melakukan test yang telah disediakan Obenkyo, tesnya bisa berbentuk esai ataupun pilihan ganda. Aplikasi ini juga dapat dijalankan tanpa koneksi internet, hebat kan.

[Google Play] [App Store]

Penilaian Penulis

Belajar bahasa asing memang menarik, tidak hanya untuk menambah pemahaman tapi juga untuk memperluas pencarian, dengan bisa berbahasa asing kita akan bisa membaca buku yang berbahasa lokal, juga kita bisa menonton film asing tanpa subtitle, atau memahami lagu bahkan tanpa melihat artinya. Banyak sekali manfaat dari belajar bahasa yang tidak saya katakan disini.

Untuk mempelajari Bahasa Jepang memang cukup sulit, tidak hanya mempelajari artinya kita juga harus mempelajari hurufnya agar bisa membacanya. Namun Kembali kepada pribadi masing – masing, ada orang yang mudah untuk mempelajari ada juga yang sulit.

Tapi yang terpenting adalah seberapa niat kita untuk mempelajari bahasa asing, apapun metodenya jika kita bersungguh-sungguh pasti bisa tercapai.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai aplikasi android untuk belajar bahasa jepang, semoga membantu dan bermanfaat. Jika Anda menemukan kesalahan dalam penulisan atau ingin menyampaikan sesuatu, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (1)