10 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Android & iOS Terbaik

Bahasa merupakan sarana yang manusia gunakan untuk bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainya. Namun di dunia ini, bahasa memiliki beragam jenis yang tentunya berbeda-beda antara satu bahasa dengan bahasa yang lainya. Dan solusinya, seseorang perlu mempelajari lebih dari 1 atau 2 bahasa supaya lebih mudah memahami apa yang dikatakan atau sampaikan.

Secara umum, bahasa universal yang dibutuhkan adalah bahasa Inggris. Misalnya, ketika melamar pekerjaan yang harus memiliki dasar bahasa Inggris, traveling keluar negeri, berselancar di dunia maya, tes buat masuk universitas, freelancer yang kebanyakan client dari luar negeri, hingga bermain game online.

Inilah pentingnya belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Sebagai penulis, terkadang saya juga perlu membaca artikel-artikel bahasa inggris sebagai referensi serta penguat data / informasi yang ingin disampaikan.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Bimbel Online Android & iOS Terbaik

Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik

Oleh karena itu kali ini penulis akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mempermudah dalam mempelajari bahasa-bahasa yang anda inginkan atau butuhkan, entah itu bahasa Inggris, Korea, Jepang, China, atau yang lainnya…

1. HiNative

HiNative - Learn Languages
Sumber Image : Play Store

HiNative merupakan salah satu aplikasi komunitas yang bisa anda manfaatkan buat belajar bahasa asing melalui tanya jawab. Lebih dari 170 bahasa dari seluruh dunia bisa anda temukan di aplikasi ini. Sebagai pengguna, anda bisa bertanya, menjawab, dan belajar dari para pengguna lainnya.

Dalam ketentuannya, anda bisa mengajukan pertanyaan dalam bentuk teks atau tulisan, audio, gambar, dan melakukan pencarian. Dengan semua fitur yang disediakan, anda bisa berkomunikasi langsung dengan pengguna dari negara lain dan tentunya akan lebih memaksimalkan anda dalam belajar.

Ada lebih dari 5 juta pengguna dari aplikasi ini, dan anda bisa jadi bagian dari salah satunya. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi melalui link Google Play dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

2. Mondly

Mondly
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi berikutnya ada Mondly. Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi recommended buat anda yang ingin belajar bahasa Asing. Sampai saat ini, Mondly telah diinstall oleh 5 juta pengguna Android dan tersedia dalam 33 bahasa di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Melalui aplikasi Mondly, anda bisa belajar menghafal kata dasar, membentuk atau membuat kalimat, memahami frase dan percakapan. Tersedia juga kuis mingguan, penguasaan kosa kata, grammar, dan lainnya. Anda bisa bisa membuat jadwal belajar sesuai dengan waktu luang yang anda miliki.

Meskipun gratis, aplikasi ini juga hadirkan fitur premium dengan biaya 30 ribuan hingga jutaan, tergantung paketnya. Tertarik mencoba, unduh aplikasi melalui link Google Play dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 7 Aplikasi Tes CAT CPNS Android Terbaik

3. LingoDeer

Learn Japanese, Korean, Chinese Offline
Sumber Image : Play Store

LingoDeer juga menjadi pilihan alternatif buat anda yang ingin belajar bahasa Mandarin, Korea, Jepang, Inggris, dan lainnya. Sampai artikel ini dibuat, aplikasi telah diunduh hingga 5 jutaan lebih dari pengguna Android. Dalam pembelajarannya, aplikasi ini dibuat seru dan menyenangkan layaknya bermain game.

Aplikasi ini disusun oleh tim guru atau instruktor professional dan berpengalaman, sehingga para pengguna dapat melatih kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Aplikasi ini bisa anda nikmati secara gratis, namun untuk fitur yang lebih maksimal, anda bisa upgrade ke fitur VIP.

[Google Play] [App Store]

4. Babbel

Babbel

Berikutnya ada Babbel yang lebih populer dari aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini telah diunduh oleh pengguna Android lebih dari 10 juta unduhan dan memiliki rating yang cukup baik. Dengan aplikasi ini, anda bisa memilih bahasa apa yang diinginkan, mulai dari Spanyol, Itali, Prancis, Belanda, Jerman, Rusia, Polandia, Indonesia, dan lain sebagainya.

Dengan teknologi speech recognition yang canggih yang mampu mengenal pengucapan bahasa membuat belajar lebih mudah. Anda bisa belajar mendengar, membaca, menulis, dan berbicara dalam mode online dan offline. Dalam belajar-pun, aplikasi ini akan membimbing anda dari tingkat dasar sampai yang paling mahir.

Untuk mendapatkan akses pembelajaran secara penuh, anda perlu berlangganan selama 1 – 12 bulan. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi melalui link Google Play dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

5. Duolingo

Duolingo Belajar Inggris
Sumber Image : Play Store

Berikutnya ada Duolingo yang juga bisa jadi alternatif buat belajar bahasa inggris. Untuk saat ini, aplikasi ini hanya dapat digunakan buat belajar bahasa Inggris, sedangkan untuk bahasa lain masih dalam tahap pengembangan atau dalam versi beta. Menariknya, aplikasi ini dapat anda buka melalui web app yang bisa anda buka melalui browser Desktop atau PC.

Dalam perkembangannya, aplikasi ini menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia buat belajar bahasa Inggris. Dalam ke­­terangannya, unduhan Duolingo mencapai 100 juta melebihi aplikasi-aplikasi diatas. Metode pembelajarannya juga cukup menarik, dikemas dengan menjawab kuis dan pertanyaan yang seru dan menyenangkan.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android & iOS Terbaik

6. FunEasyLearn

Belajar Bahasa Inggris 6K Kata
Sumber Image : Play Store

FunEasyLearn adalah cara baru yang mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini, anda bisa belajar kosa kata dasar dan kalimat sederhana melalui gambar, tulisan, dan suara. Ada lebih dari 15 ribu kosa kata yang bisa anda pelajari dan hafalkan secara gratis.

Dalam keterangannya, anda bisa belajar bahasa inggris untuk kebutuhan bisnis, pekerjaan, traveling, hingga komunikasi bersama anak dan keluarga. Metode pembelajaran aplikasi ini mudah untuk dipahami, pengguna cukup mengikuti tingkatan dari kategori yang telah disediakan.

Memang cukup banyak tingkatan dan kategorinya, dan semakin tinggi level atau tingkatan anda maka artinya anda akan semakin paham dan jago dalam berbahasa inggris. Tertarik mencoba, unduh FunEasyLearn melalui link Google Play dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

7. HelloTalk

HelloTalk Pertukaran Bahasa
Sumber Image : Play Store

HelloTalk dapat menjadi pilihan berikutnya buat belajar bahasa inggris. Aplikasi ini dapat menjadi penghubung anda sebagai pelajar dalam berkomunikasi dengan pengguna asli dari negara aslinya. Artinya, anda benar-benar berbicara dengan penutur asli bahasa, mulai dari Inggris, Amerika, dan lainnya.

Dalam berkomunikasi, anda bisa memulai percakapan melalui teks, suara, hingga panggilan audio atau video secara gratis. Melalui aplikasi ini, anda bisa belajar beragam bahasa seperti Inggris, Jepang, Korea, Spanyol, Prancis, Mandarin, Pertugis, Jerman, dan lainnya. Unduh gratis aplikasi melalui link Google Play dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

8. Drops

Drops Belajar Bhs Korea, Jepang, Cina
Sumber Image : Play Store

Opsi berikutnya ada Drops yang juga merupakan aplikasi buat belajar bahasa asing yang seru dan menyenangkan. Melalui aplikasi ini, anda bisa belajar banyak hal, mulai dari Korea, Jepang, Cina, Spanyol, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, dan lainnya.

Yang paling saya suka dari aplikasi ini adalah, desain UI-nya yang modern dan kekinian. Anda bisa belajar kata-kata dasar dan pengucapannya dengan bantuan symbol atau gambar. Untuk kemajuan dan tingkat yang lebih tinggi, anda bisa upgrade ke fitur premium dengan biaya $ 2,99 per bulan.

Tertarik mencoba, unduh aplikasi Drops melalui link Google Play dan App Store dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Belajar Tes TOEFL Android & iOS Terbaik

9. Memrise

Memrise Belajar Bahasa Inggris
Sumber Image : Play Store

Berikutnya ada Memrise yang juga populer buat belajar bahasa Inggris secara cepat dan mudah. Sudah lebih dari 42 juta pengguna aplikasi dari banyak negara, termasuk Indonesia. Dengan Memrise, anda bisa mulai belajar dari tingkat dasar sampai expert. Anda bisa berlatih melalui game atau penurut dari negara aslinya.

Sayangnya, aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis, anda perlu berlangganan untuk bisa belajar bahasa sepenuhnya. Tenang saja, harga bulanan yang ditawarkan cukup terjangkau. Jika tertarik, anda bisa unduh aplikasinya melalui link Google Play dan App Store dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

10. Listen and Speak English

Listen and Speak English
Sumber Image : Play Store

Terakhir ada Listen and Speak English yang dikembangkan oleh Progress Lab. Aplikasi nampak sederhana, namun didalamnya tersedia beragam kebutuhan dasar buat belajar bahasa inggris. Dengan aplikasi ini, anda akan mudah dalam belajar membaca, menulis, hingga mendengarkan.

Anda bisa melihat dan memahami frasa umum dengan topik yang bervariasi. Dan semuanya dapat anda nikmati secara bebas dan gratis. Tertarik mencoba, unduh aplikasi melalui link Google Play dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.