11 Aplikasi Absensi Karyawan Android & iOS Terbaik

Di era Industri 4.0 seperti ini, keberadaan aplikasi absensi pasti ada diberbagai perusahaan atau instansi. Dengan adanya aplikasi absensi karyawan, akan menambah keefisienan dalam memantau dan mengontrol karyawan.

Tidak hanya mengatur absensi, namun absensi juga dapat menginformasikan berbagai data kepada para karyawan ke HRD. Seperti, jadwal kerja, pembagian shift, gaji, THR, dan lain-lain.

Tidak harus sekelas perusahaan, franchise pun juga membutuhkan data absensi karyawan sebagai output laporan diakhir bulan. Saat ini, beragam web apps dan layanan aplikasi android dan iOS juga telah menghadirkan kebutuhan absensi karyawan.

Melalui Google Play dan App Store, pengguna bisa mencari dan mendapatkan layanan absensi sesuai kebutuhan yang diingikan.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Kasir Android & iOS Terbaik

Aplikasi Absensi Karyawan Android & iOS

Nah, di ulasan kali ini. Saya akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi absensi yang dapat anda coba. Berikut daftarnya…

1. Attendance by Talenta

Attendance by Talenta

Aplikasi pertama ini adalah aplikasi yang ditawarkan oleh Mid Solusi Nusantara. Aplikasi ini memiliki jumlah unduhan mencapai 10 ribu, dengan rating 4,1 dari 200 orang.

Attendance by Talenta, sepertinya namanya aplikasi ini adalah aplikasi absensi. Aplikasi ini disediakan secara gratis, jadi siapapun dapat mencobanya. Dengan menggunakan Attendance by Talenta ini, anda akan menambah keefisienan anda dapat mengelola dan mengatur karyawan.

Attendance by Talenta dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan membantu anda, seperti fitur pengelolaan shift, dan tentu saja fitur absensi. Yang spesial di sini adalah Attendance by Talenta dilengkapi dengan GPS sehingga anda bisa memantau secara real-time.

[Google Play] [App Store]

2. JojoTimes

JojoTimes
image source : google play

Aplikasi berikutnya adalah yang dikembangkan dan ditawarkan Jojonomic, memiliki jumlah unduhan lebih dari 10 ribu dengan rating 4,4 dari 500 orang.

JojoTimes adalah salah satu layanan yang disediakan Jojonomic untuk membantu anda memantau dan mengontrol karyawan. Selain JojoTimes, Jojonomic juga memiliki layanan lain seperti pembagian gaji online, namun dengan aplikasi yang berbeda.

JojoTimes disertai dengan beberapa fitur yang menambahkan keakuratannya, seperti foto pengenalan wajah dan verifikasi sidik jari. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan GPS yang anti fake-GPS.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi POS Penjualan Android & iOS Terbaik

3. Time Clock Wizard

Time Clock Wizard
image source : google play

Berikutnya adalah Time Clock Wizard, aplikasi ini dikembangkan dan ditawarkan Time Clock Wizard Inc, dengan total pengunduhan lebih dari 50 ribu dan rating 3,8 dari 450 orang.

Pada dasarnya Time Clock Wizard ini sama halnya dengan aplikasi absensi lain, jadwal kerja, pembagian shift, absensi tentunya, dan gaji, semua bisa anda akses dengan menggunakan Time Clock Wizard.

Hanya saja, tidak semua fitur yang tersedia bisa digunakan semua orang. Untuk mendapatkan akses full anda harus membayar paket bulanan terlebih dahulu.

[Google Play] [App Store]

4. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase
image source : google play

Time Clock by Homebase adalah aplikasi yang dikembangkan Homebase untuk membantu perkembangan industri-industri di luar sana dengan memajukan sistem absensi. Aplikasi yang satu ini memiliki jumlah unduhan lebih dari 10 ribu dengan rating 3,7.

Pada dasarnya Time Clock by Homebase juga memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Pembagian gaji, kontrol absensi, dan penjadwalan rekrutmen.

Aplikasi ini juga dapat anda gunakan secara gratis, namun untuk penggunaan secara penuh anda harus membayar paket bulanan yang disediakan.

[Google Play] [App Store]

5. Fareclock Time Clock

Fareclock Time Clock
image source : google play

Di urutan kelima ini ada aplikasi yang bernama Fareclock Time Clock, aplikasi ini ditawarkan oleh Fareclock. Memiliki total pengunduhan hingga 5000 unduhan dan rating 4,1.

Dengan menggunakan Fareclock Time Clock ini anda akan bisa mengatur absensi karyawan anda, mulai dari hari kerja, hari libur, cuti karena sakit, dll. Fareclock Time Clock juga bisa digunakan untuk mengatur jadwal dan pembagian shift, pembagian gaji, dll.

Untuk absensi sendiri Fareclock Time Clock dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah, yang tidak bisa dibuka dengan foto, dan pin.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Lowongan Kerja Android Terbaik

6. Sleekr

Sleekr
image source : google play

Aplikasi yang keenam ini merupakan aplikasi yang cukup populer, Sleekr. Aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan Attendance by Talenta, Mid Solusi Nusantara.

Memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan aplikasi absensi lainnya, yang membuat spesial aplikasi ini adalah keberadaannya yang sudah ada sejak lama, bisa dibilang Sleekr adalah aplikasi berpengalaman dalam bidang ini.

Selain dari itu, aplikasi ini juga menyederhanakan banyak proses, juga menambahkan sistem otomatis yang akan sangat membantu HRD untuk mengelola HR.

[Google Play] [App Store]

7. KodaLog

KodaLog
image source : google play

Berikutnya ada aplikasi yang ditawarkan oleh Dev Sebastian. KodaLog, aplikasi absensi lainnya yang bisa anda coba. Aplikasi ini memiliki total pengunduhan lebih dari 5000 unduhan, dengan rating 4,6 dari 200 orang.

KodaLog memiliki satu fitur yang jarang anda temukan di aplikasi sejenis lainnya. Fitur itu adalah predict, dengan fitur ini anda bisa memprediksi absensi kedepannya.

Pada dasarnya KodaLog ini merupakan aplikasi absensi yang ditujukan untuk kebutuhan akademis, namun aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk memantau kehadiran karyawan anda.

Hanya saja, karena ditujukan untuk akademis, KodaLog tidak memiliki fitur pendukung seperti jadwal kerja, pembagian shift, gajian, dll.

[Google Play] [App Store]

8. KaryaOne

KaryaOne
image source : google play

Merupakan salah satu aplikasi absensi yang dikembangkan oleh pengembang lokal, Progress tech Developer. KaryaOne, merupakan aplikasi yang bisa memajukan perusahaan anda.

Dengan kemampuannya dalam memanajemen karyawan anda, anda akan dimudahkan. Mulai dari memantau absensi, jadwal kerja, pembagian shift, memantau kinerja, dan fungsi lainnya.

Tidak hanya memudahkan HRD, anda yang merupakan seorang karyawan juga akan dimudahkan. Anda tidak perlu repot lagi saat ingin meminta izin cuti, lembut, atau izin lainnya, karena dengan menggunakan KaryaOne ini anda bisa melakukannya dengan mudah.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Belajar Tes TOELF Terbaik

9. Atenda

Atenda
image source : google play

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi absensi lainnya, aplikasi ini juga disertai dengan fitur payroll. Atenda, merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh PT. Atenda Rumah Kita, memiliki total pengunduhan mencapai 10 ribu, dan rating yang hampir sempurna 4,9 dari 350 orang.

Yang membuat Atenda ini cukup spesial dibanding aplikasi lainnya adalah dukungannya kepada pemilik UMKM yang memiliki karyawan kurang dari 10 dengan membebaskan biaya pemakaian.

Aplikasi ini akan sangat memudahkan anda sebagai pemilik usaha, layanan-layanan berupa pembuatan shift kerja cepat, menginfokan jadwal kerja ke karyawan, hitung gaji berdasarkan shift atau bulanan, dan layanan-layanan lain.

Untuk anda yang karyawan juga akan dimudahkan, dengan menggunakan Atenda ini anda bisa tahu jadwal kerja terbaru, perizinan, cek gaji, dan layanan lain.

[Google Play] [App Store]

10. Hadirr

Hadirr
image source : google play

Hadirr di urutan kesepuluh bukan berarti membuat aplikasi dengan nama Hadirr ini kalah dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Aplikasi yang ditawarkan Fast-8 ini memang mempunyai fungsi yang kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya.

Dengan jumlah pengunduhan yang mencapai 50 ribu dan rating 4,4 dari 2.500 orang, Hadirr sudah bisa dikatakan sebagai aplikasi yang powerful. Di luar data itu sendiri, Hadirr memiliki keakuratan yang cukup tinggi

Dengan menggunakan aplikasi ini HDR bisa menentukan tempat karyawannya bisa melakukan absensi, jadi anda tidak akan bisa melakukan absensi diluar jangkauan yang ditentukan.

Hadirr juga disertai dengan GPS dan pengenalan wajah untuk menambah keamanannya.

[Google Play] [App Store]

11. AbsenKu

AbsenKu
image source : google play

Aplikasi terakhir direkomendasi kali ini adalah aplikasi yang ditawarkan oleh DESNET App ini. AbsenKu, merupakan aplikasi absensi dengan jumlah unduhan mencapai 10.000 dan rating 4.0 dari 300 orang.

Yang membedakan AbsenKu ini dengan aplikasi absensi lainnya adalah beberapa fitur yang cukup unit, salah satunya adalah birthday reminder yang akan mengingatkan anda pada hari ulang tahun karyawan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti kirim berita yang akan menginformasikan hari libur dan cuti kepada para karyawan.

Selain dari itu, AbsenKu memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan aplikasi absensi lain, seperti pantauan aktivitas karyawan, absensi karyawan, slip gaji, dan beberapa lainnya.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.