4 Software HRD, untuk Pengelolaan Human Resources

Perkembangan dunia teknologi saat ini seakan-akan membuat usaha dari segala jenis sektor bekerja lebih mudah dan efisien. Tidak hanya dalam memberikan pelayanan kepada customer, melainkan juga dalam menjalankan aktivitas intern dalam perusahaan.

Salah satu bidang pekerjaan yang saat ini dapat dipermudah dengan bantuan teknologi yang makin mutakhir adalah Human Resources. Human Resources adalah salah satu divisi dalam sebuah perusahaan yang memegang peranan penting dalam pengelolaan serta pengembangan sumber daya manusia.

Lingkup pekerjaannya pun terhitung luas, mulai dari penggajian, rekrutmen, perpajakan, manajemen kerja, hingga ke permasalahan hubungan industrial.

Pekerjaan yang cukup kompleks tersebut tentunya harus dibarengi dengan sistem yang mudah dan efisien agar pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat namun tetap akurat. Oleh karena itu, perlu bagi divisi HRD untuk mulai beralih menggunakan teknologi modern dalam setiap lingkup kerjanya.

Lihat Juga : 10 Aplikasi POS Penjualan Android & iOS Terbaik

Software HRD untuk Efisiensi Pekerjaan

Berikut adalah empat aplikasi yang dapat membantu kinerja HRD menjadi lebih mudah dan efisien.

1. Payroll

Salah satu pekerjaan HRD yang terhitung cukup rumit adalah masalah penggajian atau payroll. Menghitung gaji karyawan tentunya diperlukan ketelitian dan juga kehati-hatian. Apabila dilakukan secara manual, proses payroll tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama karena harus disesuaikan dengan data absensi karyawan.

Aplikasi Payroll
image source : cybertalk.org

Selain itu, kemungkinan terjadinya human error juga cukup besar. Oleh karena itu, perusahaan perlu segera beralih menggunakan bantuan aplikasi payroll. Dengan menggunakan aplikasi payroll, perhitungan gaji karyawan dapat dilakukan dengan mudah, bahkan hanya dalam hitungan menit saja.

Aplikasi payroll yang baik tentu saja harus terintegrasi dengan sistem absensi serta memiliki fitur-fitur mendetail yang dapat memasukkan insentif, komisi, tunjangan, pajak dan hal lain yang berhubungan dengan gaji.

2. HRIS

HRIS arau Human Resources Information System adalah sebuah aplikasi yang fokus pada memudahkan kegiatan pengelolaan human resouces. Aplikasi HRD HRIS yang baik seharusnya memiliki fleksibilitas penggunaan yang baik untuk karyawan. Misalnya pada aplikasi HRIS Talenta.

Pentingnya HRIS
image source : analyticsinhr.com

Aplikasi HRIS yang disediakan Talenta tidak hanya memberikan fitur mobile employee-self service yang memudahkan akses karyawan, namun juga health check survey yang dapat digunakan untuk memperhatikan kesehatan karyawan, employee task manager untuk menyampaikan informasi atau pengumuman kepada karyawan, serta fitur task yang dapat diakses karyawan untuk melihat tugas yang harus dikerjakannya.

Fitur-fitur demikian tentunya sangat sesuai jika digunakan dalam situasi pandemi seperti saat ini agar karyawan tidak merasa kesulitan untuk Working From Home (WFH).

Lihat Juga : 5 Aplikasi Pembayaran Online Indonesia Terbaik

3. Manajemen Waktu

Aplikasi management waktu adalah aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan absensi online secara efektif. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan utuk mengelola jadwal kerja, monitoring absensi, serta menghitung lembur serta cuti karyawan.

Pentingnya Manajemen Waktu
image source : whizdom.com.au

Aplikasi management waktu yang baik seharusnya terintegrasi dengan sistem penggajian agar proses payroll dapat dilakukan lebih efektif.

4. Mekari Benefit

Mekari benerit adalah salah satu aplikasi dari Mekari yang diciptakan untuk mempermudah perusahaan dalam memberikan benefit kepada karyawan melalui akses voucher belanja, pembayaran tagihan, pulsa, pembayaran paket data, serta paket lainnya bagi karyawan di situasi pandemi saat ini.

Aplikasi Mekari Benefit
image source : jurnal.id

Aplikasi ini biasanya terintegrasi dengan payroll sehingga pencatatan dapat dilakukan secara otomati dan tidak mengganggu arus kas atau cash flow.

Lihat Juga : JURNAL by Mekari, Alternatif Software Akuntansi Terbaik

Demikianlah empat aplikasi HRD yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk membantu kegiatan human resources. Untuk menentukan aplikasi HRD yang tepat, pastikan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan dan tentunya memberikan akses mudah untuk semua karyawan, seperti halnya Talenta.

Selain mobile friendly, aplikasi HRD Talenta juga memberikan inovasi pada fiturnya. Misalnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Talenta juga menambahkan fitur health check survey yang dapat diakses karyawan untuk memastikan kesehatan tiap karyawan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.